Skip to main content

Review Spesifikasi Lengkap dan Harga Vivo Y12i

Vivo Y12i

Review Spesifikasi Lengkap dan Harga Vivo Y12i

Vivo menjadi produsen smartphone yang fokus pada semua kelas dari low end sampai high end. Pada kelas low end ada seri Y12i yang sangat terkenal. Penyebabnya adalah harga Vivo Y12i yang bisa dikatakan sangat terjangkau.

Tentunya pengguna smartphone di zaman sekarang sangat mempertimbangkan masalah spesifikasi. Kepopuleran Vivo Y12i juga disebabkan spesifikasinya yang sangat menarik. Ada apa saja di dalam produk Vivo Y12i ini? simak reviewnya dibawah ini!

1. Spesifikasi Vivo Y12i

Sebenarnya produk low end Vivo Y12i tidaklah berdiri sendiri. Namun sebelumnya sudah ada generasi awal yang mendasari pengembangan Y12i yaitu Vivo Y12. Pastinya setiap pengembangan pada perangkat akan menghadirkan hasil yang lebih baik. Berikut ini ulasan produk Vivo Y12i:

  • 1.1. Build Quality

    Sektor pertama yang akan diulas adalah masalah build quality. Jika Anda perhatikan, produk Vivo Y12i ini memiliki banyak persamaan dengan produk pendahulu di seri lainnya yaitu Vivo Y11. Keunggulannya adalah memiliki bentuk poni layar depan yang cenderung kecil.

    Mengingat banyak sekali ponsel pintar yang memiliki bezel tipis namun poni pada layar depan besar yang sangat mengganggu tampilan. Anda akan merasa puas dengan layar bezel tipis dan poni kecil yang disematkan pada Vivo Y12i ini.

    Lalu pada bagian belakang body, memiliki warna dengan karakter glossy dan memukau. Anda bisa memilih dua varian warna yang tersedia yaitu pertama Mineral Blue dan kedua Agate Red. Karakter glossy itu akan membuat semua pilihan warna terlihat sangat menarik.

    Sayangnya material utama yang digunakan untuk membangun body Vivo Y12i adalah masih plastik. Tapi itu sangat sepadan dengan harga Vivo Y12i yang sangat terjangkau dan tetap tampil mewah serta menarik ketika dilihat.

    Dimensi bodynya yaitu 159.4 x 76.8 x 8.9 mm dengan berat yang mencapai 190.5 gram. Ini juga menjadi kekurangan tersendiri bagi Vivo Y12i. Untuk kelas low end bobotnya termasuk sangat berat sekali meski pada dasarnya memiliki bentar layar 6.35 inch.

    Tentunya Anda tidak bisa menyimpannya pada kantong baju maupun celana karena ukurannya yang besar.

  • 1.2. Display

    Beralih ke sektor display yang mungkin juga bisa membuat Anda kecewa dengan apa yang ada di dalam Vivo Y12i ini. Pertama produk Vivo ini menggunakan layar dengan tipe IPS LCD dengan bentangnya yang mencapai 6.35 inch.

    Untuk smartphone kelas low end dan harga Vivo Y12i yang terjangkau, ukuran ini termasuk sangat besar dan setara dengan kelas mid end. Tapi Anda harus merasa kecewa karena layar Vivo Y12i belum dilengkapi dengan teknologi perlindungan Corning Gorilla Glass.

    Sehingga Anda harus menambahkan anti-gores atau Tempered Glass untuk melindungi layar dari risiko baret akibat benda keras. Sementara itu resolusi yang dimiliki sampai 720 x 1554 dengan kerapatan ~268 ppi.

    Spesifikasi display ini tentunya sudah sangat cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti menonton film, bermain game dan lain-lain. Ukuran layar yang ekstra besar akan membuat Anda lebih puas memainkannya.

  • 1.3. Kamera

    Sektor kamera yang dimiliki oleh Vivo Y12i ini juga tidak bisa diremehkan. Seri ini mengusung teknologi AI dual kamera yang akan membantu mempercantik hasil jepretan. Kamera utama membawa dua lensa yaitu berukuran 13MP dan 2MP.

    Untuk yang berukuran 13MP memiliki fitur aperture f/2.2 dengan menggunakan sensor dari BSI CMOS 1/3” 1.12um. Lalu didukung juga dengan beberapa fitur digital tambahan seperti Autofocus, Phase Detection Autofocus, AI dan juga fitur LED Flash.

    Semenara pada lensa kedua yang berukuran 2MP memliki fitur aperture f/2.4 dengan karakter untuk depth. Sayangnya tambahan satu lensa pada kamera utama sebenarnya terkesan nanggung.

