Skip to main content

Mau UANG?? Kirim artikel yang berkaitan dengan niche Blog Info Corner DISINI. Artikel/tulisan yang disetujui akan dapat imbalan uang, atau dapat ditukar dengan pemberian Backlink Nofollow dari Kami.

×

Peran Penting Cyber Security Dalam Industri Era 4.0 Saat Ini!

Peran Penting Cyber Security Dalam Industri Era 4.0 Saat Ini!
Cyber Security

Peran Penting Cyber Security Dalam Industri Era 4.0 Saat Ini!

Di era yang telah maju seperti saat ini, yang dimana hampir seluruh kegiatan dapat kita lakukan secara digital atau bisa dilakukan di Internet. Entah itu seperti mencari informasi, mengirim data, menerima data bahkan hingga melakukan transaksi jual beli. Dalam setiap kegiatan yang ada, pastinya tidak akan lepas dari namanya sebuah tindak kejahatan yang nantinya akan terjadi.

Saat ini sebuah tindak kejahatan tak hanya bisa kita lihat dan rasakan di dunia nyata saja, bahkan telah merambah ke dunia maya dengan caranya sendiri. Maka dari itu penting untuk kita selalu waspada dalam menjaga hal penting atau saat berselancar di Internet, salah satunya dengan menggunakan perlindungan. Oleh karena itu, Kami akan mencoba memberikan penjelasan tentang peran penting cyber security dalam industri era 4.0 saat ini. Berikut Peran Penting Cyber Security Dalam Industri Era 4.0 Saat Ini!

TOC / Daftar Isi

BACA JUGA: Jasa Cyber Security

Perlindungan Cyber merupakan sistem perlindungan yang dimana langsung terhubung ke Internet, tak hanya dalam jaringan saja namun juga hardware, software, dan juga data-data yang ada di dalamnya juga. Pada saat ini serangan cyber adalah hal yang cukup sangat berbahaya dan juga tidak dapat kita anggap remeh lagi. Maka dari itu, kita bahkan sebuah perusahaan yang memiliki banyak data penting, memerlukan sekali namanya sebuah Perlindungan Cyber.

Mencegah Masuknya Malware

Malware sendiri mungkin sudah tidak asing bagi kalian, yang dimana memang merupakan virus yang mungkin sering kita temui. Mulai dari spyware, worms hingga Trojan horses, yang memiliki tujuan untuk membahayakan komputer atau laptop kita. Biasanya cara pencegahan awal yang cukup berdampak adalah, menggunakan antivirus yang terpercaya sehingga virus tidak dapat masuk.

Back to Content ↑

Melindungi dari Ransomware

Ransomware juga memiliki tipe yang sama seperti Malware yakni virus, tetapi yang membedakannya adalah Ransomware itu lebih atau sangat berbahaya. Karena jika laptop atau komputer kalian telah terkena atau dimasuki oleh Ransomware tersebut, maka semua data yang ada di dalam laptop atau komputer tersebut akan terkunci. Biasanya pemilik ransomware melakukan seperti pemerasan kepada pemilik komputer dengan cara, mengancam data tersebut akan hilang jika tidak membayar jumlah uang yang dituju dalam waktu yang ditentukan.

Back to Content ↑

Tidak Terjebak oleh Phising

Phising mungkin juga tidak asing lagi bagi kalian, karena phising sendiri merupakan salah satu serangan bukan terhadap laptop atau komputer melainkan email yang digunakan. Email merupakan salah satu komponen penting yang sering kita gunakan untuk bekerja atau apapun, apalagi email yang kita pegang merupakan email bisnis yang dimiliki suatu perusahaan. Maka dari itu, phising ini cukup berbahaya karena dapat mengambil email tersebut dan dikirim ke email lain, atau bahkan mengambil info data kartu kredit melalui email.

Back to Content ↑

Mencegah Terjadinya Social Engineering

Serangan ini merupakan tindakan yang memiliki fokus ingin menipu kalian agar mau mengikuti prosedur untuk menembus keamanan yang ada. Biasanya jika kalian telah masuk ke dalam perangkat mereka, data-data kalian atau yang kalian pegang akan diambil. Padahal seharusnya data tersebutlah yang harus kita lindungi.

