Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Fitur WhatsApp Terbaru Keluar Dari Chatroom, Media Otomatis Terhapus

Fitur WhatsApp Terbaru Keluar Dari Chatroom, Media Otomatis Terhapus
Fitur WhatsApp Terbaru Keluar Dari Chatroom, Media Otomatis Terhapus

Fitur WhatsApp Terbaru Keluar Dari Chatroom, Media Otomatis Terhapus

Aplikasi chatting yang sangat popular yaitu WhatsApp merilis versi 2.20.201.1 beta untuk Android. Versi terbaru ini diketahui akan berisi suatu fitur untuk menghapus media secara otomatis ketika keluar dari chatroom. Pesan media seperti gambar, video dan GIF akan menghilang atau terhapus secara otomatis apabila pengguna meninggalkan chatroom. Tentu suatu terobosan fitur ini akan berguna untuk memperingan resource dari aplikasi WhatsApp

Dilansir dari situs Tek.id, aplikasi chatting WhatsApp ini sebelumnya sudah menguji coba fitur yang serupa dengan ini, namun terbatas pada pesan teks saja. Fitur untuk penghapus media otomatis pertama kali diketahui pada bulan Maret 2020 silam. Kemudian, untuk fitur tersebut hadir kembali di update pada versi 2.20.197.4 beta pada Juli 2020 ini. Untuk sementara, fitur ini masih terbatas untuk pengguna WhatsApp yang menggunakan versi beta saja.

Penghapusan media WhatsApp secara otomatis tersebut saat ini masih sedang tahap uji coba lebih lanjut oleh pihak Whatsapp yang ingin mengusung suatu fitur terbaru bernama Expiring Media. Fitur Expiring Media ini sepertinya merupakan suatu ekstensi dari fitur Expiring Messages yang saat ini juga masih berada dalam tahap uji coba. Cara kerja fitur ini adalah seorang pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur Expiring Media dalam bentuk tombol yang mirip seperti timer. Media Foto, video, atau GIF yang dikirimkan akan terhapus secara otomatis setelah penerima dari pesan sudah membukanya.

Tidak seperti pesan WhatsApp yang kadaluarsa, media yang dikirimkan dengan fitur ini akan sepenuhnya menghilang sepenuhnya ketika penerima keluar dari chatroom dari pengirimnya. Jika pesan kadaluarsa berisikan pemberitahuan mengenai pesan tersebut telah kadaluarsa, media yang sudah kadaluarsa tidak akan meninggalkan jejak sama sekali. Dan Media ini tampaknya juga tidak akan dapat disimpan oleh orang yang menerima, dikutip dari XDA Developers. Salah satu Keuntungan dari fitur tersebut adalah bisa menghemat ruang penyimpanan pada ponsel dan memastikan foto atau video tersebar kepada orang yang tidak diinginkan saja.

Pengirim pesan ini juga dapat melakukan setting waktu kapan akan menghilang media tersebut di dalam sebuah chat room yang baru di terimanya. Dengan melalui fitur Expiring Messages, pengguna WhatsApp tersebut dapat mengatur berapa lama chat seseorang pada Grup WhatsApp akan terhapus secara otomatis di penyimpanan. Opsi waktu yang tersedia pada fitur ini rencananya akan dibuat hingga satu tahun pesan menghilang seluruhnya.

Jadi, ketika kita membuat pilihan untuk menghapus suatu chatroom dengan waktu satu tahun, maka seluruh pesan dan media yang tersimpan dari data dalam chatroom tersebut akan menghilang secara otomatis ketika sudah setahun lamanya dan dihitung dari tanggal sesuai pengaturan. Namun, hingga saat ini WhatsApp belum menyuguhkan informasi yang lebih lanjut tentang fitur penghilang media otomatis tersebut. Sehingga belum diketahui secara pasti kapan fitur tersebut akan diluncurkan untuk seluruh pengguna WhatsApp dan bisa di gunakan oleh pengguna WhatsApp.

Selain dari Fitur otomatis media terhapus saat chatroom ditinggalkan, WhatsApp telah menghadirkan fitur-fitur terbaru dan sudah bisa digunakan dan diupdate oleh semua pengguna WhatsApp saat ini.

Kehadiran fitur-fitur baru tersebut tentunya dikarenakan perlunya penyesuaian aplikasi WhatsApp dengan kebutuhan pengguna karena akan semakin mempermudah aktivitas berkirim pesan penggunanya. Berikut ini fitur WhatsApp terbaru yang sudah terimplementasikan dan dapat digunakan.

