Skip to main content

Inilah Cara Unik Belajar Bahasa Inggris Ala Mikha Tambayong

Mikha Tambayong

Inilah Cara Unik Belajar Bahasa Inggris Ala Mikha Tambayong

Siapa yang tak kenal Mikha Tambayong? Artis cantik berbakat ini ternyata punya cara tersendiri untuk belajar bahasa Inggris. Sebagian dari kita memang terkadang kesulitan mengerti bahasa tersebut. Tak jarang kita banyak mencari tips dan trik untuk menguasai bahasa internasional itu. Terlebih lagi di dunia modern dan zaman teknologi seperti sekarang, bahasa Inggris menjadi kemampuan wajib yang harus dikuasai.

Seorang Mikha Tambayong memiliki cara unik untuk belajar bahasa Inggris. Dirinya yang berkuliah di Harvard membagikan tips kepada sejumlah media. Nah, bagaimana cara unik belajar bahasa Inggris ala Mikha Tambayong?

1. Modal Berkuliah di Harvard University

Ketika diterima sebagai mahasiswa Harvard University, Mikha Tambayong menuai banyak pujian. Berkuliah di salah satu kampus terbaik dunia tersebut bukanlah hal yang mudah. Apalagi sangat jarang orang Indonesia yang berhasil meraih gelar mahasiswa di sana. Sebab, sebagian dari kita masih terkendala dengan bahasa Inggris yang mesti fasih digunakan.

Akan tetapi, tidak bagi Mikha. Hal tersebut justru dijadikan modal untuk melatih terus kemampuan bahasa Inggrisnya. Menjadi seseorang yang senang belajar membuat Mikha cepat beradaptasi. Adapun menjadi mahasiswa di universitas luar negeri tentu menjadikan diri terpacu untuk belajar bahasa Inggris dengan serius.

2. Mulai Belajar Bahasa Inggris

Aktris dan penyanyi ini menyebutkan bahwa dirinya mulai belajar bahasa Inggris sejak SMP. Tidak dengan kursus bahasa khusus, Mikha memanfaatkan hobi membaca yang dimilikinya. Ia banyak membaca bacaan bahasa Inggris. Jika terdapat kosakata yang tidak dimengerti, ia underline dan mencari artinya.

Cara tersebut cukup efektif diterapkan. Sebab, dengan membentuk kebiasaan membaca, selain menambah ilmu melalui bahan bacaan, pikiran kita juga semakin terbuka dengan kosakata baru. Semakin banyak kosakata yang dikuasai membuat kita tidak perlu bingung lagi mencari kata-kata saat akan berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

3. Dibantu oleh Sang Ibu

Selain membiasakan belajar mandiri melalui membaca, ternyata Mikha memiliki cara unik dalam belajar bahasa Inggris. Ia dibantu belajar oleh sang ibu, Deva Tambayong. Tentu kondisi ini memberikan dorongan bagi Mikha untuk lebih semangat lagi dalam belajar. Pasalnya, ia menyebutkan bahwa ibunya berhenti bekerja dan membantu dirinya untuk belajar bahasa Inggris.

Sebagai seorang anak tentu tidak ingin mengecewakan orang tua. Apalagi mereka merelakan waktu untuk membimbing anaknya. Hal ini menandakan bahwa peran orang tua sangat penting dalam perkembangan anak. Bahkan, jika bisa, anak tidak perlu mengikuti jenjang sekolah formal jika orang tua telah mampu mendidik sang anak. Akan tetapi, pendidikan formal seringkali diikuti untuk mengembangkan pemikiran yang lebih luas terhadap dunia luar.

4. Membiasakan Diri untuk Membaca Buku

Bintang sinetron Kepompong ini mengaku bahwa dirinya memiliki hobi membaca sejak kecil. Kebiasaan ini telah diajarkan oleh sang ibu. Dengan betul, Mikha terbentuk sebagai seorang yang memiliki karakter membaca. Seperti yang kita ketahui banyak manfaat ilmu yang bisa didapatkan dari membaca. Alhasil, seorang Mikha menyisihkan waktu untuk membaca setiap harinya.

Beruntungnya lagi, Mikha bukan generasi yang berkembang di zaman digital. Bahkan, dirinya baru memiliki ponsel pada saat SMA. Artinya, sebagian besar waktu mudanya digunakan untuk belajar dan membaca buku. Berbeda dengan zaman sekarang sebagian besar siswa kurang bijak memanfaatkan ponsel. Nah, motivasi membaca buku ala Mikha Tambayong ini bisa dijadikan acuan semangat untuk terus belajar dengan membaca.

