Skip to main content

Solusi Tepat dalam Mengatasi Gatal Karena Jamur pada Kulit, Gunakan Canesten

Canesten

Solusi Tepat dalam Mengatasi Gatal Karena Jamur pada Kulit, Gunakan Canesten

Banyak sekali jenis masalah yang biasa terjadi pada kulit kita, dan yang paling sering dialami adalah jamur kulit yang menimbulkan gatal-gatal. Jamur kulit tersebut akan menginfeksi dan kemudian menyebabkan munculnya gatal.

Namun, Anda mencegah dan juga mengobatinya dengan menggunakan salep Canesten. Berikut ini ulasan lengkapnya.

TOC / Daftar Isi

1. Infeksi Jamur Kulit Adalah

Jamur biasanya akan hidup di mana saja dan bisa ditemukan di mana saja misalnya di tanah, tumbuhan, dan bahkan di permukaan kulit. Organisme mikroskopis yang satu ini dapat juga tumbuh di kulit. Walaupun secara umum memang tidak menimbulkan masalah yang serius.

Namun apabila jamur tersebut sudah menyebar dengan cepat dibanding pertumbuhannya yang awalnya normal, atau menyebabkan masuk ke dalam lapisan kulit melalui luka, maka hal itu menjadi masalah yang serius.

Hal itu disebabkan oleh jamur yang cenderung suka hidup dengan tempat yang lembab atau hangat. Infeksi jamur kulit juga biasanya terjadi pada area kulit yang lembab dan lebih mudah berkeringat. Misalnya tempat di mana tak adanya sirkulasi udara.

Contohnya jamur tersebut bisa tumbuh di lipatan kulit, kaki, dan juga paha. Infeksi jamur kulit ini seringkali diduga ruam yang bersisik, atau yang ditandai dengan adanya perubahan warna pada kulit yang terasa gatal tersebut.

Banyak sekali jenis infeksi jamur kulit yang terjadi pada kita. Walaupun infeksi jamur ini membuat tidak nyaman dan cukup mengganggu, tetapi secara umum gangguan pada kulit ini tidak terlalu serius. Namun tetap harus diatasi dan diobati dengan benar.

Apabila ada kontak secara langsung dari kulit yang terkenal jamur tersebut, maka infeksi jamur ini bisa menular. Selain kontak langsung dengan jamur pada kulit, bisa juga melalui pakaian dan benda-benda lainnya.

Kontak langsung dengan orang yang sedang terkena infeksi jamur ini atau melalui hewan peliharaan yang juga mengalami infeksi jamur, menjadi dua hal yang menyebabkan infeksi ini menular.

Back to Content ↑

2. Cara Mencegah Jamur Kulit

Untuk mencegah terjadinya jamur kulit bisa dengan menggunakan cara dan langkah berikut ini:

  • Jaga kebersihan pada kulit dan seluruh bagian tubuh Anda.
  • Hindari bergantian dalam mengenakan baju, handuk, atau barang-barang yang sifatnya pribadi lainnya, dengan orang lain.
  • Mengenakan baju bersih setiap hari, khususnya pakaian dalam dan juga kaus kaki.
  • Memiliki sepatu serta pakaian yang dapat melancarkan sirkulasi udara, dan jangan mengenakan sepatu / pakaian yang terlalu ketat.
  • Pastikan untuk membuat badan selalu dalam keadaan kering dengan menggunakan handuk bersih dan juga kering. Misalnya setelah berenang atau setelah mandi.
  • Mengenakan selop atau sandal di kolam renang dan jangan berjalan tanpa menggunakan alas kaki.
  • Lap bersih seluruh bagian permukaan tempat/benda yang telah dipakai oleh banyak orang, misalnya matras atau alat-alat gym.
  • Menjauhi hewan yang mempunyai tanda-tanda infeksi jamur kulit misalnya bulu yang rontok terus menerus, dan sering menggaruk salah satu bagian tubuhnya.

Back to Content ↑

3. Pengobatan pada Jamur Kulit

Pengobatan anti jamur ini bisa dilakukan dengan baik untuk mengobati jamur kulit tersebut. Anda bisa menggunakan obat anti jamur yang akan membunuh jamur secara langsung, atau mencegah supaya jamur tidak tumbuh dan menyebar ke bagian kulit lainnya.

