Skip to main content

5 Cara Menemukan Smartphone Hilang Dengan Mudah dan Cepat

5 Cara Menemukan Smartphone Hilang Dengan Mudah dan Cepat

5 Cara Menemukan Smartphone Hilang Dengan Mudah dan Cepat

Sering tejadi kita mengalami kehilangan HP kita. Baik itu terjatuh di jalan, tertinggal pada suatu tempat umum, di curi orang, atau lainnya. Nah, Smartphone tersebut masih bisa kita temukan tentunya. Oleh karena itu jangan putus asa terlebih dahulu, dan cobalah untuk mencari terlebih dahulu.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana Cara Menemukan Smartphone Hilang Dengan Mudah dan Cepat yang bisa kita lakukan agar smartphone kita kembali pada tangan kita.

Cara Melacak Smartphone yang Hilang

Tiap produsen telepon genggam tentunya telah memiliki solusi, ketika pengguna HP kehilangan perangkat miliknya. Jadi, tentu masalah ini sebisa mungkin akan bisa teratasi dengan sistem yang dibuat oleh produsen HP tersebut. Tapi kenyataan yang sering terjadi pada praktiknya tersebut, jalan keluar untuk menghadapi kehilangan ini tidak diketahui oleh semua pengguna atau mereka tidak mengerti bagaimana cara memanfaatkan fitur yang telah disediakan produsen HP untuk mencari atau melacak HP.

Nah, bagi kamu yang saat ini mengalami kejadian seperti itu. Pada pembahasan berikut ada beberapa langkah jitu yang bisa membantu menemukan kembali HP kamu yang hilang.

1. Gunakanlah Cloud dari HP

Yang utama adalah gunakanlah dan manfaatkan fitur cloud yang ada pada masing masing HP. Biasanya, tiap merk HP menyediakan cloud yang akan dapat berfungsi sebagai sinkronisasi data data pemilik, data penting aplikasi, kontak, dan file penting lainnya. Hal ini juga berlaku pada data lokasi anda saat ini atau lokasi pada smartphone anda yang hilang tersebut. Contohnya Iphone tersedia layanan ICloud yang bisa digunakan untuk melacak ketika ponsel tersebut hilang. MiCloud adalah layanan Cloud Yang di sediakan oleh Brand Xiaomi untuk melacak HP yang hilang, sinkronisasi data dan lainya. Merk lain pun saat ini mayoritas sudah punya. Seperti Vivo cloud, Oppo cloud, Samsung dan lainnya. Rata-rata cara kerjanya adalah sama untuk menemukan HP yang hilang dan sinkronisasi data pemilik apabila menggunakan HP lain atau tipe HP lain dengan merek yang sama.

Cara menggunakannya adalah dengan akses cloud tersebut.

  • Untuk Iphone bisa akses Icloud.com > Login > pilih temukan perangkat saya
  • Untuk Xiaomi Bisa akses MiCloud.com > Login > pilih temukan perangkat saya pada menu.

Dan untuk merk lain juga akseslah cloud berdasarkan merek masing-masing brand dengan menggunakan perangkat lain seperti hp lain atau laptop.

2. Fitur Find My Device

Langkah yang kedua Ini adalah langkah paling praktis dan mudah bisa kamu lakukan untuk menemukan kembali smartphone kamu yang hilang dengan menggunakan Fitur “Temukan Perangkat Saya” ini tersedia untuk semua ponsel pintar, termasuk yang bersistem operasi Android maupun sistem operasi iOS. Cara kerjanya mirip dengan cloud.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu bahkan bisa membuat pengaturan HP kamu secara lanjutan. Seperti pesan atau perintah khusus jika yang dimana fitur ini akan diaktifkan saat HP hilang, serta memberi informasi pemilik HP agar bagi yang menemukannya bisa mengontak kita dan mengembalikannya pada kita.

Lantas, Bagaimana cara memanfaatkan fitur Find My Device atau Temukan Perangkat Saya tersebut? Nah berikut ini adalah langkah mudahnya.

  • Pastikan ponsel kamu yang hilang terhubung ke akun Google, lokasi dan koneksi internet.
  • Pastikan Aplikasi Find My Device di perangkat harus aktif dan kamu bisa melakukan pengaturannya pada menu Security atau Keamanan di HP.
  • Nah, Jika kedua hal tersebut telah dipastikan bisa, Kamu bisa mengakses fitur ini di handphone atau perangkat lain seperti laptop atau HP lain dll dengan browser atau google.
  • Kunjungilah halaman Google Find My Device dan login dengan menggunakan akun Google yang sudah tersambung pada HP yang hilang.
  • Nah, Setelah masuk di sana akan ada beberapa opsi Yaitu “bunyikan perangkat”, lalu ada “kunci” atau fitur “hapus” semua data yang tersimpan.
  • Jika HP kamu hilang hanya di sekitar rumah kamu, maka kamu bisa pakai opsi bunyikan perangkat. Pilih kunci dan kirim pesan bagi penemu HP jika HP kamu hilang di jalan atau di luar rumah.

3. Cek Email pada Akun Google di HP

Mengecek email ini merupakan salah satu cara menemukan HP hilang mudah dan praktis selanjutnya yang bisa kamu lakukan. Setiap smartphone pasti akan terhubung dengan salah satu email pemilik, dari sinilah kemungkinan pelacakan HP bisa dilakukan dengan cara berikut.

Untuk cara melacaknya bisa simak cara berikut ini.

  • Pertama, Login email yang tersambung sesuai dengan HP yang hilang, dengan mengaksesnya melalui perangkat lain HP / laptop.
  • Pastikanlah password yang kamu masukkan itu sudah benar, jangan sampai kamu lupa atau salah.
  • Setelah itu, carilah menu Google Apps di bagian kanan atas dan Pilih opsi Temukan Perangkat Saya.
  • Pilih device smartphone kamu yang hilang dan masukkan kata sandi beserta email yang terkait.
  • Lanjutkan dengan menekan menu opsi “temukan atau find.”
  • Nanti Akan muncul tampilan dengan peta yang merujuk dan menunjukkan pada posisi terakhir HP milikmu terdeteksi.

4. Temukan HP Hilang dengan Google Maps

Google Maps ini fungsinya akan merekam tempat-tempat yang kamu kunjungi dalam waktu dekat. Keuntungan dari fitur Google maps ini adalah kamu bisa dengan mudah menemukan HP kamu yang hilang dengan cara mengetahui posisinya terakhir atau real time.

Caranya adalah sebagai berikut.

  • Pertama, Buka aplikasi Google Maps dengan perangkat smartphone lain atau laptop.
  • Lalu, Kamu nantinya akan diberikan opsi waktu pelacakan maka pilih waktu terdekat dengan saat kamu mencarinya atau satu jam sebelum.
  • Pilihlah opsi pengguna, nanti kamu akan diminta untuk mengisi alamat email dan nomor ponsel yang ingin dilacak.
  • Kemudian setelah itu pilihlah menu “bagikan” dan “aktifkan.”
  • Nanti Posisi smartphone milikmu yang hilang itu akan terlacak dengan mudah dan muncul di peta.

5. Gunakan Akses Android Device Manager (ADM)

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi ADM yang merupakan aplikasi khusus yang ditujukan untuk melacak keberadaan Android device. Cara kerjanya adalah Dengan pengaktifan fitur global positioning system (GPS) di perangkat tujuan atau perangkat kamu yang hilang.

Untuk dapat mengaksesnya, berikut langkahnya yang bisa dilakukan.

  • Pertama, Lagi-lagi gunakanlah bantuan perangkat lain untuk login ke aplikasi ADM dengan menggunakan akun Google milikmu yang terikat dengan HP kamu yang hilang.
  • Isilah email dan password-nya setelah itu lanjutkan.
  • Nantinya, akan muncul nama ponsel yang sudah terkoneksi dengan email pemilik HP.
  • Dan Setelah itu, maka akan terlihat informasi tentang mengenai alamat keberadaan smartphone real-time tersebut. Hanya dalam keadaan hidup

Sekian artikel pembahasan tentang 5 Cara Menemukan Smartphone Hilang Dengan Mudah dan Cepat. Semoga informasi dan ilmu di atas bisa menambah wawasan kamu dalam menemukan HP kamu yang hilang.

Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat