Skip to main content

10 Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Terbaik

Audio Recorder

10 Rekomendasi Aplikasi Perekam Suara Terbaik

Perekaman suara merupakan fitur dasar yang umumnya bisa ditemukan pada semua smartphone. sayangnya banyak pengguna yang merasa kurang puas dengan fitur perekaman suara bawaan. Solusinya adalah menggunakan aplikasi perekam suara pihak ketiga.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga itu, Anda bisa menikmati banyak sekali fitur yang menarik. Ini akan membuat perekaman suara jadi lebih maksimal dan juga profesional.

10 Aplikasi Perekam Suara

1. Audio Recorder

Aplikasi yang bernama Audio Recorder ini memiliki ukuran yang sangat kecil sekali hanya 6,9MB saja. tidak heran sampai sekarang masih banyak sekali orang yang suka dengan aplikasi ini.

Memang jika Anda lihat dan amati, fitur di dalamnya sangat sederhana dan minim fitur tambahan. Tapi justru itu yang membuat aplikasi ini sangat mudah digunakan. Hasil rekaman yang dihasilkan juga sangat bagus dan jernih sekali.

Anda bisa juga mengunggah secara langsung hasil rekaman itu ke cloud online seperti Google Drive maupun ke Dropbox.

2. Easy Voice Recorder

Sesuai dengan namanya, aplikasi Easy Voice Recorder ini menawarkan penggunaan yang sangat mudah sekali. Anda hanya perlu memencet tombol sekali untuk merekam. Ini tidak seperti beberapa aplikasi lainnya yang biasanya harus diatur terlebih dahulu.

Ukuran aplikasi ini hanya 7,7MB dengan pilihan format suara hasil rekaman yang cukup beragam. Jika Anda ingin menikmati fitur yang lebih lengkap, bisa membeli aplikasi versi premium.

Kalau sudah aplikasi premium, Anda bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mic eksternal saat membuat vlog.

3. RecForge II

Aplikasi berikutnya ini cocok jika Anda memang sedang mencari aplikasi perekam suara dengan menu dan fitur yang sangat melimpah. Anda bisa menikmati sensasi perekaman suara profesional dengan banyaknya pilihan menu pengaturan di dalamnya.

Bahkan Anda bisa juga mengatur seberapa cepat tempo perekaman itu berjalan. Selain itu masih ada banyak fitur lain di dalam aplikasi RecForge II ini. Jika Anda suka merekam musik, cobalah menggunakan aplikasi ini sebagai alternatif lain.

Karena memiliki kontrol suara yang banyak sekali. Anda juga tidak perlu aplikasi tambahan jika ingin mengedit suara hasil rekaman. Ukuran aplikasi ini adalah 12MB.

4. Call Recorder

Saat terjadi pembicaraan penting lewat telepon, tentu Anda sangat ingin merekamnya agar tidak perlu mencatat. Selain itu perekaman juga akan bermanfaat ketika ada beberapa hal yang dilupakan dalam catatan.

Sayangnya tidak semua smartphone memiliki fitur perekaman percakapan telepon. Solusinya adalah gunakan aplikasi yang bernama Call Recorder. Hasil rekaman yang diberikan juga tidak akan membuat Anda kecewa.

Suaranya cukup jelas dan jernih tanpa suara-suara berisik dan mengganggu. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang dikhususkan untuk perekaman percakapan telepon.

Selain kemampuan merekam, Anda masih bisa menemukan banyak fitur tambahan di dalamnya seperti daftar blacklist, pemutaran ulang dan lain-lain. Produk pengembangan dari Appliqato ini ukurannya cukup kecil yaitu 10MB.

5. Tape-a-Talk Voice Recorder

Aplikasi perekam suara berikutnya adalah bernama Tape-a-Talk Voice Recorder. Produk yang dikembangkan oleh perusahaan Markus Drosser ini memiliki keunggulan pada penggunaan yang sangat ringan sekali.

Dengan beban aplikasi yang ringan, maka Anda bisa tetap membukanya sambil menjalankan aplikasi lain. Ini bisa Anda manfaatkan ketika sedang merekam layar atau membuat rekaman lainnya. Tampilan aplikasinya juga sangat sederhana dan tidak membuat Anda kebingungan.

Tidak heran jika aplikasi ini memiliki konsumsi RAM yang sangat sedikit. Karena ukuran aplikasinya hanya 2,3MB saja. Tapi fiturnya sangat bermanfaat termasuk diantaranya menawarkan layanan pengeditan sederhana tanpa aplikasi tambahan.

Aplikasi ini juga mampu menampilkan opsi widget yang akan membuat penggunaan aplikasi lebih cepat dan mudah.

