Skip to main content

Tutorial Lengkap Mengenai Cara Membuat Google Form di HP

Google Form

Tutorial Lengkap Mengenai Cara Membuat Google Form di HP

Cara membuat Google Form di HP bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Pasalnya, layanan besutan dari Google ini memungkinkan pengguna untuk bisa membuat kuesioner atau survey online secara cepat dan efisien. Selain itu, layanan ini juga bisa diakses secara gratis oleh setiap pengguna.

Umumnya, penggunaan layanan Google Form dimanfaatkan oleh para mahasiswa ataupun pekerja untuk mengumpulkan suatu data dalam bentuk formulir yang berisikan beberapa pertanyaan singkat. Output atau hasil jawaban yang disajikan juga tergolong menarik sehingga mudah untuk dianalisis secara langsung.

1. Cara Membuat Google Form di HP melalui Browser

Bagi Anda yang tidak ingin membuat kuesioner melalui aplikasi tambahan, maka pilihan yang tepat adalah menggunakan laman browser. Hal ini dikarenakan pada browser, pengguna bisa mengaksesnya dalam berbagai perangkat tanpa perlu khawatir akan menambah beban pada penyimpanan RAM HP.

Anda bisa mengakses layanan Google Form melalui browser dengan perangkat, seperti HP, tablet, ataupun laptop. Selama perangkat tersebut bisa mengakses internet dan memiliki aplikasi browser, maka pembuatan kuesioner online di layanan Google Form bisa Anda lakukan secara mudah dan cepat.

Di bawah ini langkah-langkah lengkap mengenai cara pembuatan kuesioner online di Google Form melalui bantuan browser yang ada di perangkat HP, tablet ataupun PC:

  • Langkah pertama, Anda bisa mengunjungi website https://docs.google.com/forms terlebih dahulu melalui bantuan browser yang ada di perangkat tersebut. Direkomendasikan aplikasi browser yang digunakan adalah Google Chrome.
  • Setelah masuk ke laman Google Form, Anda dapat mengedit “Pengaturan” browser agar bisa menampilkan versi dekstop. Hal ini bertujuan untuk pengerjaan yang lebih efisien dan nyaman.
  • Cara yang bisa Anda lakukan adalah masuk ke menu “Setting” browser Chrome, kemudian centang kolom “Desktop Site” yang ada di bagian bawah.
  • Selanjutnya, Anda sudah bisa membuat formulir dengan memilih template yang sebelumnya sudah disediakan oleh Google Form, mulai dari template informasi kontak, RSVP, pendaftaran pesta, dan lain sebagainya. Selain itu, terdapat juga template kosong yang bisa Anda edit dan sesuaikan.
  • Pilih template kosong tersebut dan berikan nama formulir, deskripsi, jenis, format pertanyaan, hingga jawaban sesuai keinginan. Pada jawaban ini Anda dapat menentukannya formatnya, seperti jawaban singkat, pilihan ganda, paragraf, centang kolom, drop down, dan lain sebagainya.
  • Selain itu, Anda juga bisa membuat pertanyaan dengan pilihan ganda yang dapat ditentukan oleh responden, seperti jenis kelamin antara Laki-laki dan Perempuan. Caranya, yaitu memilih menu ikon yang berbentuk “Plus Lingkaran” pada bagian samping formulir.
  • Kemudian, Anda bisa memasukkan pertanyaan dan klik “Tambahkan Lainnya” untuk opsi yang kedua dan seterusnya. Pengguna juga diizinkan untuk melakukan import pertanyaan yang sebelumnya sudah dibuat dari layanan Google Form.
  • Cara yang bisa dilakukan adalah memilih ikon berbentuk Kertas dan Tanda panah arah kanan yang ada di bawah ini ikon pertanyaan. Kemudian, masukkan “Formulir pertanyaan” yang sebelumnya sudah pernah dibuat dengan cara melakukan drag atau menarik file, lalu klik menu “Pilih”.
  • Anda juga dapat menambahkan gambar, video, dan bagian lainnya melalui cara drag file dan klik menu “Pilih”. Pada bagian gambar atau video, pengguna bisa menyematkan link agar formulir tetap bisa diakses secara cepat dan nyaman oleh responden.
  • Hebatnya lagi, layanan Google Form memungkinkan Anda untuk mengganti jenis font, warna dasar, hingga menambahkan header. Cara yang bisa dilakukan adalah memilih menu “Tema” yang ada di bagian atas kanan. Di bagian ini terdapat beberapa submenu yang bisa Anda sesuaikan.
  • Setelah semua tahap sudah berhasil dibuat, maka selanjutnya Anda hanya perlu mengirimkan formulir tersebut dengan cara klik menu “Kirim”. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan link yang bisa disalin untuk dikirimkan ke beberapa tempat sesuai dengan target responden yang diinginkan.

