Skip to main content

Review OPPO X 2021: Spesifikasi, Fitur dan Harga

Oppo X 2021

Review OPPO X 2021: Spesifikasi, Fitur dan Harga

Seolah ingin menantang Samsung dengan smartphone layar lipatnya, Oppo datang dengan inovasi terbaru dan satu-satunya saat ini. Adalah Oppo X 2021 yang tengah santer diperbincangkan oleh para pecinta gadget dunia berkat inovasi layar gulungnya yang sangat menarik dan inovatif.

Layar ini dapat Anda sesuaikan luasnya dengan mekanisme yang sangat unik, yaitu bagian tepinya akan memanjang dan secara bersamaan layar utama di smartphone ini dapat mengikutinya dengan cara bergulung. Penasaran dengan smartphone terbaru dari Oppo ini? Silakan simak ulasan berikut!

1. Review Oppo X 2021

Memang status dari smartphone ini masih rumor dan belum resmi diperkenalkan oleh pihak Oppo. Meski begitu, beberapa sumber sudah mulai bermunculan dengan beberapa bocoran terkait flagship yang akan menjadi produk unggulan Oppo tersebut.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut akan dibahas spesifikasi dari Oppo X 2021 yang mungkin akan sesuai dengan versi rilisnya kelak:

1.1. Desain dan Teknologi Layar Gulung

youtube image

Dengan adanya inovasi layar baru, smartphone ini memiliki beberapa perbedaan dari desain smartphone pada umumnya. Di bagian belakang terdapat pelapis pintar yang mampu bergerak masuk dan keluar untuk mengakomodasi perubahan luas pada layar.

Teknologi tersebut diperkenalkan oleh Oppo dengan sebutan Powertrain Roll Motor. Nantinya, ketika tepian smartphone bergerak memanjang, layar di smartphone ini akan bergulung membuka. Sementara saat beralih dari layar lebar ke layar lebih kecil, maka layar akan bergulung menutup.

Mekanisme ini begitu lancar ketika didemonstrasikan dalam sebuah tayangan Youtube yang salah satunya diunggah oleh Brandon Le Proktor dari Prancis. Perlu Anda ketahui bahwa layar gulung Oppo X 2021 ini diklaim telah lolos pengujian buka-gulung layar sebanyak 100 ribu kali.

1.2. Display Layar

Layar smartphone satu ini memiliki ukuran normal sebesar 6,7 inch yang bisa diperluas menjadi 7,4 inch berkat inovasi layar gulungnya. Layar tersebut sudah menggunakan teknologi panel OLED yang sudah terbukti akan kualitas warna yang dihasilkan dan juga lebih hemat dalam penggunaan daya.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, adanya Powertrain Roll Motor akan membuat layar Oppo X secara fleksibel bisa diperbesar ataupun diperkecil. Dengan layar seperti ini, tentu pengalaman Anda dalam mengakses internet, bermain game, atau membaca e-book akan jauh lebih menyenangkan.

Menurut informasi, resolusi dari smartphone ini berada di kisaran 2400x1080 atau FHD+ yang pastinya akan menghasilkan gambar yang sangat tajam. Masih belum diketahui peletakkan kamera selfienya karena di bagian layar depannya tidak terlihat titik kamera yang biasanya berupa air drop.

1.3. Spesifikasi Hardware

Di sektor hardware, Oppo tidak setengah-setengah dalam menghadirkan smartphone kelas atasnya. Terbukti dengan chipset yang dipasang datang dari seri chipset terbaru Qualcom, yaitu Snapdragon 888. Chipset tersebut juga didukung RAM 12GB, dan ROM sebesar 512GB.

Sangat wajar jika skor AnTuTu yang dihasilkan mampu mencapai 692166. Skor sebesar ini tentu dapat melibas semua aplikasi dengan performa terbaiknya. Apalagi untuk kemampuan multitaskingnya yang bisa diandalkan saat melakukan aktivitas buka-tutup aplikasi.

Entah kekurangan atau bukan, yang jelas smartphone ini tidak dibekali slot memory card. Kapasitas penyimpanan internal sebesar 512GB untuk penggunaan saat ini rasanya sudah cukup sehingga tidak perlu lagi tambahan dari memory eksternal.

