Skip to main content

Mengenal Pembayaran Virtual Account Serta Cara Kerja dan Manfaatnya

Mengenal Pembayaran Virtual Account Serta Cara Kerja dan Manfaatnya
Mengenal Pembayaran Virtual Account Serta Cara Kerja dan Manfaatnya
Images source: Hdatasystems.com

Mengenal Pembayaran Virtual Account Serta Cara Kerja dan Manfaatnya

Melakukan pembayaran di zaman digitalisasi ini dapat dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu menggunakan pembayaran virtual account saja. Bahkan, kemajuan era digital dimana Anda menggunakan jenis cashless ini akan memberikan Anda berbagai macam efisiensi. Tidak harus membuang waktu dan ada berbagai macam keuntungan lainnya.

Namun, masih ada banyak orang yang belum mengetahui informasi terkait dengan virtual account. Hampir semua orang hanya menggunakan tanpa tahu manfaat atau pengertian hingga cara kerja yang digunakan. Anda dapat membaca penjelasan lebih lengkapnya dalam artikel ini.

TOC / Daftar Isi

Pengertian dari Virtual Account

Sesuai dengan namanya, virtual account berarti akun virtual yang dimiliki oleh setiap pengguna aplikasi. Akun seperti ini tidak dapat digunakan oleh orang lain karena memerlukan unsur data yang penting. Selain itu, dapat berbeda satu dengan lainnya sesuai dengan provider atau Bank masing-masing pengguna. Hampir semua Bank sudah punya penawaran online seperti ini juga.

Back to Content ↑

Manfaat Pembayaran Virtual Account

Produk virtual dalam transaksi ini digunakan oleh banyak orang dengan berbagai macam alasan. Salah satu faktor pendukung paling besar yang membuat semua orang menggunakan pembayaran ini adalah keuntungan. Berikut daftar manfaat yang dapat Anda peroleh dengan memanfaatkan pembayaran virtual:

Back to Content ↑

1. Transaksi Fleksibel

Manfaat yang akan didapatkan jauh lebih dulu adalah transaksi yang fleksibel. Anda tidak harus membuang waktu untuk melakukan transaksi lagi sekarang ini. Bahkan, tidak harus datang ke Bank yang sering kali membuang banyak biaya. Apalagi jika letak ATM jauh dari rumah Anda. Maka, memanfaatkan akun virtual ini adalah hal yang paling tepat.

Untuk melakukan pembayaran yang jauh lebih efisien, Anda hanya perlu membuka aplikasi banking dan langsung masukkan pin. Pilih jenis transaksi yang ingin dilakukan dengan menggunakan akun. Jelas jauh lebih fleksibel dan hanya membutuhkan jaringan yang lancar. Anda dapat lakukan transaksi di mana saja. Bahkan, di mobil atau toilet juga tidak jadi masalah.

Back to Content ↑

2. Tidak Perlu Antri

Kembali lagi, pembayaran virtual account memberikan kemudahan dimana Anda tidak harus antri dahulu untuk melakukan transaksi. Birokrasi yang ada jauh lebih singkat sehingga tidak akan memakan waktu Anda. Biasanya, untuk transaksi apapun, Anda harus mengantri dahulu. Kemudian, harus menunggu pelayanan dari teller yang bisa saja terlalu lama. Hal seperti ini tidak ada lagi.

Back to Content ↑

3. Banyak Jenis Transaksi

Kemudahan lainnya yang diberikan adalah tersedia berbagai macam jenis transaksi. Tidak hanya satu transaksi saja yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan akun virtual ini. Sekarang ini, sudah ada berbagai jenis transaksi lengkap dengan fitur yang memudahkan. Bahkan, sudah ada banyak layanan dimana Anda dapat akses marketplace juga.

Dengan layanan seperti ini, Anda juga dapat mengirimkan uang ke dalam akun virtual lainnya. Jadi, tidak usah membuang waktu lagi dan dapat top up jauh lebih cepat. Apalagi sekarang ini ada banyak orang yang lebih suka menggunakan online shop dalam belanja. Tidak mungkin halnya Anda terus pergi ke Bank untuk melakukan top up setiap saatnya.

Back to Content ↑

4. Tidak Harus Konfirmasi

Anda juga dapat memperoleh manfaat lainnya dimana tidak harus melakukan konfirmasi dalam setiap transaksi yang ada. Anda tidak harus menyimpan struk hasil transaksi lagi. Semua data transaksi Anda ada di dalam akun. Selain itu, tidak harus menyimpan bukti screenshot dan lain sebagainya. Sudah ada yang namanya customer ID untuk deteksi orang yang melakukan transaksi.

