Skip to main content

Menerapkan Unsur Ying dan Yang di Dalam Rumah

Yin Yang

Menerapkan Unsur Ying dan Yang di Dalam Rumah

Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan simbol Ying dan Yang. Simbol yang digambarkan dengan warna hitam dan putih ini merupakan bentuk energi keseimbangan. Jika Anda memasukkannya ke dalam rumah, maka energi yang ada di dalam rumah tersebut akan menjadi lebih seimbang.

Teori Ying dan Yang merupakan sebuah teori yang berasal dari China. Bahkan, hampir semua ajaran yang berasal dari negeri tirai bambu menggunakan teori Ying dan Yang. Mulai dari seni bela diri, feng shui hingga pengobatan tradisional menggunakan teori tersebut.

1. Arti Ying dan Yang

Berdasarkan teori yang dimilikinya, Ying dan Yang ialah segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, yang mana terdiri atas dua kekuatan yang saling berlawanan satu sama lain namun kekuatan tersebut saling terkait. Unsur Yin yang berwarna hitam merupakan unsur feminim. Sementara itu, unsur Yang adalah unsur maskulin yang ditandai dengan warna putih. Interaksi yang terjadi di antara kedua unsur tersebut menciptakan sebuah esensi kehidupan dari setiap orang. Tentunya, keduanya memberikan makna dan menjadi tidak seimbang jika salah satunya tidak ada.

Jika dilihat dari segi energi, simbol Yin cenderung lebih sunyi, pasif, santai, lambat dan lembut. Sedangkan untuk simbol Yang lebih diekspresikan tentang kualitas energi yang berlawanan dan juga berseberangan dengan simbol Yin. Simbol Yang lebih agresif, kokoh, kuat dan panas.

2. Penerapan Teori Yin dan Yang di Dalam Rumah

Karena energi seimbang yang dimilikinya membuat Ying dan Yang sangat cocok untuk diimplementasikan di dalam rumah. Teorinya tidak rumit sehingga bisa Anda praktekkan di dalam rumah. Untuk memulainya, Anda bisa menggunakan level yang paling sederhana dulu, seperti pada penjelasan berikut ini :

  • Yin (Energi Positif)

    Yin adalah unsur yang memberikan efek relaksasi. Energi ini bisa Anda dapatkan dari beberapa ruangan seperti kamar tidur dan kamar mandi. Selain itu, unsur Yin juga bisa dihadirkan melalui musik relaksasi, air mancur atau hanya sekadar gambar air di dinding rumah.

  • Yang (Energi Aktif)

    Yang adalah unsur aktif yang bisa memberikan kekuatan dan juga semangat. Agar rumah Anda bisa mendapatkan kekuatan dari unsur ini, maka Anda bisa memasang lampu yang berwarna terang atau pemilihan dekorasi ruangan dengan warna yang lebih berani.

Tak hanya itu, bahkan unsur Yang sendiri juga bisa dihadirkan melalui sebuah kegiatan yang melibatkan banyak orang, seperti menggelar sebuah pesta di dalam rumah.

3. Penempatan Unsur Ying dan Yang

Meski sudah paham dengan penerapan teori dari unsur Ying dan Yang ini, mungkin sebagian dari Anda masih bingung menentukan area mana yang harus dipasang unsur tersebut. Nah, untuk pemasangannya sebenarnya tergantung pada fungsi dari ruangan itu sendiri.

Misalnya saja kamar tidur. Karena kamar tidur digunakan sebagai tempat untuk beristirahat, maka ruangan tersebut harus memiliki unsur Ying yang besar. Hindari pula beberapa alat yang membawa unsur Yang ke dalam kamar seperti alat olahraga, televisi hingga alat yang digunakan untuk bekerja.

Masukkanlah beberapa barang yang memiliki unsur Ying, misalnya yaitu lampu yang redup, musik relaksasi atau bahkan lilin aromaterapi. Hal ini juga dilakukan untuk area kamar mandi.

Sedangkan untuk beberapa ruangan lain seperti ruang kerja, ruang keluarga, dapur dan beberapa ruangan lainnya yang butuh unsur Yang besar, pilihlah warna cat dinding yang cerah.

Anda juga bisa memajang foto keluarga atau permainan yang bisa dimainkan secara bersama-sama.

Sebuah rumah yang menggunakan unsur Ying dan Yang pasti akan memiliki energi yang seimbang di dalamnya. Hal inilah yang membuat pemilik rumah merasa lebih betah untuk berada di huniannya.