Skip to main content

Cara Membuat Koneksi Internet Indosat 4G Stabil

Cara Membuat Koneksi Internet Indosat 4G Stabil

Cara Membuat Koneksi Internet Indosat 4G Stabil

Bagi para pengguna Indosat 4G, mungkin Anda pernah dihadapkan pada masalah jaringan internet yang tiba-tiba lemot dan tidak stabil. Jika ini terjadi, lalu bagaimana solusinya? Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat koneksi internet Indosat 4G stabil.

Salah satu penyebab koneksi internet Indosat 4G ini menjadi lamban mungkin saja diakibatkan oleh nama APN yang digunakan. Access point name atau yang lebih dikenal dengan APN merupakan gerbang yang menghubungkan perangkat ponsel dengan internet. Baik itu untuk Hp Android maupun iPhone. Namun itu hanya salah satu penyebab. Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan koneksi internet lambat. Lantas apa yang harus kita lakukan?

Cara Membuat Koneksi Internet Indosat 4G Stabil

1. Atur Jenis Jaringan Indosat Anda ke 4G

Jika Anda sering memakai jaringan 3G, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk meningkatkannya ke 4G.Ini bukan tanpa alasan tentunya, karena jaringan 4G memiliki perbedaan kecepatan yang cukup signifikan.Mungkin tidak semua tempat sudah tercover jaringan 4G Indosat. Namun, Anda bisa coba mengatur HP Anda terlebih dahulu agar berada di posisi 4G only.

2. Cek Kartu SIM Indosat di Lain Gawai

Jika setelah Anda menerapkan beberapa cara mempercepat koneksi internet Indosat di Android diatas tetapi koneksi internet indosat masih lemot, Anda bisa mencoba dengan memindahkan kartu SIM card Indosat tersebut ke Hp lainnya. Karena terkadang setiap Hp memiliki kemampuan jaringan internet yang berbeda satu dengan lainnya.

3. Me-refresh Jaringan Internet

Anda cukup menonaktifkan jaringan internet data selama beberapa detik dan mengaktifkannya lagi. Dengan cara ini maka secara otomatis kamu akan mendapatkan alamat IP baru, sehingga bisa membuat kecepatan internet kembali stabil dan lebih cepat dari sebelumnya.

Jika kecepatan internet belum juga stabil atau lebih cepat, cara lainnya kamu aktifkan mode pesawat selama beberapa detik dan kemudian kamu nonaktifkan kembali mode pesawat sampai koneksi jaringan 4G muncul. Pastikan juga paket internet Anda masih tersedia

4. Setting APN Indosat

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu penyebab koneksi internet Indosat tiba-tiba lemot salah satunya berkaitan dengan APN yang digunakan. Karena seperti diketahui, setiap operator seluler memiliki APN sendiri-sendiri. Termasuk juga Indosat Ooredoo ini.

Jika memang ternyata, APN yang Anda gunakan tidak sesuai dengan yang seharusnya dipakai untuk Indosat 4G. Maka salah satu cara membuat koneksi internet Indosat 4G stabil adalah dengan melakukan penyetingan APN Indosat

Nah, bagaimana cara setting APN ini? Bisa dilihat dari langkah-langkah berikut ini. Diantaranya:

  • 4.1. Cara Setting APN Indosat 4G Di Android

    Bagi pengguna Android, namun tidak memiliki APN memang tidak akan bisa menggunakan internet. Maka dari itu, APN sangat berperan penting dalam penggunaan internet ini. Kelebihan lainnya yaitu bisa memaksimalkan kinerja internet sehingga koneksi bisa lebih stabil.

    Bagi Anda yang menggunakan Hp Android, namun belum sempat melakukan setting APN. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Diantaranya :

    • Buka Menu Pengaturan/Setting

      Cara membuat koneksi internet Indosat 4G stabil yang pertama yaitu dengan membuka menu pengaturan/setting. Terlebih dahulu, Anda bisa membuka Hp Android Anda. Kemudian pilih menu setting / pengaturan.

    • Klik Menu Network / Internet, Dan Pilih Sub Menu Kartu SIM Dan Jaringan Seluler

      Setelah membuka menu pengaturan/setting, Anda bisa langsung memilih menu network / internet. Setelah menu tersebut Anda klik, Anda akan melihat beberapa sub menu yang lain. Namun Anda pastikan untuk memilih menu kartu SIM dan jaringan seluler. Dan klik sub menu tersebut.

    • Klik Menu Advance/Setelan Kartu SIM

      Langkah selanjutnya sebagai cara membuat koneksi internet Indosat 4G stabil yaitu dengan mengklik menu advance/setelan kartu SIM. Menu tersebut akan muncul sesaat setelah Anda mengklik menu kartu SIM dan jaringan seluler.

    • Pilih Menu Nama Titik Akses (Access Point Name)

      Anda bisa menemukan menu ini jika Anda telah mengklik menu setelan kartu SIM. Selain menu tersebut, sebenarnya ada beberapa menu lain yang muncul di layar Hp Android Anda. Seperti menu nama kartu SIM, nomor kartu SIM, nama titik akses (APN), tipe jaringan prioritas serta jaringan seluler. Namun Anda bisa memilih menu nama titik akses (APN).

    • Klik gambar (+) APN Baru

      Di kolom nama titik akses yang telah Anda klik tadi, Anda bisa memilih menu APN baru dengan gambar plus (+). Jika menu tersebut sudah Anda klik, maka cara membuat koneksi internet Indosat 4G stabil yaitu, dengan melakukan penyetingan sesuai daftar APN yang telah disebutkan sebelumnya.

    • Klik Ikon 3 Titik Dan Pilih Menu Save

      Jika setting APN telah dilakukan, maka Anda tinggal mengklik ikon 3 titik. Letaknya berada di pojok atas. Kemudian dilanjutkan dengan mengklik menu save / simpan. Maka secara otomatis, setting APN telah tersimpan. Sehingga Anda bisa menggunakan internet Indosat dengan koneksi yang stabil.

  • 4.2. Cara Setting APN Di iPhone

    Tak jauh berbeda dengan yang dilakukan di Hp Android. Cara membuat koneksi internet Indosat 4G stabil juga bisa dilakukan dengan setting APN yang dilakukan di iPhone. Hanya saja, untuk setting APN di iPhone ini ada sedikit perbedaan dalam pelaksanaannya. Sebagai panduan untuk Anda, berikut cara setting APN di iPhone. Diantaranya :

    • Buka Menu Pengaturan / Setting

      Cara membuat koneksi internet Indosat 4G stabil dengan setting APN ini yaitu dengan membuka menu pengaturan/setting. Adapun caranya yaitu dengan membuka iPhone Anda, kemudian pilih menu tersebut di antara menu / aplikasi lain yang ada di iPhone.

    • Pilih Menu Seluler

      Jika menu setting/pengaturan di iPhone telah Anda buka. Maka selanjutnya, Anda bisa memilih menu seluler. Letaknya berada di tengah-tengah, di antara menu yang lain. Seperti menu mode pesawat, Wifi, Bluetooth, VPN dan yang lainnya.

    • Klik Opsi Cellular Data Network (Jaringan Data Seluler)

      Dalam menu seluler tersebut, Anda akan melihat tampilan beberapa opsi. Namun Anda bisa memilih opsi cellular data network/jaringan data seluler. Namun ini bukanlah langkah yang terakhir. Karena masih ada langkah lainnya yang harus Anda lakukan sebagai cara membuat koneksi internet Indosat 4G stabil.

    • Setting APN Di Pengaturan LTE (Optional)

      Jika opsi jaringan data seluler/cellular data network telah Anda klik. Barulah Anda bisa memilih opsi pengaturan LTE untuk melakukan setting APN. Isilah kolom kosong di pengaturan LTE dengan daftar setting APN yang telah diberikan di atas. Maka secara otomatis, APN telah disetting dan disimpan di iPhone Anda.

Demikian cara membuat koneksi internet Indosat 4G stabil dengan melakukan setting APN. Dengan kata lain, setting APN ini wajib dilakukan, jika sekiranya koneksi internet Indosat 4G pada Hp Android / iPhone Anda dirasa lemot dan tidak stabil. Karena kemungkinan, APN yang tidak sesuai lah yang menjadi penyebabnya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!