Skip to main content

Trik Jam Upload TikTok Agar Meningkatkan Impresi dan Jadi TRENDING

Trik Jam Upload TikTok Agar Meningkatkan Impresi dan Jadi TRENDING

Trik Jam Upload TikTok Agar Meningkatkan Impresi dan Jadi TRENDING

Tiktok merupakan salah satu media sosial yang berisikan berbagai macam video. Ada beberapa istilah yang biasa digunakan, salah satunya adalah FYP atau For Your Page. Seseorang bisa saja masuk FYP jika memperhatikan jam upload TikTok.

Dalam setiap harinya ada waktu-waktu tertentu yang disarankan untuk melakukan upload video. Terlebih juga ada banyak faktor yang mempengaruhinya agar bisa masuk FYP. Apabila bisa memanfaatkan waktu yang tepat dan memperhatikan faktor lainnya, bisa jadi video Anda masuk FYP.

1. Jam Upload TikTok Berdasarkan Hari

  • 1.1. Senin

    Hari Senin adalah hari dimana semua orang memulai aktivitasnya lagi setelah libur. Kondisi seperti ini tentu akan menjadi hari yang padat karena akan ada tugas baru yang menanti. Namun bukan berarti Anda tidak bisa melakukan posting di TikTok.

    Waktu yang tepat untuk melakukan upload TikTok pada hari Senin adalah ketika istirahat, yaitu berkisar jam 12.00-13.00. Jika ingin melakukan upload malam hari, bisa di jam 18.30-20.00. Hindari upload menjelang jam istirahat karena akan menurunkan view.

  • 1,2. Selasa

    Meskipun bukan menjadi hari pertama setelah libur, namun Selasa juga masih menjadi hari yang cukup sibuk. Sebagian orang masih disibukkan oleh tugas di hari Senin yang belum selesai. Biasanya orang-orang akan memiliki waktu senggang di sore hari sebelum pulang.

    Anda bisa memanfaatkan hal ini dan bisa mengupload video ke TikTok pada jam 15.00-16.00. Pada jam-jam tersebut orang-orang mulai lelah dan akan keluar mencari makanan atau minuman sebagai cara agar pikiran kembali fokus bekerja.

  • 1.3. Rabu

    Hari Rabu umumnya pekerjaan sudah mulai berkurang dan orang-orang bisa lebih santai dibandingkan dua hari sebelumnya. Anda bisa memposting lebih awal sekitar pukul 11.00 sebelum istirahat. Ada juga jam upload TikTok malam hari, yaitu pukul 20.00-21.00.

    Pada jam malam tersebut orang-orang biasanya sudah bersantai dan terbebas dari penuhnya aktivitas harian. Biasanya mereka akan membuka media sosial untuk sekedar mengecek story Instagram, Twitter bahkan TikTok sebagai hiburan.

  • 1.4. Kamis

    Menjelang weekend atau hari Kamis juga tidak kalah santai. Pada hari ini Anda bisa mengupload video ke TikTok beberapa kali pada jam-jam tertentu. Pertama bisa di siang hari sekitar pukul 12.00-13.00. Waktu tersebut biasanya digunakan istirahat dan mengecek media sosial.

    Hari Kamis biasanya terkenal akan malam Jumat dan biasanya akan muncul cerita-cerita ataupun video horor di beberapa platform tertentu. Anda bisa membuat konten khusus dengan tema horor dan bisa diupload ke TikTok pada pukul 20.00-22.00.

  • 1.5. Jumat

    Jumat menjadi salah satu hari yang tepat untuk memposting video ke TikTok, bahkan bisa hingga 4x dalam sehari. Pertama adalah pada jam 11.00 ketika laki-laki hendak melakukan sholat Jumat, kemudian dilanjutkan pada pukul 13.00 menjelang akhir waktu istirahat selesai.

    Hari Jumat juga biasanya orang-orang akan pulang lebih awal dibandingkan hari-hari sebelumnya. Disini Anda bisa memanfaatkan untuk mengupload video ke TikTok pada pukul 17.00-19.00 ketika orang-orang sedang berada di transportasi umum. Terakhir adalah di jam 21.00-23.00 menjelang tidur.

  • 1.6. Sabtu

    Sabtu menjadi hari libur dan biasanya banyak orang yang memilih untuk bangun siang, sehingga melakukan upload di jam-jam terlalu pagi tidak disarankan. Jam upload TikTok yang tepat pada hari Sabtu adalah sekitar pukul 09.00-10.00.

    Bisa juga mengupload pada siang hari sekitar pukul 12:00 ketika orang-orang bersantai, baik itu di rumah ataupun sedang jalan di luar. Pada hari Sabtu, hindari upload di jam malam karena biasanya orang-orang disibukkan oleh hal lain seperti menonton film dan lain sebagainya.

