Skip to main content

Cara Download Status Whatsapp Tanpa Aplikasi dan Dengan Bantuan Aplikasi

Cara Download Status Whatsapp Tanpa Aplikasi dan Dengan Bantuan Aplikasi

Cara Download Status Whatsapp Tanpa Aplikasi dan Dengan Bantuan Aplikasi

Pernahkah Anda tertarik dengan konten status whatsapp dari teman Anda? Rasa hati ingin mendownload dan membagikan ulang, tapi ternyata tidak bisa. Ya, problem semacam ini memang sudah sering terjadi. Padahal, status WA dari orang lain bisa diunduh, berikut cara download status whatsapp.

1. Cara Pertama, Tanpa Perlu Tambahan Aplikasi

Mengunduh status WA teman sebenarnya sangat mudah, asal Anda tahu triknya. Banyak orang mengira untuk bisa mengunduhnya harus menggunakan aplikasi “downloader”, padahal tidak selalu demikian. Ini dia trik mengunduh status WA:

1.1. Buka Status Whatsapp

Pertama, jelas Anda harus membuka status WA seseorang. Baik itu berupa teks, foto atau video, Anda harus melihatnya hingga selesai. Jika sudah, silahkan keluar dari Whatsapp.

1.2. Buka File Manager

Setelah selesai membuka status WA, selanjutnya Anda harus membuka menu file manager pada ponsel Anda. Lalu, pilih “penyimpanan internal”. Setelah itu, ikuti langkah berikut:

  • Pilih Folder Whatsapp.
  • Pilih media, di dalamnya akan muncul banyak foto dan video yang telah tersimpan sebelumnya.
  • Masih di dalam folder media, pilih “.statuses”. Perlu diketahui bahwa folder ini bersifat “tersembunyi”, maka Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.
  • Jika sudah aktif, maka folder tersebut akan berubah dan siap untuk dibuka. Folder ini berisi semua status yang pernah Anda lihat.
  • Silahkan pilih foto atau video mana yang ingin Anda download, lalu salin dan tempelkan pada folder lain.
  • Folder baru tersebut sebaiknya tempatkan pada penyimpanan eksternal (SD Card).
  • Setelah selesai, maka otomatis video atau foto tadi akan muncul dalam galeri ponsel Anda, artinya Anda sudah bisa membagikan kembali ke platform lainnya.

2. Cara Kedua, Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara diatas adalah trik mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Namun bagi Anda yang ingin cara lainnya, maka bisa menggunakan aplikasi downloader seperti di bawah ini:

2.1. Status Saver

Sesuai namanya, aplikasi ini memang berfungsi untuk menyimpan status whatsapp. Aplikasi ini dikembangkan oleh LaZy GeNiOuZ InC, salah satu keunggulannya yakni ukurannya yang cukup ringan.

Aplikasi ini hanya memakan ruang sebesar 4MB saja. Maka dari itu, Anda tidak perlu cemas memori full. Cara menggunakan status saver adalah sebagai berikut:

  • Pertama, jelas Anda harus mengunduh terlebih dulu aplikasi ini. Buka “play store” lalu cari aplikasi status saver lalu unduh+install.
  • Jika sudah, saatnya Anda mulai menjalankannya.
  • Pada saat dibuka untuk pertama kalinya, aplikasi ini akan meminta izin untuk bisa mengakses seluruh isi media di ponsel Anda. Pastikan Anda telah memilih “izinkan” agar foto dan video bisa terbaca.
  • Setelah terbaca, maka akan muncul semua status WA dari teman-teman di kontak Anda. Silahkan pilih mana yang akan Anda unduh.
  • Setelah 1 foto/video terpilih, selanjutnya Anda bisa klik menu “+” pada pojok kanan bawah.
  • Setelah di klik, akan muncul banyak pilihan, Anda bisa langsung pilih icon “save”.
  • Gambar akan tersimpan di galeri Anda.

2.2. Penyimpan Status

Aplikasi yang kedua yakni “penyimpan status”. Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan, dan yang terpenting adalah, gratis!

Keunggulan dari aplikasi ini adalah, Anda bisa memposting ulang sebuah status tanpa harus menyimpannya dalam galeri ponsel Anda. Namun jika Anda tetap ingin menyimpannya, maka tetap bisa dilakukan.