2. Cara Membuat Google Form di HP melalui Aplikasi

Cara membuat Google Form di HP dengan bantuan aplikasi sebenarnya hampir sama dengan browser. Anda perlu menambahkan pertanyaan, jawaban, deskripsi, dan lain sebagainya dengan bantuan aplikasi tersebut. Selain itu, pengguna juga memerlukan akses internet agar bisa membuat kuesioner.

Adanya aplikasi Google Form bisa menjadi alternatif bagi Anda yang beranggapan bahwa situs Google Form tergolong cukup rumit untuk dioperasikan. Anda dapat menggunakan aplikasi Google Form dikarenakan user interface yang mudah dipahami oleh setiap pengguna.

Di bawah ini kiat-kiat yang bisa Anda lakukan dalam membuat kuesioner melalui bantuan aplikasi untuk HP Android:

  • Kiat pertama yang dapat Anda lakukan adalah mengunduh terlebih dahulu aplikasi “FormsApp” yang ada di Google Play Store.
  • Setelah aplikasi berhasil diunduh dan dipasang, maka Anda bisa membuka aplikasi tersebut.
  • Pada tampilan pertama, Anda diminta untuk melakukan “Login” melalui alamat akun Gmail yang sebelumnya telah dimiliki.
  • Selanjutnya, Anda akan diperlihatkan dengan beberapa pilihan template kuesioner yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Namun, jika ingin membuat template yang lebih praktis, maka Anda dapat memilih menu “Create Blank Form” yang di bagian bawah.
  • Kemudian, masukkan “Judul Form” beserta dengan “Deskripsi” singkat sesuai dengan tujuan dari pembuatan kuesioner tersebut.
  • Jika sudah, Anda dapat menambahkan beberapa pertanyaan yang ingin diajukan pada responden dengan cara menekan tombol ikon berbentuk tambah yang ada di bagian bawah. Kemudian, pilih jenis pertanyaan yang ingin ditampilkan pada kuesioner tersebut.
  • Anda dapat memilih jenis pertanyaan serta jawaban, seperti “Multiple Choices” ataupun “CheckBox”. Selanjutnya, atur juga apakah pertanyaan bersifat wajib atau tidak dengan mengaktifkan slider “Required”.
  • Jika ingin beralih ke pertanyaan selanjutnya, maka Anda dapat memilih ikon tambah yang ada di bawah sampai pertanyaan terakhir.
  • Setelah semua pertanyaan yang ingin diajukan berhasil Anda buat, kini Anda sudah bisa menekan tombol “Submit” untuk bisa mendapatkan link dan membagikannya secara langsung kepada pihak responden agar dapat dijawab.

3. Cara Melihat Hasil Kuesioner Google Form dari Aplikasi

Keuntungan dari penggunaan aplikasi ini, yaitu Anda bisa mengecek langsung hasil dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Cara yang dapat dilakukan juga cukup sederhana. Di bawah ini cara untuk melihat hasil kuesioner Google Form melalui aplikasi FormsApp:

  • Pada halaman utama aplikasi FormsApp, Anda dapat menyentuh formulir yang sebelumnya sudah dibuat. Setelah itu, klik opsi “View Responses”.
  • Anda dapat melihat hasil kuesioner dari responden secara satu per satu ataupun rangkuman dengan cara memilih menu “Summary” atau “Individual”.
  • Setelah hasil kuesioner tampil, kini Anda dapat mengunduh hasil tersebut dengan cara menekan tombol “Download” dan pilih format file yang diinginkan.
  • Secara otomatis file akan tersimpan di folder “Download” pada penyimpanan internal yang ada di perangkat HP Anda. File ini bisa dijadikan sebagai hardcopy yang dapat digunakan untuk proses analisis secara langsung pada kebutuhan presentasi.

Adanya cara membuat Google Form di HP semakin memudahkan pengguna dalam melakukan proses survey responden untuk keperluan analisis ataupun sebagainya. Terlebih lagi proses survey ini bisa dilakukan secara online. Tentunya Anda bisa melakukan pekerjaan secara efisien dan hemat biaya. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!