Skip to main content

Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Lengkap

Saridon

Pengertian, Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasi Sakit Kepala Lengkap

Sakit kepala menjadi salah satu gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapapun. Secara umum, jenis sakit kepala ini ada 3 diantaranya yaitu sakit kepala cluster, migrain, dan sakit kepala tegang. Rasa sakit kepala bisa muncul kapan saja, dan di bagian kepala yang mana saja.

Termasuk pada bagian belakang kepala yang terasa menjalar hingga ke bagian bawah yaitu bagian leher. Sakit kepala bisa berlangsung sebentar saja tapi ada juga yang berlangsung lama, hingga berhari-hari lamanya.

Jenis sakit kepala migrain pada umumnya disebabkan oleh kelelahan, stres, kualitas tidur yang buruk, kebiasaan merokok, dan sebagainya. Sedangkan untuk sakit kepala cluster biasanya disebabkan oleh kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, atau faktor keturunan dari keluarga.

Sedangkan penyebab sakit kepala tegang biasanya karena stres yang berlebihan. Namun sakit kepala ringan biasanya masih bisa diatasi dengan cara-cara sederhana dan alami.

TOC / Daftar Isi

1. Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

Ketika sakit kepala ini muncul bahkan sampai mengganggu aktivitas, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara alami seperti berikut ini:

Back to Content ↑

1.1. Istirahat di Ruangan yang Gelap

Ketika Anda terserang sakit kepala saat sedang melakukan aktivitas, sebaiknya cari tempat untuk duduk dan juga berbaring. Usahakan untuk beristirahat di ruangan yang agak gelap tapi juga tenang dan tidak bising.

Cahaya yang berkedip atau terang biasanya akan membuat kepala sakit seperti migrain, seperti pada cahaya dari monitor PC atau laptop.

Back to Content ↑

1.2. Pijat di Titik Tertentu

Pijat dengan lembut di bagian kepala, pelipis, bahu, dan juga leher dalam waktu 30 menit saja. Cara ini dipercaya bisa membantu untuk meringankan sakit pada kepala Anda.

Back to Content ↑

1.3. Kompres dengan Air Dingin / Hangat

Cara berikutnya dalam mengatasi sakit kepala yaitu dengan mengompres bagian kepala yang nyeri, baik dengan kompres hangat maupun dingin. Keduanya cukup ampuh dalam meredakan sakit kepala.

Jika Anda menggunakan kompres dingin, sebaiknya lapisi dengan kain / handuk yang bersih.

Back to Content ↑

2. Saridon Obat yang Efektif Mengatasi Sakit Kepala dengan Kombinasi Paracetamol dan Kafein

Anda bisa menggunakan obat analgesik penghilang rasa sakit kepala yaitu Saridon. Obat yang satu ini diproduksi oleh Bayer, dan bisa membantu Anda meredakan rasa nyeri pada kepala dan sakit gigi.

Obat sakit kepala Saridon direkomendasikan dengan tepat, terutama untuk Anda yang mempunyai jadwal kerja yang padat atau saat Anda terserang sakit kepala secara tiba-tiba. Cara kerja dari obat ini bisa mengobati keluhan sakit kepala dengan cepat dan efektif.

Maka aktivitas yang sedang Anda jalankan saat itu menjadi tidak terganggu.

Back to Content ↑

3. Kandungan di dalam Obat Sakit Kepala Saridon

Obat saridon mengandung sejumlah zat aktif yaitu kafein, paracetamol, dan juga propyphenazone. Kandungan utamanya yaitu paracetamol, yang menjadi salah satu jenis obat yang termasuk ke dalam golongan obat pereda nyeri sekaligus penurun panas/demam.

Paracetamol juga menjadi obat bebas yang bisa diperoleh di apotik, dan bisa meredakan sakit kepala. Paracetamol termasuk jenis obat dengan bahan-bahan yang aman dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Tak hanya mampu menstimulasi saraf saja, tetapi juga mengandung kafein yang bisa meningkatkan potensi penyerapan, dalam meredakan sakit kepala tersebut.

Fungsi dari kafein adalah membantu mengurangi peradangan dan rasa nyeri, serta bisa menjadi formula yang efektif dalam meredakan sakit kepala sampai 40% banyaknya. Kandungan lainnya di dalam Saridon ini adalah propyphenazone yang juga termasuk jenis obat analgesik dan antipiretik.

