Skip to main content

17 Pilihan Kamera Canon Murah Untuk Belajar Fotografi

Canon EOS 1100D

17 Pilihan Kamera Canon Murah Untuk Belajar Fotografi

Fotografi menjadi hobi yang seru dan menyenangkan bagi sebagian orang. Sayangnya tidak semua orang bisa membeli kamera canggih dengan harga yang mahal. Tapi tenang saja, sekarang ada banyak kamera Canon murah yang bisa jadi referensi Anda.

Tentunya fitur yang Anda dapatkan tidak bisa selengkap dan secanggih kamera mahal. Namun itu sudah cukup untuk belajar fotografi harian. Jika sudah profesional Anda bisa membeli kamera yang mahal dan bagus.

17 Daftar Kamera Canon Murah

1. Canon 1100D

Seri termurah dari kamera Canon adalah Canon 1100D. Dengan harga yang berada kisaran 2 jutaan, Anda sudah bisa menikmati fitur utama seperti rekaman video berkualitas HD, hasil jepretan yang bagus dan fitur lainnya.

Meski kelas bawah dan termurah, Anda bisa meningkatkan hasil jepretan dengan penambahan lensa fix 50mm. Kamera Canon 1100D ini cocok bagi Anda yang masih ingin belajar fotografi. Kemudian bisa meningkatkan seri ketika sudah cukup mahir.

2. Canon 1200D

Selain seri sebelumnya, Anda juga bisa menjadikan Canon 1200D ini sebagai referensi kamera Canon murah. Dibandingkan sebelumnya, keunggulan 1200D adalah kemampuan perekaman full HD yang jernih sekali.

Saat ini harga kisaran Canon 1200D berada di 3 jutaan dalam kondisi bekas.

3. Canon 1300D

Selanjutnya Canon DSLR 1300D menjadi peningkatan dari generasi sebelumnya. Dengan harga bekas sekarang di 3 jutaan, Anda sudah mendapatkan fitur terkini seperti WiFi, NFC dan lain-lain. Untuk masalah performa, 1300D sudah memiliki stabilisasi optik IS II.

4. Canon 1500D

Dari produk Canon seri angka 1xxx, mungkin 1500D ini yang paling baru. Produk ini dikenalkan pada Februari 2018 lalu dengan kemampuan yang cukup mumpuni untuk kamera kelas bawah.

Sensor utama memiliki resolusi 24,1 MP dengan tingkatan iso yang mencapai 6400.

5. Canon 600D

Canon seri 600D mungkin merupakan kamera Canon murah yang paling sering Anda temukan. Karena dengan harga sekarang di 3 jutaan saja, Anda sudah bisa mendapatkan kamera dengan fungsi yang profesional.

Kelebihan utamanya adalah layarnya yang sudah bisa diputar untuk kemudahan penggunaan. Sayangnya meski produk yang terkenal, 600D belum mendukung fitur WiFi yang memudahkan pengiriman file hasil jepretan.

6. Canon EOS 650D

Seri peningkatan dari 600D adalah Canon 650D yang memiliki fitur tidak jauh berbeda dari kakaknya. Perbedaan utama yang sangat signifikan adalah Canon 650D ini sudah memiliki layar LCD Touchscreen. Pada produk generasi lama yaitu 600D belum layar sentuh.

Untuk kisaran harganya lebih tinggi sedikit dibandingkan dengan 600D.

7. Canon 750D

Kemudian ada juga Canon 750D yang harga bekasnya saat ini berada di antara 4 sampai 5 jutaan. Salah satu keunggulannya adalah layar LCD yang sudah touchscreen dan memudahkan Anda ketika menggunakan untuk memfoto.

Selain itu 750D sudah mendukung fitur WiFi dan NFC yang sangat berguna untuk banyak hal.

8. Canon 3000D

Jika dibandingkan beberapa seri sebelumnya, Canon 3000D ini memiliki resolusi sensor yang lebih kecil hanya di 18 MP saja. Namun meski begitu, hasil jepretan yang dihasilkan tidak akan kalah dengan seri kamera Canon murah lainnya.

Sebagai generasi baru, fiturnya sudah sangat lengkap seperti WiFi untuk pengiriman foto secara langsung.

9. Canon 60D

Produk Canon berikutnya ini mungkin lebih cocok bagi Anda yang mulai mahir fotografi. Karena produk Canon 60D memiliki ukuran sensor yang lebih besar atau disebut juga dengan kamera full frame. Tentu harganya juga cukup mahal dibandingkan produk sebelumnya.

