Skip to main content

Review Lenovo Legion Y530 dan Spesifikasinya

Lenovo Legion Y530

Review Lenovo Legion Y530 dan Spesifikasinya

Tren laptop saat ini sedang mengarah ke arah sektor gaming, tak heran beragam brand laptop mulai memproduksi laptop berbasis gaming miliknya. Salah satunya datang dari laptop Lenovo dengan produk terbarunya Lenovo Legion Y530.

Lenovo memang sudah sangat terkenal dengan laptop buatannya, di Indonesia sendiri pengguna brand ini tidaklah sedikit. Hadirnya varian terbaru yang mengusung teknologi gaming, tentunya akan membuat jajaran laptop Lenovo semakin diminati oleh para pengguna laptop.

1. Harga Laptop Lenovo Y530

Lenovo Y530 hadir dengan menyasar kelas entry level di bidang gaming, dimana terdapat beberapa varian yang diluncurkan di pasaran. Tentu saja setiap varian mempunyai spesifikasi yang berbeda, untuk harganya sendiri bisa Anda lihat di tabel berikut ini :

No Seri Lenovo Y530 Harga
1. Legion Y530 15ICH Rp.15.599.000,-
2. Legion Y530 71ID Rp.20.999.000,-
3. Legion Y530 73ID Rp.18.999.000,-

2. Spesifikasi Lenovo Legion Y530

Dengan harga kisaran 15 sampai 20 jutaan, Anda bisa mendapatkan laptop dengan spesifikasi sangat mumpuni. Baik di sektor dapur pacunya maupun grafik yang ditawarkan, untuk spesifikasi lengkapnya Anda bisa menyimak di tabel berikut :

2.1. Spesifikasi Lengkap Lenovo Legion Y530

  • Processor: Intel generasi ke-8® Core™ i7-8750H
  • Sistem Operasi: Windows 10 Home
  • Display: 15.6” FHD (1920 x 1080) IPS (hingga 144 Hz, 300 nits)
  • Grafis:
    • NVIDIA® GeForce® GTX 1050
    • NVIDIA® GeForce® GTX 1050 Ti
  • Baterai: 52.5 WHr
  • Memori: Hingga 32 GB DDR4 2666 MHz
  • Storage:
    • Hingga 512GB PCIe SSD
    • Hingga 2TB HDD Intel® Optane™-Ready
  • Audio: Harman® speaker dengan Dolby Audio™
  • Ports:
    • 3 USB 3.1 Type-A
    • USB 3.1 Type-C
    • Mini DisplayPort 1.4
    • HDMI 2.0
    • RJ-45
    • Audio combo jack
    • NOVO
  • Konektivitas:
    • WiFi 2x2 AC + Bluetooth® 4.2
    • WiFi 1x1 AC + Bluetooth® 5
  • Dimensi (W x D x H): 14.37” x 10.24” x 0.95” (365 mm x 260 mm x 24.2 mm)
  • Berat: 2.3 kg

3. Review Lenovo Y530

Terlepas dari spesifikasinya yang sangat mendukung sektor gaming, Lenovo Legion Y530 juga membawa banyak kelebihan lainnya. Berikut ini adalah review Lenovo Y530 bagi Anda yang berminat membeli laptop baru.

3.1. Layar yang Stylish

Lenovo Y530 dibekali layar yang mencukupi untuk aktivitas bermain game, dimana ia mempunyai layar FHD dengan ukuran 15,6”. Layar yang lebar ini akan sangat memanjakan penggunanya, baik saat bekerja, menonton video, hingga bermain game melalui laptop tersebut.

Di samping itu laptop ini mempunyai jumlah cahaya hingga 300 nits, membuatnya dapat menampilkan beragam gambar dengan lebih jelas. Apalagi ia sudah ditanamkan teknologi 144Hz yang mampu menampilkan pergerakan dengan lebih halus.

3.2. Desain Gahar

Selain itu Lenovo Legion Y530 juga dibuat dengan desain yang gahar, sebisa mungkin ia dibuat supaya terlihat seperti laptop gaming. Namun disisi lain laptop ini tetap mengusung gaya yang elegan, sehingga cocok pula bila digunakan di keseharian.

Lenovo berhasil memadukan material premium dan komponen yang membuatnya sangat kokoh, untuk ukuran laptop gaming ia sangat ringan dengan berat hanya 2,3 kg saja. Padahal dimensinya terbilang cukup besar yaitu 365 mm x 260 mm x 24,2 mm.

