Skip to main content

Inilah Dia Kumpulan Fakta Menarik Mobile Legends

Mobile Legends

Inilah Dia Kumpulan Fakta Menarik Mobile Legends

Saat ini siapa sih yang tak kenal Game Mobile Legends Bang-Bang? Ya, game yang biasa disingkat ML ini memang sedang naik daun dan popular sering dimainkan seluruh kalangan baik anak kecil hingga dewasa di indonesia. Mobile Legends ini sendiri adalah sebuah permainan berupa piranti bergerak yang berjenis MOBA ( Mortal Online Battle Arena ) yang dikembangkan dan diterbitkan oleh perusahaan game Moonton. Game yang memiliki genre RPG ini dirancang untuk dapat di mainkan di ponsel Android dan iOS. Jika menggunakan PC kamu bisa menggunakan emulator android agar dapat memainkannya.

Banyak info menarik seputar game mobile legends ini. Nah, pada pembahasan kali ini kita akan membahas Fakta Menarik Mobile Legends. Simak berikut penjelasannya.

Inilah Dia Kumpulan Fakta Menarik Mobile Legends

1. Pernah Kontroversi Hak Cipta

Pada awal pengembangan dan perilisan Game Mobile legends. Mobile legends digugat oleh Riot Games, yaitu perusahaan yang mengembangkan dan menerbitkan permainan MOBA PC League of Legends. Riot Games mengajukan gugatan pada tanggal 11 Juli 2017 silam terhadap pengembang game dari Mobile Legends Bang Bang yaitu Shanghai Moonton Technology ke Pengadilan Negeri California. Karena Mobile Legends dianggap telah melanggar beberapa merek dagang dalam game tersebut.

Tindakan Gugatan tersebut didasarkan atas dugaan pelanggaran atas kekayaan dari intelektual oleh Moonton, para pengacara Riot Games menuturkan dalam gugatan mereka bahwa Moonton melakukan pelanggaran atas kekayaan intelektual melalui beberapa video game yang mereka kembangkan. Game yang di tuding tersebut yaitu Magic Rush Heroes Mobile, dan Mobile Legends Bang Bang.

Alasan mengenai pelanggaran tersebut, antara lain adalah mengenai beberapa aspek seperti logo, karakter game, rancangan peta game, rancangan hero hero, dan rancangan monster-monster di game.

Riot Games pun melengkapi surat gugatan dengan ilustrasi untuk memperlihatkan aspek-aspek dari pelanggaran terhadap kekayaan intelektual yang dilakukan Moonton.

Tak lama setelah gugatan tersebut, Moonton kemudian merilis sebuah pernyataan pada hari yang sama melalui halaman Facebook Moonton. Isi pernyataan tersebut moonton mengklaim bahwa Hak ciptanya telah terdaftar dan dilindungi di banyak negara di seluruh dunia sebut mereka.

Lalu selanjutnya di klaim bahwa perusahaan Moonton telah memiliki hak dari kekayaan pada intelektual dan akan mengancam tindakan hukum terhadap media dan para pesaing karena telah menyebarkan informasi palsu tentang Moonton dan gamenya.

2. Mobile Legends Bang bang di Rilis di Android Sebelum rilis di IOS

Game Mobile Legends ini, untuk OS Android khusus Server Tiongkok dan Indonesia dirilis pada tanggal 11 Juli 2016. Sedangkan untuk perangkat iOS Server Global dirilis pada jauh hari yaitu tanggal 9 November 2016.

Hal tersebut cukup menarik karena mengingatkan pada game milik SUPERCELL, yang bernama Clash Of Clans dimana SUPERCELL ini lebih dulu merilis gamenya untuk iOS yang akhirnya merilis gamenya juga untuk OS Android setelahnya. Dan mayoritas game china lainnya juga demikian. Tetapi, Game Mobile Legends ini justru melakukan kebalikannya.

3. Salah Satu Game MOBA Yang Menggunakan Analog

Mobile Legends menggunakan sistem Analog untuk sebagai controller penggerak dari karakter game. Itu karena mungkin Mobile Legend ini dirancang khusus untuk perangkat mobile, yang memang memiliki layar kecil agar bisa lebih nyaman. Namun, dengan analog controller itu membuat sebagian penggunanya merasa agak kurang nyaman karena tidak dapat menggerakan hero nya dengan leluasa seperti pada game MOBA di PC. Tetapi apalah daya, jika MOBA android sama dengan PC, pasti akan sulit bagi player terutama new player menyesuaikan dengan game tersebut.

