Skip to main content

Xiaomi Mi 11 - Ponsel Gahar Dengan Kamera Memukau!

Xiaomi Mi 11

Xiaomi Mi 11 – Ponsel Gahar Dengan Kamera Memukau!

Xiaomi selalu hadir dengan ponsel spek gahar yang memiliki harga terjangkau. Awal tahun 2021 silam, tepatnya pada tanggal 1 Januari 2021, pihaknya kembali mengenalkan seri Mi terbaru yang diberi nama Xiaomi Mi 11.

Sesuai dengan angka yang tertera di belakangnya, seri ini merupakan lanjutan dari seri sebelumnya yang hadir pada 2020 silam. Bahkan kabarnya, akan muncul beberapa seri lain dari Mi 11 dengan peningkatan di beberapa aspek tertentu.

1. Review Spesifikasi Xiaomi Mi 11

1.1. Jaringan

Salah satu yang menarik dari produk terbaru Mi ini adalah sudah mendukung jaringan 5G. Versi 5G ini sebenarnya terbagi menjadi dua macam, yaitu Internasional dan China. Kecepatan yang ditawarkan mencapai puluhan Mbps.

Sayangnya Indonesia saat ini belum mendukung jaringan 5G. Namun tidak ada salahnya untuk membelinya dan bisa digunakan dalam beberapa tahun kedepan ketika Indonesia sudah mendukung penggunaan jaringan 5G.

1.2. Body Ponsel

Dimensi ponsel yang dimiliki sebenarnya tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya, yaitu berkisar 164.3x74.6x8.1 mm. Material yang digunakan seperti kebanyakan ponsel lainnya, yaitu aluminium frame yang membuatnya tampak lebih berkelas dan mewah.

Salah satu yang terlihat menonjol dari ponsel ini adalah desain kamera belakangnya. Sekilas, desain kamera belakang terlihat mencolok dan jika diperhatikan akan memiliki 3 tingkatan. Ini berarti ketika meletakkannya harus berhati-hati agar tidak menggores lensa bagian luarnya.

Pada bagian bawah terdapat lubang USB yang digunakan untuk melakukan pengisian daya dan ada speaker di ujung kanan. Sedangkan untuk bagian atas juga terdapat speaker yang ada di tengah-tengah. Perlu dicatat bahwa Xiaomi Mi 11 ini sudah tidak menggunakan 3.5mm audio jack.

1.3. Layar

Sebagai ponsel kelas menengah keatas, ponsel ini dibekali layar AMOLED dengan HDR10+, 1500 nits dan sejenisnya yang membuat tampilannya menjadi lebih menarik. Ukuran layarnya juga tergolong besar, yaitu 6.81 inch dengan rasio screen body mencapai 91% lebih.

Artinya adalah ponsel ini memiliki bezel yang sangat tipis dan tidak lebih dari 10%. Beralih ke resolusi yang dimiliki bisa dibilang sudah sangat besar karena mencapai angka 1440x3200 px. Tidak tanggung-tanggung, layarnya sudah terproteksi oleh Corning Gorilla Glass Victus.

1.4. Kinerja Ponsel

Ponsel dari Xiaomi ini dibekali oleh processor dari Qualcomm Snapdragon dan menggunakan versi terbarunya yang dirilis pada akhir tahun 2020 silam, yaitu seri 888. Tidak sampai disitu saja kehebatannya, bahkan yang digunakan sudah versi 5nm.

Ini berarti selain kecepatannya dapat diandalkan, ponsel ini juga tidak akan mudah panas ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Dapur utamanya dipacu oleh CPU Octa Core, sedangkan grafisnya didukung oleh Adreno 660.

Dengan kombinasi antara processor, CPU dan GPU yang baik ini, kinerjanya semakin cepat dengan dukungan variasi RAM sebesar 8GB/12GB. Performanya tidak bisa dianggap remeh lagi dan bisa digunakan untuk berbagai macam aktivitas yang berat sekalipun.

1.5. Kualitas Kamera

Hasil kamera dari Xiaomi memang tidak perlu diragukan lagi, begitu juga pada seri Xiaomi Mi 11 ini. Dengan tertanamnya triple camera yang dimiliki, hasilnya tidak bisa dipandang sebelah mata. Terlebih kamera pertamanya memiliki resolusi 108 MP dengan fitur wide dan dukungan IOS.

Kamera keduanya memiliki resolusi 13 MP dengan fitur ultrawide yang memungkinkan Anda mengambil gambar dengan sudut yang lebih luas. Terakhir, kamera ketiganya memiliki resolusi 5 MP dan difungsikan sebagai kamera makro.

Keberadaan kamera makro ini sangat penting untuk pengambilan gambar karena bisa membuatnya lebih tajam dan fokus. Triple camera yang dimiliki ini mampu merekam video hingga kualitas 8K@24/30fps.

Beralih ke kamera depan yang memiliki resolusi tidak kalah besar, yaitu 20 MP dan sudah memiliki fitur wide angle. Sayangnya untuk kamera depannya ini hanya mampu menghasilkan rekaman video hingga kualitas 1080p@30/60fps. Namun rate ini sudah cukup untuk membuat video sederhana.

