Skip to main content

6 Langkah / Cara Menghapus Akun Yahoo dengan Mudah

Yahoo Email

6 Langkah / Cara Menghapus Akun Yahoo dengan Mudah

Dahulu Yahoo Mail sempat populer sebelum Google Mail atau Gmail digunakan banyak orang seperti saat ini. Apabila Anda merupakan salah satu pengguna Yahoo Mail dan sudah tak pernah mengakses email tersebut, sebaiknya hapus saja mengikuti cara menghapus akun Yahoo di bawah ini.

Akun Yahoo yang sudah lama tidak dipakai, sebaiknya dihapus untuk mencegah penyalahgunaan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab. Setelah menghapus akun, otomatis data Anda yang tersimpan di server Yahoo akan turut terhapus.

1. Syarat dan Ketentuan untuk Menghapus Akun Yahoo

Sebelum memutuskan untuk menghapus akun Yahoo secara permanen, ada baiknya Anda sudah meyakini beberapa hal di bawah ini:

  • Anda sudah benar-benar yakin bahwa alamat email yang akan dihapus tersebut sudah tidak digunakan di akun-akun lain seperti media sosial. Akun tersebut juga tidak terikat dengan urusan pekerjaan dan bisnis.
  • Pastikan bahwa Anda sudah tidak terhubung dengan langganan berbayar atau layanan premium menggunakan akun Yahoo Mail yang akan dihapus tersebut.
  • Pastikan kembali bahwa Anda sudah tidak menyimpan data penting di dalam akun Yahoo. Sebaiknya Anda melakukan backup terlebih dahulu sebelum menghapus akun.

Selain memastikan hal-hal di atas, Anda juga perlu memahami bahwa akan ada konsekuensi setelah menghapus akun Yahoo secara permanen. Berikut ini konsekuensi yang akan Anda dapatkan:

  • Identitas akun Yahoo Anda akan hilang, termasuk akun bisnis Yahoo Mail yang sudah Anda miliki sebelumnya.
  • Seluruh pengaturan terkait akun Anda akan dihapus oleh pihak Yahoo. Pengaturan tersebut meliputi produk-produk Yahoo, seperti Kontak Yahoo, Yahoo Messenger, dan Yahoo Mail, serta aplikasi lainnya yang terkait.
  • Apabila Anda memiliki layanan berbayar yang terkait dengan akun Yahoo, hal tersebut akan dibatalkan secara sepihak oleh Google. Sementara itu, dana yang sudah Anda bayarkan tidak dapat ditarik kembali atau refund.
  • Yahoo menyediakan username dalam jumlah yang terbatas. Jadi, username dari akun yang sudah dihapus dapat digunakan oleh orang lain di kemudian hari tanpa pemberitahuan kepada Anda.
  • Yahoo memberikan waktu selama 30 hari sejak Anda menyetujui penghapusan akun. Jika dalam 30 hari Anda tidak membuka akun tersebut sama sekali, Yahoo akan mengabulkan permohonan penghapusan akun.
  • Apabila Anda mengakses kembali akun dalam waktu kurang dari 30 sejak mengajukan penghapusan, maka permohonan Anda dibatalkan secara otomatis. Jadi, akun Anda tidak akan dihapus oleh pihak Yahoo. Untuk menghapusnya, Anda harus mengajukan kembali.
  • Jangka waktu sejak permohonan sampai penghapusan akun secara permanen di Brazil, Taiwan, Selandia Baru, dan Australia lebih dari 30 hari.

2. Cara Menghapus Akun Yahoo Secara Permanen

Pastikan bahwa Anda mengingat username dan password akun Yahoo. Jika Anda tidak ingat username serta password dari akun Yahoo, proses hapus akun tidak bisa dilakukan.

Apakah Anda sudah memastikan beberapa persyaratan dan konsekuensi di atas? Jika sudah, mari lanjutkan dengan tutorial cara menghapus akun Yahoo secara permanen.

  • 2.1. Kunjungi Laman untuk Hapus Akun Yahoo

    Halaman untuk menghapus akun Yahoo bisa Anda akses melalui link berikut ini https://yahoo.mydashboard.oath.com/delete-my-account. Anda dapat mengaksesnya melalui browser di laptop maupun HP.

  • 2.2. Masukkan Username

    Setelah halaman tersebut ditampilkan, sekarang Anda perlu memasukkan username atau alamat email yang diberikan oleh Yahoo ketika pertama kali membuat akun. Pastikan Anda tidak salah menulis username.