5. Manfaat Membaca bagi Mikha

Melansir dari kebiasaan membaca Mikha Tambayong, dirinya menyebut mendapatkan banyak manfaat dari kebiasaan tersebut. Manfaat yang didapat antara lain mencerdaskan bangsa, lebih kreatif, meningkatkan daya imajinasi menstimulasi kemampuan berbahasa dan berbicara. Nah sebagian dari kita pasti merasakan manfaat tersebut bukan?

Ingatlah manfaat-manfaat tersebut saat kamu lelah atau malas membaca. Bayangkan jika kami tidak bisa menikmati ilmu karena tidak rajin membaca. Padahal sudah disebutkan bahwa membaca melalui buku adalah jendela dunia. Artinya, kamu bisa menjelajah isi dunia dengan sekadar membaca buku saja.

6. Jenis Buku Apa yang Dibaca?

Sebagian dari kamu pasti memiliki pertanyaan demikian. Lantas, Mikha menuturkan bahwa dirinya membaca buku mulai dari yang seluruhnya berisi gambar, seluruhnya tulisan, sampai dengan novel-novel berat. Hal tersebut berarti Mikha tidak membedakan buku apa yang ia baca sejak kecil.

Sebab yang terpenting adalah kebiasaan membaca yang sudah tertanam. Entah buku apapun itu, yang penting bisa menambah ilmu, kreativitas, dan daya imajinasi seseorang. Akan tetapi, bagi kamu yang baru ingin membiasakan membaca, kamu bisa memilih buku bacaan dengan tema yang kamu suka. Terutama dalam bahasa Inggris, pilihlah topik yang menarik perhatianmu terlebih dahulu. 

7. Memiliki Semangat Belajar

Jangan mengatakan ingin menguasai bahasa Inggris jika kamu tidak ingin belajar. Mikha Tambayong adalah seseorang yang memiliki semangat belajar luar biasa. Sejak usia empat tahun, ia mulai mengikuti les piano. Pada usia 13 tahun dirinya merambah ke dunia sinetron. Hal tersebut menunjukkan Mikha memiliki semangat belajar luar biasa.

Meskipun sibuk dengan karir, dirinya mengaku berhasil menamatkan pendidikan SMP hanya dalam waktu dua tahun saja. Mengesankan bukan?

8. Pendidikan Tetap Menjadi Nomor Satu

Mikha menuturkan, orang tuanya mulai mencari bakat-bakat lain di luar pendidikan formal. Seperti yang telah disebutkan bahwa Mikha merambah ke dunia akting saat usianya baru 13 tahun. Saat itu pun awalnya dipaksa karena orang tuanya ingin Mikha mencoba banyak hal.

Ternyata benar, awalnya terpaksa, kini menjadi suka. Sama halnya dengan belajar, pada awalnya terasa terpaksa, lambat laun bisa menjadi kecanduan belajar.

Meskipun hal tersebut membuat dirinya bergelut di dunia entertainment, tetapi Mikha tetap menjunjung bahwa pendidikan tetap nomor satu. Pendidikan merupakan bekal masa depan. Tanpa pendidikan kita tidak bisa menerawang masa depan seperti apa yang kita miliki. Sebaliknya bersama pendidikan, kita mendapatkan cahaya terang membuka pintu masa depan yang gemerlap.

9. Melatih Diri Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris

Memiliki semangat belajar yang tinggi, harus juga diiringi dengan praktik langsung. Sebab, sesuatu yang berada di pikiran saja, terkadang tidak sepenuhnya bisa diwujudkan secara langsung, kecuali dengan cara mencobanya. Saat kamu telah berhasil memiliki kebiasaan membaca, kini saatnya kamu mulai mengomunikasikan pengetahuanmu.

Khususnya dalam bahasa Inggris, rajin-rajinlah berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Lambat laun kamu akan terbiasa. Pada awalnya mungkin belum terlalu baik. Namun, seiring berjalannya waktu kamu bisa terus belajar dan memperbaiki cara pengucapan yang benar. Sebab, tidak ada ilmu yang sempurna, yang ada adalah ilmu yang terus disempurnakan.

Nah, itulah sefruit tips belajar bahasa Inggris ala Mikha Tambayong. Tidak sabar untuk mempraktekkannya? Tunggu apalagi, kamu bisa mempraktikkan mulai dari sekarang. Selalu semangat dalam belajar ya! Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!