1.6. Konektivitas Lain

Konektivitas yang patut disoroti pada ponsel Xiaomi ini diantaranya bluetooth, NFC dan tipe USB. Bluetooth yang digunakan sudah menggunakan versi 5.2 dan ini membuat proses transfer data antar ponsel menjadi lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

Bagi Anda yang ingin mencari ponsel high-end dan sudah memiliki NFC, Mi 11 ini bisa menjadi salah satu rekomendasinya. Sedangkan untuk USB yang tersemat pada ponsel ini menggunakan USB Tipe C 2.0 atau bisa juga menggunakan USB OTG.

1.7. Sensor Fingerprint

Ponsel kelas menengah keatas ini sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint yang ditemukan pada bagian body belakang ponsel. Kecepatannya untuk membuka maupun mengunci ponsel memiliki respons yang baik.

Adanya fitur fingerprint ini tentu akan menghindari pembajakan ponsel dari orang-orang terdekat Anda. Disisi lain juga bisa menjaga data penting yang terdapat di dalam ponsel agar tidak diakses oleh sembarang orang.

Selain fingerprint, Mi 11 ini juga sudah memiliki fitur infrared port. Fitur ini memang sudah populer di kalangan ponsel high-end karena bisa digunakan sebagai remote control. Artinya adalah dengan genggaman ponsel saja Anda bisa mengontrol perangkat elektronik lain seperti TV dan sejenisnya.

1.8. Baterai

Dengan spesifikasi yang sangat memukau tersebut, Xiaomi Mi 11 memiliki baterai dengan kapasitas 4600mAh dan tentunya tipe tanam. Kapasitas yang sudah cukup besar ini dibekali dengan fasilitas fast charging 55W.

Dari percobaan yang telah dilakukan oleh situs ternama, kemampuan fast chargingnya tidak bisa dianggap remeh. Pengisian daya dari 0-100% hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja. Ponsel ini juga bisa melakukan pengisian daya menggunakan teknologi wireless charging.

Jika menggunakan fitur wireless charging, waktu yang dibutuhkan hingga penuh adalah sekitar 55 menit saja. Kecepatan pengisian daya ini menjadi poin plus dan lebih baik dibandingkan dengan kompetitor lainnya.

1.9. Harga

Berbicara soal harga, bisa dibilang memiliki harga yang fantastis. Adapun harga termurah yang ditawarkan adalah 10 juta, sedangkan harga tertinggi yang dimilikinya sekitar 12 juta. Harga tersebut tentunya sesuai dengan kapasitas RAM dan internal yang nantinya Anda pilih.

Jika memilih RAM dan internal yang paling rendah, maka perlu budget sekitar 10 juta. Begitu juga ketika ingin menggunakan versi terbaiknya, maka harus mengeluarkan biaya lebih. Pada akhirnya disesuaikan dengan budget yang Anda miliki pada saat ingin membelinya.

2. Spesifikasi Lengkap

  • Jaringan Internet: 2G, 3G, 4G, 5G
  • Dimensi: 164.3 x 74.6 x 8.1 mm
  • Berat: 196 gr
  • SIM: Dual SIM (tipe Nano-SIM)
  • Type Layar: AMOLED HDR10+ dengan 1500 nits
  • Ukuran Layar: 6.81 inch
  • Resolusi: 1440x3200 px
  • Sistem Operasi: Android 11 dengan Tampilan UI dari MIUI 12
  • Processor: Qualcomm Snapdragon 888 (5nm)
  • CPU: Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 680 & 3x2.42 GHz Kryo 680 & 4x1.80 GHz Kryo 680
  • GPU: Adreno 660
  • MicroSD: Tidak Ada
  • RAM/Internal: 8GB/128GB, 8GB/256GB, 12GB/256GB
  • Kamera Utama:
    • 108 MP (wide) dengan dukungan IOS, PDAF
    • 13 MP (ultrawide)
    • 5 MP (makro)
  • Fitur Kamera: Panorama, HDR, Dual LED
  • Video Kamera Utama: Up to 8K@24/30fps
  • Kamera Depan: 20 MP (wide)
  • Audio Jack 3.5 mm: Tidak Ada
  • Bluetooth: 5.2
  • WLAN: Wi-Fi Direct, Hotspot, Wi-Fi 802.11
  • GPS: Ada dengan fitur dual And A-GPS, GALILEO, GLONASS, NAvIC
  • NFC: Ada
  • Radio: Tidak Ada
  • Type USB: USB Tipe 2.0, USB OTG
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4600mAh dengan Fast Charging 55W
  • Pilihan Warna:
    • Cloud White
    • Midnight Gray
    • Horizon Blue

Melihat review dari Xiaomi Mi 11 diatas, sudah dipastikan bahwa ponsel ini cocok untuk Anda yang memiliki produktivitas tinggi. Kemampuan multitasking yang dimiliki tidak bisa dianggap remeh dan bisa juga digunakan untuk bermain game berat apa saja. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!