Skip to main content

Cara Edit Video TikTok, Merekam dan Fungsi Icon Aplikasi TikTok

Video TikTok

Cara Edit Video TikTok, Merekam dan Fungsi Icon Aplikasi TikTok

Saat ini siapa sih yang tidak kenal dengan TikTok? Popularitas aplikasi ini kembali naik di tahun 2020. Meski sudah sangat populer, ternyata masih banyak juga yang belum mengetahui cara edit video TikTok.

Artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai cara untuk membuat dan mengedit video TikTok khusus untuk pemula. Jadi, apabila Anda adalah pengguna baru di TikTok, sebaiknya jangan lewatkan artikel ini sedikit pun.

1. Fungsi Icon Aplikasi TikTok

Sebelum mempelajari cara edit video TikTok, Anda harus memahami fungsi dari semua tombol yang ada di TikTok beserta dengan fungsinya. Setelah mengetahui fungsinya, Anda akan lebih mudah dalam mempelajari cara untuk mengedit dan membuat video.

Langsung saja, inilah icon-icon yang ada di aplikasi TikTok beserta penjelasan lengkapnya:

1.1. Simbol X

Simbol yang satu ini dipakai untuk melakukan pembatasan terhadap perekaman dan pengeditan video di TikTok.

1.2. Add A Sound

Tombol ini dilengkapi dengan icon nada sehingga mudah dikenali sebagai icon Add a sound. Dari namanya sudah jelas bahwa icon ini berguna untuk menambahkan audio atau musik ke dalam sebuah video. Audio tersebut bisa berasal dari TikTok maupun dari memori internal Anda.

Tombol Add a sound ini digunakan sebelum Anda menekan tombol rekam yang ada di tengah bawah layar.

1.3. Tombol Speed

Speed dipakai untuk mengubah kecepatan ketika Anda sedang menonton video. Pilihannya cukup beragam, mulai dari 0,1 x hingga 3x. Artinya, Anda bisa memutar video dengan gerakan diperlambat 10:1 hingga gerakan yang dipercepat 1:3.

1.4. Flip

Icon ini digunakan untuk memindahkan kamera yang aktif, misalnya dari kamera belakang ke kamera depan. Begitu juga sebaliknya. Ketika kamera menghadap ke belakang, Anda bisa mengklik icon flip untuk mengubah arah ke kamera depan lalu mengambil video selfie.

1.5. Beauty

Kata beauty memiliki arti cantik dalam bahasa Indonesia. Seperti namanya, fungsi dari icon menu yang satu ini adalah mengaktifkan efek beauty atau cantik.

Jika diklik sekali, Anda akan mengaktifkan beauty mode. Wajah Anda akan tampak lebih halus, cerah, dan seperti mengenakan make up. Jika tak ingin menggunakan efek tersebut, klik sekali lagi dan efek akan nonaktif.

1.6. Filters

Menu ini dipakai untuk Anda yang ingin menambahkan aneka filter ketika sedang merekam video TikTok. Ketika icon ini diklik, Anda akan menjumpai banyak filter yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu Life, Vibe, dan Potrait.

Pilih salah satu filter terlebih dahulu, kemudian tekan tombol Shutter untuk mulai merekam video TikTok.

1.7. Timer

Tombol ini berguna untuk memberikan batasan waktu ketika merekam video. Ketika Anda mengklik icon timer, maka akan muncul garis waktu mulai dari 0 sampai 60. Klik pada angka yang Anda inginkan.

Setelah itu, Anda hanya perlu menekan satu kali pada tombol Shutter. Perekaman video akan berjalan dan berhenti otomatis pada waktu yang sudah ditentukan.

1.8. More

Klik icon ini untuk menampilkan menu lanjutan, contohnya menu untuk mengubah dari mode 15 detik ke 60 detik atau menu untuk mengaktifkan flash.

1.9. Upload

Icon ini berada di sudut kanan aplikasi, jika diklik, Anda akan diarahkan menuju folder penyimpanan ponsel. Pilih salah satu video untuk diupload.

1.10. Videos

Icon menu ini bisa Anda pakai ketika ingin merekam video tanpa menggunakan timer. Jadi, proses perekaman akan berhenti ketika Anda menekan lagi tombol tersebut.

