Skip to main content

Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi Pada OS Windows

Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi Pada OS Windows

Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi Pada OS Windows

Webcam merupakan kamera digital yang terintegrasi secara langsung ke bagian layar laptop. Kehadiran kamera ini dapat membantu pengguna laptop dalam melakukan berbagai hal, seperti memotret gambar ataupun merekam video. Namun, masalah yang sering terjadi, yaitu kamera laptop tidak berfungsi.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari webcam yang dinonaktifkan, kesalahan konfigurasi, hingga kerusakan kamera yang disebabkan oleh benturan. Hal ini tentunya bisa menjadi masalah, apalagi jika saat ini kamera laptop menjadi sangat penting untuk proses panggilan video conference.

Di bawah ini langkah perbaikan yang tepat untuk Anda lakukan dalam mengatasi kamera laptop yang tidak berfungsi.

6 Cara Mengatasi Kamera Laptop Tidak Berfungsi

TOC / Daftar Isi

1. Pastikan bahwa Webcam Tidak Dinonaktifkan

Salah satu penyebab utama yang menjadikan web camera digital tidak bisa berfungsi dikarenakan kamera laptop dinonaktifkan. Masalah ini bisa disebabkan oleh pengguna yang tidak sengaja menekan tombol kombinasi pada keyboard ataupun teman Anda yang meminjam dan menonaktifkan kamera untuk privasi.

Jika hal ini dilakukan, maka webcam yang ada di laptop tidak bisa mengaktifkan kamera secara langsung. Anda perlu melakukannya secara manual agar kamera bisa diakses kembali. Cara yang bisa dilakukan juga tergolong cukup sederhana. Berikut ini cara mengaktifkan kembali webcam yang ada di laptop.

  • Pertama Anda bisa membuka menu Device Manager yang ada di Windows. Caranya, yaitu klik menu Start, lalu pilih opsi Device Manager. Cara alternatif lainnya yang bisa dilakukan adalah menekan tombol kombinasi keyboard antara Windows dan R, lalu ketik kan “devmgmt.msc”.
  • Setelah jendela Device Manager tampil, Anda dapat masuk ke menu Cameras dengan cara klik kanan mouse.
  • Secara otomatis akan tampil sub menu dari HD WebCam.
  • Pada menu ini, Anda dapat klik kanan sebanyak satu kali dan pilih “Enable Device”.
  • Terakhir, Anda bisa mengecek kamera laptop apakah sudah berfungsi. Jika belum, maka Anda bisa melakukan cara lainnya.

Back to Content ↑

2. Install, Rollback dan Perbaharui Driver

Umumnya, OS Windows 7, 8, dan 10 memiliki banyak fitur yang sebagian bekerja di under background. Tujuan dari fitur ini, yaitu untuk memantau keseluruhan aplikasi yang terpasang pada perangkat. Windows secara otomatis melakukan pembaruan driver untuk memastikan perangkat bisa berfungsi dengan baik.

Namun, masalah yang bisa terjadi, yakni Window mengalami kegagalan ketika proses instalasi driver. Hal ini disebabkan oleh berbagai masalah, mulai dari jaringan koneksi internet yang tidak stabil dan lain sebagainya. Jika masalah ini terjadi pada driver webcam, maka Anda tidak bisa membuka kamera.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah mengunduh driver webcam versi terbaru sesuai dengan perangkat laptop. Proses pemasangan ini harus dilakukan secara manual. Berikut ini langkah pembaruan driver webcam untuk pengguna sistem operasi Windows 7, 8, dan 10.

  • Langkah pertama Anda bisa masuk ke menu Device Manager dengan cara menekan kombinasi keyboard antara tombol Start dan R. Kemudian, ketikan perintah “devmgmt.msc”.
  • Setelah jendela Device Manager tampil, Anda bisa klik menu Cameras dengan cara klik kanan pada mouse sebanyak satu kali.
  • Selanjutnya, akan tampil sub menu dari Cameras. Pada opsi ini Anda bisa klik “Update Driver”.
  • Terakhir, Anda hanya perlu menunggu hingga proses pembaruan driver selesai dilakukan.

Jika webcam mengalami masalah setelah pembaruan driver, maka driver yang Anda unduh bisa dipastikan tidak kompatibel dengan Microsoft Windows. Anda perlu melakukan pembaruan terlebih dahulu pada Microsoft Windows yang terpasang di perangkat laptop.

