Skip to main content

8 Aplikasi Desain Baju untuk Android

Clothes Designer

8 Aplikasi Desain Baju untuk Android

Menggunakan aplikasi desain baju di PC mungkin sudah biasa bagi beberapa orang. Lantas bagaimana kalau aplikasinya berada di ponsel Android? Tentu menjadi hal baru dan jarang dilakukan oleh banyak orang. Apalagi pilihannya ada banyak dan proses editnya cepat.

Nah, kalau Anda ingin membuat baju dengan desain sendiri, tapi mengalami masalah dengan PC, coba gunakan ponsel Android. Ada cukup banyak aplikasi di Android yang bisa Anda gunakan untuk membuat desain baju dengan cepat, mudah, dan hasilnya sangat menarik.

8 Rekomendasi Aplikasi Desain Baju di Ponsel Android

1. Clothes Designer

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk melakukan desain pakaian baju adalah Clothes Designer. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa dengan mudah membuat desain dari kaos, lengan panjang, sampai ke sweater meski tidak memiliki kemampuan desain.

Setidaknya ada sekitar 30 desain baju yang bisa digunakan secara gratis. Anda hanya perlu melakukan penggantian sesuai dengan kebutuhan. Kalau desain yang disediakan tidak membuat Anda puas, bisa kok membuat desain sendiri dengan stiker dan teks editor di sana.

Kerahkan semua kemampuan Anda dalam melakukan desain baju sampai mendapatkan hasil sempurna. Jika desain sudah jadi, Anda bisa langsung menyimpannya ke dalam HP untuk diberikan pada pembuat baju untuk mengikuti desain dan pola yang sudah dibuat.

2. Clothing Pattern Designs

Sedikit berbeda dengan aplikasi sebelumnya, kali ini Anda tidak akan diberikan antarmuka sederhana dan berwarna. Begitu aplikasi dibuka, Anda akan mendapatkan desain atau pattern dari pakaian berupa pola mentah dari pakain sebelum nantinya dipotong dan dijahit.

Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha konveksi dengan produksi ala rumahan. Pola bisa dipakai untuk uji coba pembuatan produk pakaian yang sesuai kebutuhan. Setelah jadi, lakukan uji coba pemakaian untuk mendapatkan mana yang nyaman.

Clothing Pattern Designs menyediakan setidaknya puluhan desain baju untuk pria, wanita, atau unisex. Semua bisa dipakai secara gratis sehingga Anda tidak perlu cari sana-sini dan mendapatkan pattern yang salah.

3. T-Shirt Design Studio

Dengan menggunakan aplikasi T-Shirt Design Studio, Anda bisa mendesain kaos yang sudah jadi menjadi lebih menarik dan personal. Anda bisa mengunduh aplikasi ini dengan menggunakan Playstore. Setelah terpasang segera buka untuk memulai proses desain.

Anda bisa menggunakan desain yang sudah disediakan oleh aplikasi. Ada puluhan yang bisa dipilih dan hampir semuanya terlihat menarik. Selain itu, Anda juga bisa membuat desain sendiri dengan teks yang bisa diubah-ubah font dan juga gambar di tengahnya.

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang suka sekali dengan pakaian yang bisa diberi quote menarik dan juga gambar-gambar unik. Misal membuat pakaian untuk keluarga atau komunitas. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dan mengirim desainnya ke tukang kaos.

4. Design Clothes

Ada tiga tipe baju yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Pertama adalah kaos standar, singlet, dan sweater. Pakaian ini bisa diubah-ubah sendiri warnanya dan juga tulisan yang ada di dalamnya. Anda bisa membuat sendiri teks melalui text editor yang disediakan.

Kalau mau menggunakan desain yang sudah disediakan juga bisa. Anda bisa mengeditnya sendiri untuk menyesuaikan dengan kebutuhan. Setidaknya ada sekitar 30 filter yang disediakan dan puluhan font yang menarik dan bisa dipakai secara gratis.

Setelah desainnya jadi, Anda bisa langsung menyimpannya secara langsung ke HP dalam bentuk file gambar yang kualitas HD. Jadi, saat dikirim ke tukang pembuat kaos, hasilnya bisa sesuai dengan ekspektasi.

