Skip to main content

Realme Narzo 20, Review Lengkap + Harga Terbaru

Realme Narzo 20

Realme Narzo 20, Review Lengkap + Harga Terbaru

Banyaknya game seru yang bisa dimainkan di Android saat ini membuat para vendor smartphone menciptakan ponsel gaming terbaiknya. Salah satunya datang dari brand Realme yang mengusung smartphone gaming 2 jutaan. Produk itu tidak lain adalah Realme Narzo 20.

Persaingan smartphone di sektor harga 2 jutaan memang sangat ketat. Terbukti dengan banyaknya pilihan smartphone yang ditawarkan oleh berbagai merek. Apakah Realme Narzo 20 ini lebih baik dari produk smartphone lainnya? Mari temukan jawabannya melalui ulasan berikut ini.

1. Review Lengkap Realme Narzo 20

Dirilis pada bulan September 2020 lalu, smartphone terbaru Realme Narzo 20 ini mengusung tagline “Boost the Power” yang siap memanjakan para gamer muda tanah air. Tidak hanya datang sendiri, smartphone ini juga ditemani oleh saudaranya, yaitu Realme Narzo 20 Pro.

Lalu, apakah smartphone ini mampu menjadi pilihan terbaik di kisaran harga 2 jutaan? Berikut akan kita ulas smartphone ini dari berbagai aspek.

1.1. Desain

Dari segi desain, smartphone ini memiliki material polycarbonat sebagai pelapis utamanya. Selain itu, terdapat pola berupa bentuk huruf V di bagian belakang mengisyaratkan kata “Victory” sebagai gambaran spirit saat bermain game.

Untuk dimensinya, Realme Narzo 20 memiliki ukuran 164.5 x 75.9 x 9.8 mm dengan bobot 208 gram. Ukuran ini akan membuat Anda tetap nyaman saat menggenggamnya dengan dua tangan, meskipun untuk penggunaan satu tangan bagi beberapa orang masih agak kebesaran.

Secara keseluruhan, desain dari Realme Narzo 20 bisa dikatakan cukup elegan dan berkesan premium. Kesan premium akan terlihat ketika Anda tidak menggunakan casing tambahan karena corak huruf V akan terlihat. Namun, jika Anda ingin lebih aman sebaiknya gunakan casing tambahan.

1.2. Display

Beralih ke sektor display, smartphone terbaru dari Realme ini mengusung layar sebesar 6,5 inci. Sayangnya, resolusinya masih HD+ atau setara 700 x 1600 piksel. Meski begitu, Anda masih bisa menikmati berbagai tampilan objek di dalamnya dengan cukup detail.

Sedangkan di sisi layarnya, panel IPS masih menjadi pilihan yang sangat pas mengingat gambar yang bisa dihasilkannya cukup memanjakan mata penggunanya. Terlebih layar ini juga memiliki sudut pandang yang luas sehingga Anda bisa melihat layar smartphone ini dari berbagai posisi.

Di samping memiliki kelemahan pada layarnya yang belum Ful HD, layar Realme Narzo 20 juga tidak memiliki pelindung layar Corning Gorilla Glass. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati jika ingin menggunakannya atau saat menyimpannya di kantong.

1.3. Performa

Satu sisi yang juga menjadi andalan dari Realme Narzo 20 adalah di sektor performanya. Hal itu terlihat dari pilihan prosesor yang disematkan di dalamnya, yaitu Mediatek Helio G85. Chipset ini digadang mampu untuk menjalankan aktivitas ringan hingga berat seperti game.

Beberapa pengujian menggunakan AnTuTu Benchmark berhasil mendapatkan skor hingga 200-ribuan lebih. Dengan performa tersebut tentu saja membuat Anda bisa dengan nyaman memainkan game-game HD seperti PUBG Mobile, Mobile Legend, dll.

Untuk keperluan multitasking, Realme Narzo 20 sudah dibekali RAM 4 GB yang juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan sebesar 64 GB dan 128 GB. Seharusnya proses berpindah aplikasi sudah cukup lancar dengan spesifikasi seperti itu.

1.4. Baterai

Komponen satu ini bisa dikatakan adalah keunggulan utama dari Realme Narzo 20 ini. Bagaimana tidak, baterai yang ditanamkan ke smartphone ini memiliki kapasitas sebesar 6000 mAh. Dengan kapasitas sebesar ini, Anda bisa dengan tenang menggunakannya seharian.

