Skip to main content

Jenis-Jenis dan Cara Cek Garansi Iphone Lengkap Terbaru

Jenis-Jenis dan Cara Cek Garansi Iphone Lengkap Terbaru

Jenis-Jenis dan Cara Cek Garansi Iphone Lengkap Terbaru

Iphone menjadi salah satu gadget favorit sekarang ini. Sebelum membeli iPhone sebaiknya Anda perlu waspada karena banyak beredar iPhone palsu di pasaran. Untuk mengetahui iPhone asli dan palsu, maka sebaiknya coba cek garansi. Cara cek garansi iPhone relatif mudah dan anti repot.

Selain itu, cek garansi iPhone juga bisa dipakai guna mengetahui masa berlakunya service gratis yang diperoleh ketika pembelian. Biasanya garansi akan dinyatakan hangus apabila kerusakan iPhone disebabkan karena kesalahan yang dilakukan oleh pengguna.

1. Jenis-Jenis Garansi Iphone

Sebagai salah satu ponsel canggih favorit di Indonesia, iPhone tentu menawarkan beragam garansi yang pastinya sangat bermanfaat bagi pengguna. Banyaknya ragam garansi iPhone tentunya bisa mencukupi kebutuhan pengguna.

1.1. Garansi Resmi

Iphone menawarkan garansi resmi bagi setiap penggunanya. Garansi seperti ini nantinya akan diberikan secara langsung oleh pihak Apple bagi perusahaan maupun distributor di dalam suatu negara yang menjual iPhone tersebut.

Untuk memperoleh garansi resmi dari Apple, maka pengguna iPhone bisa membeli perangkat tersebut di gerai resminya. Kemudian barulah pengguna bisa mengklaim garansi resmi tersebut dengan sangat mudah dan berlaku secara internasional.

1.2. Garansi Distributor

Iphone juga menawarkan garansi distributor. Jenis garansi ini merupakan hadiah dari pihak distributor yang memasukkan produk Apple secara tak resmi di Indonesia. Nantinya garansi ini hanya akan diberikan oleh pihak distributor. Sehingga, Anda tidak bisa mengklaim garansi ke service center resmi Apple.

Anda hanya bisa mengklaimnya ke garansi distributor saja. Bagi Anda yang ingin membeli iPhone dengan harga agak miring, maka bisa langsung menuju distributornya saja. Akan tetapi, nantinya hanya akan mendapatkan garansi ini saja.

1.3. Garansi Internasional

Iphone memiliki garansi fleksibel dan merupakan satu-satunya yang sangat dicari yakni garansi internasional. Jadi, ketika Anda memiliki iPhone dengan garansi internasional itu berarti bisa melakukan klaim ke seluruh penjuru negara dunia. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Umumnya garansi ini diperoleh ketika seseorang membeli iPhone di luar negeri. Kemudian saat seseorang tersebut membawa kembali iPhone ke negara asalnya, tentu bisa langsung melakukan klaim garansi apabila diperlukan.

1.4. Garansi Toko/Penjual

Terakhir, ada yang disebut sebagai garansi toko/penjual. Jenis garansi ini ternyata cukup berbeda dengan garansi lain iPhone. Garansi toko/penjual biasanya akan diberlakukan untuk produk-produk iPhone rekondisi, black market, KW, refurbish atau supercopy.

  • 1.4.1. iPhone Rekondisi

    Jenis iPhone ini merupakan hasil dari bentuk sparepart iPhome bekas yang dipugar ulang sehingga memiliki tampilan yang tampak lebih fresh layaknya baru. Jenis iPhone ini biasanya diambil dari berbagai seri iPhone lainnya yang sudah tidak laku di luar negeri seperti iPhone CDMA, 5, 4S dan 5.

  • 1.4.2. iPhone Black Market

    Iphone dengan jenis black market atau BM merupakan bentuk rekondisi yang secara umum akan memiliki garansi sampai 1 tahun (jika memungkinkan). Akan tetapi, paling sering hanya 1 bulan saja. Harga iPhone BM juga jauh lebih mudah dibandingkan dengan iPhone garansi distributor.

  • 1.4.3. iPhone Refurbish

    Jenis iPhone ini hampir menyerupai iPhone rekondisi. Hanya saja, pada tahapan proses manufakturnya yang berbeda. Refurbish nantinya akan direkondisi oleh pihak Apple sendiri. Dengan demikian, maka nantinya garansi yang diperoleh tetap utuh dan resmi. Akan tetapi, mesin yang dipakai terbilang bekas.