Back to Content ↑

5. Waktu 24 Jam

Pembayaran virtual account juga memberikan efisiensi dari segi waktu. Ada penawaran waktu selama 24 jam untuk melakukan transaksi. Jadi, Anda tidak usah khawatir jika ingin transaksi malam hari. Bahkan, tengah malam ketika Anda mempunyai waktu kosong juga tidak menjadi masalah yang besar. Tentunya, jauh lebih cepat daripada harus mencari bank ATM lagi.

Back to Content ↑

6. Lebih Aman

Ada kemudahan lainnya yang dapat diberikan kepada Anda sebagai pengguna akun virtual. Hal ini berkaitan dengan keamanan dalam pembayaran. Sebenarnya, jika dibandingkan dengan sistem langsung, langkah ini jauh lebih tepat untuk dimanfaatkan. Anda tidak harus khawatir akan masalah keamanan pemakaian lagi. Transaksi yang dilakukan sudah pasti lebih aman.

Jika Anda sudah selesai melakukan transaksi, Anda dapat melakukan pengaturan pada nomor virtual account sehingga menjadi kadaluarsa. Dengan melakukan langkah seperti ini, Anda telah berhasil mencegah penyalahgunaan nomor kepada pihak lainnya. Banyak oknum yang sengaja melakukan penipuan untuk menarik keuntungan dari orang lain.

Back to Content ↑

Apa Bedanya Akun Biasa dan Virtual Account?

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat yang dapat diberikan dari virtual account ini. Maka, Anda juga perlu tahu beberapa informasi sederhana berkaitan dengan perbedaannya. Walaupun sudah ada cukup lama, konsep ini masih awam menurut banyak orang. Berikut daftar perbedaan antara akun biasa dan juga virtual account.

Back to Content ↑

1. Sistem Internet

Perbedaan pertama dalam pemakaian dapat dilihat dari segi penggunaan internet. Sudah jelas halnya kalau pembayaran virtual account berkaitan erat dengan sistem internet. Sementara itu, bentuk transaksi umum sendiri harus mencari ATM terdekat. Namun, untuk virtual account sendiri menggunakan langkah mudah dari aplikasi saja. Anda tidak harus datang ke Bank.

Back to Content ↑

2. Segi Pelayanan

Selain itu, Anda juga dapat menemukan perbedaan dari segi pelayanan yang ada. Para pengguna VA melakukan transaksi sesuai dengan pemahaman sendiri. Hal ini menandakan kalau pembayaran dengan akun online ini sifatnya self service. Karena itu, tidak banyak digunakan oleh lansia. Cukup berbeda dengan bank langsung dimana semua pelayanan dilakukan oleh teller.

Back to Content ↑

3. Alur Transaksi

Dibandingkan dengan rekening biasa, memang lebih repot untuk melakukan transaksi dengan menggunakan akun virtual. Anda tidak mendapatkan bantuan dari teller sehingga harus mencari informasi dari aplikasi. Banyak transaksi yang dapat dilakukan dengan mudah jika sudah menemukan informasi atau juga alur transaksi yang jelas.

Back to Content ↑

4. Pencatatan Transaksi

Perbedaan juga terlihat dengan catatan transaksi dalam pemakaian. Beberapa orang merasa panik ketika kehilangan bukti dalam melakukan transaksi. Apalagi jika banyak orang yang tidak percaya tanpa adanya bukti transaksi. Anda tidak harus lagi panik melakukan pencarian karena virtual account langsung mendeteksi pengirimnya.

Back to Content ↑

Cara Pembayaran Secara Umum

Anda juga harus tahu metode pembayaran yang akan digunakan. Biasanya, tidak akan berbeda terlalu jauh antara satu dengan lainnya. Namun, setiap perusahaan Bank memang memberikan langkah yang berbeda. Anda dapat melakukan beberapa cara sederhana dengan menyalin kode pembayaran. Kemudian, masuk ke m-banking dan masukkan kode bayar. Langsung bayar saja.

Sekarang ini, sudah ada banyak produk yang menarik dan dapat digunakan dalam pembayaran virtual account. Salah satu contohnya adalah BRI API yang penuh penawaran menarik dan juga fasilitasnya. Langsung saja gunakan akun virtual seperti ini jika merasa penasaran dalam melakukan pembayarannya.

Back to Content ↑

Demikian penjelasan lengkap mengenal pembayaran Virtual Acoount, manfaat serta cara kerjanya. Semoga bermanfaat bagi Kita semua, Sekian dan Terima Kasih!