1.4. Kamera

Di sektor kamera, Oppo X hadir dengan triple kamera belakang dengan kamera utamanya beresolusi 108 MP. Sementara 2 lainnya masih belum diketahui spesifikasinya. Untuk kamera selfie, Oppo menyematkan kamera dengan resolusi 32 MP yang siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Belum diketahui peletakkan kamera depan dari ponsel ini karena dari berbagai video hands on, kamera depannya tidak terlihat di layar maupun dalam bentuk pop up camera. Untuk bisa mengetahuinya, tentu kita harus menunggu sampai ponsel ini benar-benar dirilis ke publik.

Dari spesifikasi kamera di atas, sepertinya Oppo X mampu melakukan perekaman video hingga resolusi 4K baik itu kamera belakang maupun kamera depannya. Jika benar seperti itu, pastinya Anda dapat membuat video untuk berbagai macam keperluan.

1.5. Baterai

Sektor berikutnya yang juga sangat penting dalam penggunaan smartphone sehari-hari adalah kapasitas baterai yang menopangnya. Tidak begitu istimewa namun juga tidak pelit, Oppo sudah menyematkan baterai berkapasitas 5.000mAh di smartphone ini.

Kapasitas baterai yang cukup untuk membuat ponsel bisa bertahan hingga 3 - 4 hari dalam taraf penggunaan ringan atau normal. Teknologi fast charging sudah ada di sini, begitupun dengan mode pengisian nirkabel atau mode pengisian daya tanpa menggunakan kabel.

1.6. Sistem Operasi

Sebuah inovasi dari sisi hardware tidak akan bisa berfungsi sempurna jika tidak ditopang software yang kompatibel. Oppo tentu sudah menyiapkan sistem operasi khusus yang siap berjalan di perangkat Oppo X 2021 ini.

Dengan teknologi layar gulung yang ada pada smartphone ini, layar smartphone dapat melebar hingga beberapa inch. Dalam tayang video yang dibagikan oleh beberapa sumber, tampak jelas bahwa UI di dalamnya dapat menyesuaikan dengan bertambah atau berkurangnya ukuran layar.

1.7. Fitur

Bukan flagship namanya jika ponsel yang ditawarkan masih minim dengan fitur-fitur penting layaknya smartphone modern. Beberapa fitur berikut akan disematkan pada smartphone anyar dari Oppo tersebut. Apa saja fitur-fiturnya bisa Anda lihat di bawah ini:

1.8. Fingerprint

Salah satu fitur yang harus ada di flagship saat ini karena sangat dibutuhkan untuk keperluan keamanan dan kepraktisan dalam penggunaan. Pada Oppo X, fitur fingerprint ini akan terletak di bagian layarnya.

1.9. NFC

Fitur ini tentu akan mempermudah siapapun penggunanya untuk bisa bertransaksi dengan lebih efisien, seperti untuk pembayaran E-Tol, e-Money, dll.

1.10. USB Type-C

Proses transfer file dan juga pengisian daya pada smartphone tentu akan lebih cepat dengan hadirnya slot USB C.

1.11. 5 x Optical Zoom

Kamera di ponsel ini mampu melakukan perbesaran hingga 5 x Optical Zoom. Salah satu fitur kamera yang sangat bermanfaat di era digital saat ini yang memiliki banyak platform untuk berbagi banyak hal.

2. Spesifikasi Oppo X 2021

  • OS: Android 11
  • Ukuran Layar: 6,7 inch – 7,4 inch
  • Resolusi Layar: 2400 x 1080 pixels, 20:9 ratio
  • Chipset: Snapdragon 888 (5 nm)
  • CPU: Octa-core 2,84 GHz
  • GPU: Adreno 660
  • Kamera Belakang:
    • 108 MP (lensa wide) PDAF
    • -
    • -
  • Kamera Depan: 32 MP (wide)
  • Type Screen: AMOLED
  • RAM/Storage: 12/512GB
  • Kapasitas Baterai: Li-Poly 5.000mAh, (Fast Charging, Wireless charging)
  • Type USB Type-C: Ya
  • Fingerprint: Ya
  • NFC: Ya
  • Jaringan 5G: Ya
  • Harga Pasaran (Perkiraan): Rp. 13 - 15 juta

3. Penutup

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa spesifikasi yang ada di atas masih berupa informasi sekilas saja dan belum resmi. Untuk bisa mengetahui spesifikasi sesungguhnya dari Oppo X 2021 tentu Anda harus bersabar sampai smartphone bersangkutan resmi dirilis ke publik oleh pihak Oppo. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!