5. Design & Get Your T-Shirt

Pengembang dari aplikasi ini memiliki ide yang cukup brilian. Mereka menyediakan editor gratis untuk jenis kaos yang akan dibuat. Pengguna bisa mengotak-atik sendiri sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, desain kaos yang sudah selesai bisa disimpan atau langsung dicetak.

Ada layanan pembuatan kaos sesuai dengan desain yang sudah dibuat. Jadi, sistem bisa melihat dan mengecek font, desain, dan warna secara akurat. Berbeda kalau Anda mencetak lalu diberi berikan pada pembuat kaos.

Sayangnya, pengembang dari aplikasi ini ada di Spanyol. Akan sulit untuk mengirim ke Indonesia dan harganya pasti mahal. Oleh karena itu. gunakan saja aplikasinya untuk membuat desain lalu dicetak di Indonesia.

6. T-Shirt Design – Snaptee

Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap karena Anda bisa melihat cukup banyak desain yang jadi yang bisa digunakan. Selain itu, Anda juga bisa membuat desain sendiri yang sesuai dengan keinginan. Ada banyak koleksi font dan gambar yang tersedia di sana dan bisa dipakai.

Setelah desain jadi, Anda bisa menyimpannya atau langsung mencetaknya menjadi kaos yang bisa dikirim langsung ke rumah. Biaya cetak sekitar USD20 untuk pengiriman ke seluruh dunia. Jadi, kalau mau mencoba melakukan cetak, tidak akan terlalu banyak membuang uang.

Kalau Anda suka sekali melakukan desain dan ingin mendapatkan komisi, lakukan sebanyak-banyaknya. Desain baju yang Anda buat akan diberikan komisi 10% jika dipakai orang lain untuk dijadikan pakaian jadi. Jadi, bisa mendapatkan penghasilan.

7. DesainKita

Aplikasi DesainKita ini dibuat oleh pengembang lokal yang ada di Indonesia. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat jenis kaos yang sesuai dengan kebutuhan. Ada fitur penambahan teks dan juga penggantian gambar dan ikon yang mudah dipakai.

Jenis warna yang ditawarkan juga beragam sehingga Anda bisa mendapatkan pakaian yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, koleksi dari font yang ada di sana cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan keinginan.

Setelah Anda selesai melakukan desain kaos, proses selanjutnya adalah menyimpan ke galeri. Anda bisa mengirimkannya ke tukang pembuat kaos untuk dibuatkan versi cetaknya. Jadi, proses desain tidak perlu pakai Corel atau Photoshop.

8. T-shirt design – Yayprint

Hal pertama yang bisa dilakukan kalau ingin menggunakan aplikasi ini adalah memilih jenis baju yang akan dibuat desainnya. Setelah itu, Anda bisa membuat desain pakaian dengan sangat detail mulai dari pemilih font yang sesuai dengan kebutuhan sampai ke logo dan gambarnya.

Fitur editing yang di dalam aplikasi ini cukup lengkap hingga ke pemilihan warna yang memakai spektrum. Selanjutnya desain juga beragam serta tersedia filter yang menarik. Gunakan semua aset yang ditawarkan untuk membuat desain baju menarik.

Lebih lanjut, ada fitur chat yang disediakan oleh aplikasi. Melalui aplikasi ini, beberapa orang bisa melakukan share terkait dengan desainnya. Jadi, kalau tidak ada ide, Anda bisa mencoba untuk mengeceknya.

Aplikasi desain baju yang ada di ponsel Android di atas, rata-rata bisa digunakan untuk membuat baju dengan konsep unik dan menarik. Namun, ada juga yang desainnya standar dan terbatas. Jadi, Anda harus menentukan sendiri mana kira-kira aplikasi yang memang sesuai.

Satu lagi, aplikasi desain baju kadang membutuhkan ponsel Android dengan kualitas yang baik. Misal memiliki RAM yang besar dan juga memori internal yang juga besar. Kalau Anda memiliki ponsel dengan spek kentang, pilih aplikasi yang sesuai dengan kemampuan, ya! Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!