Skip to main content

Review Realme Q2 Pro, Ponsel Pintar Dengan Internet Super Cepat 5G

Realme Q2 Pro

Review Realme Q2 Pro, Ponsel Pintar Dengan Internet Super Cepat 5G

Realme menjadi produsen smartphone yang terus melakukan inovasi pada produknya. Salah satu yang terbaru adalah Realme Q2 Pro yang belum lama dirilis.

Q2 Pro diklaim memiliki banyak sekali kelebihan pada setiap sektornya. Meski ada seri Realme Q2 bisa, tentunya versi Q2 Pro mampu tampil lebih mengesankan dan lebih baik lagi. Simak penjelasan spesifikasinya di bawah ini!

1. Spesifikasi Lengkap Realme Q2 Pro

Produk dari Realme yang satu ini tampil dengan sangat mengesankan untuk smartphone yang memiliki harga 4 juta-an. Bagi kelas mid-end, tentu produk Q2 Pro ini sangat menarik. Berikut ini ulasan spesifikasinya:

  • 1.1. Build Quality

    Ulasan pertama untuk smartphone generasi terbaru dari Realme ini adalah pada masalah build quality. Anda akan sangat terkesan ketika melihat smartphone Realme Q2 Pro ini.

    Karena memiliki body yang bezel less atau tanpa adanya bezel pada sisi samping atas bawah dan kanan kiri. Tampilan body ini akan membuat penampilan layar menjadi lebih maksimal dan lebih puas ketika digunakan.

    Produk Realme ini memiliki ukuran yang sangat besar dengan dimensi 160,9 x 74,4 x 8,1 mm dan beratnya 175 gram. Ponsel pintar Realme ini dikenal juga dengan nama Phablet karena memiliki ukuran yang ekstra besar tersebut.

    Ukuran layar mencapai 6,4 inch dan tentunya tidak bisa Anda masukkan ke dalam saku celana maupun baju. Setidaknya Anda harus membawa sebuah tempat khusus atau tas jika membawanya ke luar ruangan.

    Namun meski membuat lebih rumit saat membawanya, Anda akan puas ketika memainkannya.

  • 1.2. Display

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Realme Q2 Pro ini membawa layar dengan ukuran yang sangat besar sekali. Dengan ukuran yang mencapai 6,4 inch, produk Realme ini sudah masuk ke jenis smartphone Phablet.

    Ukuran layar yang sangat besar itu didukung dengan tipe layar yang sangat sempurna yaitu Super AMOLED. Tipe layar ini akan membantu tampilan tetap terlihat meski di bawah sinar matahari langsung. Resolusi yang digunakan sayangnya hanya berada di 1080 x 2400 pixel.

    Mungkin Anda kurang puas dengan resolusi ini karena untuk layar yang berukuran 6,4 inch, maka seharusnya agar seimbang diberi resolusi yang lebih tinggi. Kemudian Anda juga tidak perlu memasang pelindung layar karena sudah terpasang Corning Gorilla Glass.

  • 1.3. Spesifikasi Hardware

    Mengingat Realme Q2 Pro merupakan smartphone yang berada di kelas mid end sampai high end, tentunya masalah spesifikasi hardware yang dibawanya tidak perlu diragukan lagi.

    Tapi banyak yang menilai ada bagian-bagian yang dinilai kurang dan tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan. Processor yang digunakan oleh Q2 Pro yaitu chipset keluaran Mediatek yaitu Mediatek Dimensity 800U 5G.

    Meski merupakan produk dari Mediatek, seri chipset ini cukup tangguh untuk melibas game-game berat. Kemudian untuk mendukung chipset tersebut, Realme membenamkan CPU dengan Octa-core 2 x 2.4 GHz Cortex-A76 dan 6 x 2.0 GHz Cortex-A55.

    Jumlah core yang sangat banyak membantu perangkat untuk melakukan multitasking tanpa ada masalah berarti. Lalu core yang banyak itu juga akan membuat beban yang ditanggung menjadi lebih ringan karena akan dibagi-bagi.

    Dari pengolahan grafi, Q2 Pro menggunakan GPU Mali-G57 MC3. Agar performa sangat bisa diandalkan untuk aktivitas yang berat, Q2 Pro menggunakan RAM yang mencapai 8GB. RAM ini termasuk sangat besar sekali dan hanya bisa ditemukan pada perangkat kelas high end.

    Kapasitas penyimpanan yang ditawarkan juga sangat besar yaitu pertama ada 128GB dan yang kedua 256GB tanpa ada slot microSD.

  • 1.4. Kamera

    Tentunya pada sektor kamera Anda akan merasa sangat puas sekali dengan spesifikasi yang dibawanya. Jika Anda amati, kamera utama Q2 Pro memiliki jumlah lensa yang mencapai 4 buah. Semua lensa itu bergabung untuk memberikan hasil fotografi yang maksimal.

