Skip to main content

6 Tips Menjadi Smart Travelers

Tips Menjadi Smart Travellers

6 Tips Menjadi Smart Travelers

Mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang gemar bepergian. Terutama untuk tujuan liburan ataupun sekedar berpetualang. Istilah lainnya adalah traveler. Tapi tahukah Anda, seorang traveler juga dituntut untuk bisa menjadi pribadi yang pintar. Dalam arti, pintar menjaga diri hingga menjaga kelestarian tempat yang dituju. Lalu, apa saja tips menjadi smart travelers ini?

Menjadi traveler bukan hanya mengandalkan niat dan kemauan untuk melakukan perjalanan saja. Namun lebih dari itu. Diperlukan rencana yang matang, hingga memikirkan apa yang harus dilakukan, setibanya di tempat tujuan.

Menjadi smart travelers, berarti menjadi pribadi yang pintar dalam merencanakan, melakukan, hingga meninggalkan kesan yang baik dari perjalanan yang dilakukan. Dengan kata lain, smart to plan, smart to do, and smart to impress.

Smart Travelers, Berarti Smart To Plan, To Do, And To Impress

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya. Bahwa menjadi smart traveler itu berkaitan dengan smart to plan, smart to do, and smart to impress. Yang artinya, kurang lebih seperti di bawah ini. Diantaranya:

1.Smart To Plan

Salah satu tips menjadi smart travelers berhubungan erat dengan smart to plan. Artinya pintar dalam merencanakan sebuah perjalanan, ataupun liburan. Baik itu dalam hal mempersiapkan tiket perjalanan, penginapan, fasilitas makan, hingga tour guide dan hal-hal yang lainnya.

2. Smart To Do

Dalam melakukan sebuah perjalanan, sebaiknya Anda memikirkan dengan matang, apa yang akan Anda lakukan nantinya. Apakah untuk keperluan liburan, pekerjaan, penelitian dan observasi, ataupun untuk keperluan nantinya.

3. Smart To Impress

Menjadi smart traveler juga bisa diartikan menjadi pribadi yang smart to impress. Yaitu menjadi seorang yang pintar memberikan kesan yang baik. Baik bagi orang sekitar yang Anda temui, maupun bagi tempat yang ditinggalkan. Hal ini juga diartikan, bahwa meskipun Anda di tempat tersebut hanyalah seorang turis.

Maka, bukan berarti, Anda bisa bertindak semaunya. Tanpa mengindahkan semua peraturan yang berlaku di tempat tersebut. Berikan kesan yang baik terhadap tempat yang Anda datangi. Bukan itu saja, berikan juga kesan baik pada semua orang yang Anda temui, agar Anda diingat sebagai smart traveler sejati.

6 Tips Menjadi Smart Travelers Sebelum Melakukan Perjalanan

Tak berbeda jauh dengan yang dikemukakan di atas. Tips menjadi smart travelers juga masih berkenaan dengan persiapan hingga saat berada di tempat yang dituju. Untuk lebih jelasnya mengenai tips-tips untuk menjadi smart travelers, sebelum melakukan traveling ini. Berikut beberapa diantaranya,

1.Mempersiapkan Budget Yang Cukup

Salah satu tips menjadi smart travelers yang pertama dan yang utama adalah menyiapkan budget. Dalam arti, sebelum Anda merencanakan untuk melakukan traveling. Ada baiknya, Anda juga telah menyiapkan budget yang cukup.

Dimana nantinya akan digunakan untuk membiayai perjalanan Anda. Yang termasuk budget traveling ini diantaranya biaya perjalanan dan akomodasi, penginapan, biaya makan selama traveling, tiket masuk wisata, tour guide dan yang lainnya.

Selain itu, budget untuk membeli oleh-oleh dan biaya lain-lain juga, hendaknya sudah Anda persiapkan juga. Sementara biaya lain-lain yang dimaksud disini, diantaranya biaya tol, parkir, biaya toilet umum, sewa transportasi lokal, misal sepeda, sepeda motor dan sebagainya.

2. Menghitung Anggaran Traveling Dengan Terperinci

Hal ini masih berhubungan dengan masalah budget untuk traveling. Jika Anda sudah mempersiapkan budget yang cukup untuk membiayai traveling Anda. Maka ada baiknya juga, Anda melakukan perincian mengenai anggaran yang kemungkinan akan dikeluarkan untuk traveling ini.

Seperti anggaran untuk tiket pesawat dan transportasi lainnya, anggaran untuk makan, penginapan, tiket masuk wisata dan sebagainya. Dengan melakukan penghitungan anggaran traveling ini, setidaknya Anda sudah mempunyai gambaran, mengenai jumlah biaya yang harus Anda keluarkan nantinya.

