Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

iPad Biasa dan iPad Air: Dalam Berbagai Generasi dan Versi

iPad Biasa dan iPad Air: Dalam Berbagai Generasi dan Versi
iPad

iPad Biasa dan iPad Air: Dalam Berbagai Generasi dan Versi

Siapa yang tidak kenal iPad dewasa ini? Hampir semua orang tahu apa itu iPad dan produk-produk lain buatan Apple. Tapi, tahukah Anda ada berapa generasi iPad yang sudah ada hingga saat ini? Anda bisa menemukan informasi akurat mengenai generasi lengkap iPad di halaman ini.

Apple Inc, perusahaan pembuat iPad, telah meluncurkan berbagai versi dan seri iPad yang banyak digunakan baik oleh para pelajar maupun pekerja di seluas dunia. Sebelum membeli salah satu produknya, Anda bisa mempelajari sejarahnya terlebih dahulu di sini.

iPad dalam Berbagai Generasi dan Versi

Apple merilis iPad pertama pada tanggal 3 April 2010. iPad pertama hadir dengan sistem operasi iOS hingga tahun 2019. Sejak tahun 2019, Apple mulai memasangkan sistem operasi khusus bernama iPadOS pada semua iPad baru.

Pada awalnya, Apple merancang iPad dengan kapasitas penyimpanan hanya sebesar 16GB saja. Seiring dengan berjalannya waktu, Apple juga menambahkan kapasitas penyimpanannya menjadi sebesar 32GB, 64GB, 128GB, 256GB, 512GB, hingga 1TB. Benar-benar perkembangan yang menakjubkan, bukan?

Di bawah ini, Anda bisa melihat deretan generasi iPad sejak pertama kali hadir di bumi hingga versi terbarunya.

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Review Spesifikasi, Kelebihan & Kekurangan iPad Mini 4

iPad Generasi Pertama Hingga Kedelapan

iPad merupakan koleksi paling standar yang Apple sediakan, diantara berbagai pilihan iPad yang lain yaitu iPad Pro, iPad Air, dan iPad Mini. Untuk mengenal iPad original dari Apple ini lebih dalam, perhatikan kedelapan generasi iPad regular dari Apple dibawah ini:

Back to Content ↑

1. iPad Generasi Pertama (1st Generation)

Rilis pada tanggal 3 April 2010 dan berhenti diproduksi pada tanggal 2 Maret 2011. iPad 1st Generation hadir dengan RAM berukuran 256 MB dan tiga pilihan kapasitas penyimpanan internal, yaitu 16GB, 32GB, atau 64GB. iPad ini terjual hingga 15 juta unit di seluruh dunia.

Back to Content ↑

2. iPad Generasi Kedua (2nd Generation)

Juga dikenal sebagai iPad 2, rilis pada tanggal 11 Maret 2011 dan dihentikan produksinya pada tanggal 18 Maret 2014. Mendapatkan pembaruan dari generasi sebelumnya dengan adanya RAM berukuran 512 MB. iPad 2 tersedia dalam pilihan Wifi only dan Wifi dengan kartu seluler.

Back to Content ↑

3. Generasi iPad Ketiga (3rd Generation)

Apple merilis iPad 3 pada tanggal 16 Maret 2012 di sepuluh negara yang berbeda dan mendapatkan review positif dari banyak penggunanya. Apple berhenti memproduksinya pada 23 Oktober 2012. iPad 3 merupakan generasi pertama yang menggunakan RAM berukuran 1GB.

Back to Content ↑

4. Generasi Keempat iPad (4th Generation)

iPad 4 dirilis pada tanggal 2 November 2012 dan tidak lagi diproduksi sejak 16 Oktober 2014. Apple Inc mulai menanamkan penyimpanan internal sebesar 128GB pada iPad 4, meskipun RAM yang dimiliki iPad ini masih berukuran 1GB saja.

Back to Content ↑

5. Generasi iPad Kelima (5th Generation)

iPad 5 mulai dirilis pada tanggal 24 Maret 2017 dan tidak diproduksi lagi sejak 27 Maret 2018. Pada generasi ini, Apple mulai menanamkan RAM sebesar 2GB ke dalam iPad. iPad 5 atau iPad 2017 ini dilengkapi dengan chip Apple A9 dengan arsitektur 64 bit.

