Skip to main content

Tips dan Trik Sebelum Membeli HP Second

Tips dan Trik Sebelum membeli HP Second

Tips dan Trik Sebelum Membeli HP Second

Membeli HP bekas terkadang menjadi suatu pilihan jika budget yang kita miliki kurang cukup untuk membeli HP yang Baru. Membeli HP flagship, maupun dari low class hingga high class dengan harga yang lebih murah daripada harga barunya. Tetapi, perlu diketahui bahwa membeli HP second juga ada tips dan triknya.

Tujuannya agar kita tidak tertipu, atau bahkan kecolongan saat membelinya. Ntah, HP itu ada kerusakan, atau tidak kesesuaian dengan deskripsi produk. Nah, oleh karena itu pada pembahasan kali ini adalah Tips dan Trik Sebelum membeli HP Second.

Banyak sekali cara membeli HP second. Misalnya membeli pada teman yang sedang menjual, membeli di toko HP, membeli di online shop dan lainnya. Simak berikut tips dan triknya

Tips dan Trik Sebelum membeli HP Second

1. Beli Pada Sumber Terpercaya

Hal pertama yang paling penting adalah dengan membeli hp pada orang atau sumber terpercaya. Jika kamu tidak mengenali si penjual, atau tidak kenal maka yang harus kamu pastikan adalah kualitas produk tersebut. Jika membeli HP bekas di Online shop, pastikan took yang akan kamu beli HPnya adalah toko berkualitas dengan rating yang baik dari para pelanggannya.

Namun, jika kamu membelinya di toko offline, pastikan orang / penjual tersebut berani menjamin hp tersebut sesuai dengan deskripsi atau kondisi HP yang akan kamu beli. Dan yang perlu diingat, jika sudah berfirasat tidak terlalu percaya pada penjual sebaiknya jangan melanjutkan transaksi. Berdasarkan pengalaman saya, saya pernah membeli HP bekas, namun firasat saya kurang setuju karena HP yang harusnya mahal di jual dengan harga sangat murah oleh toko HP di dekat daerah saya. Alhasil, ada ketidaksesuaian pada HP tersebut dan memiliki cacat. Hal itu pasti akan merugikan.

2. Utamakan Yang Bergaransi

Jika penjual menawarkan garansi pada HP bekas yang dijual, berarti kesimpulannya adalah penjual yakin sekali HP tersebut akan baik baik saja atau tak ada kendala dan cacat. Hal tersebut akan sama sama menguntungkan penjual dan pembeli. Pembeli diuntungkan karena penjual berani menjamin jika ada ketidaksesuaian atau cacat selama hari yang telah ditentukan berdasarkan kesepakatan. Untuk pengalaman saya pribadi, membeli HP bekas di toko HP bisa jadi rekomendasi jika HP tersebut diberi garansi. Dan untuk online shop, pastikan toko tersebut berani memberikan garansi dan lihat dahulu feedback dari toko tersebut. Jika feedback rata rata baik dan bagus, berarti pelayanan toko kepada pelanggannya sangat baik dan dapat dipercaya (amanah).

3. Cek Keaslian HP dan Aksesoris

Langkah selanjutnya adalah mengecek keaslian dari HP. Hal ini rentan pada HP berkelas atau class mid dan high class. Apalagi saat ini banyak beredar HP Black Market, hati hati karena IMEI jika tidak terdaftar kemenperin bisa di blokir. Jadi untuk amannya, pastikan HP tidak ada masalah untuk jangka panjangnya. Dan cek keaslian dari HP tersebut apakah asli atau barang KW. Cara cek HP asli atau KW adalah sebagai berikut.

  • 3.1. Cara Cek Hp Asli Atau Tidak Yang Pertama adalah Dengan Menggunakan Kode Rahasia atau Dial Telepon.

    Ada banyak sekali kode rahasia contohnya pada hp merk Samsung, dan salah satu kode yang bisa bermanfaat untuk mengecek keaslian adalah kode dial *#1234#.

    Kode ini berfungsi untuk melihat tipe dari hp Samsung tersebut, sehingga kita bisa tahu apakah tipenya benar sesuai dengan yang akan kita beli atau tidak sesuai dari samsung.

