Skip to main content

Review Spesifikasi dan Harga Realme C17

Review Spesifikasi dan Harga Realme C17

Review Spesifikasi dan Harga Realme C17

Untuk bisa memberikan produk terbaik bagi penggemarnya, Realme merilis seri C yang terbaru yaitu Realme C17. Harga HP Realme C17 ini pun diklaim sepadan dengan spesifikasi yang ditawarkan. Wah, jadi penasaran ya bagaimana spesifikasinya.

Namun meski diklaim bagus, tentunya Realme C17 masih memiliki beberapa kekurangan. Tapi kekurangan itu akan mampu ditutup dengan kelebihan yang diberikan. Simak ulasan spesifikasi dan harga dari produk Realme di bawah ini!

1. Spesifikasi Lengkap dan Harga HP Realme C17

  • 1.1. Build Quality

    Ulasan pertama datang dari masalah build quality yang diusung Realme C17. Banyak penggemar smartphone yang menilai sensasi memegang Realme C17 ini sama ketika memegang Realmi 7i.

    Dengan body yang kokoh, Realme menawarkan dua varian warna yaitu biru tua dan biru muda. Kedua varian warna itu bahkan mampu memberikan efek visual yang sangat unik dan berbeda.

    Biru tua mampu memberikan efek reflektif. Lalu pada pilihan biru muda terkesan kuat dengan warna yang tampak buram AG atau tampak matte. Alasan utama Realme C17 diklaim lebih mirip Realme 7i adalah datang dari bagian kamera.

    Pada HP Realme C17 ini memiliki bentuk kamera persegi panjang dan sama seperti yang ada pada Realme seri 7. Dari segi ukuran dan berat, sebenarnya Realme C17 ini termasuk sangat besar sekali.

    Namun untungnya desain yang diberikan sangat tipis hanya 8.5mm dan beratnya berkisar 188 gram. Dengan harga HP Realme C17 yang terjangkau maka Anda bisa sangat puas menggunakannya.

  • 1.2. Display

    Selanjutnya beralih ke sektor display yang ditawarkan oleh produk Realme dari seri C ini. Layar yang digunakan sudah mengadopsi teknologi canggih yaitu refresh rate layar 90Hz. Kecepatan itu termasuk sangat lembut dan membuatnya disukai banyak orang.

    Jika dibandingkan dengan layar yang memiliki refresh rate 60Hz, maka Realme C17 dengan 90Hz mampu meningkatkan kecepatannya sampai dengan 50%. Anda akan merasakan sensasi menggunakan ponsel pintar yang sangat nyaman di mata.

    Sementara itu ukuran layar yang dimiliki Realme C17 sama persis dengan Realme 7i yaitu sebesar 6.5 inch. Kemudian resolusi yang diberikan sampai HD+ 1600x720. Bagi sebagian orang sebenarnya ukuran layar 6.5 inch ini terlalu besar.

    Anda akan sudah membawanya kemana-mana terutama saat liburan. Paling tidak Anda wajib menyiapkan tas khusus atau pouch untuk membawanya. Tapi tentunya layar 6.5 inch membuat Anda lebih puas ketika melihat film atau bermain game.

    Lalu mengenai sensitivitasnya, para pengguna sedikit mengeluhkan respon yang telat namun sangat tipis. Jika tidak diperhatikan dengan seksama Anda tidak akan melihat delay ini.

  • 1.3. Spesifikasi Hardware

    Inilah bagian yang sangat diunggulkan dari produk Realme yang satu ini. Dengan harga HP Realme C17 yang bekisar di 2 juta-an saja, Anda sudah mendapatkan ponsel pintar dengan kemampuan processor yang sangat tangguh sekali.

    Untuk HP harga 2 juta-an, sangat wajar sekali jika Realme memberikan chipset keluaran Qualcomm yaitu Snapdragon 460. Namun chipset kelas low-end ini diklaim jauh lebih baik dari beberapa produk seri C lainnya yang masih menggunakan chipset dari Mediatek.

    Untuk mendukung chipset tersebut, Realme C17 memiliki CPU Kyro 240 1.8GHz dipadu bersama pemrosesan grafis Adreno 610. Bagian GPU itu diklaim sebenarnya setara dengan GPU yang biasa dipakai pada Snapdragon seri 622 kelas mid-end.

    Spesifikasi hardware lainnya yang bertanggung jawab pada performa adalah RAM. Anda akan terkejut dengan besaran RAM yang dimiliki Realme C17 ini yaitu mencapai 6GB digabung internal yang mencapai 256GB.

    Ini termasuk sangat besar dan setara dengan ponsel pintar kelas high-end. RAM ekstra besar itu akan membantu Anda untuk multitasking pada aktivitas sehari-hari.