    Jika ada salah huruf atau karakter, akun email Anda tidak akan terdeteksi. Setelah memastikan bahwa alamat email tadi benar, klik pada tombol Berikutnya.

  • 2.3. Masukkan Kata Sandi atau Password

    Ketik kata sandi yang Anda pakai untuk akun Yahoo tersebut. Anda juga harus teliti ketika mengetik password agar tidak salah. Setelah itu, klik Masuk.

  • 2.4. Baca Ketentuan dan Ajukan Penghapusan Akun

    Berikutnya, halaman browser Anda akan menampilkan bacaan berupa informasi dan konsekuensi dari menghapus akun Yahoo. Isinya kurang lebih sama dengan yang sudah dijelaskan di atas. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin membaca keterangan tersebut secara lebih lengkap.

    Setelah membaca semua keterangan di atas, Anda bisa meng-klik tombol merah yang bertuliskan Lanjutkan hapus akun saya atau Continue delete my account.

  • 2.5. Konfirmasi Penghapusan Akun

    Yahoo akan kembali meminta konfirmasi untuk memastikan bahwa akun akan benar-benar dihapus secara permanen. Ketik kembali alamat email Yahoo yang akan dihapus. Jika sudah, klik pada tombol Ya, akhiri akun ini atau Yes, terminate this account.

  • 2.6. Proses Hapus Akun Selesai

    Tunggu beberapa saat sampai Yahoo selesai melakukan penghapusan akun. Jika sudah, Yahoo akan memberikan pemberitahuan di layar browser. Biasanya, pesan konfirmasi ini berisi tulisan Your account has been deactivated and scheduled for deletion.

    Artinya, Yahoo telah berhasil menonaktifkan akun Anda. Akun Anda juga sudah dijadwalkan untuk dihapus. Seperti yang sudah Anda ketahui, jadwal penghapusan akun secara permanen dilakukan setelah 30 hari sejak melakukan permohonan.

3. Cara Menghapus Akun Yahoo dari Ponsel

Apabila ingin menjual smartphone bekas, Anda disarankan untuk menghapus seluruh data di dalamnya terlebih dahulu. Hal ini harus dilakukan agar data tersebut tidak disalahgunakan oleh pengguna selanjutnya.

Semua akun yang ada di ponsel harus dihapus atau dikeluarkan, termasuk akun Yahoo. Berikut ini cara untuk menghapus akun Yahoo beserta datanya dari ponsel Anda:

  • Buka aplikasi Yahoo Mail yang di install di ponsel Anda.
  • Setelah aplikasi terbuka, Anda bisa mengklik logo hamburger atau garis tiga yang ada di sisi kiri atas aplikasi. Tombol ini berguna untuk menampilkan bilah menu.
  • Klik pada menu Manage Accounts. Menu ini berada tepat di bawah nama Anda di dalam aplikasi.
  • Klik opsi Edit yang ada di sisi kanan atas tampilan aplikasi Yahoo Mail.
  • Anda akan melihat daftar nama pengguna yang ada di aplikasi tersebut. Berikutnya tekan tulisan merah Remove.
  • Aplikasi akan meminta konfirmasi Anda untuk menghapus data akun tersebut dari ponsel. Klik tombol Remove.
  • Jika Anda memiliki beberapa akun di dalam aplikasi Yahoo, Anda bisa melakukan langkah 3-7 sampai semua akun terhapus dari smartphone.
  • Anda bisa melanjutkan proses ini dengan uninstall aplikasi Yahoo Mail atau membiarkannya tetap terpasang di smartphone.

Jika Anda menggunakan aplikasi Gmail untuk login akun Yahoo, cara untuk menghapusnya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Gmail yang ada di smartphone.
  • Setelahnya, klik foto profil untuk menampilkan akun.
  • Klik pada opsi Manage account on this device.
  • Pilih Akun Yahoo yang akan dihapus.
  • Setelah itu, klik Remove Account dan pilih lagi opsi Remove Account pada menu pop up.

Anda tak perlu khawatir karena akun Yahoo tak akan terhapus setelah mempraktekkan langkah di atas. Langkah ini hanya akan menghapus akun Yahoo dari ponsel Anda. Akun tersebut masih bisa diakses menggunakan web browser.

Cara menghapus akun Yahoo secara permanen di atas hanya berlaku untuk Anda yang masih mengingat password. Jika lupa password, Anda tak perlu khawatir karena akun Yahoo akan terhapus jika tidak diakses sama sekali selama 12 bulan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!