    Apabila yang keluar ternyata berbeda dengan tipe hp Samsung yang kita harapkan, maka sudah bisa dipastikan itu merupakan hp Samsung KW atau Super Copy atau sejenisnya. Berikut langkahnya.

    • Pertama, bukalah menu dial up atau menu panggilan telepon
    • Kedua, Kemudian ketikan *#1234# dan call
    • Biasanya, Setelah itu akan muncul informasi tentang AP, CP, CSC, dan yang terakhir adalah model atau tipe hp dari Samsung. Pastikan tipe yang keluar merupakan tipe hp Samsung yang asli anda beli sesuai type.
    • Tipe yang sudah ditampilkan kode rahasia hanyalah sebatas modelnya saja, sehingga kita harus terlebih dahulu mengetahui mode dari hp Samsung yang sudah dibeli. Sebagai contoh SM-N975F/DS yang merupakan model dari Samsung Galaxy Note 10+
  • 3.2. Cek Keaslian Dengan menggunakan IMEI

    Cara Cek IMEI Hp Setiap smartphone pasti memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Nomor tersebut bukanlah nomor yang ada sembarangan, karena nomor itu berisi informasi mengenai tentang smartphone itu sendiri. Oleh karena itulah kita bisa banget mengecek keaslian dari hp melalui nomor IMEI bawaannya.

    Yakin deh, banyak orang yang belum tahu bagaimana cara melihat nomor IMEI pada HP. Padahal caranya sangat gampang sekali karena, kita ini hanya perlu mengetikan kode *#06# saja. Kode tersebut adalah merupakan kode cek IMEI yang universal, sehingga hal itu bisa diterapkan di berbagai tipe smartphone apa saja.

    Selain menggunakan kode rahasia itu, ada lagi beberapa cara cek IMEI lainnya yang bisa kalian lakukan. Nah setelah kamu mengetahui nomor IMEI-nya hp itu, kemudian tinggal mengecek saja keaslian dari nomor tersebut melalui situs http://www.imei.info.

    Nah, pada Situs http://www.imei.info ini bisa menampilkan informasi nomor IMEI yang kita masukan ke kolomnya. Nanti kita bisa mengetahui tipe smartphone atau model, dengan serial number hingga spesifikasi dari hpnya. Nah apabila tipe yang muncul disana ternyata berbeda, maka sudah bisa dipastikan hp itu merupakan hp palsu.

  • 3.3. Mengecek Kualitas Fisik

    Cara Cek Hp yang Ori Seperti yang sudah disampaikan di atas, cara cek hp asli atau palsu ini bisa dilihat dari kondisi dan kualitas fisiknya. Pasalnya semua smartphone Samsung contohnya, dibuat dengan material yang berkualitas, berkelas sehingga menghasilkan build quality yang bagus dan kokoh.

    Jadi, untuk membedakan antara hp yang asli dan palsu itu kita cukup bisa melihat material yang digunakan. Apabila material hp yang digunakan terasa sangat murahan, maka sudah bisa dipastikan merupakan hp yang palsu. Terlebih lagi rata-rata hp yang palsu merupakan smartphone yang flagship

4. Cek Fisik dan Kinerja HP

Yang paling penting adalah cek fisik dan kinerja HP. Pastikan semua berjalan normal mulai dari kamera, speaker, buzzer, mic, touch screen, LCD, dan pastikan softwarenya aman tanpa error. Hal inilah yang harus memerlukan ketelitian ekstra dan sangat hati hati untuk mengecek. Komunikasi pada penjual juga harus dilakukan, bertanyalah apa ada kendala atau kekurangan pada HP tersebut. Kecuali, jika penjual memberikan garansi anda hanya perlu mengecek yang penting saja. Seperti imei, kamera, layar sentuh dll yang merupakan kinerja hardware saja.

Sekian Tips dan Trik untuk kamu yang akan membeli HP second atau bekas pakai. Semoga ilmu ini bisa sedikit membantu untuk kamu. Semoga bermanfaat.

Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.