Skip to main content

Review Canon EOS 700D: Spesifikasi + Harga

Canon EOS 700D

Review Canon EOS 700D: Spesifikasi + Harga

Salah satu DSLR kebanggaan Canon adalah Canon EOS 700D. Kamera ini masuk dalam jajaran kamera entry level yang pas untuk para pemula. Ya, salah satu alasannya adalah harganya terjangkau dan fiturnya yang mudah dioperasikan.

Meski semakin marak kamera jenis mirrorless, namun nyatanya, eksistensi DSLR masih cukup tinggi, termasuk EOS 700D. Jika Anda tertarik untuk “meminangnya”? Tahan dulu! Pastikan Anda membaca secara detail review dan spesifikasinya di bawah ini.

1. Review Canon EOS 700D

Salah satu cara untuk bisa meyakinkan diri dalam membeli sebuah kamera adalah dengan membaca review. Kali ini, Anda akan menyimak review singkat terkait penggunaan kamera Canon EOS 700D.

1.1. Autofocus Akurat

Kesan yang pertama adalah terkait kemampuan auto fokusnya. Rasanya, fokus yang tajam menjadi salah satu hal paling membanggakan dalam pemotretan. Pasalnya, dalam sebuah foto, objek atau fokus utama menjadi sesuatu yang pertama dilihat.

Jika objek fokusnya jelek, tentu orang akan menyimpulkan bahwa foto tersebut kurang baik. Meskipun sebenarnya secara teori, tidak hanya soal fokus saja yang penilaian tentang bagus atau jeleknya sebuah foto. Namun setidaknya, orang awam akan berpikir sesederhana itu.

Canon EOS 700D sudah didukung oleh sensor fokus AF-Point sebanyak 9 titik. Sensor ini mampu bekerja secara cepat dan akurat. Cukup arahkan lensa pada objek, dan kemudian otomatis objek akan menjadi fokus utama. Bahkan sensor ini tetap bisa bekerja dalam kondisi low-light sekalipun.

1.2. Layar Flip-Out

Kedua, kamera ini sudah mengusung layar LCD flip-out. Artinya, layar bisa dilipat keluar. Fitur ini jelas memberikan keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Anda bisa dengan mudah membidik objek-objek yang memiliki angle sulit.

Model layar semacam ini juga sangat cocok untuk teknik foto flat-lay, atau memotret dari atas. Jika Anda bergelut di dunia fotografi produk, maka sangat pas menggunakan kamera ini sebagai “senjata” bisnis Anda. Produk jualan akan terlihat lebih jernih dan tajam.

1.3. Bobot Kamera

Selanjutnya yakni berurusan dengan berat kamera. Sebagian orang mengeluh mudah lelah atau pegal saat memegang kamera terlalu lama, terlebih dengan kamera DSLR. Maka dari itu, banyak orang yang sengaja beralih ke mirrorless atau pocket, karena memang kamera jenis tersebut lebih ringan.

Namun kabar baiknya, Canon EOS 700D hanya memiliki bobot seberat 580 gram, hanya setengah kilo saja. Bobot ini terbilang ringan untuk ukuran DSLR. Setidaknya Anda akan tetap merasa nyaman meski membawa kamera ini dalam waktu yang lama tanpa dukungan tripod.

1.4. Lampu Kilat

Sesuai dengan target marketnya yakni para fotografer pemula, kamera ini menyediakan fitur lampu kilat. Lampu ini akan sangat membantu penggunanya untuk bisa memotret di situasi gelap. Fotografer pemula biasanya belum begitu mahir menggunakan lampu kilat eksternal.

Maka Canon berinisiatif menambahkan lampu kilat internal, demi kenyamanan dan kemudahan penggunanya. Selain itu, fitur ini juga dapat menghemat anggaran. Anda tidak perlu lagi merogoh kocek hanya untuk membeli flash eksternal atau lampu kilat tambahan.

1.5. Videografi

Selain berguna untuk mengabadikan momen dalam bentuk foto, kamera ini juga bisa mengabadikan momen dalam bentuk video. Hal ini tentu bisa menjadi sebuah alternatif yang bagus, terutama jika memang Anda betul-betul membutuhkannya.

Resolusi video pada Canon EOS 700D sebesar 1080 x 30 fps. Meski tergolong cukup bagus, tapi fitur videografi pada kamera ini terbilang “biasa-biasa” saja. Canon tidak menempatkan fitur unggulan apa-apa di dalamnya. Jika Anda seorang videografer profesional, sepertinya tidak akan cocok.