Namun, cara lain yang bisa dilakukan adalah rollback atau mengembalikan driver ke versi sebelumnya. Cara ini dilakukan jika Anda tidak ingin memperbarui Microsoft Office yang ada di laptop. Anda bisa menggunakan webcam eksternal sebagai alternatif terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.

Back to Content ↑

3. Periksa Konfigurasi Web Camera

Jika Anda pengguna Windows 10, maka masalah kamera laptop tidak berfungsi bisa disebabkan oleh konfigurasi Web Camera yang salah. Hal ini dikarenakan konfigurasi pengaturan kamera berada di Windows setting khususnya bagian Privacy. Tentunya konfigurasi ini membutuhkan akses dari pengguna.

Untuk memastikan apakah webcam memiliki pengaturan akses yang sesuai, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan. Cara ini perlu dilakukan secara manual untuk sistem operasi Windows 10 yang mengalami masalah pada kamera laptop. Di bawah ini kiat-kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

  • Kiat pertama Anda bisa klik tombol Start Windows yang ada di keyboard.
  • Selanjutnya, masuk ke menu Settings dengan ikon berbentuk gear.
  • Setelah menu ini tampil, pilih opsi Camera, lalu klik “Change” dan ubah toggle menjadi “On” untuk memberikan izinkan akses kamera pada perangkat.
  • Jika sudah, Anda dapat menyimpan pengaturan tersebut dan klik ikon X untuk menutup jendela Pengaturan.
  • Kiat terakhir Anda bisa melakukan pengecekan pada kamera apakah sudah berfungsi atau belum.

Back to Content ↑

4. Lakukan Pengecekan Pada Koneksi Webcam

Jika Anda yakin bahwa masalah ini bukan disebabkan oleh perangkat lunak ataupun driver, maka cara lainnya yang bisa dilakukan adalah mengecek sambungan pada koneksi webcam. Cara ini bisa dilakukan untuk Anda yang menggunakan webcam dengan jenis eksternal.

Pastikan bawah kabel USB yang disambungkan terhubung secara benar pada perangkat laptop. Bila perlu cabut kabel USB dan bersihkan socket yang ada di Laptop dan kabel. Hal ini dikarenakan kabel bisa saja tersangkut akibat sampah atau debu yang menumpuk pada bagian socket.

Back to Content ↑

5. Lakukan Pengaturan Ulang Webcam

Webcam yang tidak berfungsi dengan baik bisa diakibatkan oleh pengaturan yang salah. Hal ini dikarenakan webcam akan mendeteksi secara otomatis perangkat yang tersambung. Jika Anda pernah menghubungkan webcam eksternal, maka pengaturan yang disimpan sesuai dengan webcam tersebut.

Anda perlu mengubah settingan agar aplikasi webcam tidak mendeteksi perangkat yang sebelumnya. Cara ini bisa Anda ubah disesuaikan berdasarkan jenis webcam yang terpasang pada perangkat laptop. Jika webcam berjenis eksternal, pengguna bisa melakukan pengecekan sesuai dengan merek tersebut.

Back to Content ↑

6. Bawa ke Tempat Service Center

Cara terakhir yang bisa Anda gunakan adalah membawa laptop tersebut ke tempat service center. Cara ini dilakukan untuk mengetahui apa penyebab dari kamera laptop yang tidak berfungsi. Jika Anda menggunakan webcam eksternal, maka bisa mencobanya di perangkat laptop lain.

Namun, jika webcam merupakan bawaan dari laptop, maka cara ini merupakan langkah yang paling tepat untuk mengatasinya. Selain dikerjakan oleh orang yang lebih ahli, Anda juga tidak perlu khawatir dengan barang palsu. Dikarenakan service center menggunakan produk asli sesuai dengan merek laptop Anda.

Hal ini membuat Anda harus mencari service center yang sesuai dengan merek laptop. Saat ini banyak service center laptop yang bisa ditemukan pada kota-kota besar. Umumnya, merek yang terkenal lebih mudah untuk Anda kunjungi, seperti Acer, Asus, dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

Banyaknya penyebab dari masalah kamera laptop tidak berfungsi, membuat Anda kini harus berhati-hati dalam menggunakan laptop. Masalah ini bisa saja terjadi akibat laptop yang terjatuh ataupun masalah driver yang tidak diperbaharui. Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat!