Skip to main content

Review Spesifikasi dan Harga Oppo A91

Oppo A91

Review Spesifikasi dan Harga Oppo A91

Menyasar sektor mid-range, Oppo A91 mulai dilempar ke pasar pada 24 Maret tahun 2020 lalu. Spesifikasi yang ditawarkan juga mampu bersaing dengan smartphone dari brand-brand lain di kelasnya. Tentu hal ini akan menambah ketat persaingan di sektor harga paling diminati ini.

Perangkat ini hadir setelah sepekan sebelumnya pihak Oppo meluncurkan Reno 3 yang disambut cukup baik oleh pasar. Artikel ini secara khusus akan mengulas secara lengkap spesifikasi dari seri terbaru dari Oppo ini. Agar Anda tidak penasaran, langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Review Lengkap Oppo A91

Sebagai salah satu merk smartphone dengan penjualan yang cukup tinggi di Indonesia, Oppo tentu tak akan setengah-setengah dalam menghadirkan smartphonenya, termasuk di gadget terbarunya ini, yaitu Oppo A91. Apakah smartphone ini dapat memuaskan penggunanya?

Untuk membuktikan hal tersebut, mari kita simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

1.1. Desain Body

Mengusung desain body yang tipis, Oppo A91 tampak begitu elegan saat digenggam. Desain seperti ini sangat diminati oleh berbagai kalangan, terutama oleh para milenial. Bobotnya sendiri juga cukup ringan, yaitu hanya 172 gram saja. Kombinasi ini membuatnya nyaman untuk dibawa kemana-mana.

Meski memiliki layar 6,4 inch yang tergolong lebar, smartphone ini masih terasa pas saat dimasukkan ke dalam saku celana. Anda juga masih bisa mengoperasikannya dengan satu tangan karena bahan policarbonat yang menjadi bahan utama body belakangnya tidak terlalu licin.

Di bagian belakang body terdapat 4 kamera yang tersusun secara vertikal di tepi kiri atas. Peletakan yang cukup standar dan banyak juga diterapkan oleh smartphone pada umumnya. Untuk kamera depannya juga masih menggunakan pola water-drop desain di bagian tengah atas layar utama.

1.2. Display Layar

Seperti sudah disinggung sebelumnya, layar HP ini berukuran 6,4 inch dengan resolusi 1080 x 2400 pixels, dengan perbandingan screen-to-body ratio 85,5%. Resolusi tersebut menghasilkan kerapatan layar mencapai 401 ppi yang membuat detail foto atau gambar yang ditampilkannya sangat tinggi.

Saat menyimpannya di saku celana atau di dalam tas, Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya goresan karena bersinggungan dengan benda-benda seperti koin atau kunci kendaraan. Hal itu berkat lapisan Corning Gorilla Glass 5 yang sudah ada di layar smartphone ini.

Tampilan di smartphone ini akan semakin jernih dan dapat memanjakan mata karena panel yang digunakan berupa panel AMOLED. Panel jenis ini juga terkenal lebih menghemat daya baterai di smartphone. Dengan begitu, Anda bisa menonton tayangan video HD dengan durasi yang lebih lama.

1.3. Spesifikasi Hardware

Berlanjut ke sektor hardware, smartphone ini mengusung chipset yang cukup tangguh, yaitu Helio P70 (12 nm) bertenaga 8 core dengan kecepatan mencapai 2,1 Ghz. Sementara untuk pengolah grafisnya menggunakan GPU Mali-G72 MP3 yang siap mengolah kebutuhan grafis di smartphone ini.

Tidak kalah penting, Oppo A91 ini memiliki internal storage yang sangat luas dengan kapasitas 128GB. Sedangkan untuk RAM, smartphone ini memiliki varian 4GB dan 8GB. Dengan spesifikasi ini, proses buka tutup aplikasi bisa dilakukan dengan lancar dan tidak mudah reload page.

Jika ingin menjalankan game seperti PUBG atau Call of Duty, Oppo masih bisa diandalkan dengan sajian grafis dan performa berada di setingan medium. Kapasitasnya yang besar juga memungkinkan Anda untuk mengoleksi banyak aplikasi dan juga game di dalamnya.

