Skip to main content

5 Artis Pejuang Beasiswa, Seperti Apa Tipsnya?

Tasya Kamila

5 Artis Pejuang Beasiswa, Seperti Apa Tipsnya?

Hey bagi kamu yang sedang menempuh bangku kuliah, kamu tentu menginginkan untuk mendapat beasiswa bukan? Selain tunjangan pendidikan gratis, kamu juga bisa mendapat uang saku dari si pemberi beasiswa. Apalagi untuk berkuliah di luar negeri, banyak beasiswa yang menyediakan akses tersebut.

Negara-negara seperti di Asia dan Eropa memang sering menjadi incaran para mahasiswa Indonesia. Adapun, benua tetangga, Australia juga banyak diminati sebagai tujuan mendapatkan beasiswa. Hal ini didasarkan pada ketercapaian ilmu yang ingin diperoleh dari institusi pendidikan terkait.

Saat ini sudah banyak publik figur Indonesia yang berkesempatan mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. Meskipun di tengah kesibukan di dunia entrepreneur, mereka tetap mengutamakan pendidikan pada nomor satu. Bukan karena popularitas ataupun finansial, tetapi karena niat dan tekad yang kuat, mereka bersikukuh kuliah ke luar negeri.

Selain itu, dukungan segudang prestasi, talenta yang hebat, dan kebiasaan positif mengiringi perjuangan mereka. Lantas, seperti apa tips 5 artis pejuang beasiswa? Berikut ini penjelasan menarik yang wajib kamu simak.

TOC / Daftar Isi

1. Tasya Kamila

Tasya Kamila yang terkenal sebagai penyanyi sejak kecil adalah salah satu artis yang mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Dirinya berkesempatan belajar di Columbia University, Amerika Serikat. Pada masa studinya tersebut, ia berfokus pada bidang administrasi publik. Tasya memang sudah lama mengincar untuk berkuliah di luar negeri.

Serangkaian materi untuk mengikuti seleksi masuk bagi mahasiswa baru dipelajarinya dengan tekun. Dari 400 orang pendaftar, hanya 3 orang Indonesia yang lolos, termasuk Tasya. Lantas, mendapatkan beasiswa dari LPDP menjadi nilai tambah. Ia bercerita belum pernah membayangkan kehidupan belajar di sana sebelumnya. Jika hanya dibayangkan sedikit, kota New York dan tempat tinggalnya nanti cukup dekat dengan kampus. Hal ini memudahkan dirinya untuk survive.

Sekadar informasi, serangkaian tes yang dia jalani Tasya Kamila antara lain tes GRE, yakni tes yang menguji kemampuan siswa dalam memahami bacaan yang rumit. Ada lagi tes kemampuan matematika, bahasa Inggris, tes TOEFL, dan tes esai tidak ketinggalan. Untuk bisa berkuliah di luar negeri memang kemampuan TOEFL harus di atas rata-rata. Berarti, kamu harus mempersiapkan diri dengan serius jika benar-benar menginginkan kuliah di luar negeri.

Back to Content ↑

2. Maudy Ayunda

Sama seperti Tasya Kamila, Maudy Ayunda juga mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Ia memilih Stanford University sebagai universitas yang membantunya berkembang. Sementara iu, fokus studinya adalah bidang bisnis dan pendidikan. Menariknya lagi, Maudy Ayunda adalah lulusan S1 dari Oxford University.

Untuk dapat belajar di dua kampus besar dunia, Maudy Ayunda merupakan orang yang sangat luar biasa dalam belajar. Ia menanamkan belajar tidak hanya ketika untuk mempersiapkan ujian saja, tetapi lakukan belajar setiap saat secara terjadwal. Selain itu, sebaiknya kamu memahami konsep dasar sebuah materi. Sebab, konsep dasar inilah yang akan dijadikan rujukan dalam setiap pengembangan jenis soal.

Maudy Ayunda juga menyarankan agar membaca buku materi dengan skimming dan scanning. Artinya, jika kamu ingin belajar dengan cepat, cobalah scan materi mana saja yang akan kamu pelajari. Dengan begitu, kamu bisa mengatur fokus untuk belajar materi tersebut. Yang tak kalah penting lagi, milikilah kebiasaan membaca buku.

