Skip to main content

Tips Ampuh Mendapatkan Mouse Komputer Wireless Terbaik

Tips Ampuh Mendapatkan Mouse Komputer Wireless Terbaik
Wireless Mouse Komputer

Tips Ampuh Mendapatkan Mouse Komputer Wireless Terbaik

Wireless mouse komputer sangat praktis dan mudah digunakan. Produk tersebut merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang sering merasa tidak nyaman dengan mouse kabel. Tapi, ada berbagai macam wireless mouse yang mempunyai koneksi, fitur dan desain yang berbeda-beda. Hal inilah yang bisa membuat Anda kebingungan untuk memilih produk yang bagus.

Ada beberapa rekomendasi wireless mouse komputer terbaik untuk Anda. Simak penjelasannya di bawah ini.

TOC / Daftar Isi

Kelebihan Wireless Mouse Komputer

Wireless Mouse Komputer

Anda tidak lagi membutuhkan kabel ketika menggunakan wireless mouse komputer. Hal inilah yang bisa membuat Anda leluasa dalam mengoperasikan mouse dari pada Anda menggunakan wired mouse.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan ruang gerak yang terbatas. Wireless mouse ini memiliki jangkauan yang lumayan jauh. Untuk itu dengan Anda menggunakan wireless mouse, Anda dapat dengan mudah berpindah-pindah tempat ketika Anda bekerja. Praktis bukan?

Tapi, jenis mouse ini membutuhkan waktu untuk melakukan pengisian daya. Jika produk pilihan Anda menggunakan baterai, maka Anda harus mempersiapkan biaya tambahan untuk membeli baterai baru. Tetapi, wireless mouse akan sangat membantu Anda karena dapat dibawa kemanapun Anda pergi.

Back to Content ↑

Tips Memilih Wireless Mouse Komputer Terbaik

Spesifikasi dari wireless mouse komputer bisa menjadi penentu kenyamanan dan efektivitas pekerjaan Anda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk selalu memeriksa fitur, desain, serta koneksinya. Yuk simak cara memilih wireless mouse komputer terbaik berikut ini.

Back to Content ↑

1. Memeriksa Jenis Koneksi

Wireless Mouse Komputer

Walaupun wireless mouse tidak menggunakan kabel, namun Anda tetap dapat memilih jenis koneksinya. Mari simak perbedaannya di bawah ini:

Back to Content ↑

  • 1.1. USB Receiver

    Wireless mouse yang dilengkapi dengan USB receiver dapat terhubung dengan perangkat Anda tanpa pengaturan yang terlalu rumit. Anda hanya perlu menghubungkan receiver ke port USB dan mouse sudah bisa Anda gunakan. Jangkauan mouse jenis ini juga lumayan jauh, kurang lebih 10 meter.

    Jika Anda menggunakan mouse ini, dibutuhkan port USB untuk menghubungkannya ke perangkat Anda. Nah, jika port USB komputer milik Anda terbatas, Anda bisa menggunakan USB hub.

  • Back to Content ↑

  • 1.2. Bluetooth

    Wireless mouse bluetooth tanpa dongle ini bisa menjadi salah satu solusi untuk komputer Anda yang memiliki port USB terbatas. Anda juga dapat menghubungkan mouse ke beberapa perangkat secara bersamaan, seperti dihubungkan ke smartphone atau tablet.

    Selain itu, pengaturan pada mouse ini cukup mudah dan Anda hanya perlu melakukannya sekali.

  • Back to Content ↑

2. Mengetahui Tipe Sensor pada Mouse

Wireless Mouse Komputer

Akurasi wireless mouse komputer sangat bervariasi, tergantung dari sensor yang digunakan. Berikut ini jenis sensor yang biasanya digunakan pada wireless mouse.

Back to Content ↑

  • 2.1. Blue LED

    Sensor ini memiliki tingkat presisi yang tinggi walaupun tanpa mouse pad. Anda akan menemukan sensor ini pada banyak wireless mouse. Kelebihan lain dari sensor ini yaitu dapat digunakan dengan baik walaupun di tempat yang banyak debu.

    Sensor Blue LED bisa Anda gunakan pada permukaan kain atau mengkilap. Tetapi, Anda tidak akan bisa menggunakannya secara maksimal pada permukaan kaca yang transparan. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan mouse pada ketika Anda menggunakan mouse ini di atas meja yang terbuat dari kaca.

  • Back to Content ↑

  • 2.2. Red LED

    Sensor Red LED mudah untuk digunakan dan harganya sangat terjangkau. Jenis sensor ini sangat populer jika dibandingkan dengan sensor lainnya. Tapi, wireless mouse jenis ini tidak bisa Anda gunakan pada bidang yang berwarna putih, berpola atau mengkilap. Untuk itu, Anda harus mempersiapkan mouse pad.

