Skip to main content

5 Cara Ganti Tema WhatsApp dengan Mudah

5 Cara Ganti Tema WhatsApp dengan Mudah

5 Cara Ganti Tema WhatsApp dengan Mudah

WhatsApp merupakan aplikasi chatting online yang saat ini memiliki banyak sekali pengguna aktif. Walaupun mengalami banyak perkembangan, akan tetapi untuk pengaturan tampilan, ternyata belum dimiliki oleh aplikasi ini. Maka dari itu, banyak orang mencari tahu tentang cara ganti tema WhatsApp.

1. 5 Cara Ganti Tema WhatsApp

Jika Anda perhatikan, dari sekian banyaknya perkembangan fitur yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp, hanya pengaturan ganti tema yang belum ada. Dengan tidak adanya fitur tersebut, tidak jarang pengguna aplikasi WhatsApp merasa bosan dengan tampilan yang begitu-begitu saja.

Berdasarkan adanya kekurangan tersebut, membuat banyak pihak ketiga mencoba untuk melakukan pengembangan atau menambahkan fitur ganti tema. Sehingga tercipta sebuah aplikasi WhatsApp non original atau WhatsApp pihak ketiga.

Berikut ini merupakan cara ganti tema WhatsApp dengan aplikasi pihak ketiga.

1.1. Download aplikasi WhatsApp

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mendownload aplikasi WhatsApp pihak ketiga. Hal ini dikarenakan aplikasi pihak ketiga memang sudah memiliki fitur pengaturan ganti tema. Akan tetapi Anda tidak bisa menemukan aplikasi tersebut pada layanan google play atau sejenisnya.

Meskipun begitu, Anda masih bisa menemukannya pada halaman pencarian browser. Saat ini sudah banyak sekali halaman website yang menyediakan layanan unduh aplikasi WhatsApp pihak ketiga. Sebagai contohnya adalah YoWhatsApp dan GBWhatsApp.

1.2. Backup Chat

Backup chat merupakan langkah yang selanjutnya. Akan tetapi untuk langkah ini bisa dibilang tidak sepenuhnya harus dilakukan. Jika memang Anda merasa ada beberapa chat yang dirasa penting, maka Anda bisa melakukan backup.

Namun, jika memang history chat yang ada dirasa tidak begitu penting, maka tidak ada salahnya untuk mengabaikan langkah yang kedua ini. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan ketika hendak backup chat dari WhatsApp original.

  • Buka aplikasi WhatsApp original yang ada di smartphone Anda.
  • Hal yang kedua adalah Anda bisa mencoba untuk masuk ke dalam menu pengaturan dan memilih menu “setelan”.
  • Jika sudah maka Anda bisa untuk pilih menu chat dan pilih cadangkan chat.
  • Pada halaman tersebut, Anda perlu memilih cadangkan ke Google Drive. Pilih akun Gmail aktif yang Anda miliki.
  • Tunggu hingga proses cadangan chat selesai.

1.3 Uninstall WhatsApp Original

Langkah yang ketiga adalah melakukan uninstall aplikasi WhatsApp original yang ada di dalam smartphone Anda. Sebenarnya beberapa smartphone bisa menggunakan aplikasi WhatsApp original maupun dari pihak ketiga secara bersamaan.

Akan tetapi penggunaan kapasitas penyimpanan yang ada di smartphone Anda akan terbuang percuma. Alangkah lebih baik lagi jika menggunakan satu aplikasi WhatsApp.

Agar bisa melakukan uninstall aplikasi WhatsApp, Anda perlu masuk ke dalam pengaturan. Lalu pilih menu aplikasi. Dilanjutkan memilih aplikasi WhatsApp dan melakukan proses uninstall.

1.4. Instal Aplikasi WhatsApp Pihak Ketiga

Jika Anda sudah uninstall aplikasi WhatsApp original yang ada di dalam smartphone Anda, maka hal selanjutnya adalah melakukan install aplikasi WhatsApp dari pihak ketiga yang sudah Anda unduh sebelumnya.

1.5. Unduh Tema WhatsApp

Hal terakhir adalah melakukan pengunduhan tema WhatsApp dan melakukan pemasangannya. Cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut ini.

