Skip to main content

Spesifikasi, Harga dan Variasi iPad 8th Gen

iPad 8th Gen

Spesifikasi, Harga dan Variasi iPad 8th Gen

Pada 18 September 2020 yang lalu, Apple Kembali merilis generasi terbaru iPad, yaitu iPad 8th Gen yang juga dikenal sebagai iPad 10.2. Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan salah satu tablet Apple keluaran terbaru ini? Cari tahu spesifikasi dan harga iPad 10.2 di bawah ini.

1. Spesifikasi Serta Fitur iPad 10.2

Pertama-tama, Anda wajib mengetahui spesifikasi serta fitur yang dibawa oleh iPad terbaru dari Apple ini. Spesifikasi lengkapnya bisa Anda lihat dan pelajari dari tabel yang sudah tersusun di bawah ini, untuk mempermudah Anda mengetahui seberapa mumpuni tablet terbaru dari Apple tersebut.

1. Warna Abu-abu
Perak
Emas
2. Kapasitas 32GB
128GB
3. Ukuran 250,6 x 174,1 x 7,5 millimeter atau 9,8 x 6,8 x 0,29 inch
4. Berat 490 gram untuk versi Wifi only
495 gram untuk versi Wifi + kartu SIM
5. Body Kaca pada bagian depan
Aluminium untuk bagian belakang
Frame aluminium
6. Kelengkapan Unit iPad 8th Gen
Kabel USB Type C
Adaptor daya
7. Layar Ukuran 10,2 inch secara diagonal
Teknologi IPS dan multitouch dengan LED-backlit
Kecerahan 500 nit
Lapisan oleophobic yang anti sidik jari
Dukungan untuk Apple Pencil generasi pertama
8. Chip A12 Bionic
Arsitektur 64 bit
Mesin neural
9. Kapasitas penyimpanan RAM 3GB, penyimpanan internal 32GB
RAM 3GB, penyimpanan internal 128GB
10. Kamera utama 8 MP
5 elemen kamera
Filter IR hybrid
Sensor pencahayaan
Focus otomatis
Panorama sampai 43 MP
HDR khusus untuk pengambilan foto
Kontrol kecerahan
Mode terusan
Ketuk untuk fokus
Mode timer
Penstabilan gambar otomatis
Pendeteksi tubuh dan wajah
Lokasi pengambilan gambar
11. Kamera depan 1,2 MP
Retina flash
Sensor pencahayaan
Perekaman video 720p HD
HDR untuk foto
Pendeteksi wajah dan tubuh
Mode terusan
Kontrol kecerahan
Mode timer
12. Speaker Stereo
13. Mikrofon Dual mikrofon yang bisa digunakan untuk perekaman audio, rekaman video dan panggilan
14. Konektivitas Wi-Fi
Dual band
HT80 dengan MIMO
Teknologi Bluetooth 4.2
15. Lokasi Kompas digital
Wi-Fi
Micro Lokasi iBeacon
Seluler (untuk versi Wifi dan kartu SIM)
GNSS / GPS bawaan
16. Sensor Touch ID
Akselerometer
Gyro
Barometer
Sensor cahaya redup
17. Touch ID Untuk membuka kunci iPad
Melakukan pembelian dari iTunes Store, Apple Books, dan App Store
Mengamankan data pribadi dalam aplikasi
18. Baterai Li-Po 32,4 W, tanam
19. Sistem operasi iPadOS 14, bisa diperbarui hingga iPadOS 14.2
20. Model A2430, A2270, A2429, A2428

Setelah mengetahui spesifikasi dari Apple iPad 8th Gen di atas, apa lagi yang perlu Anda ketahui dan pertimbangkan sebelum melakukan pembelian baik secara online maupun dengan mengunjungi gerai resmi Apple? Sebagian orang akan menjawab harga.

2. Harga iPad 10.2 yang Dijual di Indonesia

Setiap type iPad 10.2 tentu hadir dengan harga yang berbeda, sesuai dengan spesifikasi yang diwakilinya. Dibawah ini adalah tabel harga yang menunjukkan perbedaan harga yang dimiliki oleh masing-masing tipe iPad 8th Gen.

Harga iPad 10,2 (Lengkap)
No. Kapasitas Penyimpanan Konektivitas Harga
1. iPad 10.2 32GB Wi-Fi Only
Wi-Fi dengan Seluler
Rp. 6.499.000
Rp. 9.399.000
2. iPad 10.2 128GB Wi-Fi Only
Wi-Fi dengan Seluler
Rp. 8.399.000
Rp. 10.999.000

Jika Anda membeli iPad 10.2 original langsung dari toko resmi Apple di Indonesia, baik offline maupun online, harga yang harus Anda bayarkan bisa jadi lebih murah dengan penawaran tertentu seperti cashback. Selain itu, produk yang Anda beli pun sudah pasti memiliki kualitas yang terjamin.