  • Back to Content ↑

  • 2.3. Sensor Laser

    Salah satu keunggulan mouse komputer yaitu memiliki tingkat respons yang baik dan bisa dibilang lebih akurat dari tipe optik. Sensor yang dimiliki tidak terlihat oleh mata manusia, bahkan mouse komputer yang menggunakan sensor laser bisa digunakan di permukaan yang tidak rata.

    Akan tetapi, mouse komputer dengan laser ini seringkali tidak dapat merespon dengan baik ketika digunakan di atas permukaan yang transparan. Kami sarankan Anda untuk menggunakan mouse pad jika ingin menggunakan mouse komputer jenis ini.

  • Back to Content ↑

3. Perhatikan Sumber Daya Mouse

Wireless Mouse Komputer

Di mouse komputer ada dua tipe sumber daya yaitu baterai AA/AAA dan juga Li-po. Bisa dibilang mouse komputer yang menggunakan sumber daya baterai jauh lebih praktis karena Anda hanya cukup mengganti baterai saat dayanya sudah habis.

Meskipun membutuhkan biaya dobel karena Anda harus membeli baterai, mouse komputer dengan daya baterai ini memiliki harga yang terjangkau. Berbeda dengan mouse yang diisi dayanya, memang Anda tidak perlu mengeluarkan dana dobel karena tidak perlu membeli baterai.

Akan tetapi harga yang ditawarkan mouse komputer ini, memiliki harga yang jauh lebih mahal. Sebagai informasi saja bahwa ada mouse komputer yang bisa digunakan sambil melakukan pengisian data, jadi perhatikan dengan cermat sebelum Anda membelinya.

Back to Content ↑

4. Gunakan Mouse Komputer yang Nyaman dan Ringan

Wireless Mouse Komputer

Tentu saja memiliki mouse komputer yang nyaman ketika di genggam menjadi sebuah kewajiban, karena hal tersebut bisa mendukung aktivitas di komputer menjadi lebih mudah. Maka dari itu, cek terlebih dahulu sebelum membeli mengenai bobot dan juga desain yang ditawarkan.

Back to Content ↑

  • 4.1. Pilih Mouse Komputer dengan Berat di Bawah 100 g

    Mouse komputer dengan berat ringan tentu saja akan mudah digerakkan. Maka dari itu, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan mouse komputer yang memiliki berat di bawah 100 g.

    Meskipun begitu, mouse komputer dengan berat diatas 100 g bukan berarti mouse yang barusuk. Melainkan Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Back to Content ↑

  • 4.2. Desain Ramah dan Tidak Membuat Pegal

    Mouse komputer dengan desain yang ergonomis bisa meminimalkan putaran pada pergelangan tangan Anda sehingga tidak cepat lelah. Bahkan ada desain mouse komputer yang didesain berdasarkan bentuk tangan Anda.

    Maka dari itu, kami menyarankan untuk memilih desain mouse yang nyaman ketika di genggam. Dengan begitu tangan Anda tidak cepat lelah dan Anda bisa bekerja dengan baik.

  • Back to Content ↑

5. Gunakan Mouse Komputer yang Sensitif

Di dalam mouse komputer ada yang disebut dengan DPI atau CPI. Kami merekomendasikan Anda memilih produk mouse komputer dengan resolusi sensitivitas tinggi, pastikan produk mouse komputer Anda memiliki minimal resolusi hingga 1.600 DPI.

Sedangkan untuk penggunaan standar seperti browsing dan mengetik, mouse komputer dengan resolusi 800-1.000 DPI sudah sangat cukup.

Back to Content ↑

6. Cek Fitur Lainnya Seperti Adanya Tombol Tambahan

Wireless Mouse Komputer

Beberapa mouse komputer biasanya memiliki fitur tambahan, setiap produknya memiliki fitur tambahan yang berbeda, pilihlah mouse komputer dengan fitur tambahan yang Anda butuhkan, beberapa fitur tambahan yang perlu Anda pertimbangkan yaitu adanya tombol tambahan.

Di mouse komputer jaman dulu biasanya tersedia tombol tambahan scroll wheel. Nah, jika Anda mencari mouse komputer untuk kebutuhan gaming, maka kami merekomendasikan mouse dengan tombol tambahan yang bisa diatur sendiri fungsinya atau kita mengenalnya dengan istilah tombol makro.

Back to Content ↑

Bagaimana? Apakah Anda sudah ada bayangan untuk membeli mouse komputer yang seperti apa? Nah itu beberapa tips yang bisa Anda pakai ketika Anda memutuskan membeli mouse komputer baru.

Ingat beli mouse sesuai dengan kebutuhan ya, selamat mencoba. Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!