1.11. Effects

Menu ini akan membuka galeri effects yang dimiliki oleh TikTok. Di dalamnya, effects terbagi menjadi tiga bagian yaitu Face, Animal, dan Trending.

2. Cara Merekam Video TikTok

Setelah memahami semua icon menu yang ada di TikTok, sekarang saatnya untuk belajar cara merekam video. Berikut ini panduan singkatnya:

  • Sebelum merekam video, Anda bisa memilih efek dan filter terlebih dahulu. Anda juga bisa mengaktifkan timer. Jika semua sudah siap, klik icon Shutter yang ada di tengah bawah halaman.
  • Ketika proses perekaman sedang berlangsung, Anda akan melihat durasi di bagian kanan atas layar. Apabila Anda melakukan perekaman tanpa timer, penunjuk waktu durasi ini akan sangat berguna untuk menentukan kapan perekaman harus dihentikan.
  • Ketika sudah selesai merekam, Anda bisa mengklik tanda Centang jika ingin melanjutkan ke proses editing.
  • Anda juga bisa merekam ulang video jika dirasa kurang bagus. Caranya adalah mengklik tombol kembali lalu klik icon hapus yang ada di sisi kanan bawah. Setelah itu, Anda bisa mulai merekam ulang video.
  • Lanjutkan dengan proses edit.

3. Cara Edit Video TikTok

Sekarang Anda sudah bisa merekam video menggunakan TikTok. Langkah selanjutnya adalah melakukan editing video. Proses ini sangat penting untuk membuat video menjadi semakin menarik. Anda bisa menambahkan berbagai transisi, teks, dan lain sebagainya.

Berikut ini cara edit video TikTok yang paling mudah tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga:

  • Icon Cut dipakai untuk memotong video. Biasanya, menu ini digunakan untuk membuang bagian yang tidak diinginkan dari sebuah video, baik di bagian awal, tengah, maupun akhir video.
  • Icon atau menu Mixer bisa Anda pakai untuk melakukan editing pada audio. Di dalam menu Mixer terdapat pilihan untuk menentukan level suara video dan soundtrack yang dipakai. Ubah volume keduanya sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika ingin menambahkan audio dari TikTok Library, Anda bisa memilih menu Select Sound. Ada banyak sekali sound yang bisa dipilih. Jika ingin video Anda muncul di FYP, gunakan sound yang ada di tab trending.
  • Di halaman editing video, Anda juga bisa mengklik icon Effects. Menu ini bisa dipakai jika Anda belum sempat memberikan efek sebelum merekam video.
  • Menu filter dipakai untuk menambahkan vibes yang berbeda dari sebuah video. Effects berlaku untuk video secara keseluruhan.
  • Jika ingin menambahkan aneka stiker atau animasi, klik pada menu Sticker. Pilih sesuai keinginan, atur posisi serta durasi kemunculannya.
  • Jika sudah selesai mengedit semua video, Anda bisa mengklik tombol Next. Setelahnya, Anda diarahkan menuju halaman untuk posting video.

4. Cara Agar Video Masuk FYP TikTok

Memahami cara edit video TikTok saja masih belum cukup, Anda juga perlu memahami cara untuk membuat video masuk FYP. Berikut ini tips dari beberapa seleb TikTok yang sudah terbukti:

  • Gunakan hastag yang tengah trending. Anda juga bisa menggunakan hastag yang populer seperti #FYP, #FYPdong, dan lain sebagainya.
  • Berikan deskripsi atau caption yang menarik pada video.
  • Jangan lupa ubah pemirsa video menjadi Public agar bisa dilihat oleh semua orang.
  • Tunggu waktu yang tepat untuk upload video. Biasanya, pengguna TikTok akan membuka aplikasi tersebut ketika jam makan siang atau setelah jam pulang kerja.
    Anda bisa menyiasatinya dengan menyimpan video di Drafts, kemudian menguploadnya di waktu yang tepat.

Cara edit video TikTok di atas sebenarnya hanya dasar-dasarnya saja. Menarik atau tidaknya video yang dihasilkan sangat bergantung pada kreativitas masing-masing orang. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!