Skip to main content

Spesifikasi Oppo Reno 5, Harga dan Review Lengkap

Oppo Reno 5

Spesifikasi Oppo Reno 5, Harga dan Review Lengkap

Membuat konten video dengan kamera berkualitas? Anda bisa mengandalkan Oppo Reno 5 yang merupakan seri lanjutan Reno 4. Platform berbagi konten video seperti TikTok dan Instagram memang semakin mendominasi jagat hiburan dunia maya.

Tak heran jika vendor satu ini merilis smartphone yang menargetkan segmen pasar tersebut. Pada dasarnya, peningkatan fitur tidak terlalu banyak. Apalagi harga yang dibanderol tidak jauh berbeda dari seri Reno 4. Lalu, hal istimewa apa yang ditawarkan smartphone ini?

1. Harga Oppo Reno 5 Terbaru 2021

Smartphone ini menyediakan dua varian warna, yaitu Starry Black dan Fantasy Silver. Pada awal perilisannya, Oppo Reno seri 5 bisa didapatkan dengan harga Rp 4.999.000. Anda bisa mendapatkannya di toko official Oppo di beberapa marketplace, misalnya di Shopee atau Tokopedia.

2. Spesifikasi Oppo Reno 5

Oppo Reno seri 5 dilengkapi empat kamera belakang yang mumpuni dengan fitur Ultra HD. Terlebih dengan layar AMOLED 6,4 inch yang membuat gambar tampak lebih jernih dilihat. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat spesifikasinya di bawah ini:

  • Nama: Oppo Reno 5
  • Dimensi: 159.1 x 73.4 x 7.9 mm
  • Berat: 172 gram (Starry Black), 180 gram (Galactic Silver)
  • Type Layar: 6,4 inch AMOLED
  • Resolusi: FHD PLUS (2400 X 1080)
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Kamera Belakang:
    • 64 MP kamera utama (F1.7)
    • 8 MP kamera ultra wide (F2.2)
    • 2 MP kamera makro (F2.4)
    • 2 MP kamera mono (F2.4)
  • Chipset:
    • Snapdragon 765G
    • 7nm process Octa-core
    • CPU up to 2.4 Ghz
  • RAM/ROM: 8GB/128GB tanpa microSD
  • Kapasitas Baterai: 4300 mAh
  • OS: Android 11+ColorOS 11.1
  • Sistem Keamanan: Fingerprint, Face Recognition.
  • Konektivitas:
    • WiFi 5
    • Bluetooth 5.1
    • USB Type-C
    • NFC
    • 3.5 mm headphone jack
  • Varian: Starry Black/Galactic Silver
  • Harga: Rp 6.999.000

3. Review Oppo Reno 5

Sebagai penerus generasi Reno 4, Oppo mengklaim seri Reno 5 akan lebih gahar meskipun chipsetnya sama. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat reviewnya berikut ini:

3.1. Desain

Sekilas Oppo Reno seri 5 tampilannya memang identik dengan Oppo Reno 4. Bahkan pada sudut dan lengkungan kedua bodi smartphone tersebut memang mirip. Lalu, dimana letak perbedaannya? Oppo mengusung konsep pewarnaan Reno Glow pada Oppo Reno 5.

Tak heran jika tampilannya tampak lebih unik dan elegan. Terdapat dua pilihan warna yang ditawarkan untuk produk terbaru Oppo ini. Untuk varian Starry Black, terdapat sentuhan glossy. Sedangkan untuk warna silver mengusung tema hero color.

Selain itu, pada varian kedua bodi belakangnya 0,1 mm lebih tebal. Hal ini karena Oppo menggunakan enam lapisan khusus agar desain smartphone ini memancarkan tujuh warna yang berubah-ubah sesuai kondisi cahaya.

Tak heran jika Reno 5 unggul dalam segi desain dibanding pendahulunya. Kesan warna yang berubah-ubah ini memberikan pengalaman tersendiri saat memegang bodi smartphone.

3.2. Layar

Smartphone ini dibekali layar dengan dimensi 6,4 inch. Layar yang cukup lebar dan terasa nyaman diusap karena menggunakan panel AMOLED. Resolusinya pun full HD+ yang menambah kenyamanan mata saat melihat konten video maupun animasi di dalamnya.

Layar dipasang sensor sidik jari yang mumpuni sehingga sangat responsif. Saat disentuh, tingkat akurasinya sangat baik. Saat digunakan untuk menonton konten video, kehalusan layar ini akan begitu terasa memanjakan mata.

Touching sampling rate mencapai 180 Hz sedangkan refresh ratenya 90Hz. Dengan demikian, pergerakan konten ketika di scroll terlihat lebih halus pergerakannya. Untuk rasio layar bodi cukup memuaskan karena mencapai 91.7%.

