Skip to main content

Cara Reset Samsung Ke Setelan Pabrik (Kode Reset Samsung, Pengaturan Bawaan dan Recovery)

Kode Reset Samsung

Cara Reset Samsung Ke Setelan Pabrik (Kode Reset Samsung, Pengaturan Bawaan dan Recovery)

Reset atau mengembalikan ke setelan pabrik menjadi jalan terakhir ketika HP Samsung Anda sangat lemot. Caranya bisa dilakukan dengan menggunakan kode reset Samsung dan lewat pengaturan langsung dari HP.

Dengan melakukan reset, maka diharapkan semua sistem yang ada di dalam HP Anda jadi kembali normal. Selain itu performa juga bisa meningkat karena adanya pembersihan sistem secara total.

1. Cara Reset HP Samsung

Reset ke setelan pabrik memang sangat penting dilakukan ketika HP Anda sudah sangat lemot dan sering terjadi kesalahan sistem. Kalau Anda ingin melakukan reset, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut ini beberapa caranya:

1.1. Lewat Pengaturan Bawaan Samsung

Cara pertama yang bisa jadi pilihan untuk mereset ulang HP Samsung adalah dengan melalui menu pengaturan bawaan. Anda bisa mereset jika ingin menjual HP tersebut atau ingin membuat performanya kembali bagus. Berikut caranya:

  • Pertama buka dulu HP Samsung Anda.
  • Setelah itu pastikan sudah mencadangkan semua data-data penting.
  • Lalu tap pada menu gambar gerigi besar atau menu “Pengaturan
  • Geser layar HP Samsung ke arah bawah dan carilah menu yang ada tulisannya “Cadangkan dan Reset”.
  • Kalau menu itu sudah Anda tap, maka muncul beberapa pilihan. Lakukan penyesuaian sesuai selera Anda.
  • Jika semua sudah siap, bisa mulai menekan tulisan “Factory Data Reset” lalu “Reset Device” dan proses pembersihan dan pengembalian HP ke setelan pabrik dimulai.
  • Tunggu proses selesai dan HP Anda akan seperti baru lagi.

Setiap perangkat HP Samsung memiliki durasi reset yang berbeda-beda. Durasi pembersihan dan pengembalian total itu tergantung dari jumlah penyimpanan internal yang terpakai. Semakin banyak pemakaian, maka pembersihan semakin lama.

1.2. Lewat Reset Kode Samsung

Ada juga cara alternatif yang cukup menarik untuk dicoba yaitu dengan kode khusus reset HP Samsung. Tidak banyak orang yang mengetahui kode ini. Padahal fungsinya cukup penting yaitu mampu mereset HP Samsung sampai bersih.

Ada beberapa kode reset yang biasa digunakan untuk HP Samsung. Jika HP Anda generasi terbaru, gunakan kode dial up “*2767*3855#”. Lalu jika masih gagal bisa mencoba menggunakan kode “*2767*2878#”.

Jika HP Anda generasi lama, gunakan “#*7728#” atau “*#*#7780#*#*”. Cobalah satu-satu kode reset Samsung tersebut. Tapi diharapkan Anda sangat berhati-hati ketika menggunakan kode tersebut.

Jangan sampai kode disalahgunakan. Untuk cara yang lebih jelasnya, ikuti langkah di bawah:

  • Pertama siapkan HP Samsung yang ingin direset pabrik.
  • Cadangkan semua data yang dinilai penting.
  • Lalu setelah itu bukalah menu panggilan atau dial up.
  • Tap pada papan tombol dan ketik dengan kode reset yang ada di atas.
  • Kalau kode itu benar dan berhasil, maka akan ada box pop up berupa persetujuan reset pabrik dan tap pada tombol “OK”.
  • Setelah itu proses reset akan berlangsung dan tunggu saja sampai selesai.

Cobalah semua kode yang sudah tertuliskan di atas. Karena belum tentu setiap perangkat Samsung cocok dengan kode reset yang sama. Jadi solusinya mencoba satu per satu kode tersebut.

1.3. Lewat Menu Recovery Mode Samsung

Cara reset berikutnya ini bisa dikatakan cukup rumit. Tapi jika Anda sudah biasa maka proses ini sangat mudah sekali, tidak seperti ketika baru saja melakukannya. Memang tahapan-tahapan yang harus dilalui sangat jarang dilihat.

