Skip to main content

Review Kekurangan & Keunggulan iPhone 12

iPhone 12

Review Kekurangan & Keunggulan iPhone 12

Kali ini Apple dikabarkan akan segera merilis smartphone terbarunya yakni iPhone 12. Padahal baru saja tidak lama ini iPhone merilis seri iPhone 11, dan sekarang akan hadir iPhone 12 di pasaran yang akan bersaing dengan smartphone dari produsen HP lainnya di pasaran global.

Memiliki smartphone seri iPhone 11 saja sudah sangat mumpuni dan sangat mampu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Nah, apalagi menggunakan iPhone 12 yang akan segera rilis ini. Anda pasti akan bertanya-tanya apa perbedaan iPhone 11 dengan iPhone 12 bukan? Yang pasti, iPhone 12 memiliki pembaruan fitur.

1. Nah, berikut ini adalah baru fitur pada iPhone 12 dibandingkan generasi sebelumnya.

1.1. Menggunakan Display Sensor Fingerprint

iPhone 12 ini akan menggunakan Touch ID sensor untuk fiturnya dengan menyembunyikannya pada layar smartphone.

Fitur ini sudah digunakan oleh kompetitor lain. Contoh kompetitor yang sudah menggunakan teknologi ini seperti Samsung pada Note10 dan S10.

1.2. Pembaruan Kamera Depan

Di iPhone 12 ini, Apple akan mengganti ukuran notch dengan kamera depannya. Teknologi ini sebelumnya telah digunakan oleh kompetitor lain yaitu Oppo dan Xiaomi.

1.3. Menggunakan teknologi 5G

Apple akan menjadi smartphone awal yang akan menggunakan teknologi jaringan generasi 5G untuk akses internetnya.

1.4. Hadir Dengan Hardware Baru

iPhone 12 akan hadir dengan menggunakan hardware dari Qualcomm technology. Sebelumnya pihak Apple sudah mengumumkan bahwa mereka akan memakai Qualcomm untuk teknologi jaringan 5G.

1.5. Akan ada variasi headset terbaru untuk iPhone 12

Menurut analis dari Mingchi-Kuo, ia memprediksi akan ada variasi ukuran headset yaitu 5.4in, 6.1in dan 6.7in yang akan disematkan pada iPhone 12.

1.6. Lebih cepat performanya daripada iPhone 11

Meski belum secara mendetail tentang UI yang akan dipakai iPhone 12, dikabarkan Apple menggunakan display kecepatan 60Hz/120Hz untuk iPhone 12 yang akan rilis segera ini.

1.7. Fast Charging

Dikabarkan iPhone 12 akan menggunakan USB type. USB-C ini sebelumnya sudah digunakan pengguna android untuk kecepatan pengisian daya

2. Keunggulan iPhone 12

2.1. Akan menggunakan layar dengan refresh rate 120Hz

Bocoran terbaru tentang iPhone 12, bahwa iPhone 12 tersebut akan dibekali layar dengan refresh rate 120Hz.

Maka, dengan kualitas tersebut, iPhone 12 akan menyamai kualitas layar iPad Pro 2020 yang baru saja dirilis oleh Apple baru ini. iPhone 12 itu juga dikabarkan akan mengadaptasi fitur ProMotion display yang akan memungkinkan layar iPhone 12 untuk menyesuaikan refresh rate dengan aplikasi sehingga bisa menghemat konsumsi daya baterai.

Kualitas layar iPhone 12 tersebut mengalami kemajuan yang tinggi dari seri sebelumnya yakni iPhone 11. Untuk perangkat keluaran 2019 tersebut hanya dibekali refresh rate 60Hz saja, yang hanya separuh kualitasnya. Jika desas desus ini benar adanya, maka iPhone 12 akan menjadi iPhone pertama yang dibekali teknologi dengan layar setinggi itu.

2.2. Akan ada 3 varian warna

Seperti pola iPhone 11, kabarnya iPhone terbaru di tahun 2020 ini akan tersedia dalam tiga varian. Satu seri original, seri Pro, dan Pro Max. Lalu apa perbedaan antara ketiganya?

