Skip to main content

10 Aplikasi Hapus Background Gratis dan Mudah

PicsArt

10 Aplikasi Hapus Background Gratis dan Mudah

Aplikasi hapus background jumlahnya ada banyak di Playstore. Hampir semuanya bisa dipakai untuk mengubah latar belakang dan mengeditnya menjadi lebih menarik. Foto yang awalnya biasa saja bisa tampak lebih menarik sehingga Anda wajib menggunakannya.

Nah, karena jenisnya ada banyak tentu Anda akan bingung memilih aplikasi mana yang bisa digunakan. Supaya Anda tidak salah pilih dan bisa memakainya dalam jangka waktu yang lama, simak beberapa rekomendasi aplikasi hapus background di bawah ini.

1. PicsArt

Aplikasi pertama yang bisa diandalkan untuk urusan hapus background dan menggantinya dengan yang baru adalah PicsArt. Aplikasi gratis ini menghadirkan antar muka yang sederhana sehingga bisa Anda manfaatkan untuk berbagai keperluan termasuk membuat karya seni.

Kalau Anda ingin menghapus gambar, siapkan dahulu foto dan simpan di dalam galeri. Selanjutnya buka dan gunakan fitur cut out atau gunting. Lakukan pemotongan latar belakang secara hati-hati sampai selesai. Selanjutnya, Anda bisa menambahkan latar belakang yang menarik.

Selain menghapus latar belakang dengan mudah, Anda juga bisa mengedit foto mentah menjadi lebih menarik. Ada beberapa hal yang bisa diubah mulai dari pencahayaan agar tepat, kontras, penambahan filter, sampai ke resolusi saat gambar nantinya disimpan.

2. Instasize

Aplikasi ini juga tidak kalah hebat dibandingkan dengan PicsArt yang sudah dibahas sebelumnya. Dengan menggunakan Instasize, Anda bisa memasukkan gambar jenis apapun lalu melakukan resize sesuai dengan kebutuhan, mau dibesarkan atau dikecilkan sekali pun tidak jadi masalah.

Selanjutnya, Anda bisa mengubah latar belakang dari foto yang sudah dimasukkan dengan menghapus background lama. Selanjutnya, gunakan galeri yang ada di HP untuk dijadikan latar belakang. Kalau tidak ada di galeri, aplikasi sudah menyediakan background gratis.

Ada banyak sekali latar belakang yang disediakan mulai dari yang standar, abstrak, retro, dan tema-tema menarik lainnya. Anda juga bisa mengatur kontras, menambahkan filter, sampai ke adanya efek cahaya agar foto terlihat lebih jelas.

3. Auto Background Changer

Mengubah atau menghapus latar belakang dari foto kadang menyusahkan. Kalau dilakukan secara manual, kadang tidak bisa maksimal dan banyak bagian yang tidak mulus editannya. Nah, menghindari hal seperti itu, Auto Background Changer diciptakan.

Dengan menggunakan aplikasi Auto Background Changer, Anda bisa langsung menghapus latar belakang secara otomatis. Setelahnya, latar belakang bisa segera diganti dengan apa yang sudah disediakan di galeri atau yang sudah disediakan oleh aplikasi.

Selain itu, ada fitur bernama Magic Tool. Dengan menggunakan fitur itu, foto yang sudah Anda edit sebelumnya bisa dipercantik dengan cepat. Hasilnya akan menarik sehingga bisa segera dibagikan ke media sosial.

4. Background Eraser

Aplikasi ini hampir sama dengan nomor tiga. Ada dua pilihan penghapusan latar belakang. Pertama dilakukan secara manual dan kedua dilakukan secara otomatis. Kalau Anda ingin menghapus dengan presisi, ada baiknya menghapus secara manual.

Selanjutnya, kalau tidak ada waktu untuk melakukan proses penghapusan, pilih yang otomatis saja. Meski otomatis, hasilnya masih sangat baik dan sempurna. Jadi, Anda hanya perlu memilih latar belakang yang akan dipakai sebagai gantinya.

Oh ya, AI dari aplikasi ini juga bisa langsung mengubah latar belakang dari gambar yang baru menjadi agak transparan. Jadi, akan terlihat mirip dengan nyata. Jadi, penggantian background bisa berjalan dengan lebih cepat dan presisi.