1. Search on The Web

Fitur Search on The Web ini gunanya untuk mempermudah pengguna WhatsApp untuk mencari tahu kebenaran informasi dari setiap forward chat. Jika forward chat tersebut telah diteruskan sebanyak 4 kali, maka simbol ‘search’ akan otomatis muncul di samping dari kolom chat whatsapp.

Tapi sayangnya, fitur ini baru dapat diakses pengguna WhatsApp khusus di beberapa negara saja, seperti Amerika Serikat, Brasil, Italia, Irlandia, Meksiko, Spanyol, dan Inggris saja.

2. Dark Mode

Pada awal Maret lalu 5 - 3 -2020, fitur Dark Mode aplikasi WhatsApp sudah dapat digunakan oleh para pengguna di Indonesia. Dark Mode memang menjadi salah satu fitur yang paling ditunggu oleh pengguna WhatsApp sejak lama. Fitur ini sudah dapat digunakan pada perangkat Android versi 2.20.64 dan iOS versi 2.20.30.

Setelah melakukan pembaruan aplikasi WhatsApp, bukalah menu Settings pada pojok kanan atas, kemudian buka menu Chats, pilih menu Theme dan klik aktifkan Dark Mode. Setelah itu, Tidak hanya berfungsi agar tampilan aplikasi WhatsApp saja yang gelap. Pada fitur ini juga diklaim bisa lebih menghemat penggunaan daya perangkat Anda karena meminimalisir penggunaan cahaya kontras di LCD.

3. Dark Solid Colors

Setelah mengupdate aplikasi chatting WhatsApp di Android menjadi versi Beta 2.20.31, para pengguna aplikasi ini juga dapat mengaktifkan warna background yang lain untuk fitur Dark Mode tersebut.

Sebelum anda menerapkan fitur ini, pastikan fitur Dark Mode whatsapp anda sudah aktif, kemudian pilih menu Settings pada pojok kanan atas, setelah itu pilih menu Charts, pilihlah menu Wallpaper dan lalu klik Solid Color. Ada beberapa warna lain yang disediakan WhatsApp selain warna hitam, seperti merah, biru, hijau, dan abu-abu.

4. Self-Destructing Messages

Untuk fitur ini masih dalam tahap pengembangan, Walaupun masih dalam tahap pengembangan Self Destructing Messages adalah fitur yang juga paling dinanti oleh para pengguna WhatsApp. Jika sebelumnya aplikasi chat ini hanya menyediakan fitur untuk menarik pesan yang dinilai kurang efektif, kini pengguna bisa mengakses fitur baru yaitu menghapus pesan.

Fungsi dari Fitur ini dapat membuat penggunanya menghapus pesan secara langsung atau mengatur waktu penghapusannya / timer mulai dari satu jam sampai satu tahun.

5. Multi-Device Support

Fitur Multi-Device Support ini akan memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp di beberapa perangkat dengan satu akun. Namun, sepertinya pengguna masih harus bersabar karena fitur ini masih dalam tahap pengembangan yang lebih lanjut. Nantinya, Multi-Device Support juga dapat melakukan sinkronisasi riwayat dari obrolan untuk menyalin semua obrolan dari perangkat sebelumnya ke perangkat yang terhubung dengan akun yang sama.

6. QR Code

Dengan kehadiran fitur baru QR Code membuat pengguna WhatsApp tidak perlu harus menambahkan kontak jika ingin mengirim pesan kepada orang baru dengan metode tambah nomor. Cara menggunakan fitur ini yaitu pilih menu Settings pada pojok kanan atas whatsapp, kemudian klik simbol QR Code di samping kolom pada Profile. Pada tampilan tersebut, akan ada kolom QR Code WhatsApp Anda dan juga terdapat kolom scanning barcode yang bisa anda gunakan untuk memindai QR penerima pesan sehingga akan lebih praktis. Ini mengingatkan akan fungsi QR di BB Messenger.

7. Search by Date

Nah, Fitur baru Search by Date ini akan memudahkan para pengguna WhatsApp untuk mencari pesan berdasarkan tanggal yang diinginkan pengguna. Cara menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu membuka salah satu chatroom yang diinginkan dan memilih menu Search.

Setelah itu, maka akan ada tampilan dari seluruh isi pesan pada chatroom tersebut yang telah dikelompokkan berdasarkan tanggal pesannya.

Nah, jadi itulah dia Fitur WhatsApp Terbaru Keluar Dari Chatroom, Media Otomatis Terhapus yang telah Kami sajikan dalam pembahasan terbaru kali ini. Demikianlah pembahasan artikel ini Kami buat. Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.