Dengan penghitungan ini juga, setidaknya untuk menghindarkan dari kemungkinan menghabiskan budget yang melebihi batas. Dari yang telah dianggarkan sebelumnya. Tips menjadi smart travelers dengan cara ini juga, setidaknya bisa menghindarkan Anda dari menghambur-hamburkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

3. Persiapkan Barang-Barang Yang Seperlunya

Meskipun Anda akan melakukan traveling ke tempat yang lumayan jauh, dengan waktu yang tidak sebentar. Ada baiknya Anda hanya membawa barang-barang seperlunya saja. Selain membutuhkan biaya pengecekan bagasi yang lumayan mahal.

Juga dengan membawa banyak barang juga memungkinkan Anda kerepotan untuk membawanya. Belum lagi, jika sepulangnya traveling nanti. Anda juga membawa oleh-oleh yang lumayan banyak. Yang tentunya, akan membuat barang-barang Anda semakin menumpuk.

Satu hal yang penting untuk dibawa adalah obat-obatan, baju hangat jika Anda pergi ke tempat yang berhawa dingin. Ataupun membawa sunblock / sunscreen, maupun sunglasses, seandainya Anda pergi traveling ke pantai ataupun ke tempat lain, dengan sinar matahari yang cukup terik.

4. Memesan Tiket Pesawat Untuk Pulang Pergi

Tips menjadi smart travelers lainnya yaitu memesan tiket pesawat untuk tujuan traveling, termasuk tuket pesawat untuk pulang nantinya. Hal ini untuk memudahkan Anda nantinya Seandainya saat nanti berencana untuk pulang, tiba-tiba tiket pesawat untuk tujuan kota Anda tidak tersedia.

Untuk memesan tiket pesawat pulang pergi ini, Anda bisa menyesuaikan dengan waktu liburan Anda. Nah, untuk pemesanan tiket wisata ini. Anda bisa juga menggunakan jasa tour and travel ataupun aplikasi untuk traveling yang bisa dipercaya. Misalnya Traveloka.

Yang menyediakan beragam fasilitas untuk kebutuhan traveler. Dari mulai tiket pesawat hingga penginapan. Tentunya dengan harga yang bervariasi. Dan khusus untuk tiket pesawat ini, Anda bisa langsung memesan tiket pesawat pulang pergi dalam satu aplikasi ini. Jadi, Anda tak perlu repot-repot untuk datang ke bandara, hanya untuk membeli tiket pesawat ini.

5. Memesan Hotel Sebelum Datang Ke Lokasi Liburan

Untuk memudahkan Anda, sebaiknya Anda memesan hotel dan penginapan, jauh sebelum Anda datang ke lokasi tujuan. Karena apa? Agar nantinya, Anda tidak kerepotan untuk mencari tempat penginapan. Karena mungkin saja, saat Anda memesan hotel saat datang ke tempat tujuan. Tiba-tiba hotel tersebut full order, sehingga Anda tidak bisa check in saat itu juga.

Berbeda halnya jika Anda memesan hotel jauh sebelum Anda melakukan traveling. Selain Anda bisa langsung check in, Anda juga tidak perlu repot untuk mengurus asministrasi dan yang lainnya. Karena semuanya telah Anda lakukan saat pemesanan.

Begitu juga yang dilakukan Traveloka. Memberikan kemudahan bagi Anda, untuk memesan hotel sesuai yang Anda inginkan. Karena melalui aplikasi Traveloka ini, Anda bisa memilih hotel mana yang Anda inginkan. Yang disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

6. Pilihlah Jasa Tour And Travel Yang Terpercaya

Selain yang telah disebutkan di atas, tips manjadi smart travelers lainnya yaitu dengan memilih jasa tour and travel yang terpercaya. Untuk traveling ini, sebenarnya Anda bisa melakukan traveling tanpa disertai tour guide ataupun tanpa melalui jasa tour and travel.

Namun untuk lebih memudahkan Anda, ada baiknya untuk memilih jasa tour and travel. Karena melalui jasa ini, Anda tidak perlu lagi mencari dan membayar akomodasi, tour guide, tiket wisata ataupun mencari tempat makan. Karena semuanya telah termasuk dalam biaya tour and travel yang anda bayarkan.

Tips menjadi smart travelers dengan cara ini bisa menghemat waktu dan biaya. Jika dibandingkan dengan traveling yang dilakukan tanpa melalui jasa tour and travel. Namun untuk memilih jasa tour and travel ini, sebaiknya Anda benar-benar memilih jasa tour and guide yang terpercaya dan bisa diandalkan. Jika tidak, Anda bisa terjebak dengan biaya yang mahal, namun dengan fasilitas yang terbatas.

Nah, demikian beberapa tips menjadi smart travelers kali ini. Semoga ini bisa membantu Anda. Terutama bagi Anda yang kini tengah mempersiapkan segala sesuatunya untuk melakukan traveling. Namun ada satu hal, yang harus selalu diingat... Untuk memilih Traveloka yang dapat membantu segala aktivitas traveling Anda. Karena hanya di Traveloka, Anda bisa memesan tiket pesawat dan booking hotel sesuai keinginan Anda. Tentunya dengan lebih cepat dan lebih mudah. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!