  • 1.4.4. iPhone Supercopy, Palsu atau KW

    Apabila ada yang menjual iPhone dengan harga hanya 1 sampai 2 jutaan saja, maka bisa dipastikan itu iPhone palsu, supercopy atau KW. Cara cek garansi iPhone ini juga sudah dilakukan. Iphone jenis ini bisa dikatakan adalah yang paling buruk di antara lainnya. Tentunya jangan sampai berpikir untuk membelinya.

    Garansi toko/penjual nantinya hanya akan diberikan dalam kurun waktu satu bulan saja sejak masa pembelian. Bahkan garansi ini hanyaa bermodalkan asas kepercayaan saja di antara kedua belah pihak yakni penjual dan pembeli.

2. Cara Cek Garansi Iphone

Tidak sulit melakukan cek garansi iPhone yang sudah dibeli. Bahkan termasuk ketika Anda membeli iPhone dari berbagai penjuru dunia. Cara cek garansi yang berlaku pada perangkat iPhone di antaranya sebaga berikut.

2.1. Cara Cek Garansi Iphone via IMEI

Untuk mengecek garansi iPhone ternyata bisa dilakukan dengan mengetahui IMEI perangkat tersebut terlebih dahulu. Setelah mengetahui nomor seri iPhone tersebut, maka barulah Anda bisa langsung mencari tahu garansi yang berlaku dari iPhone tersebut.

  • Buka menu Telepon pada perangkat iPhone tersebut.
  • Berikutnya masukkan kode dial up *#06#.
  • Tidak usah menekan tombol Dial nantinya Anda bisa langsung mendapatkan informasi nomor IMEI dari perangkat iPhone tersebut.
  • Nantinya IMEI tersebut akan dipakai untuk mengecek garansi iPhone. Maka dari itu, penting sekali untuk mencatat IMEI seri di kertas atau lembar catatan lainnya.
  • Jika sudah, maka Anda bisa langsung mngunjungi halaman resmi Apple untuk melakukan cek garansi. Anda juga dapat memasukkan situs web https://checkcoverage.apple.com/id/in/.
  • Lalu, lakukan input nomor seri IMEI tersebut.
  • Lanjutkan dengan memasukkan kode captcha yang sudah tersedia.
  • Apabila sudah, maka berikutnya dapat langsung menekan opsi Lanjutkan.
  • Lanjutkan dengan memasukkan negara Anda.
  • Berikutnya pilih opsi See Your Service and Support Coverage yang ada pada bagian menu Service and Repair.
  • Kemudian, layar iPhone Anda akan menampilkan detail info terkait garansi yang diberikan.

2.2. Tips Membeli Iphone Asli

Dalam melakukan pembelian produk iPhone maka sebaiknya Anda terus berhati-hati dan waspada. Sebab, saat ini ada begitu banyak iPhone KW yang beredar di pasaran. Demi menghindari pembelian barang KW tersebut maka sebaiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut.

  • Pastikan Anda melakukan pembelian iPhone secara offline (langsung) di toko virtual maupun distributor resmi ponsel canggih keluaran Apple tersebut.
  • Jangan sampai membuka dusbook iPhone di rumah. Apalagi seorang diri. Pastikan Anda membuka dusbook ponsel canggih tersebut di toko tempat pembelian secara langsung bersama penjual. Kemudian, lakukan pengecekan fisik produk secara bersama-sama.
  • Ketika melakukan pembelian sebaiknya lakukan pencocokan IMEI yang tertera di bagian bodi iPhone dengan di sistem serta dusbook. Hal ini penting sebagai cara cek garansi Iphone dan mengklaimnya ketika nanti suatu hari ditemukan kerusakan tertentu.
  • Lakukan pemeriksaan garansi iPhone setelah Anda mengetahui IMEI dengan mengunjungi halaman resmi Apple.
  • Jangan lupa lakukan pengecekan terhadap kartu garansi yang terlampir pada bagian dalam dusbook. Apakah sama dengan yang tertera di halaman resmi Apple atau tidak. Jika sama, maka berarti iPhone Anda sudha dipastikan benar-benar asli.
  • Hindari pembelian iPhone dengan harga jauh di bawah pasaran. Sangat memungkinkan bahwa iPhone tersebut adalah barang palsu, KW, supercopy dan sebagainya. Tentu hal tersebut akan sangat merugikan Anda.

Cara cek garansi iPhone rupanya sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu tahu informasi perihal IMEI terlebih dahulu demi bisa mengecek garansi. Pastikan Anda membeli iPhone offline melalui distributor resmi atau langsung ke Apple. Kiranya Anda bisa mendapatkan iPhone asli berkualitas terbaik. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!