    Sebab seharusnya juga memberikan satu lensa lagi dengan karakter wide untuk memaksimalkan hasil foto. Bergeser ke sisi depan, Vivo seri Y12i ini memiliki kamera depan atau selfie dengan resolusi mencapai 8MP.

    Ukuran ini termasuk cukup besar untuk smartphone yang berada pada kelas low end. Kemudian juga sudah memiliki aperture f/1.8 dan mendukung video 1080p 30 fps.

    Selain itu, kamera depan juga memiliki fitur AI Face Beauty yang mampu memberikan efek berdasarkan dengan karakter gambar yang dideteksinya. AI yang digunakan diklaim lebih sensitif dan mampu menganalisa umur, kelamin dan lain-lain lebih akurat.

  • 1.4. Spesifikasi Hardware

    Meski harga Vivo Y12i sangat terjangkau dan masuk ke pasar kelas low end, tapi spesifikasi hardware yang dibawanya cukup menarik. Produk ini hadir dengan membawa chipset yang terbaik untuk kelas low end yaitu Snapdragon 439 SoC.

    Kemudian untuk bisa memaksimalkan kinerja chipset, dibenamkan juga CPU dengan Octa-core 4 x 2Ghz dan 4 x 1.45 Ghz ARM Cortex-A53. Pembagian core yang mencapai 8 kamar membantu kinerja chipset menjadi lebih maksimal.

    Apalagi produk ini juga membawa RAM dengan ukuran yang mencapai 3GB dan GPU Adreno 505. Ukuran RAM ii termasuk cukup besar untuk kelas low end. Meski kelas smartphone low end saat ini juga banyak yang menyematkan ukuran RAM mencapai 4GB.

    Kombinasi spesifikasi hardware ini cukup tangguh jika disejajarkan dengan harganya. Namun Anda tidak bisa memainkan game-game berat dengan menggunakan ponsel pintar ini. Snapdragon seri 400-an sangat tidak disarankan bekerja memproses game berat.

    Karena hasilnya juga tidak akan memuaskan dan banyak terjadi lag selama game dimainkan. Meskipun Vivo memberikan fitur Ultra Game Mode dan Dua Turbo. Tujuan fitur itu adalah untuk bisa mengurangi risiko fps yang jatuh ketika memainkan game berat.

    Anda bisa menggunakan Vivo Y12i ini untuk memainkan beberapa game ringan yang tidak menyebabkan beban kinerja ponsel.

  • 1.5. Baterai

    Review selanjutnya untuk produk Vivo Y12i adalah masalah kapasitas baterai. Untungnya Anda akan sangat dimanjakan dengan kapasitas baterai yang ekstra besar. Kapasitasnya mencapai 5000mAh yang bisa digunakan seharian penuh tanpa perlu mengisi kembali.

    Tapi Anda harus kecewa lagi pada sektor baterai ini. Walaupun memiliki kapasitas yang sangat besar sekali, Vivo tidak memberikan fitur fast charging untuk produk yang satu ini. Padahal jaman sekarang banyak ponsel yang sudah mendukung fast charging.

Jika Anda ingin tahu spesifikasi lebih lengkap, berikut ini tabel / list nya:

2. Spesifikasi Lengkap dan Harga Vivo Y12i

  • Operasi Sistem: Android 9.0 Pie, Funtouch 9
  • Ukuran Layar: 6.35 inch
  • Resolusi: 720 x 1544 pixels, ~268 ppi density
  • Type Layar: IPS LCD
  • Berat: 190,5 gram
  • SIM: Dual SIM
  • Kamera Utama:
    • 13MP f/2.2 PDAF
    • 2MP f/2.4 depth
    • Video 1080p 30fps, LED Flash, Panorama, HDR
  • Kamera Depan: 8MP f/1.8, video 1080p 30fps
  • Chipset/Processor: Snapdragon 439 (12nm)
  • CPU: Octa-core 4 x 2Ghz dan 4 x 1.45 Ghz ARM Cortex-A53
  • GPU: Adreno 505
  • Card slot: microSDXC (dedicated slot)
  • Internal dan RAM: 32GB/3GB RAM
  • Internet: 2G, 3G, 4G/LTE
  • Type Baterai dan Kapasitas: Li-Po 5000 mAh, non-removable battery
  • Harga Baru: Rp. 1.899.000 –an

Vivo Y12i hadir dengan rincian spesifikasi yang patut dipertimbangkan. Terutama jika Anda mencari smartphone kelas low end maka bisa menjadikan seri ini sebagai referensi. Meski masih ada beberapa kelemahan yang harus diterima.