Skip to main content

9 Hal Beda iPhone dan Android yang Wajib Anda Ketahui

9 Hal Beda iPhone dan Android yang Wajib Anda Ketahui

9 Hal Beda iPhone dan Android yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu beda iPhone dan Android yang paling mencolok dan diketahui semua orang adalah perbedaan harga. Tapi tentu saja bukan hanya harga yang membedakan smartphone dengan sistem operasi Android dari smartphone dengan iOS. Lalu, apa saja perbedaannya?

Kedua sistem operasi tersebut merupakan yang paling terkenal dewasa ini, jauh mengalahkan Windows Phone, BlackBerry, atau sistem operasi lainnya. Sebelum membeli salah satu smartphone, pastikan Anda mengetahui perbedaan dua sistem operasi paling terkenal ini dan memilih yang tepat.

9 Perbedaan Antara Smartphone Android dan iOS

Berbagai perbedaan di bawah ini hanyalah beberapa contoh saja. Selain dari yang Anda baca di sini, masih ada banyak hal yang membedakan smartphone Android yang adalah buatan Google dari smartphone iOS buatan Apple. Berikut ini 9 perbedaan yang dimiliki oleh iPhone dan Android.

  • 1. Beda iPhone dan Android dalam segi kegunaan

    iOS merupakan sistem operasi yang ekslusif karena sistem operasi ini dirancang khusus hanya untuk digunakan di produk iPhone dari Apple Inc. Sedangkan Android merupakan sistem operasi buatan Google yang dirancang untuk bisa kompatibel dengan berbagai merk smartphone.

    Berkat keeksklusifan iOS, iPhone menjadi pilihan yang disukai oleh banyak orang karena semua fungsi dalam smartphone ini jadi tampak sederhana dan mudah untuk digunakan. Selain itu, Apple memperlengkapi iPhone dengan kontrol yang ada di touch screen intuitifnya.

    iPhone juga sangat berhati-hati dan cermat dalam mengontrol segala sesuatu yang boleh ada di iPhone Anda. Tidak demikian halnya dengan Android yang justru menawarkan kebebasan untuk melakukan apa saja yang Anda kehendaki di smartphone Android milik Anda sendiri.

  • 2. Perbedaan kemampuan berbagi data antara iPhone dan Android

    Berbagi data menggunakan iPhone merupakan kegiatan yang menyebalkan. Untuk bisa menerima atau mengirim data lagu misalnya, Anda perlu memindahkan data tersebut melalui iTunes. iTunes juga harus terpasang di PC atau laptop Anda terlebih dahulu.

    iPhone juga tidak menyediakan kemudahan dalam penggunaan teknologi Bluetooth. Bluetooth memungkinkan Anda untuk mengirim data hanya kepada sesama pemilik iPhone. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan iPhone terserang virus yang membahayakan.

    Di sisi lain, Android benar-benar menawarkan kebebasan dalam pengiriman data. Tetapi kebebasan ini membawa dampak negatif, yaitu smartphone Android Anda bisa dengan mudah terserang malware, virus, atau bahaya lain dari pengiriman data secara sembarangan.

  • 3. Penggunaan aplikasi di iPhone dan smartphone Android

    Aplikasi yang tersedia di Google Play Store sudah ada dalam jumlah yang luar biasa banyak. Hal ini berbeda dengan aplikasi yang boleh berada di Apple App Store, tidak semua pengembang bisa memasukkan aplikasi buatan mereka ke Apple App Store.

    Di smartphone Android, Anda bahkan bisa memasang aplikasi yang Anda dapatkan dalam bentuk .apk dari situs web manapun atau membagikan aplikasi Anda sendiri ke pengguna Android yang lain untuk kemudian mencoba menjalankannya.

    Anda tidak bisa melakukan hal yang sama pada smartphone iPhone Anda. Jika tidak mengunduhnya dari App Store, aplikasi apapun tidak akan bisa dipasang. Anda juga dilarang untuk mengganti tampilan yang muncul pada home screen.

  • 4. Kemampuan modifikasi tampilan pada smartphone Android dan iPhone

    Sebagai produk eksklusif, iPhone tidak memperbolehkan Anda untuk mengutak-atik homescreen, baik itu tema, logo, atau transisi slide home screen. Yang boleh Anda lakukan hanyalah mengganti tampilan wallpapernya saja.

