Skip to main content

Menarik! Seperti Inilah Keadaan Pendidikan di Indonesia Saat Ini

Pendidikan

Menarik! Seperti Inilah Keadaan Pendidikan di Indonesia Saat Ini

Pendidikan merupakan jembatan utama untuk mencapai negara yang makmur dan sejahtera. Pasalnya lebih banyak generasi muda yang berpendidikan dan dapat memanfaatkan ilmunya dengan benar bisa membuat negara ini jauh lebih baik. Namun, faktanya pendidikan di Indonesia masih terlihat memprihatinkan.

Ya, pendidikan di negara ini menempati peringkat 6 terbawah di dunia. Oleh karena itu, Anda sebagai generasi muda wajib untuk memperbaikinya dengan berbagai cara. Salah satunya yakni ikut serta dalam mendukung perkembangan pendidikan saat ini. Meski sedang terjadi pandemi, namun kegiatan belajar tidak boleh terhenti begitu saja.

Salah satu cara agar bisa melanjutkannya adalah dengan metode daring atau metode pembelajaran online seperti yang sedang dilakukan saat ini. Dengan demikian pendidikan di negara ini bisa lebih berkembang. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pendidikan di Indonesia

Segala sesuatu pasti memiliki beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kualitasnya termasuk dalam dunia pendidikan. Secara umum terdapat dua faktor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam proses pencapaian kualitas belajar. Faktor-faktor tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Faktor Internal

Faktor yang satu ini merupakan salah satu faktor yang berasal dari dalam diri setiap individu. Jadi, baik tidak seseorang dalam mengikuti suatu pembelajaran dipengaruhi oleh faktor internal. Nah, faktor yang satu ini dibagi menjadi beberapa kelompok yakni seperti :

1.1. Faktor Fisiologis

Faktor yang satu ini merupakan salah satu faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik setiap individu. Kesehatan dan kebugaran jasmani serta fungsi panca indra yang baik dapat mempengaruhi proses belajar. Dengan memiliki tubuh yang sehat, maka proses belajar dapat berjalan dengan lancar dan ilmu bisa mudah untuk diserap.

1.2. Faktor Psikologis

Kondisi psikologis siswa sangat mempengaruhi proses pembelajaran lho. Siswa yang memiliki motivasi tinggi dalam belajar akan lebih cepat meresap ilmu yang diberikan. Sedangkan siswa yang lebih mudah putus asa dan kurang memiliki motivasi akan merasa kesulitan dalam belajar. Oleh karena itu, bimbingan konseling sangat diperlukan pada setiap sekolah untuk memotivasi seluruh siswa agar bisa belajar dengan baik.

2. Faktor Eksternal

Selain faktor internal, faktor eksternal juga mempengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia lho. Faktor ini berasal dari luar diri setiap individu seperti misalnya berasal dari lingkungan tempat tinggalnya dan lain-lain. Beberapa faktor eksternal diantaranya seperti :

2.1. Lingkungan Sosial

Nah, lingkungan sosial yang dimaksud disini adalah administrasi, guru dan teman-teman sekelas dapat mempengaruhi proses belajar siswa. Selain itu, kondisi keluarga dan lingkungan tempat tinggal juga sangat berpengaruh. Jadi, siswa yang tinggal di tempat yang baik pasti memiliki kualitas belajar yang baik pula dan sebaliknya.

2.2. Lingkungan Non Sosial

Nah, yang dimaksud dengan lingkungan non sosial adalah kondisi alam. Ya, diantaranya seperti udara, sinar matahari dan tingkat kelembaban. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kenyamanan siswa dalam proses pembelajaran lho. Pasalnya, jika cuaca tidak menentu proses pembelajaran tidak akan nyaman dan ilmu yang diberikan sulit untuk masuk dalam diri setiap individu. Oleh karena itu, pastikan suasana kelas dibuat senyaman mungkin agar buruknya cuaca di luar tidak mengganggu konsentrasi belajar.

Saat ini pendidikan menjadi salah satu ajang untuk mengekspresikan bakat, keterampilan dan kecerdasan siswa. Hal ini tentu akan membuat sebuah pendidikan di Indonesia bisa menjadi lebih baik. Apabila banyak siswa yang berbakat dan juga cerdas, maka pendidikan negara ini dapat lebih berkembang bahkan maju dan bisa menyaingi negara lain. Jadi, Anda sebagai generasi muda ikutlah berpartisipasi dalam memajukan pendidikan negara ini.