1.4. Kamera

Bukn Oppo namanya jika tidak menghadirkan kamera berkualitas di smartphonenya. Dengan mengusung quad-camera di sisi belakang, Oppo A91 dapat menghasilkan foto-foto berkualitas. Masing-masing dari keempat kamera tersebut adalah 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP.

Sementara di sisi depannya, smartphone ini memiliki selfie kamera dengan resolusi 16 MP. Desain peletakan dari kamera depannya menggunakan desain water drop di sisi atas bagian tengah layar. Desain ini sangat umum digunakan untuk banyak smartphone kelas low-end dan juga mid-end.

Kedua kamera, baik depan maupun belakang, sudah mendukung mode perekaman 1080p30fps. Terlebih lagi di sektor kamera belakang juga sudah dilengkapi dengan teknologi EIS yang akan meminimalkan guncangan pada saat melakukan perekaman video secara langsung dengan tangan.

1.5. Baterai

Salah satu yang kurang memuaskan dari smartphone ini adalah kapasitas baterainya yang masih berada di kapasitas 4025 mAh. Ketidakpuasan tersebut wajar dirasakan mengingat banyak smartphone sekelas dari brand lain yang sudah menyematkan baterai 5000-an mAh ke atas.

Meski begitu, kapasitas baterai di smartphone Oppo A91 ini masih bisa diandalkan hingga seharian. Apalagi teknologi fast charging 20W sudah diterapkan di smartphone ini, sehingga Anda tidak butuh waktu lama untuk mengisi dayanya sampai penuh.

Untuk melakukan pengisian daya, port USB yang digunakan sudah berupa USB type-C. USB jenis ini terkenal akan kecepatannya dalam mentransfer data maupun mengisi daya dibandingkan jenis port mini USB biasa.

1.6. Fitur

Sebagai smartphone di kelas mid-range, Oppo A91 memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap. Mulai dari sensor fingerprint yang terpasang di bagian display layarnya, hingga adanya sensor-sensor yang cukup lengkap, seperti gyro, accelerometer, proximity dan juga compass.

Jika ingin mendengarkan radio, aplikasi FM radio bisa Anda gunakan saat sudah masuk ke dalam menu di sistem. Sayangnya, fitur NFC masih belum ada di smartphone keluaran Oppo ini sehingga Anda masih memerlukan mode transaksi e-Toll atau e-Money secara konvensional.

1.7. OS dan Sofware

Sebuah smartphone dengan spesifikasi hardware tinggi tanpa didukung software yang kompatibel tidak akan berfungsi secara optimal. Di smartphone ini, sistem operasi milik Oppo, ColorOS 6.1 akan berjalan di atas Android 9 (Pie) yang bisa diupdate ke Android 10.

Secara keseluruhan, user interface di smartphone ini dapat berjalan optimal seperti smartphone Oppo lainnya. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi bawaan dan juga menginstal aplikasi tambahan untuk keperluan sehari-hari. Semua aplikasi tersebut bisa berjalan dengan lancar tanpa adanya bug.

2. Spesifikasi Oppo A91

  • OS: Android 9 (Pie) upgradable – ColorOS 6.1
  • Ukuran Layar: 6,4 inch
  • Resolusi Layar: 2400 x 1080 pixels, 20:9 ratio (~408 ppi)
  • Chipset: MediaTek Helio P70 (12 nm)
  • CPU: Octa-core 2,1 GHz
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • Kamera Belakang:
    • 48 MP (lensa wide) PDAF
    • 8 MP (ultra wide)
    • 2 MP (micro)
    • 2 MP (depth)
  • Kamera Depan: 16 MP (wide)
  • Type Screen: AMOLED
  • RAM/Storage: 4/128GB, 8/128GB
  • Kapasitas Baterai: Li-Poly 4.025 mAh, (Fast charging 20W)
  • Tipe USB Type-C: Ya
  • Fingerprint: Ya
  • NFC: No
  • Jaringan 5G: No
  • Harga Pasaran (Perkiraan): Rp 3,9 juta

3. Penutup

Dari ulasan yang ada di atas, Oppo A91 sudah cukup layak untuk dimiliki. Dengan harga yang masih relatif terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan smartphone dengan internal storage dan RAM yang besar, quad kamera yang tangguh, serta layar dengan resolusi tinggi berteknologi panel AMOLED. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!