Skip to main content

9 Aplikasi Translate Bahasa untuk Android

Yandex Translate

9 Aplikasi Translate Bahasa untuk Android

Teks bahasa asing perlu diterjemahkan terlebih dahulu supaya artinya lebih mudah untuk dimengerti. Salah satu aplikasi translate yang paling banyak digunakan adalah Google Translate. Namun, selain itu juga masih ada banyak aplikasi yang kualitasnya tak kalah baik.

Di bawah ini terdapat 9 rekomendasi aplikasi untuk menerjemahkan bahasa asing. Semua aplikasi yang akan dibahas bisa Anda dapatkan melalui Play Store atau App Store. Jadi, setelah membaca artikel ini, Anda dapat langsung mendownload dan install aplikasi tersebut di Android atau iOS.

9 Rekomendasi Aplikasi Translate Selain Google Translate

1. Yandex Translate

Di urutan pertama ada Yandex Translate yang sudah mendukung 90 bahasa dari seluruh dunia. 7 dari 90 bahasa tersebut sudah bisa didownload dan digunakan secara offline.

Keunggulan aplikasi Yandex adalah dapat menerjemahkan seluruh halaman website secara langsung, layaknya Google Translate. Jadi, pengguna hanya perlu menyalin URL atau link, kemudian paste di aplikasi tersebut untuk melihat hasil terjemahannya.

Selain itu, ada satu fitur lagi yang tak kalah menarik dari Yandex yaitu camera translate. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menerjemahkan tulisan melalui tangkapan kamera. Fitur ini hanya tersedia ketika Anda menggunakan mode online.

2. Microsoft Translator

Microsoft merupakan sebuah perusahaan besar dengan produk utama Office dan Windows. Rupanya perusahaan ini tak mau kalah dengan kompetitornya, Google. Oleh sebab itu, Microsoft juga memiliki aplikasi translate.

Anda dapat menerjemahkan bahasa asing dengan berbagai cara. Microsoft Translator setidaknya mendukung beberapa masukan berikut:

  • Teks yang diketik secara manual
  • Penerjemahan secara live menggunakan kamera
  • Melalui gambar yang mengandung bahasa asing
  • Berbicara melalui mikrofon.

Aplikasi Microsoft Translator juga sudah tersedia di smartwatch iOS dan Android. Jadi, Anda bisa menerjemahkan bahasa di mana saja dan memudahkan Anda ketika sedang bepergian ke luar negeri.

3. TextGrabber

Dengan membaca nama aplikasi yang ketiga ini mungkin Anda sudah bisa menebak bagaimana cara kerjanya. Tepat sekali, aplikasi ini bekerja dengan cara meng-capture gambar yang mengandung tulisan melalui kamera.

Setelah itu, aplikasi TextGrabber bisa langsung menerjemahkan teks tersebut ke bahasa yang Anda mengerti. Aplikasi ini sangat berguna untuk mengetahui rambu-rambu lalu lintas atau petunjuk di bandara luar negeri.

4. SayHi

Aplikasi translate yang keempat ini juga cukup unik karena fungsi khususnya. SayHi ini berguna untuk menerjemahkan berbagai bahasa yang diinput menggunakan mikrofon ponsel. Jadi, Anda perlu berbicara ke perangkat Anda dan mengucapkan kata atau kalimat.

Kata atau kalimat tersebut nantinya akan diterjemahkan secara otomatis oleh aplikasi SayHi. Aplikasi yang satu ini telah didukung oleh 90 jenis bahasa serta dialek. Jadi, kemungkinan bahasa yang Anda ucapkan tidak dikenali akan sangat kecil.

5. iTranslate Voice

Rekomendasi aplikasi terjemahan yang terjemahan yang satu ini memiliki cara kerja yang sama seperti SayHi. Jadi, Anda perlu mengucapkan kalimat yang akan diterjemahkan kepada ponsel. Setelah itu, aplikasi akan mendeteksi input tersebut.

Jika input sudah terdeteksi, aplikasi akan melakukan translate atau penerjemahan ke bahasa yang sudah Anda pilih sebelumnya. Aplikasi ini akan sangat berguna ketika Anda bepergian ke luar negeri dan perlu berbicara dengan warga lokal.

Anda tak harus selalu mengucapkan semua kalimat secara manual. Di dalam aplikasi iTranslate Voice sudah tersedia berbagai macam frasa dan kalimat umum. Anda bisa menggunakannya untuk bertanya kepada warga lokal di sana.

Percakapan suara yang sudah pernah Anda lakukan juga bisa disimpan ke dalam phrasebook. Jika ingin menggunakan frasa atau kalimat tersebut berulang kali, tandai saja dengan favorit agar lebih mudah ditemukan.

