Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan ceruk Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan Fee, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink dari Kami (Nofollow!)

×

5 Kebiasaan yang Membuat Mobil Perlu Dibawa Ke Bengkel AC Mobil

5 Kebiasaan yang Membuat Mobil Perlu Dibawa Ke Bengkel AC Mobil
5 Kebiasaan yang Membuat Mobil Perlu Dibawa Ke Bengkel AC Mobil

5 Kebiasaan yang Membuat Mobil Perlu Dibawa Ke Bengkel AC Mobil

Hampir semua orang pasti menginginkan bahwa mobil yang dinaikinya bisa terus menerus awet dan bisa terus digunakan. Hal ini menyangkut juga beberapa sparepart dan komponen mobil salah satunya adalah AC. AC adalah elemen yang cukup penting dalam suatu kendaraan. Jika AC rusak, maka Anda harus segera membawanya ke bengkel AC mobil terbaik.

AC merupakan suatu sistem pendingin yang diinstal untuk menurunkan suhu dalam kendaraan. Tentunya dengan pemasangan AC yang tepat bisa memberikan kenyamanan bagi penumpang suatu kendaraan. Namun jika suatu kendaraan tidak terpasang sistem pendinginnya maka hal tersebut bisa mengganggu perjalanan. Nah di bawah ini ada beberapa penyebab dan kebiasaan yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang yang bisa mengakibatkan rusaknya AC mobil.

TOC / Daftar Isi

Agar Tidak Sering ke Bengkel AC Mobil, Hindari 5 Kebiasaan yang Bisa Akibatkan Rusaknya AC

1. Perhatikan Untuk Menyalakan AC Saat RPM Mesin Tinggi

Salah satu yang mengakibatkan rusaknya komponen AC adalah ketika Anda menyalakan mesin mobil pada RPM yang tinggi. Ini merupakan kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Padahal, menyalakan AC pada RPM yang tinggi nyatanya bisa akibatkan kerusakan salah satu komponen pada AC yakni di bagian pressure plate.

Ketika Anda menyalakan AC maka pressure plate akan bergerak untuk menekan pulley. Yang mana kita tahu bahwa pulley ini terhubung dengan putaran mesin. Dengan begitu poros kompresor bisa berputar. Saat proses pressure plate yang terhubung dengan pulley maka lama kelamaan akan terkikis dan aus apalagi dalam putaran yang tinggi.

Dengan pressure plate yang aus dan terkikis maka mengakibatkan tenaga putar mesin yang mengalir ke kompresor jadi semakin kecil. Dengan begitu, Anda akan merasakan bahwa AC mobil berubah menjadi kurang dingin.

Back to Content ↑

2. Perhatikan untuk Tidak Mematikan AC Ketika Mematikan Mesin Mobil

Salah satu kebiasan buruk yang mengakibatkan mobil sering mampir ke bengkel AC adalah ketika Anda tidak mematikan AC terlebih dahulu ketika mesin mobil dimatikan. Memang, bagi sebagian orang akan menganggap bahwa hal ini terkesan praktis akan tetapi tahukah Anda bahwa kompresor AC bisa rusak jika terus menerus demikian.

Ketika mesin dimatikan makan bagian pulley dan crankshaft bisa alami sedikit hentakan putar balik. Hal ini diakibatkan dari piston-piston yang terhenti pada proses kompresi. Tahukah Anda jika hentakan ini juga yang nantinya akan merambat sampai ke pulley kompresor AC.

Apabila pulley kompresor pada AC ini pada posisi terjepit oleh pressure plate yang mana sedang dalam keadaan menyala maka hentakan yang terjadi akan tersalur pada compressor AC. Hal demikian yang kemudian membuat kompresor AC jadi lebih mudah rusak.

Back to Content ↑

3. Lupa Tidak Menutup Katup Ventilasi Udara Luar

Salah satu kebiasaan yang mengakibatkan rusaknya komponen AC adalah ketika Anda melupakan untuk tidak menutup katup ventilasi udara luar yang mana hal tersebut dilakukan sambil membiarkan AC juga bekerja. Tentunya hal demikian yang bisa akibatkan Ac sering rusak.

Padahal biasanya dalam menutup ventilasi udara luar maka pengemudi hanya perlu memutar dan menekan tombol ke arah symbol mobil yang ada lambing panah melingkar saja.

