Skip to main content

Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik

Cara Membuat Curriculum Vitae

Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik

Pada saat Anda baru saja lulus kuliah maka hal pertama yang melintas di pikiran Anda adalah melamar pekerjaan. Salah satu proses dalam melamar kerja ini adalah membuat curriculum vitae atau yang sering disebut juga CV. Cara pembuatannya memang mudah, tapi Anda tetap harus membuat CV yang menarik.

Membuat CV yang menarik ini tentunya akan membuat pihak pemberi kerja ingin tahu lebih jauh tentang Anda, dan bagaimana kinerja Anda dalam bekerja. Jadi, CV ini sangat berpengaruh pada diterima atau tidaknya Anda di suatu perusahaan yang Anda lamar.

1. Pengertian Daftar Riwayat Hidup atau CV

Pengertian CV atau daftar riwayat hidup secara umum adalah informasi diri kita sebagai pihak pencari kerja. Daftar riwayat hidup ini akan meliputi banyak hal yang penting mengenai diri Anda. Misalnya nama, tempat tanggal lahir, nomor handphone, alamat email, alamat rumah dan lain sebagainya.

Pengalaman bekerja juga biasanya akan dituliskan di dalam CV tersebut, supaya pihak pemberi kerja mengetahui pengalaman apa saja yang sudah Anda lalui dalam bekerja. Daftar riwayat hidup ini akan dikirim bersamaan dengan surat lamaran.

Perusahaan akan mengetahui diri Anda yang sebenarnya hanya dengan melihat CV Anda tersebut. bahkan CV tersebut bisa menjadi acuan yang penting ketika mereka mewawancarai Anda. Namun, tak sedikit pihak HRD dari suatu perusahaan yang malas membaca daftar riwayat hidup pelamar.

Oleh sebab itu, Anda harus membuat CV yang menarik dan mampu menarik perhatian pihak HRD. Supaya Anda bisa dipilih sebagai pelamar kerja yang akan diwawancara.

2. Tips Membuat CV yang Memiliki Daya Tarik Bagi Perusahaan

Sebaiknya Anda tidak membuat CV secara asal-asalan, caranya dengan menerapkan strategi yang tepat untuk membuat CV menjadi lebih menarik seperti di bawah ini:

2.1. Lakukan Job Search Terlebih Dulu

Sebelum mulai membuat CV dan surat lamaran ke suatu perusahaan, ada baiknya Anda mencari tahu dahulu bagaimana seluk beluk perusahaan tersebut. Cari tahu melalui media sosial atau websitenya. Bisa juga dengan bertanya langsung pada orang yang tahu perusahaan tersebut.

Ketahui juga bagaimana visi dan misi perusahaan yang Anda tuju supaya Anda bisa membuat CV yang sesuai dengan kriteria mereka.

2.2. Mengetahui Isi dari Daftar Riwayat Hidup Secara Umum

Anda juga harus sudah tahu betul apa saja isi di dalam daftar riwayat hidup, dan apa saja yang boleh atau tak boleh dicantumkan. Usahakan buat data pribadi yang rapi dan berurutan sehingga isinya tidak membingungkan pihak perusahaan.

Konten dari CV yang harus atau wajib ada diantaranya yaitu identitas diri secara lengkap, riwayat pendidikan, keterampilan dan keahlian yang dimiliki, pengalaman dalam bekerja sampai informasi lain yang masih berhubungan dengan diri Anda.

2.3. Mulai Membuat CV

Langkah berikutnya adalah mulai membuat CV yang bisa diterima oleh perusahaan. Cobalah untuk menciptakan sebuah keseimbangan di dalam isi dan desain yang menarik pada CV tersebut. Pastikan desain yang Anda buat sudah rapi, enak dibaca dan minimalis.

Untuk desainnya sendiri sebenarnya tak ada aturan khusus, tetapi Anda bisa menggunakan aplikasi atau mengikuti cara pembuatan CV secara online. Misalnya melalui web bikincv.com.

2.4. Membuat Review dari CV yang Anda Buat

Setelah membuat daftar riwayat hidup yang sesuai dengan ketentuan, kini saatnya Anda mereview kembali CV tersebut supaya menghindari kesalahan pada pembuatan CV tersebut. Hal itu menjadi cara yang efektif dalam membuat CV yang benar.

Pastikan Anda membuat daftar riwayat hidup dengan menggunakan bahasa baku dan sopan.