Ukuran aplikasi ini juga sangat ringan, hanya 3.3MB. Ukuran yang ringan tentu tidak akan memberatkan kinerja ponsel Anda. Namun perlu diperhatikan, Anda harus menggunakan aplikasi ini dengan bijak, jika ingin merepost status, sebaiknya konfirmasi dulu terhadap pemilik aslinya.

3. Kelebihan Aplikasi Whatsapp

Aplikasi whatsapp saat ini memang bisa dibilang menjadi aplikasi paling populer di seluruh dunia. Setiap orang, bisa dipastikan menggunakan aplikasi ini untuk sarana komunikasi mereka. Semua ini tidak lepas dari kelebihan yang dimiliki oleh whatsapp, apa saja? Simak uraian berikut.

3.1. Penggunaan Mudah

Kelebihan yang pertama adalah, penggunaannya mudah. Semua navigasi atau menu-menunya sangat simpel, spesifik, dan mudah untuk digunakan. Ibarat kata, orang yang “gaptek” sekalipun bisa dengan mudah menggunakan whatsapp.

3.2. Sinkronisasi Otomatis

Kedua, nomor telepon pada kontak ponsel Anda akan sinkron otomatis menuju kontak whatsapp. Asalkan, pengguna (kontak Anda) juga sama-sama menggunakan whatsapp. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot menambahkan kontak satu per satu secara manual.

3.3. Backup Data

Kelebihan selanjutnya yakni bisa melakukan backup data. Data yang dimaksud bisa berupa history chat, media foto, video, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir history percakapan Anda hilang atau terhapus karena semua sudah tersimpan secara aman.

3.4. Hemat

Secara ekonomi, aplikasi ini terbilang hemat. Mengapa demikian? Ya, karena aplikasi ini menggunakan koneksi internet untuk bisa aktif. Jika dibandingkan dengan SMS yang menggunakan pulsa, maka paket data internet jauh lebih murah atau hemat.

3.5. Pesan Bisa Dibatalkan

Pernahkan Anda salah ketik saat sedang chat? Atau berubah pikiran setelah chat dikirim? Dengan whatsapp, Anda tidak perlu panik lagi. Hal ini karena whatsapp memiliki fitur hapus pesan yang sudah dikirim. Tidak hanya terhapus untuk Anda saja, pengirim juga tidak akan bisa membacanya.

3.6. Tetap Ada Privasi

Ini adalah kelebihan yang cukup penting, yaitu berkaitan dengan privasi. Whatsapp telah menyediakan fitur yakni bisa menyembunyikan beberapa hal. Misalnya, status / story, foto profil, serta data “last seen” atau “terakhir dilihat”.

4. Kekurangan Aplikasi Whatsapp

Dibalik banyaknya kelebihan yang dimiliki, whatsapp juga punya beberapa kekurangan. Anda harus tetap perlu memperhatikannya.

4.1. Boros Kuota

Kekurangan yang paling menonjol yakni boros kuota. Meski di atas tadi disebutkan lebih hemat jika dibandingkan dengan SMS, namun tetap saja whatsapp sedikit lebih boros jika dibandingkan aplikasi serupa. Pasalnya, untuk bisa melihat media, Anda harus mengunduhnya terlebih dulu.

4.2. Boros Baterai

Selain boros kuota, whatsapp juga boros baterai. Tampilannya cukup menguras baterai, apalagi jika Anda sering membukanya. Salah satu cara untuk menyiasatinya adalah, dengan mengganti tampilan pada mode gelap.

4.3. Whatsapp Web Tidak Bisa Video Call

Bisa terhubung dengan whatsapp web bisa dikatakan sebagai salah satu kelebihan. Namun sayangnya, fitur whatsapp sangat terbatas. Salah satunya yakni tidak bisa melakukan video call. Hal ini tentu membatasi kebutuhan penggunanya.

4.4. Tampilan Standar

Bagi sebagian orang tampilan yang sederhana adalh sebuah kelebihan. Namun bagi sebagian yang lain bisa jadi ini sebuah kekurangan. Sebut saja aplikasi LINE, aplikasi ini menyediakan tema yang beragam. Sedangkan whatsapp tidak ada sama sekali.

Whatsapp adalah aplikasi paling populer sejauh ini. Meski banyak muncul aplikasi serupa, namun whatsapp masih tetap bertahan di posisi pertama. Semua fiturnya cukup lengkap dan fungsional. Namun perlu diingat, semua harus digunakan secara bijak, termasuk saat akan mengunduh status dari kontak lain. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!