Skip to main content

Review Samsung Galaxy A51 dan Spesifikasinya

Samsung Galaxy A51

Review Samsung Galaxy A51 dan Spesifikasinya

Sebagai salah satu pabrikan smartphone ternama dunia, Samsung tidak hanya menghadirkan produk di kelas high end saja. Di level mid range pun mereka tak lupa menghadirkan primadona yang siap bersaing dengan brand-brand lainnya. Salah satu produk tersebut adalah Samsung Galaxy A51.

Seri A51 sendiri hadir setelah sebelumnya pihak Samsung mengeluarkan seri Galaxy A50 dan A50s. Tentu saja di seri terbarunya ini akan ada peningkatan spesifikasi. Apa sajakah peningkatan yang ada di Galaxy A51? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Review Lengkap Samsung Galaxy A51

Layar yang lebar, multi kamera di bagian belakang, hingga titik kamera di tengah layarnya menjadi tren smartphone saat ini. Lantas, apakah Galaxy A51 sudah cukup mewakili tren tersebut? Inilah spesifikasi Galaxy A51 ditinjau dari berbagai aspek:

1.1. Desain

Berbicara soal desain, Samsung Galaxy A51 memiliki tampilan body yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, yaitu seri A50 dan A50s. Mulai dari bodinya yang tipis, menggunakan material plastik dan juga terlihat glossy saat terkena cahaya.

Kesan glossy yang ditampilkan juga didukung oleh efek diamond yang membuatnya merefleksikan cahaya warna-warni. Peletakan tombol dan juga fitur-fitur tambahan membuat smartphone ini cukup nyaman serta enak dipandang.

Di bodi bagian belakang misalnya, ada 4 buah kamera dan 1 LED Flash yang tersusun membentuk huruf L. Sementara itu, di sisi kanan smartphone terdapat tombol power dan volume yang presisi dan nyaman untuk ditekan. Sedangkan untuk slot SIM Card juga tersedia di sisi sebaliknya.

1.2. Kamera

Seperti yang sempat disinggung di atas, ada 4 buah kamera belakang yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A51 ini. Masing-masing kamera tersebut antara lain 48 MP lensa utama (wide), 12 MP (ultrawide), 5 MP (macro), 5 MP (depth).

Selain itu, terdapat 1 lensa selfie kamera berukuran 32 MP (wide) yang siap Anda gunakan untuk berbagai keperluan, seperti saat melakukan video call, live media sosial, menggunakan fitur face recognition, dll. Kamera ini terletak di tengah layar yang juga disebut infinity O Display oleh Samsung.

Ketangguhan kamera milik Samsung ini juga bisa Anda rasakan pada saat melakukan perekaman video. Baik kamera depan maupun kamera belakang, keduanya mampu menghasilkan video dengan resolusi 4K@30fps. Dengan begitu, Anda akan memiliki dokumentasi yang jernih dan juga smooth.

1.3. Display/Layar

Beralih ke sektor layar, di sini Samsung tidak terlalu banyak melakukan perubahan dibandingkan dengan pendahulunya. Mulai dari ukuran layarnya yang sebelumnya 6,4 inch pada seri A50, kali ini Samsung mengusung layar 6,5 inch atau 1 inch lebih besar dari sebelumnya.

panel yang digunakan masih sama dengan seri A50, yaitu panel Super AMOLED. Pengalaman saat menatap layar Samsung tentu akan lebih maksimal, terutama untuk melihat foto maupun video. Untuk resolusinya juga sudah Full HD (1080 x 2400 piksel).

Dengan resolusi tersebut, Anda bisa menikmati video Youtube atau video lainnya dengan resolusi 1080p yang akan menambah detail objek yang ditampilkan. Satu hal yang juga penting adalah adanya lapisan Corning Gorilla Glass 3 yang sudah disematkan untuk melindungi layar HP ini.

1.4. Performa

Untuk urusan performa, Samsung Galaxy A51 mempercayakannya pada chipset buatan mereka sendiri. Adalah Exynos 9611 (10 nm) sebagai chipset yang mereka pilih untuk ditanam di smartphone ini. Semua itu dipadu juga dengan CPU Octa-core dan GPU Mali-G72 MP3.