Tidak hanya baterainya yang berkapasitas besar, port USB di smartphone ini juga sudah type-C dan mendukung mode fast charging 18W. Sayangnya, untuk mengisi daya sebesar 6000 mAh, fitur fast charging 18W sepertinya belum cukup cepat untuk mengisinya sampai penuh.

Selain itu, untuk mendukung daya tahan baterainya, Realme juga sudah menyediakan Mode Hemat Daya dan Super Hemat Daya agar penggunaan smartphone ini bisa lebih lama lagi.

1.5. Kamera

Dari sektor kamera, Realme Narzo 20 menempatkan 3 kamera di bagian belakang dan 1 kamera di bagian depan. Untuk kamera belakangnya masing-masing memiliki lensa 48 MP f/1.8 + 8 MP f/2.3 + 2 MP makro. Sedangkan di bagian depan 8 MP, f/2.0, 26mm (wide).

Baik kamera depan maupun kamera belakang sama-sama sudah mendukung mode perekaman video 1080p 30fps sehingga Anda bisa mengabadikan berbagai momen berharga dengan video yang jernih dan smooth.

Untuk peletakan kameranya, smartphone ini masih sama dengan beberapa seri Realme lainnya. Ketiga kamera belakang terletak di sisi kiri atas body berbentuk persegi yang juga dilengkapi dengan lampu flash. Untuk kamera depannya terletak di sisi tengah bagian atas layar.

1.6. Fitur

Selain beberapa spesifikasi di atas, terdapat beberapa fitur yang membuat smartphone ini semakin layak untuk dipilih. Pertama, smartphone ini sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang. Fitur ini tentu saja akan menambah sistem keamanan di smartphone ini.

Kedua, ada Mode Face Recognition untuk seketika membuka layar smartphone dengan hanya menatap layar saja. Selanjutnya, terdapat juga FM Radio yang bisa Anda mainkan ketika sedang merasa bosan atau sedang menunggu sesuatu.

Bagi Anda yang aktif menggunakan transaksi seperti E-Toll, mungkin agak sedikit kecewa karena fitur NFC belum ditambahkan pada Realme Narzo 20 ini. Hal itu wajar mengingat perangkat dari brand lain dengan range harga yang sama juga tidak banyak yang menambahkan fitur tersebut.

1.7. Sistem Operasi

Selain dari segi hardware, sebuah smartphone tidak akan optimal tanpa software yang mendukungnya. Karena itulah sebuah sistem operasi sangat diperlukan. Di Realme Narzo 20 ini, basic OS yang digunakan adalah Android 10 dengan UI khas Realme, yaitu Realme UI.

Pengoperasian dari smartphone ini juga sangat simpel dan mudah digunakan oleh berbagai kalangan, baik anak kecil, dewasa, hingga orang tua sekalipun. Dukungan update Android versi terbaru memungkinkan smartphone ini untuk menjalankan berbagai fitur terbarunya.

Fitur-fitur tersebut meliputi mode gelap (dark mode), split screen, auto fill untuk mempermudah saat login ke berbagai akun media sosial, speech bubble untuk mengakses menu tambahan sebelum membuka aplikasi dengan cara menekan dan menahan aplikasi sebelum dibuka.

Agar lebih jelas, Anda bisa simak detail spesifikasi dari smartphone ini pada tabel berikut:

2. Spesifikasi dan Harga Realme Narzo 20

  • OS: Android 10 (Oreo) – Realme UI
  • Ukuran Layar: 6,5 inch
  • Resolusi Layar: 720 x 1600 pixels, 20:9 ratio (~270 ppi density)
  • Chipset: Mediatek Helio G85
  • CPU: Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • Kamera Belakang:
    • 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), PDAF
    • 8 MP, f/2.3, 119˚ (ultrawide)
    • 2 MP, f/2.4, (macro)
  • Kamera Depan: 8 MP, f/2.0, (wide)
  • Tipe Screen: IPS LCD
  • RAM/Storage: 4/64, 4/128
  • Kapasitas Baterai: 6.000 mAh, (charging 18W)
  • Tipe USB Type-C: Ya
  • Fingerprint: Ya
  • Harga Pasaran: Rp 1,9 – 2,2 juta

3. Kesimpulan

Dari seluruh ulasan tentang Realme Narzo 20 di atas, dapat disimpulkan bahwa smartphone ini cukup tangguh untuk bermain game. Terlebih baterainya sangat besar untuk bisa digunakan seharian penuh. Jika Anda suka bermain game dan sering bepergian, maka HP ini bisa Anda pilih. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!