    Namun sayangnya Anda harus kecewa karena meski RAM ekstra besar, tidak disarankan menggunakan Realme C17 untuk bermain game berat terlalu sering.

    Sebab untuk memainkan game berat, ponsel harus memiliki spesifikasi seimbang antara chipset, GPU, CPU dan RAM. Keunggulan C17 hanya terlihat pada RAM yang besar tapi tidak didukung chipset yang mumpuni untuk bekerja dengan berat.

  • 1.4. Kamera

    Ulasan selanjutnya adalah membahas tentang masalah kamera yang dibawah oleh Realme C17 ini. kamera yang dibawa oleh C17 ini berjumlah sampai empat buah sama seperti yang disematkan pada Realme C15 generasi sebelumnya.

    Pada sisi belakang atau kamera utama, memiliki ukuran lensa sampai 13MP wide aperture f/2.2 PDAF. Kamera itu didampingi dengan lensa ultra wide ukuran 8MP f/2.25 119 derajat.

    Fungsi lensa ini agar Anda bisa mengambil foto dengan sudut yang lebar dan menjangkau objek yang lebih luas. Lalu untuk memberi dukungan yang lebih baik, ada dua lensa 2MP yaitu B&W dan Retro.

    Dua lensa ini akan mampu memberikan efek yang artistik secara langsung. Jika Anda suka dengan fotografi, maka bisa mengeksplorasinya lebih lanjut. Beralih ke sisi depan, kamera selfie memiliki ukuran sampai 8 MP dengan fitur AI beauty, HDR, Portrait dan juga Panoselfie.

    Kemudian masih ada banyak sekali fitur tambahan yang ada di dalam aplikasi kamera Realme C17 ini.

  • 1.5. Baterai

    Saat ini para pengguna smartphone juga mulai fokus ke baterai, tidak hanya performa saja. Tapi tenang saja dengan harga HP Realme C17 yang terjangkau, Anda sudah bisa menikmati kapasitas baterai sampai 5000 mAh.

    Kemudian juga sudah ditanamkan teknologi pengisian daya yang sangat canggih yaitu Quick Charger 18W. Fitur itu akan membantu perangkat untuk mengisis daya dari 0% menuju ke 33% hanya dalam kurun waktu 30 menit saja.

    Dengan kapasitas baterai ekstra besar itu, Realme ternyata masih memberikan fitur andalan lainnya. fitur itu seperti Super Power Saving Mode, App Quick Freeze dan juga Screen Battery Optimization.

  • 1.6. Operasi Sistem

    Produk dari Realme yang satu ini sudah menggunakan Android versi 10 dengan dipadu bersama UI Realme. Dengan kombinasi keduanya, Anda bisa merasakan pengalaman memegang smartphone dengan tampilan yang menarik.

    Ikon-ikon yang ditampilkan pada layar Realme C17 cukup simple dan juga efisien. Semua itu karena adanya pertimbangan pada warna sistem wallpaper yang digunakan, ikon dan juga animasi. Desain tampilan yang minimalis membuat ponsel pintar ini tampil menarik.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa perhatikan list / tabel spesifikasi lengkap Realme C17 dibawah ini:

2. Spesifikasi Lengkap dan Harga Realme C17

  • Operasi Sistem: Android Lollipop 10
  • Ukuran Layar: 6.5 inch
  • Resolusi: 720 x 1600 pixels, ~270 ppi density
  • Type Layar: IPS LCD
  • Berat: 188 gram
  • SIM: Dual SIM
  • Kamera Utama:
    • 13MP f/2.2 wide, 1/3.06”, 1.12um PDAF
    • 8MP f/2.2 ultrawide 1/4.0”.1.12um
    • 2MP f/2.4 macro
    • 2MP f/2.4 depth
    • Video 1080p 30fps, LED Flash, Panorama, HDR
  • Kamera Depan: 8MP f/2.0 wide, 1/4.0”, 1.12um, HDR, video 1080p 30 fps
  • Chipset/Processor: Qualcomm Snapdragon 460 (11 nm)
  • CPU: Octa-core 4 x 1.8 GHz Kryo 240 & 4 x 1.6 GHz Kryo 240
  • GPU: Adreno 610
  • Card slot: microSDXC (dedicated slot)
  • Internal dan RAM: 256GB/6GB RAM
  • Internet: 2G, 3G, 4G/LTE
  • Type Baterai dan Kapasitas: Li-Po 5000 mAh, non-removable battery
  • Harga Baru: Rp. 2.799.000

Setelah membaca ulasan mengenai Realme C17 bisa dikatakan ini menjadi produk yang sangat mengesankan. Sebab harga HP Realme C17 yang hanya 2 juta-an sudah menawarkan banyak fitur dan teknologi serta performa yang menjanjikan.