Skip to main content

Harga Nintendo Switch Terbaru di Pasaran

Nintendo Switch

Harga Nintendo Switch Terbaru di Pasaran

Seseorang yang menyukai game konsol pastinya tidak akan asing mendengar game Nintendo Switch, bahkan untuk saat ini paling banyak digemari. Dengan banyaknya penggemar dan permintaan pasar tentunya membuat harga Nintendo Switch menjadi sangat fluktuatif.

Game konsol ini dapat dimainkan pada layar besar dengan memakai docking atau bisa juga dimainkan secara portable dengan layar serta kontroler yang menempel pada konsol tersebut.

1. Review Nintendo Switch

Untuk dipasaran sendiri game ini mempunyai 3 varian seperti Nintendo Switch versi pertama, kedua serta Nintendo Switch Lite. Bagi Anda yang penasaran dengan review dan harga Nintendo Switch silahkan simak terus alasannya berikut ini.

1.1. Varian Nintendo Switch

Seperti yang sudah disebutkan diatas kalau game konsol ini terbagi menjadi 3 varian. Series pertama, kedua dan Nintendo Switch Lite.

Nintendo Switch versi pertama bisa untuk bermain game dengan jangka waktu yang lumayan lama sekitar 2,5 jam sampai 6,5 jam. Untuk versi kedua, bisa dimainkan dalam jangka durasi waktu yang lebih lama yakni 4,5 jam sampai 9 jam. Jadi bisa dikatakan kalau generasi yang kedua lebih baik dari pada versi pertama.

Sedangkan untuk Nintendo Switch Lite agak sedikit berbeda dari generasi pertama dan kedua. Salah satu yang membedakan adalah Anda tidak dapat melepas controller Joy-Con dari bodi perangkat. Pada dasarnya, generasi yang ini diperuntukan untuk gaya permainan handheld.

1.2. Spesifikasi Nintendo Switch

Berikut ini merupakan beberapa spesifikasi dari game console Nintendo Switch:

  • Nama: Nintendo Swicth
  • Berat perangkat: 297 gram (Console Only)
  • Processor: Custom Nvidia Tegra
  • Grafik: Up to 1080p (1920 × 1080) HD
  • Dimensi Produk: 23.9 x 10.2 x 1.4 cm (Console Only)
  • Kelengkapan: Paket Joy Con Controller
  • Kapasitas Memori: Sesuai spesifikasi pembelian
  • Konektivitas: 2.4/5 GHz 802.11ac Wi-Fi
  • Bluetooth: 4.1, 1
  • USB: 3.0 (On Dock), 2 x USB 2.0 (On Dock), 1 x USB Type-C (On Unit)
  • Input Output Port: –
  • Kapasitas Penyimpanan: 32GB
  • Micro SD: Yes
  • Baterai: 4,310 mAh
  • Bonus game: The Legend of Zelda: Breath of the Wild & Nintendo 1-2 Switch

2. Rekomendasi Nintendo Switch

Apabila Anda tertarik untuk mengoleksi Nintendo Switch dengan tampilan yang berbeda dari kebanyakan punya orang, ada bagusnya Anda anda membaca ulasan berikut ini, sebab saya sudah memberikan rekomendasi Nintendo Switch edisi khusus, seperti:

2.1. Nintendo Switch Super Mario Odyssey

Super Mario Odyssey adalah salah satu game pertama yang muncul pada Nintendo Switch. Gameplay yang disajikan membuat banyak orang menyukainya.

Tidak heran jika Nintendo Switch Super Mario Odyssey menjadi game konsol yang masuk ke dalam kategori khusus karakter unggulan.

Jenis game konsol ini hadir dengan desain warna merah dengan peta dalam Odyssey. Bahkan setiap Joy-Con di konsol ini dibalut dengan warna merah.

2.2. Nintendo Switch Super Smash Bros

Super Smash Bros merupakan jenis game fighting yang menampilkan karakter andalan dari game Nintendo seperti Samus, Pikachu, Sonic, Mega, Mario, Link, dan Donkey Kong.

Nintendo Switch Super Smash Bros sendiri game konsol yang dibuat dengan desain warna dasar abu-abu, yang terlihat keren dan mewah.

2.3. Nintendo Switch Pikachu & Eevee

Kalau Anda pecinta game pokemon, maka Nintendo Switch Pikachu & Eevee yang satu ini cocok untuk Anda miliki.

Joy-con yang terdapat di konsol game ni berwarna kuning layaknya Pikachu, sedangkan Joy-Con lainnya dibalut dengan warna coklat mudah yang mirip dengan Eevee.

Bahkan dua karakter utama game pokemon juga ditampilkan dalam docknya yang berwarna dasar abu-abu.

2.4. Nintendo Switch Splatoon 2

Seperti yang Anda tahu kalau Nintendo dikenal dengan gamenya yang aman dimainkan oleh anak-anak. Hal ini juga berlaku untuk game Shooter yang di berikan nama Splatoon 2.

Game ini dirilis dan dilengkapi dengan sepasang Joy-COn berwarna hijau dan merah mudah. Jadi, kedua kombinasi warna ini menjadi ciri khas game Nintendo Switch Splatoon 2.