6. Waygo

Aplikasi penerjemah bahasa ini akan sangat berguna ketika Anda bepergian ke wilayah Asia Timur, khususnya Cina, Jepang, dan Korea. Pasalnya, Waygo merupakan aplikasi translate offline yang mendukung bahasa ketiga negara tersebut ditambah bahasa Inggris.

Ada tiga keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi Waygo, berikut penjelasan selengkapnya:

Aplikasi ini bisa digunakan secara offline sepenuhnya. Jadi, Anda tak perlu bingung ketika sedang berada di Cina, Korea, atau Jepang dan ponsel sedang dalam posisi offline.

Waygo dapat dipakai untuk menerjemahkan gambar yang ditangkap menggunakan kamera. Hebatnya lagi, mode kamera ini bisa diaktifkan meskipun ponsel sedang offline.

Aplikasi Waygo dapat membantu Anda melafalkan kalimat yang sudah berhasil diterjemahkan. Fitur ini akan sangat bermanfaat ketika Anda perlu berbicara dengan orang asing.

Perlu diingat bahwa aplikasi penerjemah yang satu ini hanya mendukung 4 bahasa yang sudah disebutkan di atas. Jadi, Anda tak bisa menggunakan bahasa Indonesia di aplikasi ini. Anda bisa menggunakan bahasa Inggris sebagai penggantinya.

7. Naver Papago Translate

Aplikasi Naver Papago merupakan hasil pengembangan dari perusahaan Korea. Sudah bisa dipastikan bahwa aplikasi ini lebih disarankan untuk Anda yang ingin menerjemahkan bahasa apapun ke bahasa Korea atau sebaliknya.

Meskipun dibuat oleh perusahaan Korea, Naver Papago Translate ini sudah mendukung bahasa Indonesia. Namun berdasarkan pengalaman banyak pengguna, hasil translate jauh lebih akurat jika Anda menerjemahkan English ke Korea dibandingkan Indonesia ke Korea.

Hingga saat ini, Naver Papago Translate sudah mendukung 13 bahasa, antara lain:

  • Korea
  • Cina sederhana
  • Cina tradisional
  • Indonesia
  • Inggris
  • Thailand
  • Vietnam
  • Jerman
  • Perancis
  • Italia
  • Rusia
  • Spanyol
  • Jepang

Tak hanya menerjemahkan, Naver Papago juga memiliki phrasebook yang berisi kalimat-kalimat umum. Anda dapat menggunakannya ketika sedang berada di tempat umum.

8. TripLingo

TripLingo merupakan aplikasi translate yang khusus ditujukan untuk para turis yang sedang berkunjung ke luar negeri. Sebelum mulai menggunakan aplikasi, Anda perlu memilih negara tujuan terlebih dahulu. Setelah itu, download paket negara tersebut.

Paket tersebut berisi informasi mengenai budaya, tempat-tempat wisata, restoran, dan lain sebagainya. Paket yang Anda download tersebut sudah termasuk tools untuk menerjemahkan bahasa Anda ke dalam suara bahasa asing.

Fitur ini akan sangat bermanfaat ketika Anda perlu berbicara atau bertransaksi dengan warga lokal. Aplikasi ini juga menyediakan kumpulan frasa yang sangat lengkap. Tak hanya frasa umum yang ada di dalamnya, kalimat-kalimat humor dan kalimat menggoda juga termasuk di dalamnya.

9. iTranslate

Aplikasi penerjemah selain Google Translate yang terakhir adalah iTranslate. Aplikasi ini sangat populer di seluruh dunia. Bahkan popularitasnya hampir setara dengan Google Translate. Ada lebih dari 100 bahasa seluruh dunia di dalam aplikasi tersebut.

iTranslate sebenarnya merupakan aplikasi gratis. Namun, Anda perlu membayar biaya langganan jika ingin menggunakan aplikasi versi pro. Tentunya aplikasi pro memiliki fitur tambahan, seperti konjungsi kata kerja, mode suara, terjemahan situs web, dan mode offline.

Aplikasi ini juga tersedia khusus untuk iWatch. Ketika sedang berada di tengah keramaian, Anda bisa menggunakan iWatch alih-alih iPhone untuk menerjemahkan suatu kalimat. Tindakan ini jauh lebih aman dibandingkan memperlihatkan diri sedang menerjemahkan kalimat di tengah keramaian.

Masing-masing aplikasi translate yang dijelaskan di atas memiliki keunggulan dan kelemahan. Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan keperluan. Jadi, pilihan Anda jatuh pada aplikasi yang mana? Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!