    Tidak seperti iPhone, smartphone Android mengijinkan semua penggunanya untuk mengubah segala sesuatu pada layar sesuai keinginan mereka. Jika Anda merupakan tipe orang yang cepat merasa bosan, Anda memerlukan smartphone Android yang membolehkan Anda mengganti tema.

  • 5. Beda iPhone dan Android sehubungan dengan kapasitas penyimpanan

    Apple Inc sudah menentukan kapasitas penyimpanan internal untuk produk iPhone nya. Pada awalnya, iPhone dilengkapi dengan penyimpanan internal hanya sebesar 8GB atau 16GB. Saat ini, iPhone sudah menyediakan penyimpanan internal dengan kapasitas 256GB.

    Jika Anda membutuhkan banyak ruang di smartphone Anda untuk membuat video dan foto atau bermain game, iPhone merupakan yang terbaik. Sayangnya, Anda tidak bisa menambahkan kartu memori eksternal untuk iPhone yang Anda miliki.

    Beberapa smartphone Android juga sudah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal yang lumayan besar. Perbedaannya adalah, Anda boleh menambahkan penyimpanannya dengan mengisi slot penyimpanan eksternalnya dengan kartu memori tambahan. Menarik bukan?

  • 6. Ketersediaan suku cadang untuk smartphone Android serta iPhone

    Suku cadang untuk iPhone biasanya dijual dengan harga yang sangat mahal serta sulit untuk didapatkan. Misalnya, charger iPhone memiliki desain yang eksklusif dan dirancang khusus untuk produk dari Apple saja.

    Suku cadang untuk berbagai smartphone dengan sistem operasi Android bisa dibeli dimana pun dengan harga yang pastinya jauh lebih rendah daripada suku cadang iPhone. Jika Anda lupa membawa kabel charger Android milik Anda, Anda tinggal meminjam kabel pengguna Android lain.

  • 7. Kelengkapan aplikasi iPhone lebih baik daripada Android

    Salah satu hal yang bisa dibanggakan oleh para pengguna iPhone adalah adanya berbagai aplikasi yang bisa ditemui di App Store tetapi tidak tersedia di Play Store. Tapi tentu saja para pengguna Android hanya perlu menemukan aplikasi yang fungsinya mirip dengan aplikasi App Store tersebut.

  • 8. Keragaman aksesoris untuk iPhone yang tidak Android miliki

    Apple merupakan perusahaan smartphone yang jarang meluncurkan smartphone baru. Jadi, Anda bisa dengan leluasa memilih berbagai aksesoris untuk iPhone kesukaan Anda. Casing iPhone misalnya, tersedia dimana-mana dan bisa Anda beli dengan mudah.

    Lain halnya dengan smartphone Android. Setiap pabrikan smartphone Android hadir dalam banyak pilihan jenis serta model. Hal ini bisa membuat Anda kesulitan menemukan aksesoris untuk smartphone Android seri terbaru yang Anda beli.

  • 9. Beda iPhone dan Android dalam segi Harga

    Seperti yang Anda ketahui, semua orang menyayangkan mahalnya harga yang dipatok oleh Apple Inc untuk produk iPhone nya. Misalnya, iPhone X dengan kapasitas penyimpanan 64GB saja dijual dengan harga hingga 26,2 juta rupiah dan versi 256 GB nya dijual seharga 28,2 juta rupiah.

    Tapi bukan hanya harga beli iPhone saja yang mahal, bahkan harga jual iPhone bekas Anda pun bisa luar biasa tinggi karena harga iPhone tidak mudah jatuh. Smartphone Android bisa didapatkan dengan mudah karena harganya yang murah.

    Tapi jangan pernah lupa bahwa harga beli Android yang murah juga hadir dengan harga jual Kembali yang berada jauh dibawah harga belinya. Hal ini menandakan seberapa eksklusif produk iPhone buatan Apple dibandingkan dengan Android yang dirancang untuk berbagai smartphone.

Setelah mengerti seluruh beda iPhone dan Android, sudahkah Anda memutuskan smartphone manakah yang akan Anda beli? Pastikan untuk membeli smartphone yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Selalu utamakan keaslian dan kualitas produk sewaktu akan membeli smartphone.