Propyphenazone ini biasanya digunakan untuk meredakan nyeri atau demam yang disebabkan oleh sakit gigi, nyeri otot, dan juga sakit kepala. Secara umum obat ini masuk ke dalam kategori obat bebas, dan bisa dibeli tanpa menggunakan resep dokter.

Biasanya propyphenazone berupa obat yang tersedia dalam kemasan berupa tablet. Ketiga bahan aktif tersebut terbukti mampu mengatasi sakit kepala dengan cepat. Bagi Anda yang sedang melakukan aktivitas lalu tiba-tiba sakit kepala yang tak tertahankan, sebaiknya makan obat Saridon.

Obat yang satu ini mengandung beberapa bahan yang sangat ampuh dalam meredakan sakit kepala, dalam waktu cepat.

Back to Content ↑

4. Aturan Pakai dalam Konsumsi Obat Saridon

Sebelum Anda konsumsi obat ini sebaiknya baca dulu aturan pakainya dengan teliti. Baca aturan pakai pada Saridon tersebut di bagian kemasannya yang sudah tertulis lengkap. Sebaiknya Saridon dikonsumsi setelah makan dan menggunakan air putih secukupnya.

Jangan mengkonsumsi dengan cara dibelah, dikunyah, atau dihancurkan tapi harus dikonsumsi secara utuh. Kecuali jika Anda sudah mendapat anjuran dari dokter atau apoteker sebelum mengkonsumsinya.

Back to Content ↑

5. Dosis Penggunaan Saridon

Informasi pada pemakaian atau konsumsi saridon ini bukan pengganti nasihat dari medis. Maka tetap lakukan konsultasi dengan dokter setiap kali akan mengkonsumsinya. Minum obat Saridon 3-4 kali dalam sehari sebanyak 1 tablet untuk orang dewasa.

Dosis untuk orang dewasa tersebut bisa juga diberikan pada anak-anak, yang usianya sudah lebih dari 12 tahun. Khusus untuk anak yang usianya masih 6-12 tahun dosisnya hanya ½ tablet saja sebanyak 3-4 kali sehari.

Saridon yang dianggap ampuh dalam mengobati sakit kepala dengan cepat dan tidak mengganggu aktivitas ini, adalah solusi tepat untuk gaya hidup yang aktif. Anda bisa memperolehnya di apotek terdekat atau bisa juga memesannya di web resmi Saridon.

Anda juga akan memperoleh sejumlah informasi di web tersebut mengenai obat ini. Informasi seputar sakit kepala juga bisa Anda lihat di sana.

Back to Content ↑

6. Gejala dan Diagnosis dari Sakit Kepala

Gejala yang umum terjadi pada sakit kepala adalah terasa nyeri di bagian kepala baik ringan maupun berat. Biasanya rasa sakitnya akan menyebar ke bagian leher, wajah, dan juga bahu. Penglihatan juga biasanya menjadi buram dan lebih sensitif pada cahaya dan juga suara.

Maka jika terjadi hal-hal seperti itu Anda bisa memeriksakannya ke dokter, atau ditangani sendiri di rumah dengan konsumsi obat Saridon. Apabila gejala bertambah parah seperti adanya muntah, gangguan bicara, kejang, leher kaku, hingga bicara menjadi kacau maka segera datang ke dokter.

Hal itu bisa jadi adalah gejala dari suatu penyakit berbahaya, yang diawali dengan sakit kepala. Banyak hal-hal yang memicu munculnya sakit kepala ini seperti kurang tidur, pilihan makanan yang tidak sehat, telat makan, dan sebagainya.

Sakit kepala yang cukup berat bisa disebabkan oleh infeksi telinga, hipertensi, sakit gigi, migrain, hingga tumor otak yang paling berbahaya. Jika ingin mengetahui penyebab dari sakit kepala secara pasti, sebaiknya perhatikan perilaku Anda setiap harinya yang mungkin bisa menjadi faktor pemicu.

Segera konsultasikan ke dokter jika Anda khawatir dengan sakit kepala yang dialami. Maka dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apa saja penyebabnya, dan dokter bisa menanganinya dengan tepat jika sudah diketahui penyebabnya.

Back to Content ↑

Cara yang paling mudah dan ampuh serta bisa dilakukan di rumah dalam mengatasi sakit kepala ini, adalah dengan konsumsi Saridon. Tak hanya aman digunakan, Saridon juga bisa meredakan gejala sakit kepala dengan cepat. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!