Skip to main content

10 Aplikasi Pelacak Lokasi, Bisa Melacak Keberadaan Teman hingga Anak

Glympse

10 Aplikasi Pelacak Lokasi, Bisa Melacak Keberadaan Teman hingga Anak

Teknologi telah berkembang dan mobilitas orang-orang semakin dinamis. Beberapa hal tersebut menjadi alasan mengapa Anda sebaiknya memiliki aplikasi pelacak lokasi. Jika digunakan dengan baik, aplikasi ini dapat sangat bermanfaat bagi penggunanya.

Pasalnya, aplikasi ini dapat mendeteksi keberadaan orang lain tanpa Anda tanya. Hal ini tentu berguna untuk melacak dan mengetahui di mana anak, keluarga, atau teman Anda sedang berada, apalagi saat situasinya sedang darurat.

10 Aplikasi Pelacak Lokasi Paling Akurat

1. Glympse

Glympse merupakan salah satu aplikasi pelacak lokasi yang mudah dan simpel karena Anda tidak perlu membuat akun untuk bisa menggunakannya. Sebagai gantinya, Anda hanya perlu mendaftarkan nomor telepon.

Untuk mengetahui keberadaan orang lain melalui aplikasi ini, Anda harus meminta persetujuan dari orang tersebut. Selain itu, Glympse juga memiliki fitur grup untuk memudahkan mengetahui lokasi dengan orang-orang satu “circle” Anda seperti keluarga dan teman.

Aplikasi yang berstatus editor’s choice di play store ini memiliki pengaturan berapa lama pembagian waktu dilakukan. Akses otomatis akan berhenti jika waktu sudah berakhir.

2. Google Maps

Belum banyak orang yang tahu bahwa Google Maps juga memiliki fitur pelacak lokasi orang dengan menggunakan nomor teleponnya. Setelah membuka aplikasi, klik menu, lalu pilih location sharing.

Setelah itu, Anda bisa mengatur berapa lama akan membagi lokasi, lalu pilih media yang akan digunakan untuk membagi lokasi. Keunggulan dari fitur ini yaitu bisa menampilkan berapa persen baterai orang yang membagi lokasinya pada Anda.

Jadi, selain mengetahui keberadaan seseorang, Anda juga dapat mengetahui berapa lama kira-kira orang tersebut dalam keadaan “aman” karena baterai teleponnya masih cukup banyak dan mengingatkannya untuk segera mengisi daya jika baterai hampir habis.

3. Life360

Life360 mengklaim dirinya sebagai jaringan sosial pribadi yang berorientasi pada keluarga. Dengan empat fitur utama, yaitu Location Sharing, Circles, Places, dan Premium. Aplikasi ini terbilang cukup lengkap dan unik.

Circles adalah fitur grup yang memiliki peta khusus dengan memperlihatkan lokasi anggota grup di dalamnya selama anggota mengaktifkan lokasinya. Life360 juga memiliki fitur panik internal yang akan mengirim panggilan telepon, pesan teks, dan email mengenai koordinat GPS Anda.

Koordinat tersebut bisa dikirim ke semua orang yang terhubung saat dalam keadaan darurat. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melacak ponsel yang hilang atau dicuri.

4. GeoZilla

GeoZilla merupakan salah satu aplikasi pelacak lokasi yang memungkinkan penggunanya mengirim pesan di dalam grup aplikasi atau secara personal. Sama dengan Life360, aplikasi ini juga bisa mengirim notifikasi bahwa orang yang terhubung meninggalkan atau telah sampai tempat tertentu.

Salah satu fitur yang unik pada aplikasi ini yaitu terdapat pelaporan Keselamatan Mengemudi sehingga bisa terdeteksi apakah orang yang terhubung tersebut sedang mengebut atau bermain ponsel sambil menyetir.

Keunggulan lain yang dimiliki GeoZilla adalah penggunaan Significant Location Change (SLC) sehingga dapat menghemat baterai ponsel Anda.

5. Zenly

Zenly merupakan aplikasi pelacak lokasi yang pernah populer di Indonesia, khususnya bagi para remaja karena fitur-fiturnya yang menarik dan “sangat anak muda”. Untuk berbagi lokasi, Anda harus saling menambahkan pertemanan dengan orang terkait.