Harga Body Only atau tanpa lensa sekitar 5 juta sampai 6 jutaan. Namun hasil fotonya sangat memuaskan karena sensor yang lebih besar.

10. Canon 70D

Seri Canon 70D adalah pengembangan lebih lanjut dari seri sebelumnya yaitu 60D. Ada banyak peningkatan pada produk 70D ini seperti sensor, fitur dan kemampuan dalam menghasilkan foto yang profesional.

Biasanya para fotografer akan menggabungkan kamera kelas menengah ini dengan lensa tambahan yang profesional.

11. Canon 80D

Tidak hanya berhenti di 70D saja, Anda bisa memilih generasi yang lebih baru yaitu Canon 80D. Ada beberapa fitur terbaru yang disematkan ke dalam Canon 80D seperti Dual Pixel AF. Selain itu masih banyak sektor yang mengalami peningkatan.

12. Canon 7D Mark II

Seri Canon 7D Mark II juga merupakan kamera kelas menengah dengan sensor full frame 20,2 MP. Kamera ini memiliki titik fokus mencapai 65 titik yang memudahkan dalam penggunaan fitur Auto Focus.

Pengaturan ISO bisa mencapai 51.200 yang cocok untuk keadaan minim cahaya.

13. Canon M10

Canon M10 menjadi kamera Canon murah berikutnya dari model Mirrorless. Dengan harga di kisaran 3 juta ampai 5 juta, Anda sudah menikmati kamera kecil dengan kemampuan video Full HD, WiFi dan juga NFC. Untuk resolusi yang bisa diberikan adalah 18 MP.

Anda juga sudah bisa menggunakan model layar flip atau bisa diputar. Namun untuk seri ini hanya memungkinkan pemutaran layar ke arah depan seperti untuk selfie.

14. Canon M3

Model Mirrorless berikutnya ada Canon M3 yang memiliki ciri khas pada kemampuan flip layar yang menggunakan sebuah engsel khusus. Untuk kelas Mirrorless sendiri masih menggunakan ukuran sensor kecil atau APS-C dan untuk M3 ini berukuran 24,2 MP.

Dengan harga di 5 jutaan, fiturnya cukup modern seperti WiFi. Perekaman video mampu sampai Full HD 1080p 30 fps. Masih banyak sekali fitur andalan yang ada di dalam Canon M3 ini.

15. Canon M100

Masih di kisaran harga yang sama yaitu 5 jutaan, ada Canon M100 yang menawarkan fitur cukup baik. Seri Mirrorless yang satu ini sudah memiliki layar touchscreen yang modern. Kemudian juga sudah terdapat WiFi untuk mengirim gambar ke HP Anda.

Pilihan lainnya Anda bisa menggunakan bluetooth untuk pengiriman foto. Resolusi sensornya adalah 24,2 MP dengan jenis APS-C. Canon M100 cukup bagus untuk Anda gunakan dalam hunting foto harian. Karena bodinya minimalis dan mudah dibawa.

16. Canon M200

Layaknya seperti seri lainnya, Canon juga melakukan peningkatan seri dari produk sebelumnya yaitu bernama Canon EOS M200. Kisaran harganya di 6 jutaan dengan fitur terkini yang melimpah.

Jika Anda bandingkan, salah satu peningkatannya adalah pada pengolahan gambar Digic 8 yang terbaru. Selain itu Anda juga bisa membuat video rekaman dengan gaya slow motion melalui settingan bawaan.

Kualitas hasil rekamannya juga sangat bagus sekali dengan resolusi HD 120fps yang sangat halus. Anda bisa menggunakan resolusi 4K namun fps yang dihasilkan tidak begitu tinggi.

17. Canon M SIX

Canon EOS M SIX ini jika diperhatikan memiliki kisaran harga yang hampir mirip dengan Canon M200. Namun sayangnya untuk pengolahan gambar masih menggunakan Digic 7 yang sebenarnya justru ada di M100.

Kemampuan perekaman yang dimiliki Canon M SIX yaitu Full HD 1080p dengan frame rate di 60fps. Fitur-fitur lainnya sebagian besar masih sama dengan Canon M200. Hanya ada beberapa yang tampak berbeda.

Produk kamera Canon murah memang ada banyak sekali mulai dari model DSLR sampai Mirrorless. Meski berada di kelas bawah, Anda bisa memaksimalkan hasil foto dengan menggunakan lensa tambahan seperti lensa fix maupun lensa tele. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!