Back to Content ↑

3. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati menjadi artis berikutnya yang mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Dirinya mendapat beasiswa diploma di Nanyang Academy of Fine Arts di Singapura. Selain itu, berkat prestasinya, Isyana mendapatkan tawaran beasiswa dengan jurusan performance di Royal College of Music, Inggris.

Menjadi seorang penerima beasiswa tentu suatu kebahagiaan tersendiri. Terlebih lagi bagi Isyana yang tak mengikuti pendidikan formal. Selama ini, ia hanya belajar sesuai apa yang menjadi kesenangannya. Salah satunya menjalani belajar untuk mencapai impiannya di bidang musik.

Saat berada di bangku kelas 11 SMA, dirinya mendapatkan beasiswa ini. Senangnya bukan main, bahkan ia sempat menyebut tidak mengikuti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah karena tawaran beasiswa yang terlebih dahulu telah diterimanya. Hal ini menjadi langkah awal mimpinya untuk menjadi seorang maestro musik.

Isyana memberikan tips kepada setiap orang yang mempunyai mimpi. Pantang menyerah, yakin, dan selalu percaya diri menjadi tahapan cara meraih mimpinya. Tidak ada yang instan. Artinya, seluruhnya butuh proses dan perjuangan. Selain itu, jangan takut untuk jatuh, bangkit kembali jika kamu sedang terpuruk dalam kegagalan.

Back to Content ↑

4. Gita Gutawa

Gita Gutawa menjadi artis yang tak kalah berprestasi. Gita mendapatkan gelar S2 dari School of Economics and Political Science (LSE), Inggris. Ia mendapat beasiswa dari LPDP dengan bidang studinya yakni ekonomi kreatif. Gita menuturkan bahwa mendapat beasiswa LPDP itu sangat sulit. Secara akademik harus memberikan nilai terbaik dan bisa kompetitif.

Calon pelamar beasiswa harus benar-benar meninjau kontribusinya selama menjalani perkuliahan S1 di kampus. Setelah mendapatkan beasiswa dari lembaga pendidikan tersebut, seorang penerima harus mampu menunjukkan kontribusinya terhadap negara. Saat ditanya hal ini dalam wawancara, kamu harus memberikan jawaban yang lantang.

Jika si pelamar hanya mendaftar beasiswa karena gaji lulusan atau profesi yang diincar, hal ini dirasa kurang tepat dengan visi LPDP. Gita juga menyarankan untuk sang pelamar beasiswa agar memilih jurusan unik, contohnya football manajemen. Jurusan ini harus mampu menunjukkan kontribusi kamu nanti kepada negara.

Hal terpenting lainnya adalah tentang esai. Menurut Gita, dalam esai kita menunjukkan versi terbaik dari diri kita. Cantumkan lah hal unik dalam diri yang bakal diingat oleh orang lain. Selain itu, kamu bisa mencantumkan dari mana mindset yang kamu miliki saat ini, misalnya kamu terinspirasi dari seorang tokoh hebat.

Back to Content ↑

5. Acha Septriasa

Ditunjang dengan beasiswa 80%, seorang Acha Septriasa hanya membayar biaya pendidikan 20% saja. Ia berkesempatan menempuh studi di Limkokwing University of Creative Technology Cyberjaya, Malaysia, pada jurusan multimedia dan broadcasting. Insight penting dari seorang Acha Septriasa adalah bahwa kuliah tidak pernah mengenal kata terlambat. Dirinya sangat benar belajar dan menambah ilmu baru.

Acha juga mengangkat konsep learning by doing. Melalui konsep belajar ini, kita bisa terus berkembang karena belajar dari pengalaman dan kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebelumnya. Selain itu, Acha berpendapat bahwa pendidikan di Indonesia masih perlu dibenahi lagi. Khususnya bagi pendidikan tinggi, baik negeri maupun swasta harus dibangun dan memiliki kualitas yang bisa berkompetisi dalam ranah global.

Back to Content ↑

Tak hanya popular, kelima artis tersebut berprestasi sampai dengan mendapatkan beasiswa. Semoga cerita dan tips serta semangat belajar mereka bisa menginspirasi kamu. Meskipun mendapat beasiswa semakin sulit setiap tahunnya, tetapi bukan berarti hal tersebut tidak mungkin terlampaui. Selama kamu mau belajar dengan keras dan tekun, kamu pasti bisa mendapatkan beasiswa tersebut. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!