    Pada kamera utama atau belakang, lensanya memiliki resolusi yang mencapai 48MP dengan aperture f/1.8 25mm mode wide, 1/2.0”, 0,8 um PDAF. Kemudian didukung dengan lensa kedua yang beresolusi mencapai 8 MP aperture f/2.3 119” ultrawide, 1/4.0” 1.12um.

    Sementara itu dua lensa lainnya difungsikan untuk dua fitur. Pertama 2MP dengan aperture f/2.4 untuk depth dan yang kedua 2 MP f/2.4 yang difungsikan untuk foto makro. Fitur lainnya seperti mode panorama, HDR, LED Flash dan kemampuan video yang bisa sampai 2160p.

    Beralih ke sisi depan atau kamera untuk selfie, Q2 Pro memiliki lensa utama sisi depan yang mencapai 16MP dengan dukungan aperture f/2.5 26mm karakter wide 1/3.1” 1.0um. Melalui spesifikasi kamera itu, Anda bisa mengambil foto selfie dengan sudut yang lebih lebar.

    Untuk pengambilan foto selfie, Anda bisa juga memilih fitur HDR atau juga panorama. Selain itu kamera depan bisa Anda manfaatkan untuk mengambil video yang memiliki resolusi sampai 1080p 30-120fps.

  • 1.5. Konektivitas

    Sektor ini menjadi bagian yang sangat diunggulkan dari produk Realme yang satu ini. Konektivitas yang tersedia dan bisa Anda gunakan adalah seperti WiFi 802.11 a/b/g/n/ac. Lalu ada bluetooth, GPS, Hotspot, USB Type-C 2.0 dan masih banyak lagi.

    Selain itu sektor konektivitas andalannya adalah kemampuan komunikasi data yang sudah mengadopsi 5G. Teknologi ini merupakan komunikasi data yang berada di atas HSPA dan juga 4G. Konektivitas 5G mencapai 2.3 Gbps DL.

  • 1.6. Sistem Operasi

    Ulasan selanjutnya adalah mengenai sistem operasi yang diadopsi oleh Realme Q2 Pro. Sistem operasi atau OS yang digunakan adalah Android 10. OS ini memang sudah sangat umum sekali diadopsi oleh smartphone generasi terbaru.

    Lalu dengan OS yang di bawah Q2 Pro tersebut, masih dikombinasikan dengan UI khusus yang dibuat oleh Realme yaitu Realme UI. Sehingga akan mampu memberikan tampilan layar menu yang sangat menarik dengan kombinasi keduanya.

  • 1.7. Baterai

    Kelemahan yang ada pada Realme Q2 Pro terletak pada bagian baterai. Sebab dengan harga yang cukup tinggi pada kelas mid end, Q2 Pro hanya memiliki kapasitas baterai 4300 mAh saja.

    Jumlah kapasitas ini termasuk sangat kecil sekali jika disandingkan dengan hardware yang dibawanya. Baterai yang digunakan berjenis Li-Po dan sudah mendukung fitur fast charging 65W yang sangat cepat sekali untuk pengisian baterai.

Dibawah ini spesifikasi lengkap yang dibawa Realme Q2 Pro:

2. Spesifikasi Lengkap & Harga Realme Q2 Pro

  • Operasi Sistem: Android 10, Realme UI
  • Ukuran Layar: 6.4 inch
  • Resolusi: 1080 x 240 pixels, ~441 ppi density
  • Type Layar: Super AMOLED
  • Berat: 175 gram
  • SIM: Dual SIM
  • Kamera Utama:
    • 48MP f/1.8, 25mm wide, 1/2.0”, 0,8um, PDAF.
    • 8MP f/2.3, 119” 16mm ultrawide, 1/4.0” 1.12um
    • 2MP f/2.4 depth
    • 2MP f/2.4 macro
    • Video 4K 30fps, 1080p 30-120fps
  • Kamera Depan: 16MP f/2.5 26mm wide, 1/3.1”, 1.0um, video 1080p 30-120fps, HDR, Panorama
  • Chipset/Processor: Mediatek Dimensity 800U 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core 2x2.4 GHz Cortex-A76 & 6x2.0 GHz Cortex-A55
  • GPU: Mali-G57 MC3
  • Card slot: No
  • Internal dan RAM: 128GB/8GB RAM & 256GB/8GB RAM
  • Internet: 2G, 3G, 4G/LTE, 5G 2.3Gbps
  • Tipe Baterai dan Kapasitas: Li-Po 4300mAh, non-removable battery, Fast Charging 65W
  • Harga Baru: Rp. 4.000.000 – Rp. 4.400.000-an

Realme Q2 Pro menawarkan spesifikasi andalan untuk kelas mid end dengan fitur internet super cepat 5G 2.3 Gbps. Sayangnya kapasitas baterai yang diberikan masih kurang memuaskan. Namun secara luas spesifikasinya sudah sangat memuaskan.