  • Buka aplikasi WhatsApp pihak ketiga. Jika Anda menggunakan YoWhatsApp maka Anda tinggal membuka aplikasi tersebut.
  • Jika sudah terbuka hal selanjutnya adalah klik tiga titik di pojok kanan atas lalu pilih YoMods.
  • Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan pengaturan yang telah disediakan. Pada tahap ini Anda perlu memilih menu FMTheme dan dilanjutkan pemilihan menu unduh YoTheme.
  • Pada tahap ini Anda bisa bebas memilih tema yang sudah disediakan. Jika sudah ada pilihan maka lanjutkan dengan cara klik pada tema tersebut. Dilanjutkan dengan klik Apply lalu klik ok.
  • Jika sudah, silahkan tunggu hingga proses unduhan selesai. Dan secara otomatis tema yang Anda pilih akan terpasang dengan baik.

2. Kelebihan WhatsApp

Jika dilihat dari pengguna aktif dari aplikasi WhatsApp ternyata semakin lama semakin naik. Tentunya mereka yang menggunakan aplikasi tersebut memiliki alasan tersendiri. Salah satunya adalah adanya kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp original.

2.1. Memiliki Tampilan yang Sederhana

Setiap orang yang menggunakan aplikasi WhatsApp, pastinya tidak akan merasa kesulitan dalam proses pengoperasiannya. Bahkan bagi orang tua yang baru saja melakukan instalasi aplikasi ini tidak akan merasa kesulitan.

Hal ini dikarenakan tampilan dari aplikasi WhatsApp sangatlah simpel dan mudah ketika digunakan. Maka tak heran bila sampai saat ini pengguna aktif dari aplikasi ini semakin meningkat.

2.2. Sangat Ringan

Ukuran dari aplikasi ini begitu ringan. Sehingga untuk smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan sedikit pun tetap bisa memasang aplikasi ini. Bahkan agar bisa lebih menghemat ruang penyimpanan dari smartphone, Anda pun bisa menonaktifkan fitur auto-download media.

2.3. Praktis

Praktis adalah kelebihan yang selanjutnya. Artinya, ketika Anda ingin melakukan chatting dengan teman atau kerabat, Anda tidak perlu untuk menggunakan kode aneh seperti pin yang ada pada aplikasi chatting lainnya. Aplikasi WhatsApp tidak memerlukan hal tersebut.

Kinerja whatsApp hanya membutuhkan koneksi internet. Kode yang diperlukan hanyalah berupa nomor telepon atau kontak. Begitu praktis dan sangat mudah untuk melakukan sebuah pengiriman pesan, bukan?

2.4. Bebas Layanan Iklan dan Banyak Fitur

Berbeda dengan aplikasi lain yang di dalamnya banyak ditemukan gangguan layanan iklan. Ternyata aplikasi WhatsApp tidak memiliki layanan iklan ketika Anda menggunakannya. Hal inilah yang membuat para pengguna aplikasi WhatsApp merasa nyaman ketika mengoperasikannya.

Selain itu, whatsApp juga selalu melakukan pengembangan. Hingga sampai saat ini berbagai fitur menarik bisa Anda nikmati. Tentunya fitur tersebut free alias gratis ketika digunakan.

2.5. Terjamin Keamanannya

Tidak perlu khawatir akan keamanan yang dimiliki oleh aplikasi WhatsApp. Hal ini dikarenakan aplikasi ini bisa menjamin keamanan dari pesan yang Anda kirim. Setiap pesan yang Anda kirim ke lawan chatting pasti akan melalui layanan enkripsi end to end.

Maksud dari layanan tersebut adalah semua pesan yang Anda kirim tidak akan bisa diretas oleh pihak ketiga. Pihak yang dapat mengetahui semua hal di dalam pesan tersebut hanya antara Anda dan lawan chatting.

Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir akan pencurian data ketika menggunakan aplikasi WhatsApp.

2.6. Adanya Fitur WhatsApp Web

Aplikasi WhatsApp sangat berguna sekali bagi mereka yang sering menghabiskan waktu didepan komputer atau laptop. Hal ini dikarenakan adanya fitur WhatsApp web. Fitur tersebut bisa menyambungkan antara WhatsApp yang ada di dalam smartphone dengan komputer.

Tentunya dengan adanya fitur tersebut bisa sangat membantu dalam proses pengirim pesan maupun berbagai file dalam ukuran tertentu. WhatsApp web juga memiliki layar yang lebih luas, sehingga pengguna bisa lebih nyaman meski berlama-lama menggunakannya.

Mengganti tema atau tampilan whatsApp memang boleh-boleh saja dilakukan, asalkan Anda tahu resiko dan bisa mengantisipasinya dengan baik. Terlepas dari kekurangannya yakni tidak bisa mengganti tema, whatsApp telah menjadi aplikasi paling populer di seluruh dunia. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!