Back to Content ↑

Melindungi para End-User

End User sendiri merupakan orang yang mengoperasikan suatu alat atau program yang dibuat oleh pihak lain, atau sebagai contoh adalah seorang Admin dalam suatu Aplikasi. Tentunya para end user inilah yang memiliki kuasa cukup tinggi dalam aplikasi tersebut, sehingga membutuhkan perlindungan yang cukup kuat lagi. Supaya para End User dapat berinternet dengan nyaman dan aman, bahkan alat atau program tersebut tidak dapat diambil alih oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Terlebih lagi orang tak bertanggung jawab tersebut akan mengotak-atik sistem yang ada dan malah merusaknya menjadi tidak karuan.

Back to Content ↑

Jaringan dan Data yang Digunakan jadi Terlindungi

Tentu kita memiliki data yang penting untuk kita jaga, apalagi kita bekerja di suatu instansi atau perusahaan yang cukup besar dan memiliki data-data yang sangat penting untuk dilindungi. Tak hanya itu saja, dalam berselancar pun kita membutuhkan kenyamanan dan juga keamanan, supaya kita dapat berselancar di Internet dengan baik. Oleh karenanya, perlindungan cyber tersebut dapat melindungi jaringan yang kita gunakan dan juga data yang ada atau sedang kita pegang dan jaga.

Back to Content ↑

Mempercepat Perbaikan setelah Terjadi Serangan Cyber di Sistem atau Jaringan

Jika kita bayangkan dampak buruknya yang terjadi seperti serangan cyber tersebut, dan pada akhirnya berdampak kepada seluruh sistem dan jaringan yang sebelumnya kita gunakan. Pastinya kita ingin mengembalikan keadaan tersebut menjadi normal kembali, supaya dapat digunakan dengan baik lagi tanpa adanya kendala akibat serangan. Dengan adanya perlindungan kita tidak hanya dilindungi, tetapi juga dibentuk dalam memperbaiki sistem dan juga jaringan yang terdampak akibat serangan cyber.

Apalagi kita diharuskan untuk dengan cepat menggunakan sistem dan jaringan tersebut untuk melakukan pekerjaan kembali. Sehingga bantuan dari Perlindungan Cyber akan lebih terasa dan juga kita tentunya akan sangat terbantu.

Back to Content ↑

Mencegah Adanya Orang yang Tidak Sah dalam Jaringan

Tentu semakin berkembangnya zaman seperti saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengambil suatu data dan juga merusak suatu sistem seperti masuk ke dalam jaringannya. Maka dari itu tentu kita tidak ingin ada orang yang tidak sah atau tidak seharusnya berada di jaringan kita, apalagi hingga melakukan transaksi atau pengambilan data. Perlindungan cyber tersebut dapat memotong arus yang dimasuki oleh orang yang tidak sah tersebut, sehingga tidak dapat memasuki jaringan yang digunakan tersebut.

Bahkan sebelum orang tak bertanggung jawab tersebut dapat mengakses, sudah dapat dipotong dahulu oleh perlindungan tersebut. Sehingga tidak memungkinkan untuk mengaksesnya lagi, atau mencoba untuk masuk ke dalam jaringan tersebut lagi.

Back to Content ↑

Menaikkan Kepercayaan Para Pelanggan Perusahaan

Tentu para pelanggan menginginkan keamanan saat mengunjungi atau menggunakan aplikasi kita, apalagi diharuskan atau terdapat penggunaan transaksi keuangan di dalamnya. Maka dari itu, dengan adanya perlindungan tersebut, kepercayaan pelanggan terhadap kita atau perusahaan dapat naik lagi dan juga data para pelanggan akan aman. Sehingga tentu semakin cepat jumlah pelanggan juga akan semakin naik karena kepercayaan tersebut, membuat keuntungan kita tentunya akan semakin naik juga.

Kepercayaan pelanggan tentunya merupakan salah satu aspek penting yang memang harus dimiliki sebuah perusahaan. Karena memang kita dapat berkembang menjadi besar, atas adanya kepercayaan dari pelanggan tersebut tentunya.

Back to Content ↑

Nah, itulah dia merupakan penjabaran tentang peran penting cyber security dalam industri era 4.0 saat ini. Semoga hal tersebut dapat mengedukasi kalian dalam lebih berhati-hati dalam berinternet dan juga lebih melindungi seluruh kegiatan yang ada. Dan terimakasih karena telah mengunjungi portal blog teknologi Kami. Jika merasa artikel ini bermanfaat, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat.