Skip to main content

Kenapa Telegram Tidak Bisa Download Video? Ini Alasannya

Kenapa Telegram Tidak Bisa Download Video? Ini Alasannya

Kenapa Telegram Tidak Bisa Download Video? Ini Alasannya

Telegram menjadi aplikasi chat alternatif WA yang semakin hari semakin meningkat penggunaannya. Dalam perkembangannya, tentu terdapat masalah yang menghampiri, salah satunya adalah kenapa Telegram tidak bisa download video. Ada beberapa faktor yang membuatnya tidak bisa download.

Faktor penyebabnya bisa karena human error maupun dari aplikasinya. Apabila sudah mengetahui faktor penyebabnya, maka bisa mencari solusi untuk memperbaikinya. Anda juga perlu mempelajari cara download video dari Telegram yang juga akan dibahas kali ini.

1. Penyebab Kenapa Telegram Tidak Bisa Download Video

1.1. Koneksi Jaringan Buruk

Jaringan internet merupakan salah satu unsur penting yang harus diperhatikan ketika Anda ingin melakukan download apapun. Ini penting untuk diperhatikan, terutama ketika Anda ingin download video di Telegram. Setiap video yang diunggah tentu memiliki file size yang berbeda-beda.

Salah satu alasan kenapa Telegram tidak bisa download video adalah dari jaringan yang digunakan. Jika Anda menggunakan jaringan WiFi, pastikan jaringan tersebut memiliki kecepatan yang baik atau setidaknya stabil.

Begitu juga jika Anda menggunakan data seluler, pastikan masih memiliki kuota yang memadai. Pastikan sisa kuota Anda mencukupi untuk download video tersebut. Umumnya Anda bisa melihat informasi ukuran video tersebut sebelum mengunduhnya.

1.2. Memori Internal Penuh

Pengguna ponsel seringkali tidak mengecek kapasitas memori internal apakah masih terdapat sisa atau tidak. Kebanyakan orang mengetahui bahwa memori internal penuh dari notifikasi sistem yang muncul di pop-up pemberitahuan. Padahal hal ini penting untuk diperhatikan.

Apabila kapasitas memori internal penuh, maka Anda tidak bisa memaksanya untuk diisi file, dokumen atau bahkan video sekalipun. Jika dipaksakan, nantinya justru akan berakibat fatal pada ponsel yang digunakan. Ponsel bisa freeze mendadak hingga reboot dengan sendirinya.

1.3. Format Video Tidak Didukung

Penyebab lain kenapa Telegram tidak bisa download video adalah dari format video tersebut. Telegram memiliki aturan bagi siapa saja yang ingin mengunggah video. Ada format tertentu yang tidak didukung dan membuatnya tidak dapat diunduh.

Sekalipun pihak yang melakukan upload video sampai selesai, maka tidak dianggap sebagai video. Sebaliknya, sistem Telegram akan mendeteksinya sebagai file lain. Sehingga ketika diunduh akan mengalami error dan pihak yang melakukan upload harus mengunggahnya dengan format baru.

1.4. Terdapat Banyak Cache

Cache aplikasi seringkali menjadi salah satu penyebab aplikasi tersebut error ketika digunakan. Telegram juga memiliki cache aplikasi seperti halnya yang lain. Beberapa orang mungkin memanfaatkan aplikasi tambahan untuk membersihkan cache aplikasi secara berkala.

Beberapa lainnya memanfaatkan fitur bawaan sistem untuk menghapus cache. Jika Telegram Anda tidak bisa mengunduh video, cobalah untuk mengecek cache aplikasinya. Apakah terdapat banyak cache hingga ratusan MB atau tidak.

Apabila ditemukan cache dalam jumlah yang cukup tinggi, segera bersihkan cache tersebut. Sekalipun cache aplikasi ternyata masih sedikit, Anda tetap harus membersihkannya agar dapat berjalan dengan optimal. Cara membersihkan cache sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih menu Aplikasi.
  • Diantara banyaknya aplikasi, carilah Telegram dan buka aplikasinya.
  • Nantinya akan terdapat detail dari aplikasi tersebut, mulai dari Pencopotan Aplikasi, Berhenti Paksa, Perizinan dan sebagainya.
  • Dari sekian banyak pilihan, pilih opsi Penyimpanan.
  • Halaman baru akan terbuka dan menampilkan detail penyimpanan penggunaan aplikasi.
  • Umumnya terdapat dua tombol utama, yaitu Hapus Data dan Hapus Cache. Klik tombol Hapus Cache untuk membersihkannya.
  • Setelah dibersihkan, keluar dari Pengaturan dan cobalah untuk melakukan download ulang.

1.5. Aplikasi Belum Terupdate

Ketika sebuah aplikasi terdapat update, ini berarti versi aplikasi sebelumnya terdapat bugs ataupun error yang telah dilaporkan oleh pengguna. Pihak developer tentunya harus memperbaiki kerusakan sistem yang bisa dilihat dari laporan log sistem pengguna.

Jika sebelumnya terdapat error ketika download video dan sudah muncul versi update, segeralah melakukan update aplikasi karena ini bisa menjadi faktor penyebab kenapa Telegram tidak bisa download video. Menunda update aplikasi akan membuat kinerjanya menurun atau tidak optimal.

1.6. Aplikasi Tidak Resmi

Selain update aplikasi, penggunaan aplikasi yang tidak resmi juga bisa membuat Anda mengalami kegagalan ketika download video. Adapun yang dimaksud disini adalah Anda melakukan pemasangan atau install aplikasi dari luar Play Store.

Aplikasi yang berada di luar Play Store lebih rentan terhadap serangan malware dan berpotensi membawa malware ke dalam ponsel Anda. Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi yang resmi, bukan versi crack ataupun download di luar layanan resminya.

2. Cara Download Video di Telegram

2.1. Melalui Aplikasi di Ponsel

  • Jalankan aplikasi Telegram, kemudian carilah video yang ingin di download.
  • Tekan tombol Download yang terdapat pada video tersebut, biasanya berada di ujung kiri atas tampilan video.
  • Tunggu sampai video benar-benar diunduh hingga selesai.
  • Jika sudah selesai, klik tombol titik tiga di ujung kanan atas video.
  • Nanti akan muncul beberapa opsi pilihan, cara menyimpannya adalah pilih opsi Simpan atau Save.
  • Sekarang Anda bisa mengecek video yang terdownload tersebut di folder Telegram, kemudian Telegram Video.

2.2. Melalui Aplikasi di PC

  • Install aplikasi Telegram untuk PC terlebih dahulu. Anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di https://desktop.telegram.org.
  • Setelah berhasil terinstall, masuk terlebih dahulu menggunakan akun masing-masing.
  • Langkah selanjutnya adalah mencari video yang ingin di download sama seperti sebelumnya.
  • Setelah videonya ditemukan, tekan tombol Download yang muncul di tengah video dan tunggu sampai proses Download selesai.
  • Selesai diunduh hingga selesai, tekan ikon titik tiga di ujung kanan atas video, kemudian pilih Simpan Video Sebagai.
  • Anda bisa menemukan video tersebut di folder Telegram Desktop yang bisa di cari di System C.

2.3. Melalui Aplikasi di iPhone dan iPad

  • Lakukan langkah yang sama seperti cara pertama sampai video berhasil diunduh hingga selesai.
  • Setelah terunduh, tahan file video tersebut selama beberapa detik hingga muncul pilihan Reply dan More.
  • Pilih opsi More dan di bawah akan muncul beberapa tombol.
  • Sekarang pilih tombol Berbagi yang ada di tengah.
  • Dari sekian banyak pilihan yang ada, disarankan untuk memilih opsi Copy to Documents untuk menyimpannya.
  • Setelah muncul notifikasi bahwa file berhasil tersimpan, cek di File Manager masing-masing.

2.4. Melalui Bot Telegram di Web

  • Login ke Telegram versi website di https://web.telegram.org.
  • Setelah berhasil masuk, beralih ke menu pencarian dan ketikkan “getpubliclink_bot” tanpa tanda kutip.
  • Hasil pencarian akan muncul, pilih Get Public Link Bot dan tekan Start untuk mengaktifkannya.
  • Sekarang cari file video yang ingin di unduh, kemudian lakukan Forward ke Get Public Link Bot.
  • Pilih opsi Instant Download, lalu pilih OK.
  • Tunggu beberapa saat sampai generate link dibuat dan sistem akan melakukan download otomatis.

Setelah mengetahui alasan kenapa Telegram tidak bisa download video, sekarang Anda bisa mencoba solusi yang dianjurkan. Jika Telegram masih bermasalah, lakukan reset ponsel ke pabrikan terlebih dahulu. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!