Back to Content ↑

6. iPad Generasi Keenam (6th Generation)

Generasi keenam iPad ini diluncurkan pada 27 Maret 2018 dan berhenti proses produksinya pada 10 September 2019. iPad 6 diperlengkapi dengan chipset Apple A10, masih dengan RAM berukuran 2GB dan pilihan penyimpanan internal sebesar 32GB atau 128GB.

Back to Content ↑

7. Generasi iPad Ketujuh (7th Generation)

Apple meluncurkan iPad 7 berukuran 10,2 inch pada tanggal 25 September 2019 dan menghentikan proses produksinya satu tahun kemudian pada 15 September 2020. Generasi ketujuh iPad ini sudah mencicipi RAM berukuran 3GB dan sistem operasi iPad OS 13.1.

Back to Content ↑

8. iPad Generasi Terbaru (8th Generation)

iPad terbaru ini masih memiliki layar berukuran 10,2 inci dan RAM sebesar 3GB. Apple memperbarui sistem operasi yang ditanamkan pada iPad generasi kedelapan yaitu iPadOS 14. Sejak diluncurkan pada tanggal 18 September 2020, iPad ini masih terus diproduksi.

Bukan tidak mungkin Apple Inc akan merilis iPad generasi kesembilan hanya dalam waktu satu tahun ke depan. Bisa jadi, iPad generasi terbaru dari Apple akan dilengkapi dengan sistem dan mesin yang lebih canggih dan memuaskan daripada berbagai generasi yang sebelumnya.

Back to Content ↑

Generasi iPad Air Dari yang Terdahulu Hingga yang Terbaru

Selain iPad biasa, Apple Inc. juga mengeluarkan berbagai jenis iPad lain seperti iPad Air, iPad Mini, beserta iPad Pro. iPad Air dan iPad Pro sudah mencapai generasi keempat sedangkan iPad Mini sudah ada dalam lima generasi.

Back to Content ↑

1. iPad Air Generasi Pertama (1st Generation)

Generasi pertama iPad Air dirilis pada tanggal 1 November 2013 dengan chipset Apple A7 dan iOS 7.0.3 serta RAM berukuran 1GB. Tersedia dalam pilihan kapasitas penyimpanan 16GB, 32GB, 64GB dan 128GB. Produksi iPad Air pertama berhenti pada 21 Maret 2016

Back to Content ↑

2. iPad Air Generasi Kedua (2nd Generation)

Apple Inc merilis iPad Air 2 pada tanggal 22 Oktober 2014 dan membekalinya dengan chipset Apple A8X serta sistem operasi iOS 8.1 dan RAM berukuran 2GB. Apple berhasil menjual sekitar 2 juta unit iPad Air 2 sebelum menghentikan produksinya pada 21 Maret 2017.

Back to Content ↑

3. Generasi iPad Air Ketiga (3rd Generation)

iPad Air 3 hadir untuk pertama kalinya pada 18 Maret 2019 dan tidak lagi diproduksi sejak 15 September 2020. iPad Air 3 dirancang dengan sistem operasi iOS 12.2 dan chipset Apple A12 Bionic serta RAM berukuran 3GB dan penyimpanan internal 64GB atau 256GB.

Back to Content ↑

4. iPad Air Generasi Keempat (4th Generation)

Yang terakhir, ada iPad Air 4 yang baru saja dirilis pada 23 Oktober 2020 dan masih terus diproduksi. iPad Air terbaru ini dilengkapi dengan sistem operasi terbaru yaitu iPadOS 14 dan chipset baru juga yaitu Apple A14 Bionic. RAM yang digunakan adalah RAM berukuran 4GB.

Tampaknya, Apple masih akan merilis generasi penerus dari iPad Air 4 dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. Tentu saja, Apple akan selalu memperlengkapi koleksi iPad mereka dengan sistem terbaru dan permesinan yang telah diperbarui pula untuk meningkatkan kinerja atau performa iPad tersebut.

Pengguna iPad lawas mungkin perlu memuseumkan alat kerja tersebut dan menggantinya dengan yang baru karena iPad lawas tersebut sudah tidak dilanjutkan lagi proses produksinya dan pastinya sudah tidak mampu lagi mendukung berbagai kegiatan yang biasa Anda lakukan dengan iPad.

Sebagai contoh, generasi iPad pertama hingga keempat sudah tidak support lagi untuk digunakan karena iOS nya yang expired dan tidak bisa di upgrade. Tapi iPad mulai dari generasi kelima hingga kedelapan masih bisa Anda gunakan untuk melakukan pekerjaan apapun. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!

Back to Content ↑