Aplikasi ini bisa mengirim notifikasi kepada pengguna yang terhubung saat Anda ingin melakukan perjalanan.

Namun, aplikasi ini juga cukup bisa menjaga privasi dengan menyediakan fitur lokasi, yaitu lokasi tepat, lokasi samar, dan lokasi beku. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk berkirim pesan dengan teman.

6. Find My Friends, Family, Kids (iSharing)

Agar dapat menggunakan iSharing, Anda harus mendaftar dengan email, lalu mengisi data diri seperti pada umumnya. Aplikasi ini akan mengirim notifikasi saat ada pengguna yang terhubung yang berada di dekat Anda.

Sementara itu, untuk menyalakan fitur Panic Alert, Anda hanya perlu menggoyang ponsel. Keunggulan lainnya yaitu Anda bisa menggunakan iSharing sebagai walkie talkie dan menggunakan layanan pesan suara gratis.

Sama seperti beberapa aplikasi pelacak lokasi lain, iSharing juga memungkinkan Anda mendapat pemberitahuan mengenai lokasi orang yang terhubung dengan Anda.

7. Line Here

Line Here merupakan aplikasi resmi dari Line Corporation yang memungkinkan Anda mengetahui keberadaan orang lain menggunakan GPS. Line Here bekerja secara sederhana dan simpel. Untuk menggunakannya, cukup daftar dengan akun Line Anda.

Orang-orang yang bisa dilacak keberadaannya adalah mereka yang sudah berteman dengan Anda. Pilih nama teman di kontak dan atur waktu pelacakannya, maka lokasi orang tersebut akan segera tampil di layer ponsel.

Selain itu, Anda juga bisa membuat grup. Setelah membuat grup Line Here, anda bisa melihat peta dengan anggota grup di dalamnya. Jika foto anggota grup di klik, maka akan ditampilkan informasi lengkap mengenai lokasi mereka.

8. Famy

Secara umum, Famy tidak jauh berbeda dengan aplikasi pelacak lokasi lainnya. Namun, salah satu fitur yang unik dalam aplikasi Famy adalah Anda bisa mengatur mode berbagi lokasi. Mode ini terdiri dari empat macam, yaitu mode perlindungan, mode publik, mode setuju, dan mode rahasia.

Di aplikasi ini, Anda juga bisa mengirim pemberitahuan SOS dan telepon otomatis saat berada di situasi genting. Selain itu, Famy juga menyediakan ruang pesan yang bisa diakses secara bersama (grup) maupun personal.

9. GPSme

GPSme dikhususkan untuk melacak lokasi anak yang memiliki fitur menyalakan alarm saat anak membutuhkannya. Saat alarm dinyalakan, maka pemberitahuan akan segera terkirim kepada orang tua mereka.

Orang tua masih bisa melihat riwayat lokasi anak walaupun anak menonaktifkan internetnya. Aplikasi ini bisa membuat orang tua mengawasi anak-anak dan memastikan mereka tidak berada di lokasi yang berbahaya dengan cara mengatur lokasi mana saja yang menurut orang tua berbahaya.

Selain itu, GPSme juga mengklaim dirinya memiliki konsumsi baterai yang baik, sehingga dalam sehari pemakaian hanya menghabiskan 1-7% baterai.

10. Find My Kids

Satu lagi aplikasi yang dirancang khusus untuk mengawasi anak-anak. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah orang tua bisa mendengar suara disekitar anak untuk memastikan mereka baik-baik saja.

Sama seperti GPSme, orang tua bisa mengatur lokasi mana saja yang dilarang untuk dikunjungi anak-anak dan akan ada notifikasi bila anak mendekatinya. Selain ditujukan untuk mengetahui lokasi keberadaan anak, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengetahui kegiatan anak.

Sehingga orang tua tahu apa yang sedang dilakukan oleh anak mereka saat berada di sekolah. Selain diakses di ponsel, Find My Kids juga bisa digunakan lewat jam tangan GPS.

Apakah Anda sudah memiliki salah satu dari 10 aplikasi pelacak lokasi di atas? Tujuan dibuatnya aplikasi-aplikasi tersebut adalah untuk mempermudah penggunanya dalam berkegiatan di luar rumah.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakannya, pastikan Anda mengakses aplikasi tersebut dengan baik dan penuh tanggung jawab. Semoga Bermanfaat!