4. Ada Rumor Tentang Perusahaan Moonton Yang Memiliki Kebijakan Diskriminatif, Rasisme, hingga Seksisme

Rumor rahasia ini terungkap setelah salah satu pengguna Reddit yang mengaku mantan karyawan di perusahaan Moonton pengembang Mobile Legend mengunggah pengalaman bekerja selama 3 bulan di perusahaan besar tersebut.

Hal itu Lewat akun Reddit bernama @MobileLegendsBB, dan ia mengungkap perusahaan memiliki kebijakan diskriminatif, rasisme, bahkan hingga seksisme di dalamnya.

Pada rumornya, ia adalah salah satu tim yang melokalisasi konten game Mobile Legends, mengelola media sosial game, dan menjadi pengisi suara dari karakter.

Ia juga mengatakan, bahwa kebijakan perusahaan untuk merekrut pelamar di Moonton sangat dipengaruhi oleh ras dan etnis tertentu.

Ia juga menambahkan, bahwa perusahaan tersebut sempat menolak seluruh pelamar Malaysia - Tionghoa untuk mengisi posisi sebagai penerjemah dari bahasa Malaysia dan Tiongkok. Padahal, beberapa pelamar tersebut sudah memiliki pengalaman dan latar belakang yang sangat mumpuni.

Tak hanya itu pula, CEO dari perusahaan induk Moonton, Elex Tech, memberikan suatu instruksi jelas untuk tidak mempekerjakan orang berkulit hitam. Karena menurutnya, mereka adalah penjahat yang sangat kejam dan berpotensi sebagai penghianat.

Hal ini berarti semua staf yang berbicara dengan bahasa Inggris di perusahaan itu tidak boleh berkulit gelap, namun untuk orang yang kulit putih akan diberi kemudahan atau free pass, karena mereka dianggap mendorong citra perusahaan dari pengembang game Mobile Legends tersebut.

Namun tetapi, ada sumber lain yang mengatakan bahwa akun Reddit tersebut sudah di hack oleh pihak yang belum diketahui identitasnya dan informasi unggahan tersebut adalah tidak benar alias sebuah pernyataan sepihak yang ingin menjatuhkan nama perusahaan.

5. Indonesia Menjadi Salah Satu Negara Dengan Player Mobile legend Terbanyak

Memang tidak bisa di pungkiri bahwa Ternyata Indonesia menempati urutan ke-dua pemain terbanyak Mobile Legends di dunia. Karena hal inilah Players Indonesia mendapatkan apresiasi yang sangat besar dari Moonton dengan membuatkan satu karakter Hero yang bernama Gatotkaca, dan mungkin ini pertama kalinya karakter dari Cerita dan Budaya Indonesia diadaptasi menjadi sebuah Hero di dalam game yang berasal dari tokoh pewayangan.

6. Kebiasaan Para Player Mobile Legends yang unik

kebiasaan yang unik dari para pemain game ini adalah mereka sering kali mengambil tangkapan (screenshot) layar dari gameplay Mobile Legends baik saat game akan mulai, maupun hasil akhir score ke sosial media. Ini juga secara tidak langsung sebagai promosi tidak langsung terhadap Mobile Legends. Secara tidak langsung para player mobile legends mengajak orang lain untuk bermain game tersebut.

7. Hero pada mobile legend memiliki hubungan

Nah, ini menambah kesan daya Tarik ketika ada beberapa hero yang memiliki hubungan dalam suatu cerita.

Ada beberapa daftar hero yang saat ini memiliki suatu hubungan yang romantis:

  • Lancelot dan Odette (Kekasih?)

    Mereka adalah kekasih di game yang paling jelas terlihat berdasar skin dan percakapan suar mereka. tetapi tidak memiliki buff khusus untuk mereka jika bertemu di dalam game.

  • Khufra dan Esmeralda (Musuh?)

    Banyak yang mengira bahwa Khufra dan Esmeralda telah menjadi kekasih pada masa lalu. Tapi faktanya ini tidak benar bisa jadi Khufra mungkin leluhur Esmeralda, atau sesama peramal. Dia mampu merasakan kesedihan karena sama-sama memiliki kegagalan cinta di masa lalu.

  • Gusion dan Guinevere (Saling sayang?)

    Meskipun status dari hubungan mereka tidak diketahui, itu adalah fakta bahwa keduanya menunjukkan kasih sayang dan cinta satu antara satu sama lain.

  • Harith dan Nana (Saling cinta?)

    Dikatakan bahwa Nana itu, memiliki perasaan cinta terhadap Harith. Meskipun Harith menolak dan bersikeras bahwa dia menjauhi Nana karena khawatir akan keselamatannya.

Nah, jadi itulah dia Inilah Dia Kumpulan Fakta Menarik Mobile Legends yang telah Kami sajikan dalam pembahasan terbaru kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini Kami buat.

Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.