6. Smart Voice Recorder

Aplikasi perekam suara yang satu ini memiliki fitur canggih dan tidak akan bisa Anda temui pada aplikasi perekaman yang lain. Fitur itu adalah kemampuan mendeteksi kondisi sekitar ketika aplikasi sedang menjalankan perekaman.

Jadi ketika Anda memulai perekaman, aplikasi akan mengambil data suara. Setelah itu saat kondisi hening atau tidak ada suara sama sekali, aplikasi akan menghentikan proses perekaman tersebut.

Ini sangat bermanfaat sekali ketika Anda melakukan perekaman dan tidak bisa mengontrolnya secara penuh. Smart Voice Recorder memiliki ukuran sekitar 7MB saja dengan fitur tambahan seperti tool kalibrasi mikrofon dan juga perekaman ringtone.

Dengan fitur ini, hasil perekaman kana jadi lebih jernih lagi dibandingkan tanpa fitur tersebut.

7. Hi-Q MP3 Voice Recorder

Permasalahan ketika Anda menggunakan aplikasi perekam suara, salah satu masalah yang datang adalah hasil rekaman yang tidak berformat MP3. Padahal untuk memasukkan file suara ke aplikasi pengeditan biasanya membutuhkan format MP3.

Jika Anda tidak ingin menemui masalah ini, gunakan saja aplikasi Hi-Q MP3 Voice Recorder. Karena saat proses perekaman selesai, file Anda akan langsung berformat MP3. Sehingga bisa mendukung pda banyak perangkat elektronik.

Kemudian Anda juga bisa menggunakan fitur penyimpanan online seperti ke Dropbox. Hi-Q MP3 Voice Recorder ini juga memiliki widget tambahan yang membuat aplikasi lebih mudah dioperasikan. Untuk ukurannya sangat kecil hanya 5MB saja.

8. Titanium Voice Recorder

Jika dibandingkan dengan aplikasi lain, memang Titanium Voice Recorder ini memiliki ukuran yang lebih besar yaitu 13MP. Namun itu sangat wajar karena aplikasi ini memiliki fitur yang sangat banyak sekali dan jarang ditemukan.

Fitur itu seperti durasi perekaman yang bisa sangat lama sekali. Dengan fitur itu Anda bisa menggunakan Titanium Voice Recorder sebagai aplikasi perekam selama rapat berlangsung secara online. karena biasanya rapat bisa berlangsung sampai 2 jam.

Jadi butuh aplikasi khusus yang mendukung perekaman super lama. Uniknya lagi, aplikasi ini memiliki fitur penggunaan cepat dengan cara digoyangkan saja. Cara ini akan membuat Anda tidak ketahuan ketika sedang merekam suara.

9. Parrot Voice Recorder

Jika Anda butuh aplikasi perekaman percakapan telepon yang lainnya, bisa mencoba aplikasi Parrot Voice Recorder. Aplikasi ini memang dikenal memiliki kemampuan untuk merekam semua suara dan merekam percakapan telepon.

Keunggulan aplikasi ini adalah tampilan desain utama yang sederhana namun tetap elegan. Sehingga akan membuat Anda mudah mengoperasikannya dan tetap merasa profesional. Parrot Voice Recorder mendukung aktivitas perekaman yang terjadwal.

Jadi Anda bisa menggunakannya saat sedang masuk kuliah. Anda bisa mengatur mulai jam berapa saja perekaman akan dimulai. Agar Anda bisa menikmati fitur yang lebih banyak, gunakan saja aplikasi versi berbayar.

10. Samsung Voice Recorder

Dari namanya saja Anda tentu sudah bisa menebak fungsi aplikasi perekam suara ini. Aplikasi Samsung Voice Recorder dikenal mampu meningkatkan hasil perekaman pada perangkat smartphone yang bermerek Samsung.

Anda hanya perlu mendownloadnya dan menjalankan aplikasi perekaman ini sebagaimana aplikasi yang lain. Namun perbedaannya akan ada banyak fitur tambahan yang tidak ditemukan pada aplikasi perekaman bawaan dari HP Samsung.

Fitur itu seperti mode interview yang mana aplikasi akan mengaktifkan dua mikrofon pada HP untuk merekam suara.

Anda bisa memilih sendiri dari beberapa aplikasi perekam suara yang ada sesuai keinginan. Karena ada pengguna yang ingin aplikasi dengan menu yang rumit dan tampak profesional. Lalu ada juga yang ingin aplikasi sederhana dan mudah. Jadi tinggal sesuaikan saja dengan selera. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!