2.5. Nintendo Switch Diablo III

Dengan dirilisnya Nintendo Switch Diablo III membuat banyak penggemarnya terkejut sekaligus membahagiakan.

Apalagi game ini menampilkan artwork dari game action RPG pada dock Switch nya.

Untuk Joy-COn dan Dock konsol pada Nintendo Switch Diablo III dibalut dengan warna dasar abu-abu, sehingga terlihat keren.

3. Kelebihan dan Kekurangan Nintendo Switch

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari Nintendo Switch:

3.1. Kelebihan Nintendo Switch

  • Mempunyai daya tahan baterai 2,5 jam hingga 6 jam dalam sekali pakai.
  • Nintendo Switch sangat cocok dimainkan di keluarga.
  • Nintendo Switch bisa dibawa ke mana-mana.
  • Nintendo Switch bisa disambungkan ke perangkat televisi atau monitor dengan konektivitas HDMI.
  • Gamenya begitu eksklusif yang sangat menarik.

3.2. Kekurangan Nintendo Switch

  • Sistem Penyimpanan kurang mumpuni.
  • Layar console masih bisa dengan jelas memantulkan bayangan.
  • Nintendo Switch tidak bisa digunakan untuk keperluan di luar game.
  • Game masih sedikit, mungkin karena baru kemarin di rilis jadi belum banyak game yang ikut di rilis.
  • Harga Nintendo Switch di pasaran masih tergolong mahal, terutama di indonesia.

4. Perbedaan Nintendo Switch dan Nintendo Switch Lite

Berikut beberapa perbedaan dari kedua varian game ini:

4.1. Ukuran dan Berat

Perbedaan yang paling mencolok selain harga adalah ukuran dan beratnya. Jika Nintendo Switch Lite lebih kecil ukuran, tentu saja membuat beratnya lebih ringan. Kalau versi originalnya atau Nintendo Switch lebih besar, lebar, tinggi dan tebal.

4.2. Ukuran Layar

Jika Anda perhatikan, Nintendo Switch dibuat dengan ukuran layar 6.5 inci. Sedangkan Nintendo Switch Lite dibuat dengan layar sebesar 5.5 inch saja.

Namun kedua konsol dari game ini sama-sama mempunyai resolusi layar HD 1280 x 720 piksel. Dan keduanya sama-sama memakai pane layar sentuh LCD.

4.3. Controller dan Aksesoris

Perbedaan lain yang terlihat signifikan adalah controller dan aksesorisnya. Jika versi originalnya atau Nintendo Switch dilengkapi dengan kontroler Joy Con yang bisa dilepas.

Sedangkan pada Nintendo Switch Lite tidak ada kontroler Joy Con. Artinya langsung di pasang di perangkat dan tidak dapat dilepas pasang. Sehingga game ini tidak didukung HD Rumble dan IR Motion Camera.

Selain itu, dalam pembelian paket Anda juga tidak bisa memperoleh Nintendo Switch Dock. Sehingga Anda tidak bisa menyambungkan Switch Lite ke TV melalui dock atau HDMI.

4.4. Mode Pemakaian

Karena Nintendo Switch Lite tidak memiliki Joy Con otomatis pemakaian yang bisa digunakan lebih terbatas. Kemudian game ini juga hanya bisa dipakai dalam satu mode saja yakni Handled.

Tidak seperti pada Nintendo Switch yang bisa gunakan dalam 3 mode sekaligus seperti TV Mode, Handled dan Tabletop.

4.5. Kapasitas Baterai dan Daya Tahan

Dari segi kapasitas baterai sebenarnya tidak berbeda jauh. Jika Nintendo Switch dibekali baterai sebesar 4310 mAh. Maka yang Nintendo Switch Lite dibekali dengan baterai berkapasitas 3570 mAh.

Meskipun kapasitas baterai dari Nintendo Switch kecil, namun membuat konsumsi dayanya lebih efisien, karena ukuran layarnya yang lebih kecil dan tidak disupport Joy Con yang membutuhkan koneksi wireless.

Bahkan pada saat digunakan bermain The Legend of Zelda, Nintendo Switch Lite mampu bertahan 4 jam, sedangkan Switch Standar hanya bertahan 3 jam saja.

5. Harga Nintendo Switch

Berikut beberapa daftar harga game console Nintendo Switch:

No Varian Nintendo Harga
1. Nintendo Switch V2 Grey, Neon Blue/Neon Red Rp 4.499.000,-
2. Nintendo Switch Lite (region JPN) Yellow, Turquoise, Gray, Coral Rp 3.049.000,-
3. Nintendo Switch v1 Edisi Pikachu & Eevee Rp 4.799.000,-
4. Nintendo Switch Console Animal Crossing: New Horizons Limited Editions Rp 4.949.000,-
5. Mario Kart Live Home Circuit Rp 1.650.000,-

Bagaimana, tertarik untuk memainkan game Nintendo Switch? Apabila iya, silahkan Anda siapkan bujet yang lumayan banyak. Karena memang harga Nintendo Switch di pasaran indonesia masih tergolong lebih mahal. Jika Anda berniat membelinya, pastikan membeli di toko resminya, sehingga bisa terhindar dari barang palsu atau penipuan. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!