3. Keunggulan yang Dimiliki oleh iPad 8th Gen

Bukan iPad namanya jika tidak mendapatkan berbagai pembaruan dari Apple secara berkala dan dibekali dengan berbagai keunggulan yang tidak mungkin Anda temukan dari tablet lain. Beberapa kelebihan dari iPad generasi kedelapan di bawah ini hanyalah beberapa contoh saja.

  • 3.1. Layar dengan kualitas yang memuaskan

    iPad yang baru dirilis pada bulan Maret 2020 ini hadir dengan resolusi 1620 x 2160 pixel pada layarnya yang memiliki rasio 4:3. Sewaktu menggenggamnya, iPad 10.2 ini akan terasa seperti kotak, tidak seperti ketika Anda menggenggam iPad Pro dan iPad Air.

    Kerapatan layar yang dimiliki iPad 8th Gen ini adalah 264 ppi sedangkan rasio dari layar hingga ke body iPad adalah 74,4%. iPad ini juga memiliki pelindung pada layar, yaitu Scratch resistant glass dan oleophobic coating untuk menghindari bekas sidik jari pada layar.

  • 3.2. Mesin dengan performa yang mencengangkan

    iPad terbaru dari Apple ini memiliki konsep desain yang berbeda dari konsep desain yang dimiliki oleh generasi sebelumnya. Generasi pendahulu iPad dilengkapi dengan chipset Apple A10 sedangkan iPad 10.2 sudah membawa chipset baru yaitu Apple A12 Bionic.

    Chipset tersebut mampu mendatangkan performa yang mencengangkan yang membuat Anda merasa nyaman dalam memainkan berbagai game yang kaya akan grafis maupun dalam melakukan proses editing foto dan video.

    Selain itu, terdapat neural engine yang merupakan generasi kedua. Mesin ini akan membantu Anda menyelesaikan proyek kreatif apapun yang sedang Anda jalankan dengan lebih lancar dan tentunya jauh lebih cepat.

  • 3.3. Sistem operasi baru dengan fitur menarik

    iPadOS 14, yang hadir dalam iPad 8th Gen, membawa fitur widget baru yang telah dirancang ulang agar bisa lebih memanfaatkan layar serta ruang yang jauh lebih besar daripada yang sebelumnya. Bagian informasi pada tampilan depan pun bisa menyajikan lebih banyak data untuk Anda.

    Di samping itu, iPad 10.2 beserta iPadOS 14 hadir dengan banyak sekali fitur menarik lain seperti drag and drop dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang memungkinkan multitasking, dukungan mouse dan trackpad, pengaktifan untuk penyimpanan file, dan lain sebagainya.

  • 3.4. Baterai dengan daya tahan lebih baik

    Apple telah mengklaim bahwa iPad 10.2 terbarunya dilengkapi dengan baterai yang memiliki ketahanan sampai 10 jam yang berarti bisa Anda gunakan sepanjang hari. Tetapi, setelah dilakukan uji coba pada ketahanan baterai tersebut, muncul hasil yang lebih menarik.

    Uji coba yang dilakukan pada iPad 10.2 terbaru ini menampilkan hasil bahwa iPad 8th Gen mampu bertahan hingga 11 jam penggunaan setelah sekali pengisian saja. Jika Anda memerlukan iPad yang mampu bekerja sama selama berjam-jam, iPad 10.2 adalah jawaban yang Anda butuhkan.

  • 3.5. Dukungan untuk berbagai aksesoris dari Apple

    Kurang nyaman rasanya bekerja menggunakan iPad 10.2 tanpa bantuan Apple Pencil serta Smart Keyboard dari Apple. Beruntung, iPad 10.2 sudah dilengkapi dengan dukungan khusus sehingga Anda bisa memasangkan Apple Pencil serta Smart Keyboard ke iPad Anda.

    Sayangnya, hanya generasi pertama dari Apple Pencil yang bisa Anda sandingkan dengan iPad 8th Gen ini. Selain itu, Smart Keyboard serta Apple Pencil tersebut harus Anda beli secara terpisah karena bukan merupakan kelengkapan bawaan yang ada dalam box iPad 10.2.

Meskipun iPad 10.2 tidak bisa dipasangkan dengan Magic Keyboard beserta Apple Pencil terbaru dari Apple, kedua aksesoris yang didukung tetap bisa meningkatkan kenyamanan Anda dalam bekerja dengan menggunakan iPad ini. Jangan ragu untuk mendapatkannya secara langsung dari Apple. Semoga Bermanfaat!