Dengan resolusi layar tersebut, pengguna akan semakin puas dengan konten yang ditampilkan. Baik ketika melihat gambar, menonton video, maupun untuk bermain game.

3.3. Kamera

Teknologi kamera yang diusung Oppo Reno 5 tidak jauh berbeda dengan Reno 4. Desain kamera yang digunakan terpasang di bagian bodi belakangnya, yaitu berupa setup AI Quad Cam. Hanya saja, sensor yang digunakan berbeda.

Teknologi software menggunakan versi terupdate sehingga membuat fitur-fitur di dalamnya lebih maksimal. Tidak hanya itu, smartphone ini juga dilengkapi sensor kamera 64 MP F/1.7.

Tiga kamera lainnya memiliki tipe sensor yang sama dengan Oppo Reno 4, yaitu 8 MP ultra wide-angle F/2.2, 2MP mono sensor, dan 2MP macro. Untuk sensor yang terakhir, telah dibekali fitur AI saat menangkap gambar dan video.

Kamera selfie hanya ada satu, namun resolusinya meningkat dari seri sebelumnya, yaitu 44 MP F/2.4. Mode foto yang digunakan pada bagian kamera depan maupun belakang sudah dibekali teknologi AI Scene Recognition.

Konsep tersebut mampu meningkatkan kualitas foto berdasarkan objek foto yang terdeteksi dalam satu frame. Jika ingin mengaktifkan mode malam, Anda bisa mengandalkan kamera foto 64 MP maupun 108 MP ultra HD.

Kamera belakang dengan mode malam menunjukkan hasil tangkapan foto yang menakjubkan. Bahkan untuk pencahayaan sangat minim sekalipun. Hal ini karena sensor kamera yang didukung menggunakan teknologi terkini dengan sensitivitas yang sangat baik.

3.4. Performa

Tidak ada perbedaan dalam penggunaan chipset Reno 4 maupun Reno 5. Oppo masih mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 720G untuk smartphone ini. Prosesor ini dikenal sudah cukup mumpuni dengan penggunaan CPU octa-core. 2,3 Ghz 8 nm yang berfungsi menghemat daya.

Teknologi mutakhir pada sebuah smartphone ini merupakan hasil kerjasama apik antara Oppo dan Qualcomm.

Oppo Reno 5 memberikan pengalaman menggunakan smartphone dengan lancar tanpa lag. Terlebih adanya memori RAM 8GB dan internal 128GB yang mumpuni. Saat membuka beberapa aplikasi sekaligus atau multitasking, semuanya berjalan dengan lancar.

Penggunaan chipset yang sama tak lantas membuat fitur perekaman Reno 4 dan Reno 5 sama. Reno 5 lebih unggul dalam perekaman video yang menakjubkan. Hal ini karena adanya efek AI Highlight Video yang bisa digunakan secara real-time.

Tidak hanya itu, pengguna pun akan lebih mudah menyimpannya ke dalam galeri smartphone. Saat pertama kali digunakan, mungkin masih membutuhkan waktu 1-2 detik untuk penyimpanan. Namun, setelahnya tidak terdapat kendala apapun karena konten langsung tersimpan di galeri.

Sedangkan untuk bermain game, gunakanlah setting yang tepat agar tidak panas. Direkomendasikan untuk pengguna Reno 5, menggunakan setting game rata kanan.

3.5. Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai menjadi salah satu fitur menarik untuk dibahas pada seri Reno 5 ini. Mungkin smartphone ini tidak memiliki kapasitas paling besar di kelasnya, namun performa baterai ini tidak bisa diremehkan.

Dengan kapasitas 4.301 mAh, Reno 5 bisa tahan sampai seharian. Bahkan untuk penggunaan yang lebih santai untuk aplikasi ringan bisa sampai 1.5 hari. Tentunya, dengan catatan screen on-time selama 5 jam.

Artinya, Oppo tidak mengesampingkan masalah kapasitas baterai. Seri Oppo Reno4 memang dikenal dengan penggunaan chipset dan software yang gahar. Namun, fitur pengisian baterai di dalamnya akan membuat takjub.

Menariknya, Oppo Reno 5, mendukung flash charging 50 watt. Jadi, dengan charger manapun tetap tidak akan memakan waktu lama. Bahkan dalam satu paket penjualan, Oppo memberikan charger Super VOOC 65 watt.

Oppo Reno 5 bisa menjadi pilihan yang tepat untuk fitur perekaman video maupun tangkapan foto yang memukau. Tidak hanya itu, desain warna tujuh lapisan bodi smartphone ini menjadi salah satu daya tarik. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!