Jenis obat untuk infeksi jamur ini cukup beragam, diantaranya yaitu:

  • Krim atau salep
  • Shampo
  • Pil
  • Semprotan / spray
  • Bedak

Apabila Anda sedang mengalami infeksi jamur saat ini maka produk obat OTC yang satu ini bisa membasmi jamur sampai menjadi bersih.

Namun jika infeksi jamur yang Anda alami cukup parah maka biasanya dokter akan merekomendasikan obat anti jamur, yang jauh lebih ampuh dalam mengatasi infeksi tersebut.

Tak hanya pengobatan dari OTC atau dengan bantuan obat resep saja, tetapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dalam membantu menghilangkan infeksi jamur tersebut dengan cara berikut:

  • Jaga area yang ada terkena infeksi jamur supaya selalu dalam kondisi kering dan juga bersih.
  • Kenakan pakaian / sepatu yang longgar yang akan memudahkan kulit Anda untuk bernapas dengan mudah.

Infeksi jamur memang membuat Anda menjadi tidak nyaman, bahkan bisa sangat perih dan sakit. Namun dalam beberapa kasus, infeksi jamur ini akan hilang dalam hitungan bulan / minggu dengan cara pengobatan yang lebih efektif lagi.

Apabila Anda mengalami infeksi jamur maka Anda bisa mengatasinya langsung dengan menggunakan Canesten. Obat jamur kulit Canesten ini adalah solusi tepat dalam mengatasi gatal, yang disebabkan oleh jamur kulit tersebut.

Canesten juga menjadi salah satu produk dari Bayer yang sudah dipercaya lebih dari 45 tahun, yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Canesten atau cara pemesanannya bisa langsung cek di website resminya.

Back to Content ↑

4. Peringatan Sebelum Menggunakan Canesten

Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mulai menggunakan Canesten, yaitu sebagai berikut:

  1. Jika Anda memiliki riwayat alergi pada clotrimazole sebaiknya tidak menggunakan Canesten.
  2. Jangan memberikan obat ini pada anak usia di bawah 16 tahun dan jangan diberikan pada lansia atau yang usianya di atas 60 tahun.
  3. Jika Anda memiliki riwayat penyakit ginjal juga jangan menggunakan Canesten.
  4. Apabila Anda sedang datang bulan atau haid sebaiknya tidak menggunakan Canesten yang berupa tablet vaginal.
  5. Sebelum mulai menggunakan Canesten ini sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau bahkan sedang merencanakan kehamilan.
  6. Beri tahu dokter jika Anda sedang mengkonsumsi jenis obat lainnya misalnya produk herbal atau suplemen tertentu.
  7. Untuk Canesten yang berupa salep / krim hanya berupa obat luar saja, dan tidak boleh dioleskan pada hidung, kulit yang terluka, terbakar, dan tergores, mata, dan juga mulut.
  8. Apabila timbul reaksi alergi atau overdosis setelah menggunakan Canesten sebaiknya segera kunjungi dokter.

Back to Content ↑

5. Cara Menggunakan Canesten dengan Tepat

Sebaiknya Anda harus selalu mengikuti petunjuk dari dokter atau keterangan yang ada pada kemasan sebelum menggunakan Canesten tersebut. Pastikan hanya menggunakan Canesten sesuai dengan dosis yang sudah dianjurkan saja, dan jangan menambah dosis tersebut.

Cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan Canesten, tetapi jika Anda menggunakan Canesten tablet vaginal maka cuci tangan sebelum dan juga sesudah tablet ini dimasukkan ke dalam alat vital.

Pastikan bagian kulit yang terinfeksi sedang dalam kondisi kering saat Anda akan menggunakan Canesten. Oleskan krim tersebut secukupnya pada area kulit yang bermasalah, sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Anda juga tidak dianjurkan untuk bergantian pakaian atau handuk dengan orang lain, agar infeksi jamur ini tidak menular ke tubuh orang lain.

Untuk Canesten yang berupa tablet vaginal tak boleh digunakan pada area tubuh yang lainnya, dan gunakan di malam hari sesuai dengan yang tercantum pada kemasan produk obat tersebut.

Back to Content ↑

Sebelum benar-benar terkena infeksi jamur ini ada baiknya Anda menjaga kebersihan kulit agar kulit tidak terkena jamur. Namun jika ternyata harus terkena infeksi jamur, maka Canesten menjadi solusi termudah dan sangat tepat. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!