2.5. Melakukan Analisa Ulang dari CV yang Anda Buat

Anda bisa berperan sebagai pihak HRD yang mencoba menjadi pihak yang bersikap objektif dalam menilai sebuah CV yang baik. Cara ini menjadi cara yang pas untuk membuat CV yang memang sesuai dengan harapan dan kriteria si pemberi kerja.

Manfaatkan teman, pasangan, atau keluarga untuk seolah-olah menjadi pihak HRD dalam membaca sebuag daftar riwayat hidup yang baik.

3. Cara Membuat CV Secara Online di Bikincv.com

youtube image

Selain membuat CV secara manual Anda juga bisa membuat CV secara online melalui platform atau aplikasi khusus. Pembuatan CV secara online ini akan lebih memudahkan proses pembuatan CV tersebut. Misalnya dengan membuat CV di bikincv.com dengan cara online, berikut tata cara lengkapnya:

3.1. Mengisi Data Terlebih Dahulu

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengisi data terlebih dulu. Lengkapi form daftar riwayat hidup yang sudah tersedia di sana.

3.2. Memilih Design yang Sesuai

Anda bisa bebas memilih template design manapun yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya disesuaikan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Banyak pilihan template yang tersedia di sana dan beragam warna.

3.3. Download CV

Jika setiap tahapnya sudah dilakukan dengan baik maka Anda tinggal mendownloadnya melalui dashboard. Caranya sangat mudah dan lebih praktis.

4. Contoh-Contoh CV atau Daftar Riwayat Hidup

4.1. Daftar Riwayat Hidup Formal

  • DATA PRIBADI

    Nama: Muhajirin

    Tempat, Tanggal Lahir: Jakarta, 11 Juni 1994

    Jenis Kelamin: Laki-laki

    Agama: Islam

    Tinggi/Berat Badan: 175 cm/60 kg

    Alamat: Komplek Griya Mulia Blok K No 12 Jakarta

    No Handphone: 081352635464

    Status: Belum Menikah

    Email: muhajirin@gmail.com

  • RIWAYAT PENDIDIKAN

    Formal

    Sekolah Dasar: SD Pamageran I Jakarta

    SMP: SMP 179 Jakarta

    SMA: SMA 201 Jakarta

    Perguruan Tinggi: Universitas Atma Jaya Jakarta (Program Studi Teknik Informatika)

    Non Formal

    • Kursus Bahasa Inggris (2015 – 2016)

    • Belajar Corel dan Photoshop (2012 – 2014)

    • Pelatihan Merakit Komputer (2016)

    • PENGALAMAN BEKERJA

    • PT Semar Gula (2012 – 2016)

    • CV Informatika Medika (2016 – 2020)

4.2. Daftar Riwayat Hidup Sederhana

  • DATA PRIBADI

    Nama: Winda Santika

    Tempat, Tanggal Lahir: Bandung 12 Januari 1990

    Jenis Kelamin: Perempuan

    Agama: Islam

    Tinggi/Berat Badan: 158 cm/45 kg

    Alamat: Jl Raya Bandung Barat III No 90 Bandung

    No Handphone: 08726356434

    Status: Menikah

    Email: Winda_winda@gmail.com

  • DATA PENDIDIKAN

    Sekolah Dasar: SD Sentosa V Bandung

    SMP: SMPN 212 Bandung

    SMA: SMAN 132 Bandung

    Perguruan Tinggi : Universitas Padjajaran Bandung (Program Studi Ilmu Komunikasi)

    KEMAMPUAN

    • Bisa mengoperasikan komputer dan internet dengan baik

    • Bisa berbahasa Inggris secara aktif

    PENGALAMAN BEKERJA

    • PT Sutera Mulia Bandung

    • PT Bandung Raya

    • PT Surisna Jakarta

    • CV Kampung Lima Bandung

    • CV Antar Jaya Sumedang

    • PT Kabina Bina Bandung

Dalam membuat CV yang baik dan benar harus diperhatikan dahulu ketentuan dari isi di dalamnya, atau apa saja yang harus dimasukkan ke dalam CV. Kemudian perhatikan bagaimana gaya bahasa, desain dan kerapian CV tersebut.

Jika Anda sudah memperhatikan aturan yang baik dalam membuat CV maka Anda bisa membuat daftar riwayat hidup yang benar dan sesuai dengan keinginan dari perusahaan yang dituju. Pastikan juga Anda sudah memilih desain yang kriterianya sudah sesuai dengan perusahaan yang dituju.

Bagi Anda yang ingin buat CV online yang baik dan benar, dengan desain dan tampilan yang menarik, maka buatlah di bikincv.com sekarang juga. Selamat Mencoba dan Semoga Sukses!