Dilansir Apple Insider, perbedaan diprediksi terletak pada kapasitas RAM, jumlah kamera, material bodi, serta display untuk layar. Namun rinciannya masih belum dapat dipastikan.

2.3. Daya baterai yang jauh lebih tinggi dari seri sebelumnya

Sampai saat ini, pemilik daya baterai tertinggi pada iPhone masih dipegang oleh iPhone 11 Pro Max yang memiliki kapasitas 3.969 mAh. Menurut informasi dari situs 9to5mac, ia bisa bertahan mencapai 8 jam 32 menit tanpa charging dan mengalahkan Samsung Note 10+ yang merupakan rivalnya.

Nah menurut kabar terbaru, iPhone 12 akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas hingga 4.400 mAh. Yah, meskipun ada smartphone Android yang rata-rata di atas itu, Apple memiliki IOS terkenal dengan performanya yang efisien dalam konsumsi baterai sehingga kamu tak perlu meragukan daya baterai tersebut.

2.4. Upgrade Face ID dan Selfie Camera

Dengan bersamaan pada display dan daya baterai, Weinbach juga menambahkan bahwa Apple akan meningkatkan fitur Face ID pada iPhone 12. Fitur tersebut akan memungkinkan pengguna untuk membuka smartphone dari berbagai angle dan jarak melalui Face ID.

Kesimpulannya, Apple akan mengotak-atik kamera depan iPhone 12 ini. Dilansir dari Techradar, sebelumnya beredar pula kabar bahwa kamera selfie iPhone 12 ini akan menunjang Light Detection and Ranging sensor. Fitur dari kamera tersebut dapat meningkatkan autofocus dan augmented reality pada jepretan. Dengan kata lain kemungkinan besar fitur Light Detection and Ranging memang akan ditambahkan untuk iPhone 12.

2.5. Upgrade Desain

Dalam tiga tahun launch, Apple memberikan desain yang hampir sama untuk tiap seri iPhone, yaitu rounded-edge yang nyaman digenggam oleh tangan. Tetapi tampaknya, kali ini iPhone 12 memiliki desain yang berbeda dari sebelumnya.

Untuk notch iPhone 12 akan tetap ada. Namun, dengan ukuran yang diperkecil. Sedangkan, untuk ukuran dimensi iPhone masing-masing varian diperkirakan seperti berikut ini:

  • iPhone 12 akan hadir dalam 5,4 inch
  • iPhone 12 Pro akan hadir dalam 6,1 inch
  • iPhone 12 Pro Max akan hadir dalam 6,7 inch

2.6. “Kamera boba” masih ada di iPhone 12

Mengutip dari Macworld, kamera iPhone 12 masih sama dengan iPhone 11. Ya, kali ini Apple juga akan memberikan “kamera boba” kepada iPhone 12. Menurut rumornya, kali ini akan ada tiga kamera belakang yang diletakkan ke dalam boks namun dengan penempatan lensa yang berbeda. Dan akan ada pula slot tambahan untuk LiDAR sensor di boks tersebut.

3. Kekurangan iPhone 12

Meski memiliki banyak upgrade. Pasti ada kekurangan dari iPhone 12 ini jika dibandingkan dengan merk lainnya.

3.1. Kapasitas Baterai dan fitur charging

Jika dibandingkan brand lainnya, flagship yang dikeluarkan oleh merk lain memiliki daya baterai yang jauh lebih besar dari iPhone. Meskipun iOS terkenal dengan kinerja yang sangat ramah penggunaan pada baterai. Namun akan lebih baik jika memiliki kapasitas Baterai yang sama seperti flagship merk lain yang tembus di atas 5000mAh. Selain itu, merk lain juga bahkan bisa membekali smartphone nya dengan charger berkapasitas di atas 20W dengan rata" kecepatan mengisi full hanya dalam waktu 60 menit.

3.2. Tidak ada zoom pada kamera

Mungkin zoom tidak begitu penting bagi beberapa pengguna. Namun, tidak bisa di pungkiri bahwa adanya lensa zoom sangat penting dan lumayan dibutuhkan oleh banyak orang.

Nah, itu dia pembahasan tentang seputar iPhone 12 mulai dari spesifikasi, keunggulan dan kekurangannya. Sekian untuk pembahasan artikel kali ini, Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih!.