Skip to main content

Keunggulan Smartphone POCO F3 yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Keunggulan Smartphone POCO F3 yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli
POCO F3

Keunggulan Smartphone POCO F3 yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Perusahaan smartphone tidak henti-hentinya melakukan inovasi dan gebrakan untuk memenangkan pasar di Indonesia. Salah satu gebrakan yang dilakukan Xiaomi adalah munculnya generasi ketiga POCO F series yaitu POCO F3.

Xiaomi telah berhasil memperkenalkan POCO F3 secara resmi pada tanggal 20 April 2021, ponsel ini dibanderol kisaran harga Rp 5 jutaan. POCO F3 tetap mengusung jargon yang sama dari pendahulunya yaitu ponsel flagship killer.

Hal itu dikarenakan ponsel POCO F3 ini menggunakan chipset premium Snapdragon 870, Anda mungkin bisa melihat sebuah ponsel dengan chipset tersebut tidak mungkin berada di harga 5 jutaan, sehingga POCO F3 ini bisa dibilang sangat menarik karena penggunaan chipsetnya yang cukup berani.

Sebenarnya ada banyak hal menarik lainnya mengenai ponsel yang satu ini dan kami akan suguhkan untuk Anda pada pembahasan ini. Tidak hanya itu saja, kami juga akan mengulas secara lebih dalam tentang keunggulan yang dimiliki POCO F3 ini, jadi simak baik-baik sampai selesai ya!

TOC / Daftar Isi

Tampilan Layar Melampaui Standar Ponsel Gaming

POCO F3

Tampilan adalah salah satu elemen penting dari sebuah ponsel pintar, karena tampilan adalah tempatnya interaksi manusia dengan ponsel pintar tersebut. Hal itu karena bagian tampilan layar lah yang akan membaca beragam perintah yang diberikan jari jemari Anda.

Bagian layar juga yang akan melakukan perintah tersebut secara visual, tugas seperti melakukan perintah dan menciptakan beragam visual itulah yang akan dilakukan dengan baik oleh layar smartphone POCO F3.

Hal itu terlihat dari spesifikasi dan juga teknologi yang digunakan bisa dibilang sangat mumpuni untuk ponsel yang berada di kelasnya. Layar Full HD+ 6,67 inchi ini sangat baik dalam membaca perintah.

Alasannya adalah karena touch sampling ratenya yang bisa mencapai 360 Hz, angka tersebut telah melampaui standar ponsel gaming yang hanya di angkat 240 Hz. Angka sebesar 360 Hz tersebut bisa memberikan 360 titik sentuhan yang bisa diproses selama satu detik.

Sehingga smartphone POCO F3 hanya membutuhkan waktu sekitar 2,7 milidetik untuk menerjemahkan satu titik sentuhan, fitur tersebut yang memberikan layar menjadi lebih responsif dan juga gerakan yang dihasilkan menjadi lebih akurat.

Bagian layar smartphone POCO F3 juga telah menggunakan panel AMOLED dari Samsung yang dibuat dengan material baru E4. Material tersebut bisa memancarkan warna dan juga akurasi yang jauh lebih baik serta hemat daya.

Hal yang tidak kalah penting juga mengenai tampilan layar smartphone POCO F3 yaitu telah mendukung laju penyegaran tinggi 120 Hz. Teknologi ini membuat animasi muncul dengan sangat mulus, keren bukan?

Back to Content ↑

Desain Mantap

POCO F3

Sama seperti generasi pendahulunya yaitu POCO F2 Pro yang tidak mengabaikan sisi desain yang estetik. POCO F3 memiliki desain yang tidak kalah cantik, bagian depan ponsel ini dilengkapi dengan bezel yang mengitari seluruh layar punch-hole dengan ketebalan ponsel yang cukup tipis.

Di bagian atas tengahnya terdapat lingkaran kecil sebagai tempat kamera depan, ukuran diameter kamera depannya sangat kecil yaitu 2,76 mm. Sehingga bisa meminimalkan gangguan, pihak produsen sendiri telah mengklaim bahwa salah satu kamera bagian depannya memiliki diameter terkecil di dunia.

Bagian depannya menggunakan kaca proteksi Corning Gorilla Glass 5 dan bagian sampingnya menggunakan frame melengkung yang menyatukan bagian depan dan juga bagian belakang, keduanya memang masih menggunakan material plastik.

Tapi meski begitu, material tersebut telah memberikan kontribusi terhadap ketebalan yang dihasilkan pada bagian bodinya yaitu hanya 7,8 mm. Dengan ketebalan frame tersebut dapat memberikan pengalaman menyenangkan ketika digenggam oleh tangan.