Hasilnya, smartphone ini mampu meraih skor AnTuTu Benchmark sebesar 177 ribu lebih. Skor yang cukup untuk bisa memainkan game-game HD yang beredar saat ini, seperti Mobile Legend, Wild Rift, Call of Duty, dll. Khusus untuk PUBG, akan lebih lancar jika menggunakan settingan medium.

Di sisi lain, smartphone ini juga bisa diandalkan untuk keperluan multitasking. Hal itu berkat RAM 4 GB dan internal 64 GB yang dimilikinya. Jika ingin lebih lega lagi, Samsung juga menyediakan varian 4/128 GB, 6/128 GB, dan 8/128 GB.

1.5. Baterai

Meski kini banyak vendor yang menyediakan smartphone dengan baterai 5000 mAh ke atas pada range harga yang sama, namun Samsung lebih memilih untuk menggunakan kapasitas baterai 4000 mAh. Meski lebih kecil, baterai di HP ini cukup efisien untuk penggunaan seharian.

Untuk menyuplai listrik saat charging atau melakukan transfer file antar perangkat, Samsung Galaxy A51 sudah dilengkapi dengan port USB type-C. Anda juga bisa mengisi daya lebih cepat berkat teknologi fast charging 15W. Untuk bisa terisi penuh, setidaknya HP ini membutuhkan waktu 2 jam.

Dengan spesifikasi tersebut, Anda bisa tetap bermain game dan juga menggunakan media sosial meskipun sedang berada di luar rumah. Selain kapasitasnya yang cukup besar, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi dayanya juga tidak terlalu lama.

1.6. Sistem Operasi

Untuk awal rilisnya, Samsung Galaxy A51 menggunakan Android 9 (Pie) dan akan mendapat update ke versi 10 (Oreo) setelahnya. Untuk tampilan antarmukanya, smartphone ini masih sama seperti pendahulunya, yaitu menggunakan One UI milik Samsung sendiri.

Kombinasi Android versi terbaru dengan One UI Samsung dapat menghadirkan beberapa fitur, seperti mode gesture untuk penggunaan layar full screen, dark mode, face unlock improvement yang membuat mode pengenalan wajah semakin akurat, serta beberapa fitur keren lainnya.

Tampilan ikon aplikasi dan juga proses perpindahan layar juga cukup sederhana sehingga mudah digunakan oleh hampir semua kalangan, mulai dari anak kecil sampai para pengguna dewasa. Bahkan orang tua sekalipun akan cukup mudah mengoperasikannya.

1.7. Fitur

Untuk fitur di Samsung Galaxy A51 terbilang cukup lengkap. Pasalnya, adanya fitur tersebut membuat aktivitas seharian bisa lebih mudah dan praktis. Fitur-fitur tersebut di antaranya, sensor fingerprint, FM Radio, Samsung Pay, hingga NFC.

Dengan adanya NFC, Anda akan lebih mudah dalam menggunakan layanan uang elektronik seperti saat melakukan top up, membayar E-Tol, dll.

Agar Anda bisa lebih jelas lagi dalam melihat spesifikasi dari Samsung Galaxy A51, maka tabel ini bisa Anda lihat secara lebih detail:

2. Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A51

  • OS: Android 9 (Pie) update ke Android 10 (Oreo) – One UI 2.0
  • Ukuran Layar: 6,5 inch
  • Resolusi Layar: 1080 x 2400 pixels, 20:9 ratio (~405 ppi density)
  • Chipset: Exynos 6911 (10 nm)
  • CPU: Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A73 & 4x1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G72 MP3
  • Kamera Belakang:
    • 48 MP Auto Focus (Wide)
    • 12 MP (ultrawide)
    • 5 MP (macro)
    • 5 MP (depth)
  • Kamera Depan: 32 MP (wide)
  • Tipe Screen: Super AMOLED
  • RAM/Storage: 4/64, 4/128, 6/128, 8/128
  • Kapasitas Baterai: 4.000 mAh, (charging 15W)
  • Type USB Type-C: Ya
  • Fingerprint: Ya
  • Harga Pasaran: Rp 4,4 – 4,7 juta

3. Kesimpulan

Melihat spesifikasi yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A51 ini, rasanya smartphone ini layak untuk Anda miliki. Tidak saja karena berbagai aspek yang disebutkan di atas, tetapi juga layanan purna jual yang disediakan juga cukup komplit. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!