  • 1.7. Minggu

    Minggu menjadi hari santai terakhir sebelum akhirnya kembali hari Senin dengan segala kesibukannya. Waktu yang tepat untuk melakukan upload pada hari ini adalah di pagi hari sekitar 07.00-08.00. Biasanya orang-orang akan bersantai setelah melakukan jogging atau olahraga lainnya.

    Sore hari juga bisa memungkinkan Anda untuk melakukan upload, yaitu sekitar pukul 16.00 dan di malam hari sekitar pukul 20.00-21.00 sebelum beristirahat. Umumnya hari Minggu ini orang-orang akan lebih banyak memegang ponsel, sehingga bisa mengupload kapan saja.

2. Faktor Penentu Lain Yang Mempengaruhi Impresi

  • 2.1. Interaksi Dengan Penonton

    Selain memperhatikan jam upload TikTok yang tepat, adanya interaksi dengan viewers di video yang telah diupload sebelumnya juga sangat berpengaruh. Semakin banyak atau ramai video tersebut dikomentari dan banyak interaksi, maka semakin tinggi impresi yang didapatkan.

    Salah satu cara meningkatkan interaksi ataupun muncul banyaknya komentar adalah dengan membuat konten yang sedang hits atau yang disukai oleh penggemar Anda. Anda bisa bisa meminta bantuan teman-teman yang ada di TikTok untuk saling memberi komentar satu sama lain.

  • 2.2. Lokasi Penonton

    Perlu diingat bahwa Indonesia memiliki pembagian waktu yang berbeda, yaitu WIB, WIT dan WITA. Ketika mengupload video TikTok, Anda tidak hanya memperhatikan waktu yang tepat saja, namun juga zona waktu penonton masing-masing.

    Sebagai contoh, kebanyakan penonton Anda adalah orang-orang yang berada di zona waktu WIT, sedangkan Anda berada di zona waktu WIB. Artinya adalah Anda harus menyesuaikan zona waktu WIT untuk melakukan upload video.

  • 2.3. Hari Senggang Penonton

    Faktor terakhir yang mempengaruhi impresi dan memungkinkan seseorang masuk FYP adalah hari senggang masing-masing penonton. Anda bisa melihat analisis atau statistik untuk mengetahui hari senggang penonton.

    Sebagai contoh sebagian besar penonton Anda memiliki hari senggang pada hari Jumat dan Minggu. Maka kedua hari tersebut menjadi hari yang tepat untuk mengupload video terbaru di TikTok. Namun Anda juga harus memastikan bahwa pada hari tersebut orang-orang sering membuka TikTok.

3. Tips Agar Masuk FYP

  • 3.1. Ikuti Challenge atau Tren Video

    Sudah menjadi hal yang umum ketika ada banyak challenge atau tren video yang ada di TikTok. Anda bisa memilih salah satunya untuk dibuat versi Anda agar bisa masuk ke FYP. Bisa juga dengan mengajak orang lain untuk membuat video agar lebih menarik dan jangan lupa tag ke orang lain.

  • 3.2. Pilih Konten Untuk Meningkatkan Engagement

    Selain memperhatikan jam upload TikTok, Anda juga perlu memperhatikan konten yang dipilih untuk meningkatkan engagement. Jika engagement sudah naik dan stabil, tidak menutup kemungkinan video yang Anda buat bisa masuk ke FYP.

  • 3.3. Buatlah Caption Yang Tepat dan Benar

    Membuat caption memang menjadi tantangan sendiri ketika ingin melakukan upload, termasuk di TikTok. Pikirkan caption yang tepat dan benar untuk video yang hendak di upload karena ini sangat penting dan bisa mempengaruhi masuk atau tidaknya ke FYP.

  • 3.4. Memilih Hastag Yang Tepat

    Jika Anda memang berniat agar video masuk ke FYP, jangan lupa untuk mencantumkan hastag seperti #foryou / #fyp / #foryourpage. Pilih salah satu atau ambil dua untuk dicantumkan ke video yang hendak di upload karena hastag tersebut dipercaya dapat meningkatkan engagement postingan.

  • 3.5. Gunakan Lagu Yang Sedang Populer

    Di TikTok sekarang ini sudah ada banyak lagu populer yang bisa digunakan untuk membuat video Anda menjadi FYP. Carilah lagu yang sesuai dengan konten yang Anda buat dan filter lagu yang sedang populer di kalangan masyarakat.

Jam upload TikTok akan berubah seiring dengan perubahan algoritma di TikTok itu sendiri. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan test posting video pada hari dan jam-jam tertentu sesuai dengan analisa masing-masing.