5. TouchRetouch

Aplikasi sederhana ini menghadirkan antar muka yang cukup intuitif. Jadi, meski Anda baru pertama kali menggunakannya, kemungkinan besar tidak akan salah. Apalagi menunya tidak terlalu banyak dan bisa dipakai dengan mudah.

TouchRetouch bisa dipakai untuk menghapus background dengan mudah dan hasilnya cepat. Selain itu, ada juga fitur menghapus objek yang bisa dilakukan secara otomatis. Anda bisa menambahkan objek ke gambar baru dengan cara drag and drop agar hasilnya menarik.

6. Photo Background Changer

Aplikasi ini menyediakan ratusan latar belakang baru yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Anda hanya perlu menyiapkan gambar yang background-nya akan diganti. Selanjutnya, hapus latar belakang yang tidak perlu sampai habis.

Selanjutnya, Anda akan diberi pilihan banyak latar belakang baru yang bisa langsung digunakan. Aplikasi ini menyediakan setidaknya 8 kategori yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Ada contoh penggunaan latar belakang sehingga Anda bisa melakukan coba-coba dahulu.

7. Change Photo Background Editor

Tidak banyak hal menarik yang ditawarkan seperti adanya penambahan efek dan juga filter. Namun, aplikasi ini bisa dipakai langsung untuk mengganti latar belakang dengan cepat. Anda hanya perlu menyiapkan foto dan melakukan proses hapus latar belakang.

Setelah proses penggantian dilakukan. Anda bisa langsung melakukan penggantian latar belakang dari apa yang sudah disimpan di galeri. Jadi, pastikan sudah memiliki gambar yang dipakai untuk background agar proses edit bisa berjalan dengan baik.

8. Auto Background Changer by Droid 8 Studio

Satu lagi aplikasi penghapus background dan melakukan penggantian secara otomatis. Kali ini dikembangkan oleh Droid 8 Studio. Secara umum, aplikasi ini bisa digunakan untuk mendeteksi latar belakang dan menghapusnya secara otomatis.

Selanjutnya, mereka juga menyediakan latar belakang baru yang bisa dipakai untuk mengganti latar belakang yang sudah dihapus. Selanjutnya, proses penempelan bisa berjalan secara otomatis.

9. Change Photo Background

Aplikasi ini memakai AI yang bisa mendeteksi di mana saja latar belakang dan juga mana yang merupakan objek aslinya. Setelah diproses, latar belakang bisa langsung terhapus secara otomatis dan langsung diganti dengan yang baru. Proses ini hanya berjalan selama beberapa menit saja.

Selain penggantian secara otomatis, ada juga fitur undo dan redo yang membantu Anda dalam mengatur background agar sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kalau ada yang salah bisa diganti tanpa harus melakukan cropping kembali.

10. Simple Background Changer

Seperti namanya, aplikasi ini hanya digunakan untuk menghapus latar belakang yang tidak diinginkan lalu mengubahnya. Proses hapus latar belakang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Anda hanya perlu membuka gambar dan mengarahkan tool untuk penghapusan.

Setelah latar belakang dari gambar dihapus, tahap selanjutnya adalah mengganti atau menambahkan dengan yang baru. Anda bisa menyiapkan latar belakang sendiri atau memakai latar belakang yang sudah disiapkan oleh aplikasi.

Selain mengganti layar belakang dan menjadikan foto jadi lebih baik, Anda juga bisa memanfaatkan fitur brushes pada aplikasi. Fitur ini bisa digunakan untuk mengedit ukuran dari foto agar sesuai dengan keinginan. Misal mau dipakai untuk ID card atau KTP.

Sebagian besar aplikasi hapus background yang sudah ditulis di atas memiliki fungsi yang beragam. Umumnya, bisa dipakai untuk edit dan memanipulasi foto agar hasilnya lebih maksimal. Jadi, coba pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan juga style.

Terkadang beberapa aplikasi memberikan style edit yang agak girly atau kekanak-kanakan. Untuk itu, pilih yang memang sesuai dengan gaya Anda sehingga app di atas bisa digunakan dengan baik dan semua fungsinya bisa dimaksimalkan. Selamat Mencoba! Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!