Pada permasalahan ini, udara luar yang masuk ke dalam kabin bisa mempengaruhi kinerja sensor temperatur AC dari mobil Anda. Hal ini kemudian bisa akibatkan adanya ketidaksesuaian antara pembacaan suhu. Dengan begitu maka akan menambah beban kerja kompresor AC. Kompresor AC sendiri akan terus menerus berputar yang mana bisa mempercepat terjadinya suatu kerusakan komponen.

Back to Content ↑

4. Ketika AC Bekerja, Kaca Jendela Mobil Terbuka

Dengan kebiasaan Anda membiarkan jendela mobil terbuka saat Ac bekerja bisa akibatkan kerusakan pada komponen AC, ya tentu hal ini cukup sering dilakukan. Hal ini karena ketikd udara luar yang panas masuk pada kabin mobil bisa membuat suhu yang ada di dalamnya menjadi tidak berfungsi untuk menurunkan suhu kabin.

Kondisi-kondisi tersebutlah yang pada akhirnya bisa membuat kompresor AC mobil Anda bekerja dengan ekstra. Kompresor bekerja ekstra adalah untuk menyesuaikan suhu yang diset dengan panel AC Anda. Hal ini bisa mengakibatkan suhu yang dicapai agak sulit walau kompresor terus menerus berputar. Hal demikian yang terkadang bisa membuat Ac mobil cepat rusak.

Back to Content ↑

5. Pemilik Mobil Jarang Melakukan Perawatan AC Mobil

Jujur saja, apakah Anda demikian? Kebanyakan orang malas membawa mobilnya ke bengkel Ac mobil untuk melakukan perawatan. Padahal membawanya ke tempat tersebut sangatlah penting untuk perawatan komponen di dalamnya. Beberapa komponen yang perlu dilakukan penggantian seperti misalnya filter AC, pemeriksaan pada jumlah Freon atau bisa juga dengan melakukan pembersihan evaporator dan blower AC. Dengan melakukan perawatan AC maka kerusakan yang lebih besar juga bisa diminimalisir.

Back to Content ↑

Tips Memilih Bengkel AC Mobil

Jika Anda sudah memiliki beberapa permasalahan di atas dan berniat untuk memperbaikinya maka segeralah untuk hubungi bengkel AC Mobil. Hal ini sangat disarankan khususnya bagi Anda yang tidak memiliki basic dalam melakukan hal-hal mekanis. Nah untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi Rotarybintaro.co.id sebagai spesialis perawatan AC dan perbaikan.

Back to Content ↑

1. Pastikan Pelayanan Maksimal

Anda harus memastikan bahwa pelayanan yang diberikan dalam suatu bengkel service harus maksimal. Hal ini karena tidak sama antara perawatan maupun perbaikan dari AC mobil itu sendiri. Ketika Anda menemukan bengkel AC yang profesional maka tentunya pelayanan yang diberikan cukup ramah, cepat dan juga teliti.

Back to Content ↑

2. Perhatikan Pekerja/Teknisinya

Saat ini sudah cukup banyak keberadaan dari bengkel service AC mobil di luar sana. Akan tetapi tidak semua bengkel tersebut menawarkan pelayanan yang mumpuni. Hal ini dikarenakan bengkel yang baik harus memberikan pelayanan teknisi yang baik pula.

Back to Content ↑

3. Lengkapnya Peralatan yang Disediakan

Selain dari segi teknisi, peralatan yang disiapkan juga harus lengkap. Pastikan tidak hanya memiliki kemampuan mekanik yang handal. Anda juga harus memperhatikan kelengkapan dari peralatan yang dimiliki. Hal ini tentunya untuk memberikan hasil yang maksimal diperlukan beberapa sarana prasarana yang lengkap.

Back to Content ↑

4. Pilih yang Bisa Home Service

Ada salah satu aspek yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih bengkel AC Mobil salah satunya adalah ketersediaan dalam melakukan Home Service. Home Service adalah suatu layanan yang diberikan untuk memperbaiki kendaraan di rumah. Tentunya home service bisa Anda pilih khususnya bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu. Dengan adanya layanan home service tentunya tidak jadi masalah jika Anda harus memperbaiki AC mobil di tempat lain. Kepercayaan adalah kunci utama memilih bengkel home service

Back to Content ↑

Nah itu dia beberapa penjelasan lengkap mulai dari alasan Anda perlu untuk memperhatikan kebiasaan yang bisa akibatkan kerusakan komponen mobil sampai dengan tips memilih bengkel AC mobil. Jika Anda membutuhkan keluhan AC mobil maka bisa hubungi Rotarybintaro.co.id. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!