Reset lewat menu Recovery Samsung ini memang sering digunakan oleh para pengguna yang mengalami bootloop atau kegagalan sistem. Untuk lebih jelasnya, berikut caranya:

  • Cara pertama tentu cadangkan semua data utama.
  • Setelah itu pastikan baterai Samsung Anda di atas 75% agar menghindari kegagalan reset karena lowbat.
  • Cara berikutnya matikan HP Samsung Anda dengan menekan tombol Power.
  • Saat HP dalam kondisi mati atau dalam posisi bootlop, tekan secara bersamaan tombol “Volume Up+Home+Power” dan tahan beberapa saat sampai muncul logo Samsung.
  • Lepaskan semua tombol saat sudah muncul beberapa tulisan di dalam menu Recovery Samsung.
  • Langkah selanjutnya geser layar ke tulisan “Wipe Data/Factory Reset” dengan cara menekan tombol volume up dan volume down serta tekan power untuk memilih.
  • Kalau sudah Anda lakukan, maka proses pembersihan data Samsung akan berlangsung. Tunggu saja sampai selesai.
  • Setelah semua selesai ditandai dengan tulisan “Done”, pilih tulisan “Reboot System Now” untuk kembali ke menu awal Samsung.
  • Sekarang HP Anda sudah seperti baru dan siap digunakan lagi.

2. Manfaat Mereset HP Samsung

Umumnya ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan reset pabrik HP Samsung. Berikut ini beberapa manfaatnya:

2.1. Meningkatkan Performa

Dengan mereset HP Samsung, maka perangkat Anda jadi bisa pulih kembali seperti setelah pabrik. Semua data di dalamnya akan dihapus dan dikosongkan seperti saat baru. Efeknya HP akan jauh lebih cepat dan lancar.

2.2. Mengatasi Kegagalan Sistem

Reset lewat menu pengaturan, kode reset Samsung maupun menu Recovery juga bermanfaat mengatasi kegagalan sistem. Biasanya peristiwa kegagalan sistem ini bisa dinilai ketika beberapa aplikasi sering force close. Lalu ada beberapa menu yang tidak bisa dibuka.

Solusinya adalah dengan melakukan reset dan mengembalikan sistem yang gagal seperti semula

2.3. Membersihkan Data Paling Cepat

Reset HP juga biasa dilakukan saat akan menjual perangkatnya ke orang lain. Karena proses pembersihan data yang paling cepat adalah dengan reset ulang ke setelan pabrik.

3. Tips Penting Sebelum Reset Samsung

Sebelum Anda melakukan pembersihan data dengan memanfaatkan kode reset Samsung, pengaturan bawaan dan mode Recovery, ada tips yang harus diperhatikan. Jika Anda tidak memperhatikan tips ini, efeknya cukup besar dan tentu akan banyak terjadi kerugian.

Berikut ini tipsnya:

3.1. Backup Data

Tips pertama adalah lakukan pencadangan data atau backup ke laptop. Anda bisa mencadangkan data seperti yang ada di dalam file manager. Untuk data aplikasi, email, pesan dan lain-lain tidak bisa dicadangkan.

Namun untuk foto, suara, video dan lain-lain masih bisa dicadangkan. Jika Anda sampai lupa proses pencadangan ini, maka bisa dipastikan semua data di dalam HP akan hilang selamanya.

Karena proses reset akan membersihkan semua data termasuk data di dalam sistem HP.

3.2. Lepas MicroSD

Tips selanjutnya adalah lebih baik lepaskan microSD Anda dari perangkat. Tips ini berguna untuk bisa menghindari langkah-langkah yang salah dan berdampak ke data microSD yang hilang. Sehingga lebih baik melepaskan microSD dari slotnya untuk berjaga-jaga.

3.3. Menyiapkan Baterai 75% Lebih

Hal penting lainnya sebelum menggunakan kode reset Samsung dan cara reset lainnya adalah memastikan baterai tersisa 75% lebih. Tips ini harus dilakukan karena tujuannya untuk bisa menghindari kegagalan reset HP akibat kehabisan daya.

Ketika proses reset gagal, maka akan berdampak lebih buruk ke HP Anda. Biasanya hanya jasa servis HP yang bisa mengatasi gagal reset HP seperti ini. oleh karena itu pastikan sisa baterai cukup banyak di atas 75% agar bisa menghindari risiko gagal reset.

Menggunakan kode reset Samsung dan cara reset lainnya memang bermanfaat untuk HP Anda. Tapi perhatikan dengan baik tips sebelum melakukan reset HP. Agar bisa menghindari hal-hal yang tidak diharapkan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!