Sebenarnya yang menjadi sorotan dari smartphone POCO F3 ini ada pada desain bagian belakang, desainnya memiliki kesan elegan dan simple. Hal itu karena ada material kaca Gorilla Glass 5 tanpa aksen yang ribet.

Smartphone POCO F3 hadir dengan varian warna Night Black dengan efek reflektif seperti halnya keramik. Sedangkan untuk varian warna Deep Ocean Blue terlihat memiliki kesan yang trendi dengan kontur garis serta warna yang kontras.

Smartphone POCO F3 juga telah dilengkapi dengan sertifikasi IP53, sehingga tidak perlu khawatir dengan debu dan percikan air.

Back to Content ↑

Performa yang Hebat

Performa POCO F3

Smartphone POCO F3 dilengkapi dengan sistem pendingin yang hebat untuk processor Snapdragon 870 sehingga bisa menjaga performa tetap hebat. Processor Snapdragon 870 sejatinya merupakan salah satu SoC flagship di tahun 2020 lalu.

Berkat processor tersebut, smartphone POCO F3 telah berhasil mengungguli beberapa smartphone kelas menengah keatas. Bahkan pendahulunya yaitu POCO F2 Pro yang menggunakan Snapdragon 865 turut dikalahkan dalam hal performa.

Kemampuan performa dari smartphone POCO F3 ini tidak membuat ponsel lag maupun patah-patah. Bahkan semua game yang dimainkan berjalan dengan mulus, bahkan kami juga merasakan bahwa smartphone POCO F3 ini sangat mirip soal kinerjanya dengan Samsung Galaxy S20 FE.

POCO F3 telah berhasil menjalankan game berat seperti Genshing Impact, Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile dengan menggunakan setelan grafik tinggi, gambar yang dihasilkan juga selalu menyentuh angka di atas 50 fps.

Untuk mendukung performa terbaiknya, smartphone POCO F3 dilengkapi dengan teknologi LiquidCool Technology 1.0 Plus, tujuannya adalah untuk menjaga kestabilan performa dan juga menjamin kenyamanan pengguna ketika memainkan game favorit mereka.

Back to Content ↑

Hemat Daya

POCO F3

Smartphone POCO F3 menggunakan baterai lithium polymer dengan kapasitas 4520 mAh dan kapasitas ini jauh lebih kecil sebanyak 180 mAh dari ponsel pendahulunya yaitu POCO F2 Pro, sehingga bisa dibilang di zaman sekarang kapasitas baterai tersebut standar sih.

Tapi, daya tahan baterai yang dimilikinya sangat hemat dan tahan lama, bahkan endurance ratingnya bisa tembus 114 jam. Rekor ini berhasil mengalahkan pendahulunya POCO X3 Pro yang hanya menyentuh angka 112 jam, padahal kapasitas baterainya lebih besar yaitu 5160 mAh.

Jika Anda menggunakan POCO F3 ini hanya untuk menelepon dalam jaringan 3G, ponsel akan bertahan selama 23 jam 40 menit. Sedangkan untuk penggunaan browsing via jaringan seperti WiFi, ponsel ini bisa bertahan selama 15 jam 58 menit.

Bila digunakan hanya untuk menonton video secara offline, ponsel ini akan bertahan selama 19 jam. Ini menjadi fakta baru bahwa kapasitas yang besar bukan segalanya, jadi hal yang lebih penting tentang ketahanan baterai adalah manajemen daya yang digunakan.

Smartphone POCO F3 ini tidak hanya awet,baterainya juga menawarkan teknologi fast charging sehingga pengisian menjadi jauh lebih cepat. Waktu yang diperlukan untuk bisa mencapai 100 persen dalam pengisian baterainya hanya membutuhkan waktu 5 menit.

Back to Content ↑

Kamera Cukup Bagus

POCO F3

Terakhir yang cukup menjadi bahan pertimbangan banyak orang ketika akan membeli ponsel pintar yaitu bagian kameranya. POCO F3 menggunakan tiga kamera terdiri dari kamera utama sebesar 48 MP, kamera ultrawide 8 MP dan kamera makronya sebesar 5 MP.

Tidak hanya itu saja, bagian depannya juga menggunakan kamera swafoto 20 MP, f/2.2 dengan dukungan sensor Samsung S5K3T2 ISOCELL Plus yang memiliki ukuran 1/3,4 inchi. Hasil fotonya sangat bagus, hasilnya cukup tajam.

Back to Content ↑

Bagaimana siap membeli smartphone POCO F3 ini? Anda bisa menemukannya di berbagai macam situs marketplace yang ada di Indonesia. Selamat belanja ya! Sekian, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!