2. Spesifikasi Canon EOS 700D

Detail dan spesifikasi lengkap dari masing-masing fitur Canon EOS 700D bisa Anda simak pada tabel / list berikut ini:

No. Fitur Kamera Spesifikasi
1. Ukuran 133.1 x 99.8 x 78.8 mm
2. Bobot 0.8 kg
3. Warna Hitam
4, Layar 3 inch
5. Zoom optik 7.0
6. Megapiksel 18
7. Fitur HD recording, image stabilization, wide angle
8. Garansi 1 tahun (Sparepart dan service)
9. Input USB
10. Output 3.5 mm jack, USB, HDMI
11. Ukuran 133.1 x 99.8 x 78.8 mm
12. Resolusi layar 1.040.000 titik
13. Jenis baterai Li-ion
14. Format foto RAW, JPEG
15. Format video MOV
16. Video HD Ya
17. Resolusi video 1920 x 1080
18. Focal length 29 - 216 mm
19. Range aperture lens f/3.5-5.6
20. Rentang ISO 100 - 12.800
21. Built in flash Ya
22. Rentang Shutter Speed 1/400 - 1/60 detik
23. Jenis memory SD Card, SDHC, SDXC
24. HDMI port Ya
25. Jenis layar TFT

3. Kekurangan Canon EOS 700D

EOS 700D tidak lepas dari beberapa kelemahan. Sebaiknya Anda pertimbangkan dulu beberapa kekurangan berikut sebelum pergi ke toko kamera untuk membelinya.

3.1. Tidak Tahan Cuaca

Kekurangan pertama yakni tidak ada sekat cuaca pada body kamera EOS 700D. Artinya, kamera ini tidak bisa bertahan saat berada di tengah cuaca ekstrim, misalnya terlalu panas, dingin, atau bersalju. Jadi jika Anda hunting foto di lapangan yang cukup panas, bisa jadi performa akan turun.

Biasanya, suhu maksimal adalah 40 derajat Celcius. Jika lebih dari itu, kamera akan mengalami penurunan fungsi. Jika Anda terpaksa memotret di tempat yang cuacanya ekstrim, sebaiknya tetap kondisikan agar mesin kamera tidak terlalu panas maupun terlalu dingin.

3.2. Tidak Tahan Debu dan Air

Berhubungan dengan cuaca, kamera ini juga tidak memiliki sistem pertahanan terhadap air dan debu. Sangat beresiko jika Anda nekat menggunakan kamera ini di tengah hujan, atau lapangan yang penuh debu. Jika Anda suka jenis street photography, Anda juga bisa mempertimbangkannya.

Pasalnya, akan ada banyak debu dan polusi di pinggir jalan. Anda bisa mensiasatinya dengan tetap membersihkan secara berkala pada body kamera. Hal ini untuk menghindari adanya penumpukan debu pada celah-celah kamera.

3.3. Tidak Ada Sensor Cahaya Belakang

Backside Illumination atau sensor cahaya belakang memiliki tugas cukup penting dalam dunia fotografi. Terutama jika Anda memotret objek manusia, misalnya untuk keperluan foto model atau momen pernikahan.

Cahaya belakang ini mampu mempertegas posisi objek, meski berada pada ruang redup sekalipun. Sayangnya, kamera ini belum dibekali sensor ini. Alhasil, foto akan sedikit terlihat kurang tajam dan berdimensi. Meski demikian, kamera EOS 700D tetap bisa menghasilkan foto yang cukup bagus.

3.4. Tidak Ada Remote Control

Kelemahan selanjutnya yakni tidak memiliki remote control. Meski bukan menjadi bagian vital dalam kamera, tapi hal ini tetap bisa masuk dalam daftar kekurangan. Anda tidak bisa mengoperasikan atau mengendalikan kamera ini dari jarak jauh.

Padahal, sudah banyak kamera terbaru yang sudah mendukung adanya fitur remote control. Fitur ini bisa memudahkan penggunanya untuk mengambil gambar dari jarak jauh. Misalnya, untuk membidik gerak-gerik hewan, tentu Anda harus berada jauh dari hewan tersebut, bukan?

Memilih kamera yang tepat sesuai kebutuhan ternyata tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Setidaknya, Anda harus melakukan riset kecil-kecilan untuk mengetahui “profil” kamera yang menjadi incaran.

Canon EOS 700D sangat cocok untuk Anda yang masih pemula. Harganya cukup terjangkau yaitu hanya sekitar 7 jutaan saja. Semoga Bermanfaat!