Penempatan port yang pas serta dukungan LED pada keyboardnya, tentu saja menambah daya tarik dari laptop tersebut. Sehingga dapat digunakan di berbagai keadaan, seperti di luar ruangan ataupun di ruangan yang gelap sekalipun.

3.3. Dukungan Fitur Terbaru di Sektor Multimedia

Ditanamkan fitur baru berupa speaker Harman dengan Dolby Atmos, Lenovo Legion Y530 akan memberi pengalaman penggunaan yang lebih asik. Baik untuk menonton video maupun bermain game bisa memiliki suara yang lebih nyata.

Apalagi ia juga sudah mendukung 3D Audio, fitur ini memungkinkan suara yang dikeluarkan bisa berganti-ganti dari arah yang berbeda. Dengan begitu suasana yang diciptakan bisa seasli mungkin, hal ini akan menambah keseruan dalam melakukan berbagai hal di laptop yang satu ini.

3.4. Grafik Memukau

Segi grafiknya sendiri tidak perlu diragukan lagi, Lenovo Legion Y530 memang sudah dibekali grafis dari NVIDIA GeForce GTX 1050. Grafis tersebut sudah terkenal dapat menampilkan grafik yang lebih memukau, baik dari segi detail atau tone warna yang ditampilkan.

Adanya grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 juga mendukung display 3D, sangat cocok digunakan untuk desainer ataupun bermain game yang membutuhkan fungsi tersebut. Tentunya semua kegiatan tersebut sudah dapat dilakukan melalui laptop yang satu ini.

Bahkan terdapat seri khusus yang dibekali grafis berbeda, seri tersebut membawa grafis NVIDIA GeForce GTX 1050i. Kabarnya grafis ini ditanamkan 768 CUDA Core dan VRAM 4GB GDDR5, dengan adanya spesifikasi tersebut membuat tampilan gambar akan semakin detail dan responsif.

3.5. Daya Tahan Baterai

Diberi baterai yang lumayan besar dengan ukuran 52,5 WHr, Lenovo mengklaim Lenovo Legion Y530 ini dapat bertahan hingga 5 jam penggunaan berat. Seperti menonton video nonstop, melakukan desain grafis, hingga bermain game berat sekalipun.

Ketahanan baterai yang tinggi ini dilengkapi dengan sistem charge terbaru, dimana ia dapat mengisi baterai laptop dengan sangat kencang. Sangat cocok untuk Anda yang tidak suka menunggu laptop dengan waktu charger yang lama.

3.6. Processor

Lenovo Legion Y530 sudah ditanamkan processor yang sangat gahar, Intel Core i7 dipilih sebagai dapur pacu utama laptop ini. Hal tersebut dikarenakan ia dinilai cocok untuk game-game berat, selain itu sangat hemat daya saat digunakan dalam jangka waktu lama sekalipun.

Intel Core i7 juga terkenal dengan kemampuan menampilkan grafik yang tinggi, seperti pada game berat Fortnite, Far Cry, The Witcher, dan lain sebagainya. Tentu saja pengalaman bermain game akan semakin menyenangkan lagi dengan adanya dapur pacu yang kencang tersebut.

3.7. Performa

Selain datang membawa processor Intel Core i7, laptop ini juga sudah dibekali memori RAM DDR4 2666 MHz 8 GB atau 16 GB. Paduan kedua dapur pacu ini menghasilkan performa yang sangat kencang, bahkan dapat digunakan melibas software editing kelas berat hingga game-game terkini.

Apabila ia sudah dapat digunakan untuk software berat tersebut, pastinya untuk kebutuhan lain bisa dilakukan dengan lancar. Baik menonton video, multitasking, editing, internet, dan masih banyak lagi lainnya.

3.8. Konektivitas

Laptop Lenovo Legion Y530 dilengkapi dengan beberapa konektivitas, seperti dukungan WiFi dan Bluetooth versi 5.0. Adanya konektivitas ini akan membantu Anda, terutama saat ingin berbagi file dengan lebih cepat.

Selain itu Lenovo Y530 terdapat berbagai pilihan port, mulai dari USB Type C, USB Type A, HDMI, hingga dukungan NOVO. Berbagai port tersebut berguna saat Anda ingin melakukan koneksi dengan perangkat output, seperti perangkat gaming eksternal yang banyak digunakan sekarang ini.

Laptop gaming memang sedang populer saat ini, tentu saja hadirnya Lenovo Legion Y530 bisa menambah jajaran pilihan laptop gaming yang ada. Bagi Anda seorang gamer rilisnya laptop terbaru ini, pastinya bisa menjadi alternatif pilihan saat ingin membeli laptop gaming lagi.